WarnaPerdjalanan#2

On April 15, 2014, in warnaPerdjalanan#2, by pujiprabowo

Halo Sahabat,

Pertama, terima kasih ke Allah SWT, sudah memberikan kesempatan untuk mewujudkan kembali lanjutan dari warnaPerdjalanan. Terima kasih juga untuk sahabat-sahabat yang selama ini mau mengapresiasi dan mau membaca buku-buku saya sebelumnya. Terima kasih telah memberikan nafas untuk saya tetap menulis.

Buku warnaPerdjalanan#2 ini merupakan perpaduan dari buku-buku saya sebelumnya, dengan tema buku serupa warnaPerdjalanan dan format penulisan yang menyerupai Jejak. Semua tetap dengan semangat yang sama.

Perjalanan seringkali memberikan kejutan-kejutan dan segala keajaiban yang menyertainya. Buku ini ingin merekam itu, merekam apa yang terlihat, diperjuangkan, dirasakan, didengarkan saat perjalanan itu sendiri.

Bertukar cerita dengan sahabat-sahabat, memberikan perjalanan baru, banyak cerita-cerita yang mencerahkan.

Semoga sahabat-sahabat juga merasakan kejutan-kejutan dan keajaiban dari perjalanan mewujudkan mimpi-mimpinya.

Selamat membaca, selamat mewujudkan mimpi-mimpinya.

[@pujiprabowo – Maret 2014]

warnaperdjalanan2

Tidak pernah ada jaminan,

Dari setiap harapan,

Namun, harapan menggerakkan,

Membuat adanya kehidupan,

Menjalani setiap kesempatan,

Agar tidak terjebak saja pada khayalan,

Mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan,

 

Tidak pernah ada jaminan,

Dari setiap impian,

Apakah akan terwujudkan,

Seringkali yang muncul adalah penolakan,

Namun, berhenti bukan pilihan,

Hanya melakukan yang terbaik dalam perjalanan,

Akan ada hasil terbaik dari setiap perjuangan,

 

Tidak pernah ada jaminan,

Berdiam hanya akan menjadi kekalahan,

Terus berlari berjuang mewujudkan,

Berjalan bersama keajaiban,

Menjalani hikmah warna perjalanan.

Tagged with:  

Jejak

On April 15, 2014, in #jejak, by pujiprabowo

Terima kasih Ya Allah SWT. Terima kasih sahabat-sahabat.

Buku keempat saya ini berjudul Jejak. Bisa dimaknai tentang jatuhnya kaki di bumi dan membekas. Kaki yang menginjakkan bumi mengingatkan saya pada segala hal yang lebih membumi, tentang segala hal yang menjauhkan dari keangkuhan. Apa yang tersaji di buku ini tentang hal-hal yang ada di ‘bumi’ itu sendiri, dimana banyak jejak-jejak di setiap perjalanan di ‘bumi’ menghasilkan pengalaman-pengalaman baru dan penuh syukur. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, namun kita tetap bisa terus belajar bersama jejak-jejak. Setiap jejak-jejak yang tercipta selalu menghasilkan makna. Bukankah hidup seperti itu? Mencari dan memperoleh makna dari setiap jejak, serta belajar darinya untuk menjejakkan jejak-jejak yang lebih baik di kemudian hari. Selamat membaca, selamat menikmati, selamat mewujudkan jejak mimpi-mimpinya.

[@pujiprabowo –feb2014]

bukujejak

Berbagai jejak telah terlalui,

Hati menunduk terus menanti,

Meyakini untuk tidak berhenti,

Akan datang masa bersemi,

Dimana hati mencari,

Langkah-langkah yang berarti,

Tak lelah menari,

Terus menggali,

Terus memaknai,

Menjaga harmoni,

Dalam satu mimpi,

Hari dimana cinta, Menjadi.

Abadi.

Tagged with:  

memantik ide #6

On January 19, 2014, in inspirasi, by pujiprabowo

Saya coba bertanya kepada teman saya yang berlatar belakang jurusan berbeda, dan juga minat yang berbeda.

Teman saya bercerita tentang penelitiannya di bidang kimia, dan tugas saya mendengarkannya. Ada pandangan-pandangan baru, ada cerita-cerita yang belum pernah saya dengar, ada pengalaman yang berbeda.

Bertemu dengan teman dapat memantik ide, inspirasi yang didapat juga dapat memicu rasa keingin tahuan terhadap hal-hal baru yang diceritakan teman.

pujiprabowo.com

Tagged with:  

memantik ide #5

On January 17, 2014, in inspirasi, by pujiprabowo

Mempertanyakan sistem menjadikan kita mendalami sistem itu sendiri, kita dapat melengkapinya, atau bahkan menggantinya.

Sistem memiliki pola yang biasanya teratur, namun dalam perjalanan tidak melulu harus satu jalur, ada berbagai macam jalur yang bisa dilalui.

