KOMPLEK CANDI MUARO JAMBI ASSET NUSANTARA DAN WARISAN DUNIA

Candi muaro jambi adalah salah satu peninggalan sejarah dunia yang terletak di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, tepatnya di tepi sungai Batanghari, sekitar 26 kilometer arah timur Kota Jambi atau 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan darat melalui jembatan Batanghari 2. Dikawasan ini terdapat Candi Astano, Candi Tinggi, candi Gumpung, Candi Kembar Batu, Candi Gedong, Candi Kedato dan Candi Koto Mahligai. Dilihat dari segi arsiteknya bangunan tersebut merupakan kebudayaan Budhis pada abad ke IV dan V masehi. Salah satunya penemuan area candi Gumpung memperlihatkan cirri-ciri yang banyak persamaannya dengan arca Prajnaparamita dari zaman Singosari. Semua sejarah mengenai komplek candi muaro jambi dapat dilihat di situs candimuarojambi.com.

Candi muaro jambi diperkirakan berasal dari abad ke-11 M. Candi Muaro Jambi juga merupakan kompleks candi yang terbesar dan paling terawatt di Pulau Sumatera, itu juga karena peran serta masyarakat yang berada di sekitar lingkungan kompleks candi yang ikut serta merawat asset Indonesia. Kompleks Candi Muaro Jambi juga telah didaftarkan di UNESCO menjadi Situs Warisan Dunia.

Oleh karena itu sudah selayaknya kita sebagai anak bangsa khususnya masyarakat Jambi untuk terus menjaga budaya-budaya yang ada di Provinsi Jambi. Peran serta mahasiwa juga sangat penting untuk mengenalkan Komplek Candi Muaro Jambi ke dunia Internasional. Supaya negara-negara lain tahu bahwa Indonesia adalah negara yang paling kaya di dunia baik dari segi apapun itu.

Saya juga bersama teman-teman beswan djarum Jambi akan selalu mempublikasikan ke seluruh nusantara dan dunia bahwa Jambi mempunyai kekayaan yang sungguh luar biasa. Ini akan membuat nama Indonesia semakin baik dimata dunia dari segi kebudyaaan.

Disamping itu, presiden Republik Indonesia didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menbudpar Jero Wacik, Menko Kesra Agung Laksono, sejumlah menteri dan Gubernur Jambi telah melakukan kunjungan ke Kompleks Candi Muaro Jambi pada hari Kamis (22/9/2011) yang lalu. Ini adalah sebuah apresiasi yang diberikan oleh orang nomor satu di Indonesia terhadap Provinsi Jambi.

Jadi, saya juga mengharapkan kepada keluarga besar Djarum Beasiswa Plus untuk ikut berperan serta memperkenalkan salah satu kebudayaan Indonesia kepada seluruh rakyat Indonesia dan juga negara-negara di dunia. Supaya mereka mengetahui betapa hebatnya negara kita.

Tags: , , , , , , , , , ,