suara dan cerita

Alfonsus D. Johannes

suara dan cerita - Alfonsus D. Johannes

The Beauty of Uncertainty

One of my dreams is to be a better man.

That’s too cliche and abstract, huh? hahaha.

.

But it seems that I am now placed by universe in a path to live my dream. :)

At first I got some fear too… yeah… maybe that’s human’s (old) nature.. afraid of something new.

I am in new place, meet new people, new things to do. But the good things is like I am being a freshman again. Reminds me of my freshman year in college, I was feeling that fear too. But then turns out I can pass those years with many lessons and now jump to the new world.

.

Universe still gives me many inspirational message through things I feel, things I saw, things I got.

And I want to rewrite some of those inspiration that makes me smile and enjoying things I do this days…

.

Most of them are from Julian Bialowas‘ artwork and Coldplay’s song. :)

And yeah, also from One Piece, my second bible. :D

And once more, Nosstress‘s song is inspiring me too! :)

- – -

.

- – -

.

Mengawali Hari (Starting Day)

Nosstress’ song entitled Mengawali Hari also inspire me to look far ahead, believe that there will be good things in and after every phase in our life. And still, don’t forget to smile. :)

.

Up With The Birds and U.F.O.

There are two songs in Coldplay’s new album Mylo Xyloto that I feel really fit with what happened to me, which are U.F.O. and Up With The Birds.

The lyrics describing uncertain journey, but still, a hopeful journey.

Mx_ufo

Going to new place, with a big hope and belief. :)

Mx_upwiththebirds

We can learn a lot in uncertainty, meet and feel many new things. We shouldn’t be afraid too much of new things. :)

.

At Least We Find Something New

This artwork is really heplful to face many new things that come. Some of them might be unpleasant, but yeah, at least we find something new. :)

New

.

Not Knowing Where I’m Going

This artwork from Julian Bialowas really ensure me about the beauty of uncertainty.

Path

The message of this artwork reminds me too about Monkey D. Luffy in One Piece. He is absolutely not interested to conquer anything. He thinks being a pirate is being free and enjoy the adventurous travel, enjoy the path he face on the ocean. He is not interested to knowing if the “famous hidden treasure” really exists or not. For him, it’s a boring adventure if you already know every details of your destination and the route to that destination.

Yeah, I really feel and understand that message. :)

I should enjoy unpredictable days I face every day. :)

It’s not a boring adventure. :)

.

Adventure

And yeah, I have to continue this adventure. I am so grateful that I can write this one during my journey. So refreshing and re-motivating.

No_certainty

See you later. :D

.

- – -

.

I have to

Go_exploring

and

Feel_good_lost

.

- – -

.

P.S. : Big thanks to el, Coldplay, One Piece, Nosstress, Julian Bialowas; and of course. . . universe. :)

tentang sukses

(Sedikit info : Tulisan kali ini cukup panjang karena ada tambahan salinan tulisan Pandji Pragiwaksono)

- – -

Sukses bagiku merupakan sesuatu yang abstrak. Setiap orang punya pandangan dan definisi berbeda tentang sukses. Pagi ini menemukan tulisan menarik dari salah satu idola saya, yaitu Pandji Pragiwaksono. Sebenarnya ini tulisan dari bulan lalu, tapi baru tadi pagi aku menemukannya.

Berikut ini tulisan Mas Pandji di blognya :

 

Sukses adalah harta?

 

Sore tadi gue ngetweet

Rahasia sukses: Tidak berpikir bahwa sukses diukur dgn uang

Ini, dianggap sinis oleh beberapa orang.

Bingung mereka, bertanya: Lalu dgn apa dong?

Mana bisa kenyang hanya dgn idealisme?

Memang tdk bisa.

Tapi kita bisa kenyang tanpa harus kaya.

Org yg makan pecel lele nambah 2 kali dan org yg makan steak kenyangnya sama kok.

That’s my point.

Happiness doesn’t come with having a lot of money.

Bahkan ada buktinya, tau apa yg orang orang terkaya di dunia lakukan dgn uangnya? Dikasih ke orang lain!

Warren Buffet, Bill & Melinda Gates, Jay Z, uangnya mereka donasikan dlm jumlah yg besar.

It turns out, they don’t need all that money!

Ada yg nanya via twitter..

Gimana kalau ada org punya Alphard dan kita punya Avanza, apakah yg punya Avanza bisa dibilang sukses?

Gue jwb, kalo beli Alphardnya pakai uang korupsi dan kita pake usaha jujur, maka kita bisa dibilang sukses

Dia tanya lagi, kalau dua duanya pake duit jujur?

Gue jwb, maka dua duanya sukses. Intinya, jgn biarkan barang yg lebih bagus atau mewah membuat kita tidak sesukses orang lain yg punya barang lebih bagus

Dia bilang lg, “Ada yg bilang, uang bukan segalanya, tapi segalanya dibeli pake uang”

Gue bilang, Betul. Karena uang adalah alat. Alat utk membeli sesuatu. Uang bukan tujuan.

Uang dan harta bukan tujuan.
Uang dan harta adalah alat.

Selama cara berpikirnya begitu, lebih mudah kita utk mencapai kebahagiaan

Kalo uang dan harta adalah tujuan, tidak akan pernah cukup. Karena tidak pernah merasa cukup maka susah utk bahagia

Selama kita mikir harta adalah tujuan, akan selalu nyari uang utk beli segala sesuatu. Karena dia merasa, bahagia adalah tentang banyaknya barang yg dibeli. Akhirnya dia beli barang2 yg tidak perlu.

Tapi kalo kita melihat uang hanya sebagai alat. Kita akan gunakan uang scr seperlunya

Ada yg blg, “Realistislah, elo jg perlu uang, dlm usaha elo jg pasti dapat uang”

Memang. Gue sama sekali ga blg “Uang tidak penting”. Gue blg uang jangan jadi tujuan akhir.

Sukses bagi gue adalah pencapaian. Berbeda dgn elo mungkin, pencapaian bagi gue adalah prestasi

Prestasi, tdk bisa didapat dgn cara pintar.
Uang, bisa didapatkan dgn cara pintas. Korupsi salah satunya. Dan mereka yg ketagihan utk dapat uang utk sukses akan menemukan jalan pintas tersebut.

Prestasi, tidak dapat lewat jalan pintas.
Lewat waktu, proses, kerja keras, berkarya dan terutama passion

Semakin sederhana ekspektasi org akan kebahagiaan, semakin mudah dia mencapai kebahagiaan tersebut.

Semua org akan bahagia tentu mencapai kesuksesan. Ketika sukses tidak diukur dgn banyaknya uang, maka kita terbebas dari lingkaran tanpa putus.

Gue kasian, sama org yg mikir uang adalah tolok ukur sukses.

Mari kita liat Bung Hatta

Beliau Proklamator Indonesia
Menstruktur sebuah negara
Namun hingga akhir hayatnya, tidak punya cukup uang untuk membeli sepatu Balley yg dia idam idamkan sampe potongan majalah dgn gbr Balley ditempel di tembok.

Apakah dia tidak sukses dibandingkan dgn seorang anak kaya yg punya 10 pasang sepatu Balley dibeliin Mamanya?
Apakah anak ini sukses?

Masih berpikir sukses adalah harta?

- – -

Pertanyaan di akhir tulisan itu pantas ditujukan untuk kita semua. Aku setuju dengan pendapat Mas Pandji bahwa kesuksesan tidak diukur dengan uang. Walau benar kita perlu uang juga untuk hidup. :)

Aku kemudian memikirkan makna sukses bagi diriku sendiri. Terkadang lingkungan di sekitarku juga masih mengukur sukses dengan penghasilan. Tapi dari dalam diriku sendiri tidak berpikir demikian, sukses lebih dari sekedar uang. 

Hal yang paling sering kupikirkan adalah kita sukses jika kita meninggalkan makna bagi orang lain, jika kita mampu menginspirasi. Aku pun masih belajar ke sana, belajar meninggalkan kesan yang bermakna bagi orang lain.

Aku setuju juga dengan pendapat Mas Pandji yang ini:

Semakin sederhana ekspektasi org akan kebahagiaan, semakin mudah dia mencapai kebahagiaan tersebut.

