Author

Mengasah diri setajam ujung (D)Jarum, selanjutnya berbakti pada negeri.

M Nurul Ikhsan Saleh

M Nurul Ikhsan Saleh

Para sahabat yang hebat dan saya hormati. Mengenal sosok saya tidaklah penting. Saya bukanlah siapa-siapa. Saya itu miskin prestasi. Miskin kreativitas. Miskin materi. Miskin teman. Dan masih banyak miskin-miskin yang lain. Tinggal satu yang tersisa dalam diri saya, apakah itu? Semangat. Modal semangatlah yang saya percaya akan mengubah miskin dalam diri saya menjadi kaya.

Saya yakin, hanya dengan modal semangatlah saya bisa terus survive menghadapi berbagai problema hidup. Betapa gelapnya masa depan hidup saya, seandainya semangat itu hancur berkeping-keping dan hilang untuk selamanya. Maka, saya bertekad merawat semangat itu dimanapun, kapanpun, dan bagaimanapun saja. Bagi saya, menjaga semangat sama halnya dengan menjaga keimanan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Yang tidak boleh luntur sedikitpun.

Begitu juga ketika menjadi keluarga Beswan Djarum, semangat itu harus tetap saya rawat. Supaya tidak layu. Bahkan saya akan berusaha menyiram dan memberikan pupuk setiap hari. Tapi saya sadar, merawat semangat tidaklah mampu saya lakukan sendiri. Maka, lewat petemanan dan bantuan sahabat-sahabat, beban menjadi ringan. Terlebih, teman-teman Beswan yang selalu saya harapkan, suntikan semangatnya.

Beswan Djarum

Tanggal 18 Oktober 2010 menjadi titik awal yang kelak akan mewarnai hidup saya. Di saat inilah saya diterima sebagai salah satu penerima program Djarum Beasiswa Plus. Betapa bahagianya saya. Betul-betul bahagia. Tidak pernah terbayang sebelumnya akan mendapatkan beasiswa ini. Saya tidak tahu, sampai kapan kebahagiaan ini ada dalam diri. Yang jelas, saya tidak menginginkan kebahagiaan itu hilang digerus oleh waktu. Bahagia dan bahagia itu saja yang saya inginkan.

Namun, kebahagian tidak akan bermakna apa-apa jika tidak dibarengi rasa syukur. Ngeblog, adalah salah satu bentuk syukur saya baik kepada Tuhan dan juga kepada pihak pemberi beasiswa. Jujur, aktivitas ngeblog di sini, sebagai salah satu fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola Djarum Beasiswa Plus, telah membawa saya belajar untuk menata kemampuan saya yang kocar-kacir. Saya menjadi sadar, betapa kemampuan yang saya miliki sangat minim. Dari mengelola blog ini saya berusaha mengumpulkan tulisan-tulisan yang pernah saya tulis sebelumnya, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan saya, dan untuk terus mengasah kemapuan sampai setajam ujung (D)Jarum.

Sahabat yang saya hormati. Di sini, saya menyampaikan banyak terimaksih pada sahabat-sahabat, yang telah menyempatkan diri membaca tulisan dalam blog ini, semoga bermanfaat. Ucapan terimakasih tertinggi, saya peruntukkan bagi Tuhan dan pihak pemilik PT. Djarum beserta staf-stafnya yang telah melaksanakan program Djarum Beasiswa Plus. Di mana program beasiswa ini sampai pada tahun 2010 telah diberikan kepada 6.786 mahasiswa di seluruh Indonesia.

Sebenarnya, ada dua macam bentuk beasiswa yang diberikan Djarum kepada generasi anak bangsa. Pertama; Djarum Beasiswa Bulutangkis, berkat beasiswa ini, telah banyak dari anak bangsa meraih lebih dari seratus gelar juara dalam turnamen besar internasional, untuk persatuan dan kejayaan Indonesia. Kedua; Djarum Beasiswa Plus, memberikan beasiswa dan program pengembangan karakter kepada ribuan Beswan Djarum di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Saya masuk ketegori penerima program beasiswa yang kedua ini. Selain itu, sebagai tanggungjawab sosial PT Djarum kepada masyarakat, CSR Djarum melaksanakan program Djarum Trees for Life, program ini konsisten mengasrikan Indonesia demi merawat bumi Indonesia dengan membagi dan menanam lebih dari satu juta bibit tanaman.

