Archive for category Beswan Djarum

DREAM, VISUALIZE, PLAN, BELIEVE, ACT!

To accomplish great things we must first dream, then visualize, then plan… believe… act! Alfred A. Montapert Ya. Jika kita ingin meraih sesuatu yang besar, kita harus memimpikannya, memvisualisasikannya, merencanakannya, yakini, lalu lakukan! Memenangkan blog ini adalah impian terbesar saya untuk bulan ini. Macbook menjadi motivator terbesar untuk memaksimalkan upaya saya untuk menulis lebih baik [...]

, , , , , ,

76 Comments

Wayang Labs: Animasi Wayang Indonesia

Sebuah proyek independen digagas oleh tiga mahasiswa asal Surabaya, Bhangga, Harlan dan Wayang untuk mengapresiasi wayang sebagai kebudayaan Indonesia, dalam laboratorium wayang “rahasia” mereka yang bernama Wayang Labs Studio. Dukung Wayang Lab dalam hibah Cipta Media Bersama !

, , , , , , , , , , , , , ,

96 Comments

Kopitiam Oey: Arsitektoer Tjina, Lagoe Djawa

Konsep kafe yang serba modern atau warung kopi yang serba traditional menjadi sebuah bias, ketika kaki saya memasuki Kopi Tiam Oey di bilangan Tebet, Jakarta Selatan. Kopi Tiam yang berarti warung kopi ini adalah milik Pak Bondan “Mak Nyus” Winarno, jurnalis sekaligus pembawa acara kuliner yang sering muncul di saluran televisi swasata. Oey dibaca Wi, sehingga Kopitiam Oey diartikan sebagai Warung Kopi Wi(Narno).

, , , , , , , , , , , ,

46 Comments

Mbatik Yuk: Membuat Batik Tulis Melalui Game PC

INDONESIA SHOULD BE PROUD: Lima mahasiswi ITS merancang game PC tentang proses pembuatan batik yang bernama Mbatik Yuk. Game PC freeware ini merupakan sarana edukasi bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi ingin mempelajari proses pembuatan batik secara benar. Game yang sangat seru ini benar-benar menggambarkan 4 tahap pembuatan batik, yaitu nglowong, nembok, medeli, dan nglorod. Saya sudah memainkannya!

, , , , , , , , , , , , , ,

87 Comments

Aksara Studio: Raja Aplikasi Symbian Lokal Berbasis Budaya Indonesia

Kita patut berbangga pada konten game yang mengkawinkan teknologi dan budaya tradisional Indonesia ini. Petualangan Aksara Jawa dan Warung Ekspress Jawa, adalah dua game andalan Aksara Games Studio untuk mengapresiasi keindahan budaya Indonesia. What’s your appreciation?

, , , , , , , , , , , , ,

61 Comments

TRA-DIGI ANGKLUNG: When Traditional Goes Digital

Inovasi itu mahal, Jenderal! Dengan inovasi, seperangkat angklung digital lengkap dengan Ipod dan speakernya, bisa berharga 80 juta! Angklung ini bernama Tra-Digi Angklung, buatan orang Indonesia, Kasim Ghozali. Tra-digi Angklung ini sudah go international di antaranya, di toko “Made in Indonesia (MII)” di Shanghai China, Musical Museum di Phoenix, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Guangzhou dan KBRI Beijing, China.

, , , , , , , , , , , , ,

129 Comments

Kirab Fat Cu Kung Bio: Ondel-ondel di Antara Barongsai

Siapa sangka, di antara puluhan arak-arakan dewa-dewi Tao, terdapat ondel-ondel dan grup musik Betawi yang juga turut memeriahkan parade Minggu siang itu. Keharmonisan antara dua budaya : Tionghoa dan Betawi, terjalin indah sekali :)

, , , , , , , , , , , , , , ,

108 Comments

Petak Sembilan: When Chinese Meets Betawese

Petak Sembilan, sebuah kawasan Pecinan di kawasan Glodok, Jakarta Barat, menjadi saksi bahwa budaya Tionghoa begitu kental terasa. Mereka yang dulu “terusir” dari daerah kota, menetap secara turun temurun dan berakulturasi dengan masyarakat setempat dengan sangat harmonis. Di Petak Sembilan, sebuah keharmonisan toleransi dalam kehidupan antar etnis (Tionghoa – Betawi) begitu terasa. Sebuah kedamaian hidup antar budayapun tercipta…

, , , , , , , , , , , , ,

73 Comments

Kangen – Guritan (Puisi) Jawa ala Saya

Sebuah guritan (puisi Jawa) tentang kerinduan seorang kekasih yang begitu mendamba kehadiran sang pujaan hatinya. Ketika momen merindu itu, ia teringat syair-syair dan lagu-lagu yang dulu sering mereka nyanyikan bersama dan ketika mereka terpisah sekian lama, betapa setiap lagu itu terasa mewujud nyata. Sang kekasih ingin secepatnya bertemu dengan pujaan hati yang lama meninggalkannya karena tugas negara, dan melunaskan kerinduan itu bersamanya. Lebih maut dari Hamlet!!

, , , , , , , , , , ,

52 Comments

Daboh di Seramoe Mekah

Kesenian debus yang banyak diketahui berasal dari Banten, ternyata konon berasal dari Aceh bersamaan dengan penyebaran agama Islam oleh Sufi Arab. Di negeri bersyariat Islam ini, debus pun sarat dengan tarikat sufi yang banyak dianut di daerah tersebut. Sebuah percakapan dengan sang pemain debus profesional yang sudah melanglang buana ke manca negara membuat pertunjukan debus ini terasa istimewa!

, , , , , , , , , , , ,

33 Comments

Switch to our mobile site