.:Keanehan, Cerita Bodoh, dan Semua Kenangan:.
Thursday April 24th 2014

#Tomcat

Suka heran deh ama hewan, dikit aja berulah eh pasti langung naik daun.. Ya babilah, anjinglah, monyetlah, burunglah.. Sampai kambing jantan

Berikut adalah ungkapan sebel gara” si yang lagi mewabah di kampus ITS Surabaya Tercinta.

Inilah sekelumit  kicauan saya di twitter beberapa hari yang lalu, selamat menikmati :D

Semangat pagi.. Apakabar? Aku lupa.. :) )

Pasti abiz gini banyak julukan buat anak” yg namanya tomi,tomy,tomini dll.. Contoh soeharto :) )

Eh km anak ya? | kok tau? Karena kamu telah kan hati ku *apasihh

Hay tom.. Km apanya kucing sih kok bisa”nya loh dipanggil ? Anak tirinya..puas lo pade!!

Apakah akan di filmkan layaknya Tom&Jerry? Kita tunggu saja akan ada pahlawan kebenaran bernama :) )

, Dandanan bakal mirip spiderman cuman beda warna, orange hitam dan senjatanya pipis maut..

si pembela kebenaran, tak kenal letih dan suka pipis sembarangan.. Waspadalah waspadalah..

Jangan heran klo banyak temen anda yg ga masuk kuliah, knp kmrin ga masuk? Kena guehh

Bro gue TA ya.. Lg kena nih.. Makaciiiih…

Up status FB and BBM » gue ga mau kalah terkenal ama liat aja.. Gue jg bakal pipis sembarangan…

Yank ngemall yukk, | ngapain? Mau beli baju warna orang hitam biar mirip -.-’

Sayembara dari bpk ibu dosen, siapa yg berhasil menangkap 100 hidup” akan dikasih nilai A.. :) )

Judul TA: study pemanfaatan sebagai altetnatif energi terbarukan :) )

Eh nama team futsal elo apa? vuvivu, knp? Ga apa” kerenan nama team futsal gue kan :) )

Bu supar, maem bu? Lauknya apa mas? Peyek ada ga bu? :) )

Haii siapa sih kamu si siapakah kamu lg nyanyi..

Cwek” pasti banyak yg latah… Eh copot eh copot sialan lo..

Warung keputih bakalan sepi karena isu telah masuk ke warung” :) ) hee

Demikian jg warung gebang, isu telah menghancurkan kehidupan..

Mahasiswa takut keluar kos dan hanya makan indomie karena isu yg sangat berlebihan..

ITS CUK » ITS CAK » ITS iya, inilah dampak media…

Dampak : maba kenalan, nama saya tomi nrp 101.. Bentar” nama kamu ? Hwakakak dasar senior..

Dampak : nyari koskosan, bu kos disini sebulan berapa? Eh eh disini ada ga bu? -.-’

Eh bro ntr basket ya? | Oklah siap, eh tp dmn? Biasalah d fleksi bro | ah ogah ah banyak disana -.-’

Saat AMDAL : sebutkan contoh dampak penting hipotetik.. “serangan ” “penyakit akibat ” “keresahan masyarakat akibat

Kamu alumni ya? Ihhh kampus yg banyak nya itu ya [efek media] sedih min :(

Semoga media bisa di manfaatkan dg bijak.. Sedih jg ya klo seperti twit sy sebelum ini :( *selamat tidur..

Ini nih ada artikel dan berita terkait tentang si

http://onyxblog94.blogspot.com/2012/03/serangga-tomcat.html

Ini tulisan sengaja aku edit hehe.. ya biar agak” ada manfaatnya gtu.. malu oi klo ada yg gogling terus nemu ini tulisan, barusan nyoba #Tomcat eh nongol ini blog hahahaa

inihhh monggo disantap..

Pendahuluan:

Serangga #Tomcat atau kumbang rove yang dimaksud biasa disebut semut semai, semut kayap. Serangga ini digolongkan pada Ordo : Coleoptera (kelompok kumbang), Sub ordo : Rove Beetle (kelp. kumbang kecil), Famili : Staphylinidae, Genus : Paederus, Spesies : Paederus Littorarius.

Morphologi:
•Panjang sekitar 1 cm
•Badan berwarna oranye dengan bagian bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Memilik sepasang sayap namun tersembunyi
•Sepintas mirip semut
•Bila merasa terancam akan menaikkan bagian perut (abdomen) sehingga nampak seperti kalajengking

Penyebaran:
Ada 622 spesies yang menyebar di seluruh dunia. Spesies di Indonesia yang menyebabkan dermatitisadalah Paederus peregrines. Pernah dilaporkan menimbulkan wabah dermatitis di Australia, Malaysia, Srilangka, Nigeria, Kenya, Iran, Afrika Tengah, Uganda, Argentina, Brazil, Perancis, Venezuela, Ecuador dan India.

Tempat yang disukai:
Tempat yang lembab dan tanaman, seperti padi dan jagung. Merupakan salah satu predator wereng, serangga ini merupakan kelompok serangga pertanian, sebagai Predator dari hama pertanian seperti wereng dll. Tetapi dalam 3-4 tahun diterakhir telah dilaporkan adanya gangguan kesehatan pada manusia berupa gatal-gatal yang didahului oleh gejala : panas/ iritasi, bintik-bintik, gatal, berair dan menimbulkan bekas hitam pada kulit.