Sahabat yang saya hormati. Kehadiran sahabat di blog ini menjadi kebanggan bagi saya sebagai pemilik blog. Apalagi jika sahabat menyempatkan diri untuk memberikan komentar di blog ini. Baik yang berbentuk saran, kritik, dan bentuk-bentuk yang lain. Dengan besar hati, saya ucapkan banyak terimakasih. Harapan saya pada sahabat adalah untuk tidak bosan mengunjungi blog ini.

Kehadiran blog ini di hadapan sahabat, akan saya sajikan bermacam tulisan dengan sekuat tenaga. Agar saya bisa memanfaatkan sebaik mungkin blog pemberian Djarum Beasiswa Plus. Ada dua konsep utama sajian tulisan yang akan saya hadirkan dalam blog ini. Pertama, blog ini akan saya tuliskan pemikiran-pemikiran dan perjalanan hidup saya menanggapi realitas kehidupan baik pemikiran yang terinspirasi dari buku, bangku kuliah, surat kabar, organisasi dan refleksi hidup. Selanjunya akan saya sajikan pada kategori Book Review, My Opinion, , dan My Reflection.

Kedua, blog ini secara berkelanjutan akan saya fokuskan kepada refleksi saya atas perjalanan panjang saya selama menjadi keluarga Beswan Djarum. Fokus bahasan dalam hal ini adalah, Saya dan Djarum Beasiswa Plus, Saya dan Sosok Beswan Jogja, dan Beswan Jogja dan Bakti Sosial, konsep yang kedua ini akan saya sajikan pada kategori Beswan Djarum. Harapannya dari setiap rekaman perjalanan ini menjadi bumbu pelengkap hidup saya di muka bumi, dan tentu bisa bermanfaat bagi masyarakat, baik di lingkungan Beswan Djarum sendiri, juga masyarakat secara luas.

Terakhir. Sebagai manusia biasa pastilah banyak kekurangan dari penyajian tulisan saya di blog ini. Terlebih, apabila ada pihak yang merasa dirugikan saya mohon dengan rendah hati untuk memberikan nasehat kepada saya dengan mengirimkan email. Sekian terimakasih.

[Mari Berbakti untuk Negeri!]

  1. #1 by inibudijepang on December 13, 2011 - 12:44 pm

    penampilan baru dan segar coba disajikan mas nurul dan itu menarik!

    Semangat tidak ada yang jual mas nurul, di toko kelas wahid dimanapun tempatnya, sangat beruntunglah kita yang masih punya semangat untuk maju, saya bangga dg temen2 beswan yg selalu bersemangat maju, menjalani proses dg baik dan bijaksana,
    btw HP baru syukurane… :D

  2. #2 by nurulikhsan on December 13, 2011 - 10:39 pm

    Terimakasih mas Budi. Semoga dengan penampilan baru ini akan membuat betah saya untuk selalu ngeblog.

    Betul mas Budi, kunci untama untuk sukses adalah selalu semangat. Semangat menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada di depan kita.

    He. Hape sebentar lagi datang mas Budi. Mas Budi punya kamera baru ya? syukurane juga. wkwkwk. Yah, patut kita berterima kasih kepada Djarum Beasiswa Plus dan Blibli.com yang telah memberikan hadiah untuk kita mas. :-)

  3. #3 by irwansitinjak on December 14, 2011 - 8:32 am

    kalau baca tulisan mas ikhsan ikut membara bara semangat saya!
    :D

  4. #4 by nurulikhsan on December 15, 2011 - 1:23 am

    Wow. Terimakasih Irwan. Semangat bisa datang dari mana saja. So, mari buatlah semangat untuk orang lain. Salah satunya lewat tulisan tentunya. :-)

  5. #5 by nurulikhsan on March 10, 2012 - 6:01 am

    Terimakasih banyak sudah berkunjung di blog saya bapak Subekti. Insyaallah saya akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk tetap tekun dalam setiap melakukan setiap pekerjaan. :)

(will not be published)

Before you post, please prove you are sentient.

what is 8 in addition to 4?