Aku rasa sebenarnya sukses juga sederhana. :)

Terasa sekali sore ini, setelah membaca komen-komen di beberapa tulisanku, terima kasih terutama untuk bung Johan Tectona. Ini beberapa komen dari kawan-kawan yang sudah mampir di blogku (komentar dirangkum dari berbagai tulisan):

- – -

“Demen ama tulisan acil, selain bergizi semangat berbagi itu selalu menemani..

Kebaikan acak, berbuat baik tanpa pandang bulu.. makasih ya cil, sudah menyindir, mengingatkan dan menyadarkan… “

Johan Tectona

 

“gila ya km cil..km gila ya…makan beling ya…tepuk pramuka aku buat km..but bener bgt cil apa yg km tulis itu cocok bgt sama apa yg km lakukan..”

 Dora

 

“saya adalah salah satu pembaca yang malas, membaca sepotong” tidak sampai tuntas, tapi entah mengapa setiap membaca tulisan acil ini, saya mau meluangkan waktu untuk mengulang membaca dan meresapi setiap paragraf yang tersaji.. nice posting nak”

 Johan Tectona

 

“tulisan ini bernas sekali! bergizi. padat dan sarat informasi, diramu dengan pas.. referensi dikawinin sama experience, mantap.

spasi antar paragrafnya kurang lebar kayaknya cil.. jadi berasa sesak. tapi konten mantap.

terima kasih telah mngajariku dan kami (pembaca), tentang ilmu berbagi dan ilmu ikhlas. spread the kindness all over the world ”

 Arnis Silvia

 

“foto saya untuk ijasah SD juga senyum, semoga kayak obama ya..ehehhe

beneran deh cil keren nih artikel,

jadi inget, sudahkah anda senyum hari ini??” 

Puji Prabowo

 

“wow…… what a powerful! power of smile…… betapa sebuah senyum membawa hal-hal positif tidak hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi orang-orang di sekeliling kita…”

 Trisyanto Prabowo

 

“Great post…! Penyakit bisa memberi inspirasi kepada seseorang untuk bangkit”

Nurul Ikhsan

 

“aaahhh, acil tulisanmu bagus”

Wana

- – -

Itu beberapa komentar dari kawan-kawan yang udah mampir di blogku. Saat membaca komentar-komentar itu kaget juga, ternyata tulisanku bisa juga menginspirasi kawan-kawan lainnya. Ternyata tulisanku juga bisa membentuk senyum di wajah kawan-kawan yang membacanya. Padahal sebagian tulisanku masih merupakan hal-hal yang kucoba praktikkan terus dalam kehidupanku, seperti rajin senyum. Aku masih belajar. 

Ketika membaca komentar-komentar itu aku mulai merasakan apa itu sukses menurut pandanganku. Aku merasa sukses karena bisa membagi inspirasi pada orang-orang lain.Aku juga belajar untuk menulis lebih baik dari saran kawan-kawan. Sukses itu sederhana ya. :)

Aku juga jadi sadar, ternyata aku sendiri malah jarang meninggalkan komentar di blog yang aku kunjungi. Mulai sekarang harus lebih banyak meninggalkan jejak yang bermakna, nih. :)

- – -

Tentu masih ada juga pencapaian-pencapaian lain yang ingin kuraih. Masih banyak tantangan di luar sana yang pasti bisa membuatku menjadi manusia yang lebih baik lagi jika aku berhasil menjalani dan mengatasinya.

Aku juga masih harus membentuk senyum yang lebih lebar lagi di wajah keluargaku dan semoga juga di wajah istri dan mertua masa depanku. Hahayy. :D

Kesuksesan yang lebih yahud masih menunggu untuk diraih. Semoga bisa terus meninggalkan makna yang baik bagi lingkungan di sekitarku. :)

Sebagai penutup, satu lagi karya dari @julianbialowas yang juga menyentil tentang sukses. :)

Success_happiness

- – -

- – - – - -

 

terima kasih untuk sumber inspirasi tulisan kali ini :) :

blog Pandji Pragiwaksono

komentar Johan Tectona

komentar Dora

komentar Puji Prabowo

komentar mbak Arnis Silvia, Wana, dan Johan Tectona

komentar Nurul Ikhsan

dan semua yang juga telah mampir di blogku, dan juga mereka yang meninggalkan jejak di blogku (tidak termasuk spam yah, :D ).

Switch to our mobile site