Habitat lingkungan adalah berupa tambak liar dan ada sedikit semak-semak. sebenarnya serangga tersebut bersifat kosmopolitan, artinya berada dimana-mana dan suka daerah yang lembab, bisa di lantai tanah maupun lantai keramik juga bisa.

Penyakit yang ditimbulkan pada manusia:
Dermatitis Contact : Irritant, akibat racun “paederin” (C25 H45O9N) yang ada didalam badan, kecuali disayap. Dermatitis terjadi bila bersentuhan secara langsung dengan serangga ini, atau secara tidak langsung,misalkan melalui handuk, baju atau barang lain yang tercemar racun paederin.

Gejala Klinis:
•Kulit yang terkena (biasanya daerah kulit yang terbuka) dalam waktu singkat akan terasa panas. Setelah 24-48 jam akan muncul gelembung pada kulit dengan sekitar berwarna merahyang menyerupai lesi akibat terkena air panas atau luka bakar
•Pada kasus yang jarang tidak menimbulkan gejala kulit yang berarti
•Perlu dipastikan bahwa tidak ada riwayat terkena bahan kimia atau luka bakar
•Lesi pada mata menyebabkanconjunctivitis dan disebut dengan Naerobi’s Eye

Pengobatan:
•Tatalaksana sebagaimana pengobatan dermatitis contact irritant
•Jika ada menemukan serangga ini, jangan dipencet, agar racun tidak mengenai kulit. Masukkan ke plastik dengan hati-hati, terus buang ke tempat yang aman
•Segera beri air mengalir dan sabun pada kulit yang bersentuhan denganserangga ini
•Pastikan serangga ini tidak ada lagi, untuk mencegah pertambahan lesi di kulit
•Kompres kulit dengan cairan antiseptik dingin, bila sudah timbullesi seperti luka bakar
•Bila berlanjut maka sebaiknya berobat ke fasilitas kesehatan terdekat

TIPS untuk MASYARAKAT


1. Jika ada menemukan serangga/ kumbang ini, jangan dipencet, agar racun tidak mengenai kulit. Masukkan ke plastik dengan hati-hati, terus buang ke tempat yang aman
2. Hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka
3. Usahakan pintu tertutup dan bila ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk
4. Tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah anda sedang banyak masalah ini
5. Bila serangga banyak sekali maka dapat juga lampu diberi jaring pelindung untuk mencegah kumbang jatuh ke manusia
6. Jangan menggosok kulit dan atau mata bila kumbang ini terkena kulit kita
7. Bila kumbang ini berada di kulit kita, singkirkan dengan hati-hati, dengan meniup atau mengunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati
8. Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Bila menemui, segeradi matikan dengan menyemprotkan racun serangga. Singkirkan dengan tanpa menyentuhnya
9. Segera beri air mengalir dan sabun pada kulit yang bersentuhan dengan serangga ini
10. Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat kumbang Paederus

Sumber :

Prof dr Tjandra Yoga Aditama
SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE
Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL)
Kementerian Kesehatan RI

#Tomcat itu ga nggigit, INGET ye.. tapi klo udah baca ini tulisan terus ga ninggal komen, kamu bakal di gigit ama penulis :D

Previous Topic:
Next Topic:

5 Comments for “#Tomcat”

  • Suci says:

    Kamu alumni @ITS_Surabaya ya? Ihhh kampus yg banyak #Tomcat nya itu ya

    Hahahaha.Ngakak guling-guling. ITS itu Institut TomCat Surabaya yah ? hahaha. Piss bro :)

  • irwansitinjak says:

    wkwkkwkwkwkkww
    setuju sama yg diatas
    institut tomcat culabaya ;p

  • johantectona says:

    @suci.. haha bisa” aja ini anak..
    @irwan.. wuee didukung lagi itu temennya -.-’

  • ahmadzikra says:

    *kecewa karna dinamakan tomcat. serangga sekeren itu kok dikasih nama english sih…?
    #eh
    :D

  • johantectona says:

    @zikra.. haha ga tau bro.. denger kabar karena dia si tom ini mirip dg pesawat f14 makanya di kasih nama yg sama.. hahaha


Leave a Comment

Before you post, please prove you are sentient.

what is 2 plus 2?

More from category

#Ceracau

Gitu aja kok repot Saat semua terasa rumit, saat otak terasa sempit kembalikan pada hakikatnya, Mengapa kita menuntut [Read More]

#Tantangan Hujan

Terima kasih hujan, hadirmu kali ini membuat aku bisa merasakan kembali kebersamaan saat itu. Kebersamaan yang tak [Read More]

#Semangat dan Tanya

tak akan pernah kubiarkan api itu mati, karena aku tahu betapa susahnya waktu menyalakan.. ~o~ kita bukan domba, tapi [Read More]

#Pesan Bu Risma

Untuk anak – anak saya terutama yang di Surabaya, seSurabaya.. bahwa KEBERHASILAN dan KESUKSESAN itu HAK semua [Read More]

#Tulungagung

Saya selalu yakin, setiap orang yang hidup di dunia ini pasti pernah merasa bangga akan tempat kelahirannya. Tempat [Read More]

Dalam masa pengobatan, BLOG ini belum SEHAT

real time tracking


Archives