SCOUTING FOR LIFE

Just another Beswan Djarum Blogs weblog

SCOUTING FOR LIFE - Just another Beswan Djarum Blogs weblog

INDONESIA – Alam Takambang Jadi Guru

alam takambang jadi guru adalah salah satu pepatah yang berasal dari minangkabau, Sumatra Barat. kalau dijadikan bahasa Indonesia kira-kira artinya adalah “alam takambang (membentang luas) dijadikan guru”.

alam-takambang1

pepatah ini sudah familiar ditelinga saya sejak kecil. karna memang saya lahir ditanah sumatra barat. tanah yang kaya akan adat istiadat dan warisan alam yang indah. tanah yang menghasilkan masakan terlezat no 1 di dunia. tentu saja saya bangga akhirnya seluruh dunia tahu bahwa makanan favorit saya sejak kecil sudah go Internasional dan seluruh orang ingin mencobanya.

WORLD’s 50 MOST DELICIOUS FOODS (50 MASAKAN TERLEZAT Di DUNIA )

alam takambang jadi guru memiliki makna bahwa alam (seluruh jagad raya) takambang (membentang luas) dapat dijadikan sebagai guru atau tempat belajar.

maka berawal dari sinilah saya dapat melihat bahwa berarti INDONESIA adalah guru terbaik didunia. indonesia mempunyai alam yang kaya raya. hamparan hutan, laut yang begitu luas, gunung, danau, dan segala anugrah Tuhan lainnya.

indonesia dilimpahi pemandangan alam yang eksotis. indonesia masih mewarisi kita Komodo. hewan purba langka yang hanya ada di Indonesia. kita dapat belajar secara langsung bukan dari fosil.

komodo2

kita punya labor pengetahuan alam terbesar. buka saja pintu kelas dan berlarilah. maka semua kan kau temukan. fotosintesis, spora, rantai makanan, teripang, bintang laut, apapun yang ada dipelajaran buku sekolah adik-adikku tercinta.

belajar_di_hutan__0

guru terbaik pasti mendapatkan tempat terbaik dihati para muridnya. dan aku yakin Indonesia akan jadi no 1 di hati kita semua.

Merah Putih di Ufuk Utara

tempat ku berdiri pada hari ini “17 Agustus 2012″ adalah titik paling utara Indonesia. perbatasan indah yang menyimpan sejuta pesona. ini Indonesiaku di ufuk Utara. Anugrah terindah yang tuhan titipkan kepada warga kabupaten Natuna kepulauan Riau Indonesia.

1

17 Agustus, 68 tahun yang lalu adalah hari paling bersejarah untuk Republik ini. hari dibacakannya teks proklamasi. pengumuman kemerdekaan Indonesia. titik awal darikebangkitan bangsa. dan pernyataan siap terbebas dari penjajahan.

68 tahun terasa baru sebentar. tak banyak yang berubah. hanya saja dunia semakin maju dan modern. indonesiapun sepertinya tak mau ketinggalan. tetapi kenapa semuanya semakin terasa hambar?. banyak generasi muda yang lupa atau bahkan tak tau lagi akan sejarah perjuangan bangsa ini. pada sebagian anak muda tak terasa lagi semangat nasionalisme yang berkobar.

images

sedikit cerita 17 Agustus diperbatasan Indonesia. mungkin bisa menjadi sedikit renungan untuk kita yang hidup di kota besar dengan fasilitas yang mewah dan lengkap.

ini benar-benar adalah sebuah momentum penyadaran diri bagi saya. semangat nasionalisme itu begitu penting tetap terjaga dihati setiap warga Indonesia.

upacara bendera sederhana ditengah pulau yang dikelilingi oleh lautan bebas benar-benar sensasi luar biasa yang tak pernah saya lupakan. didaerah terpencil, jauh dari perhatian pemerintah pusat, pasokan kebutuhan yang lebih banyak berasal dari negara tetangga. tapi merah putih tetap berkibar disini.

IMG_8917 copy

maka meneteskan airmata ketika sang saka merah putih berkibar diiringi lagu Indonesia Raya saya rasa wajar saat itu. ketika setiap pagi anak-anak kepulauan Natuna didaerah terpencil ini harus menunggu tumpangan perahu untuk berangkat ke sekolah karna akses jalan darat yang tak bisa ditempuh. saat hasil tangkapan mereka dicuri oleh nelayan asing dengan peralatan yang lebih canggih. disaat mereka harus menunggu jam 5 sore untuk menikmati listrik dari mesin diesel tua yang hanya hidup sampai jam 12 malam. maka kecintaan mereka terhadap Indonesia saya rasa adalah kesungguhan.

Indonesia tak pernah sepenuhnya dilupakan. indonesia tetap ada dihati setiap orang. para generasi penerus di sini tetap ingin bersekolah yang tinggi dan memajukan Natuna. memajukan Indonesia.

ketika saya pulang meninggalkan Natuna. saya yakin bahwa perbatasan utara Indonesia akan baik-baik saja. perbatasan utara Indonesia akan tetap terjaga. karna merah putih selalu berkibar disana. saya bangga pada Natuna saya bangga pada Indonesia.

