Menari Bersama Siswa Kelas Les untuk Lingkungan Djarum

28 Oct

mangajarkan tarian

mengajarkan tari kebyok anting-anting

Sebenarnya saya sudah menulis tentang tari kebyok anting-anting disini. Sudah lama juga saya melatih siswa-siswi kelas Les untuk Lingkungan Djarum menari tarian tersebut. Tari jawa kreasi baru itu saya berikan kepada mereka  dahulu saat outcamp tahun lalu. Saya mengambil tarian tersebut dari youtube. Yang saya latih dahulu adalah siswa kelas 6 yang sekarang sudah menjadi siswa kelas 1 SMP. Karena kelas 6 sudah lulus, selanjutnya saya ajarkan untuk semua kelas dari 1-6 yang sekarang.

Selain karena perubahan kurikulum baru yaitu menambahkan ekstrakulikuler tari pada Kelas Les yang gratis ini, juga untuk mengenalkan budaya kepada siswa siswi tersebut.  Secara umum tari memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai apresiasi budaya, media komunikasi, salah satu bentuk seni, dan alat sosialisasi. Mengajarkan tari pada anak-anak secara spesifik akan membawa banyak manfaat. Berikut ini adalah video tari yang saya ambil dari youtube dan saya ajarkan kepada siswa-siswi.

httpv://www.youtube.com/watch?v=WZwjqSltLaw

Sabar dan ikhlas kunci melatih anak-anak

Memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan mengajari anak-anak menari. Ada yang berkata susah, ada yang malah lari kesana kemari seolah-olah  ingin kabur, ada juga yang melamun tidak fokus, bahkan ada yang makan (menari sambil makan). Ada-ada saja tingkah mereka. Namun semangat , ketekunan dan kesabaran saya tidak akan menghentikan langkah saya untuk tetap melatih mereka. Alhamdulillah terbukti dalam outcamp tahun lalu, melatih siswa kelas 6 yang sudah beranjak ABG itu berbuah manis. Mereka mendapat juara faforit. Kerja keras saya bersama teman-teman pendamping kelompok tiga (kelompok kelas 6), Septiana, Muna, danIwan. Dan saat perpisahan di sekolah mereka, siswa putri menampilkan tarian yang saya ajarkan. Hasilnya mendapat tanggapan positif dari masyarakat sekitar Kelas Les Djarum untuk lingkungan. Bersyukur sekali ternyata bermanfaat buat mereka.

kelas 6

kelas 6 saat outcamp tahun lalu

Membagi dengan hati

Dan sampai sekarang saya masih mengajarkan tarian tersebut. Tari itu tetap dipentaskan dalam kegiatan kelas les, seperti saat kedatangan tamu dari IIWC (International Indonesia Work Camp) , saat outcamp, dan saat perpisahan / study tour. Dan besok jumat (04-11-2011)  akan kedatangan tamu dari IIWC lagi. Nanti sore jadwal saya melatih mereka. Dengan keikhlasan dan ketulusan dari hati, saya mengajarkan kepada mereka juga untuk mereka sendiri. Seperti yang ditulis oleh senior Beswan Djarum yaitu mas Wanna bahwa sebisa mungkin kita membagi apa yang kita dapatkan dalam tulisannya share.  Dan juga disini sekalian mengikuti lomba blog yang merupakan program dari  Djarum Beasiswa Plus, saya membagi apa yang saya ajarkan kepada anak-anak kelas les.

berlatih menari

berlatih menari

Sebagai seorang mahasiswa yang ingin memberikan softskill berupa kesenian kepada para siswa kelas les, saya akan tetap sabar melatih mereka menari. Seperti makna yang terkandung pada tari kebyok anting-anting tersebut. Yaitu keceriaan ank-anak dalam bermain kebyok (semacam pompom untuk cheerleader) dan anting-anting itu adalah mengayunkan ayunkan, jadi kebyok anting-anting adalah tarian yang menggambarkan anak-anak dalam mengayunkan kebyok tersbut dengan penuh keceriaan. Harapan dalam Kelas Les untuk Lingkungan Djarum ini, selain mendapat ilmu dari kurikulum seperti matematika, bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, dll  juga mendapat softskill yang lain dengan penuh keceriaan dan bermanfaat untuk seluruh siswa.

9 Responses to “Menari Bersama Siswa Kelas Les untuk Lingkungan Djarum”

  1. Wana Darma 28/10/2011 at 01:46 #

    woh ada namaku xD
    ih ternyata kamu mentor nari ya..kekeren!

  2. dianratnasari 28/10/2011 at 01:54 #

    @mbak wihda : makasih makasih mbak…betul sekali kita sebagai penerus bangsa,,pemuda Indonesia wajib lestarikan budaya Indonesia

    @mas wana : iya mas..soalnya artikele anda mengena..jadi nulis ini.. Gak juga mas..cuma melatih saja..

  3. irwansitinjak 28/10/2011 at 06:52 #

    dian, ajarin dong :D

    sekalian mampir sini ya dian ngajarin nari nya :p

  4. ahmadsugiarto 28/10/2011 at 21:41 #

    lama kak g ke ipal jadi kangen ne ….

  5. tristyantoprabowo 29/10/2011 at 09:55 #

    Dian emang T O P B G T dacj=h klo urusan tari… semanagt ya dian ntar klo ngajar tari alagi aku bantuin heheh…….

  6. dianratnasari 31/10/2011 at 22:24 #

    @irwan : mari lah ke IPAL Djarum..nanti aku latih nari nya..hihihi

    @mas sugik : ayo pulang lah ke Kudus Ka..mampir ke IPAL>>>

    @Kak Bowo : amin amin amin…OK,bantuin nyewa kostumnya Kak..buat acaraIIWC besok..hahahhahahaa

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

what is 9 plus 6?