GAYA BARAT MENJADI BUDAYA MASYARAKAT INDONESIA

Di dunia yang sudah semakin maju ini dapat kita lihat bahwa banyak yang sudah berubah dan terjadi. Baik dari cara bicara, gaya, sikap dan tata karma. Setiap orang memiliki haknya untuk melakukan apapun yang dia mau, akan tetapi jika kita berbicara dalam konteks hak, kita harus tahu mana yang benar-benar hak dan mana yang benar-benar bukan hak. Karena setiap sesuatu yang akan kita lakukan akan memberikan dampak bagi masyarakat.

Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak pula yang harus kita ubah. Akan tetapi ada hal-hal yang seharusnya tidak kita ubah melainkan kita pertahankan sampai kapan pun. Dapat saya lihat dan amati bahwa masyarakat Indonesia cenderung selalu terpengaruh oleh perubahan-perubahan yang terjadi di luar ruang lingkup negara Indonesia. Seperti halnya mencontoh sikap, gaya, perilaku yang ada di negara lain dibawa kedalam negara Indonesia. Apakah ini akan terus dilakukan oleh mayarakat Indonesia? Sampai kapan ini akan terus terjadi? Apakah masyarakat tidak mengetahui dampaknya kedepan? Apakah masyarakat Indonesia tidak takut budaya yang ada di Indonesia akan hilang?

Semua pertanyaan itu hanya dapat di jawab oleh masyarakat Indonesia. Masyarakatlah yang mampu menjaga kebudayaan Indonesia, janganlah kita mencontoh negara lain baik dari sigi mana pun, karena kita adalah negara kaya bahkan dapat saya katakana bahwa Indonesia ini adalah negara yang terkaya di dunia. Akan tetapi masyarakatnya yang tidak menyadari akan hal itu. Sudah selayaknya kita sebagai masyarakat Indonesia memberikan apresiasi kepada budaya-budaya yang ada di negara kita.

Mari kita tinggalkan budaya-budaya ‘barat’ yang telah merubah masyarakat Indonesia menjadi lupa akan kebudayaanya sendiri. Kita tunjukan pada dunia bahwa budaya Indonesia lah yang pantas untuk dicontoh. Karena kita memiliki apa yang negara lain tidak miliki. Dengan semangat juang yang tinggi jangan biarkan budaya-budaya lain masuk ke Indonesia dan menghilangkan budaya-budaya Indonesia.

Saya sebagai salah satu keluarga besar beswan djarum mengajak kepada seluruh teman-teman beswan djarum se-Indonesia untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia. Mari kita jaga budaya-budaya kita ini sampai TITIK DARAH PENGHABISAN. Dapat kita lihat bersama bahwa peran serta PT. Djarum dalam menjaga budaya-budaya Indonesia adalah dengan memberikan beasiswa kepada para mahasiswa berprestasi di Seluruh Indonesia melalui program CSR Djarum Beasiswa Plus. Dengan mendapatkan beasiswa ini, para mahasiswa diberikan soft skill yang sangat baik untuk menjadi penjaga budaya-budaya Indonesi.

Oleh karena itu, sudah selayaknya lah kita sebagai anak bangsa menjaga budaya-budaya yang ada di Indonesia supaya tidak menghilang sampai kapan pun dan menjadikan lingkungan kita aman, adil dan sejahtera.

Tags: , , , , , , , , , ,