foto ini adalah saat wisudaku seminggu yang lalu pada tanggal 5 oktober 2013. apa yang spesial? wanita cantik disampingku adalah 954897_681014188577894_436238373_nputri terbaik pelosok natuna yang berhasil berjuang bersamaku selama 8 smester untuk mendapatkan gelar sarjana pendidikan konseling di Universitas Riau. ia berjanji akan memajukan Natuna. akan membuat semua anak-anak pelosok yang sudah jadi sahabatku itu mengenyam pendidkan dan memimpin daerah mereka. setelah memakai toga ini segera laksanakan tugasmu kawan (Yeni Yanti-Putri Natuna tamatan FKIP Universitas Riau)”

Merah Putih di Leher

Namaku Maya awalia nerisma. aku adalah salah satu pelajar sekolah menengah pertama di kota Pekanbaru. aku bangga ketika 301362_2096026366971_51926425_nmengenakan merah putih di leher. karna aku adalah anak pramuka Indonesia. 3 tahun merah putih dileher memberikan banyak manfaat untukku. aku jadi lebih disiplin, mandiri, bisa mendapat prestasi yang banyak. prestasi terbaikku adalah juara 1 lomba pidato bahasa Inggris se Pripinsi Riau” - Maya Awalia Nerisma (Pramuka Penggalang kls 3 SMP) -

Pramuka Garuda adalah impian terbesarku. akhirnya Agustus tahun 2013 ini aku dilantik langsung oleh walikota pekanbaru. aku pandibersyukur bisa membanggakan semua orang yang ada disekitarku. ini semua berkat merah putih di leher. aku yakin bahwa pramuka bisa membuat karakter seseorang berubah. dari yang kurang menjadi disiplin, memiliki rasa tanggung jawab, mandiri, dan lainnya. aku adalah ketua Pramuka di Sekolah. akupun juga juara 1 dikelas :) ” – M. Alfandi (Pramuka Penggalang kls 3 SMP) -

Saya sangat bangga menjadi anggota Pramuka. saya bangga mengenakan kacu merah putih di leher di muka umum. karna 292198_236709126474813_1401783551_nmanfaat pramuka bagi saya sangat banyak. saya jadi tahu arti pentingnya kekompakan dan kebersamaan. sayapun diajarkan bagaimana untuk menjadi seorang pemimpin. saya adalah pemimpin regu, hari ini saya hanya memimpin beberapa orang tapi 10-20 tahun lagi saya akan memimpin Indonesia. prestasi terbaik saya adalah juara 1 O2SN Pencak Silat se Propinsi Riau. dengan Pramuka keberanian saya bertambah untuk menakhlukkan semua lawan di setiap pertandingan” – Roza Nila Fitri (Pramuka Penggalang kls 2 SMP) -

coretanku kali ini sederhana. aku hanya ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa untuk bangga akan Indonesia itu mudah. aku bangga akan Indonesia, tentu aku perlu sebuah aktualisasi diri untuk menunjukkan kecintaan dan kebanggaanku akan Negri ini.

“ini hariku…”

minggu pagi yang selalu saja terasa dingin. membuatku betah berlama-lama dikamar yang super nyaman ini. tapi aku harus segera bangkit. karna tugas telah menunggu diluar sana.

setelah siap dengan seragam coklat dan kacu merah putih dileher akupun berseru “tunggu aku calon pemimpin bagsa!!”.

301651_2095885603452_1575355882_n

yaa.. aku adalah seorang pembina Pramuka. tugasku adalah mengajarkan metode kepramukaan kepada para siswa sekolah menengah pertama. tak banyak orang yang gemar menjalani apa yang aku kerjakan saat ini. sebagian mereka pernah berkata bahwa minggu pagi lebih enak untuk bermalas-malasan di rumah.

tapi semua ucapan merekalah yang kemudian menguatkanku. aku yakin bahwa orang-orang terpilih itu tak banyak jumlahnya. aku adalah bagian dari sedikit orang yang meyakini apa yang aku jalani saat ini. mungkin ini adalah cara sederhanaku untuk menunjukkan kepedulian, kecintaan, dan kebanggaanku terhadap Indonesia.

kenapa aku bisa sebegitu yakin??

aku yakin karna sudah 10 tahun berpramuka. semua metode kepramukaan akan mengarah pada pembentukan karakter yang sedang digalakkan pemerintah dalam dunia pendidikan hari ini.

“Ada 18 nilai-nilai dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dibuat oleh Diknas.  Mulai tahun ajaran 2011, seluruh tingkat pendidikan di Indonesia harus menyisipkan pendidikan berkarakter tersebut dalam proses pendidikannya.”

pramuka sudah terlebih dahulu membentuk anak-anak yang berkarakter. didalam kepramukaan ada kebersamaan, kerja sama tim, hidup di alam bebas meninggalkan fasilitas nyaman dirumah, jelajah alam dan mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan, kompetisi, tanggung jawab, dan kegiatan positif lainnya.

pramuka

dari sinilah aku yakin bahwa para kaki kecil yang melangkah semangat di minggu pagi yang dingin. dengan seragam coklat dan merah putih kebanggaan dileher adalah calon pemimpin masa depan yang terbaik. karena mereka telah mengantongi semua jenis karakter yang baru saja akan digalakkan oleh dunia pendidikan kita.mereka telah siap. mereka adalah jiwa-jiwa yang bertanggung jawab, disiplin, berani, setia, cinta tanah air, kreatif, kerja keras, peduli lingkungan, mandiri, dan jujur.

41anak-anak pramuka

beginilah caraku mencintai Indonesia. aku bangga bisa menanamkan jiwa cinta tanah air pada generasi penerus ini. aku yakin selama masih ada kami yang selalu mengalungkan merah putih dileher maka Indonesia masih punya generasi terbaiknya untuk masa depan.