Saat mengkaji sistem, kita bisa melihat jalur-jalur lain yang memungkinkan, dan pelan-pelan keterkaitan itu muncul, ide-ide bermunculan.

pujiprabowo.com

Tagged with:  

warnaPerdjalanan

On January 15, 2014, in #warnaPerdjalanan, by pujiprabowo

Buku ketiga saya ini berjudul tentang warnaPerdjalanan. Terinspirasi dari fanzine 90an, maka produksi buku ini dengan proses fotokopi. Di dalamnya juga ada beberapa gambar yang digambar langsung. Dikemas seperti obat, karena dalam perjalanannya, warna-warna yang dilalui, dilihat dan dirasakan dapat menjadi obat. Buku eksperimen ini dicetak terbatas, karena ada proses menggambar manual di setiap bukunya.

WarnaPerdjalanan

Hello.

Terima kasih kepada Allah SWT, atas segala anugrah dan kejutan dalam kejutannya selama perjalanan ini. Banyak hal yang tidak pernah terduga seiring berjalannya waktu.

Perjuangan dalam mewujudkan impian memang tidaklah  mudah, banyak sekali lika-liku, dan banyak tantangannya. Bermimpi, berdoa, dan berusaha untuk mewujudkannya, menjadikan perjalanan begitu berwarna.

Persahabatan, cinta, dan semangat, menemani setiap perjumpaan dan perpisahan di setiap perjalanan yang telah dilalui. Kepastian dalam perjalanan mengejar mimpi adalah ketidakpastian. Terjatuh dan berusaha untuk kembali lagi.

Saya menemukan banyak sekali sahabat-sahabat yang menginspirasi saya untuk terus mengejar mimpi. Bermimpi bersama-sama, berusaha menghidupkannya, dan berbahagia dalam kebersamaan atas terwujudnya mimpi-mimpi.

Buku ini sedikit catatan atas perjalanan yang dialami, terlihat, dan terasa mendalam. Terangkum dalam beberapa puisi, seperti cerita dari sahabat kepada sahabatnya. Ada beberapa sketsa yang akan menemani, mungkin bukan dengan kualitas yang bagus, tapi sebagai bentuk ekspresi lain yang mungkin tidak terungkap dengan kata-kata.

Selamat membaca, sahabat.

Selamat meneruskan perjalanan mewujudkan mimpi-mimpinya.

[pujiprabowo – Jan 2014]

Tagged with:  

memantik ide #4

On January 15, 2014, in inspirasi, by pujiprabowo

Saya baru saja mencoba memantik ide dengan cara mendengarkan suara-suara air dan memandangi tumbuhan-tumbuhan hijau.

Dalam ketenangan itu akhirnya memunculkan inspirasi-inspirasi baru. Salah satu yang saya dapat adalah tentang pertumbuhan alami yang dapat memperkuat keindahan.

Tagged with:  

memantik ide #3

On January 13, 2014, in inspirasi, by pujiprabowo

Memantik ide dengan menonton film tentu sudah sering dilakukan oleh teman-teman. Cobalah memantik ide dengan melihat Happy video 24 jam oleh Pharrel Williams.

Saya menontonnya dengan mencicil, semoga segera beres nontonnya, dan semoga banyak lahir ide-ide baru dari inovasi-inovasi.

Tagged with:  

memantik ide #2

On January 11, 2014, in inspirasi, by pujiprabowo

Sudah mendapatkan ide hari ini? Atau sedang mencari inspirasi?

Hari ini paling pas untuk melihat meja kerja, pilih beberapa benda yang paling mencolok warnanya, dan berbeda bentuknya.

Saya mencoba menggambarkan beberapa benda tersebut di kertas, ada pengalaman memperhatikan detail, ada bentuk yang jarang diperhatikan secara seksama selama ini.

Seringkali kita melihat, namun tidak memperhatikan.

pujiprabowo.com

@pujiprabowo

Tagged with:  

cermin dan merenung

On January 10, 2014, in inspirasi, by pujiprabowo

Bagai bercermin di pagi hari, menatap apa saja yang sudah diusahakan sejak subuh. Begitupun hari per hari, ada waktu dimana kita melihat diri kita, melihat cermin atas segala harapan dan kejadian yang sudah terjadi serta yang terwujudkan ataupun yang belum.

Merenung bukan untuk menyimpan diri di dalamnya, namun sebagai pelontar untuk lebih baik di masa depan. Merayakan ketidaksempurnaan, dan terus mengisinya dengan perbaikan.

pujiprabowo.com

Tagged with:  

memantik ide #1

On January 8, 2014, in inspirasi, by pujiprabowo

Seperti biasa, hari-hari dilalui dengan mencari ide. Sebagai tugas utama, mencari ide adalah kegiatan menyenangkan, namun tidak jarang juga malah menjadi buntu.

Hari ini, saya menemukan banyak ide. Ada yang bisa langsung terpakai, ada juga yang masih jauh dari project yang sedang dikerjakan, namun semuanya tetap harus disimpan.

Duduk di kereta dari Bandung menuju Jakarta di pagi hari, membuat pemandangan di luar jendela sangat jelas terlihat. Mulai dari pemandangan persawahan, bukit, jalan tol, pabrik, hingga permukiman padat dilalui oleh kereta ini.

Perpaduan perjalanan kereta dengan pemandangannya, serta ditemani lagu-lagu yang jarang diputar, dapat menghasilkan pengalaman dan perspektif baru. Melawan rutinitas.
Jangan lupa untuk menyimpan ide-ide terbaik, mungkin belum terpakai sekarang, tapi akan terpakai atau menginspirasi nantinya.

Tagged with: