Yusran Adhitya Kurniawan’s Blog

Healthy Life

BEKAM

Perkataan “Al Hijamah” berasal dari istilah Bahasa Arab yang berarti “pelepasan darah kotor” dan bukan “Al Fashd” (pembuang darah). atau dalam bahasa Inggris disebut dengan “Cupping”. dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah “Bekam”. Di Indonesia kita kenal denan istilah Kop atau Cantuk.

Bekam merupakan suatu teknik pengobatan Sunnah Rasulullah Saw yang telah lama dipraktekkan oleh manusia sejak zaman dahulu kala, kini pengobatan ini dimodernkan dan mengikuti kaidah – kaidah ilmiah, dengan menggunakan suatu alat yang praktis dan efektif sera tanpa efek samping.

Teknik pengobatan bekam adalah suatu proses membuang darah kotor (toksid-racun yang berbahaya dari dalam tubuh, melalui permukaan kulit. Toksid / toksin adalah endapan racun / zat kimia yang tidak dapat diuraikan oleh tubuh kita. Toksin ini berada pada hampir setiap orang. Toksin – toksin ini berasal dari pencemaran udara, maupun dari makanan yang banyak mengandung zat pewarna, zat pengembang, penyedap rasa, pemanis, pestisida sayuran dll.

Kulit adalah organ yang terbesar dalam tubuh manusia, karena itu banyak toksid / racun berkumpul disana. Dengan berbekam dapat membersihkan darah yang mengalir dalam tubuh manusia. Inilah salah satu DETOKSIFIKASI (proses pengeluaran toksid / racun) yang sangat berkesan / mujarab serta tiada efek samping. Berbekam sangat berkesan untuk melegakan atau menghapuskan kesakitan, memulihkan fungsi tubuh / badan serta memberi seribu harapan pada penderita untuk terus berikhtiar mendapat kesembuhan.

Berbekam dapat menghilangkan rasa sakit pada bahu dan tenggorokan jika dilakukan pada bagian kuduk. Juga dapat menghilangkan sakit pada bagian kepala serperti muka, gigi, telinga dan hidung jika penyakit itu disebabkan oleh terjadinya penyumbatan pada darah atau rusaknya jaringan darah. Abu Ubaid menyebutkan dalam kitabnya “Gharibul Hadits”melalui sanad Abdurrahman bin Abi Laila :

“Bahwasanya Rasulullah Saw, melakukan bekam pada kepalanya dengan tanduk ketika disihir orang”

Berbekam juga sangat bermanfaat untuk mengobati orang yang keracunan makanan, bisa dan sejenisnya. lebih-lebih jika negeri itu adalah negeri panas dan terjadi pada musim panas. Kekuatan racun itu mengalir keseluruh tubuh melalui darah sehingga tubuh berkeringat, racun sudah menjalar kejantung,maka yang keracunan itu tidak dapat tertolong lagi. Nabi Muhammad Saw memilih berbekam pada kuduk (tengkuk)nya karena tempat itulah yang paling dekat kepada jantung, walaupun materi racun itu tidak keluar keseluruhannya.Namun hal itu sudah cukup meringankan penderitaan orang yang keracunan itu.

Melakukan bekam dibawah dagu dapat menyembuhkan sakit gigi, sakit pada bagian wajah, kerongkongan dan pada urat leher, serta membersihkan kepala dan kedua telapak tangan. Berbekam pada belakang tapak kaki (bagian atas tapak kaki) dapat menggantikan venesection
sephena, yaitu urat besar pada mata kaki, menghilangkan kutil-kutil (borok) yang tumbuh di kedua paha, betis serta tulang kering. Dapat menghentikan keluarnya darah haid (terputusnya menstruasi) dan gatal-gatal buah testis (kantung kemaluan laki-laki). Berbekam dibawah dada diatas perut dapat menyembuhkan bisul-bisul, kurap/kudis, dan panu yang ada di paha. Kaki yang sering kebas/linu, encok, penyakit bawasir (hermorhoid), penyakit kegajahan (kaki bengkak) atau elephantiasis, dan gatal-gatal pada punggung.

Sejak zaman mesir kuno lagi kaedah berbekam menjadi amalan bagi penyembuhan berbagai penyakit, seperti sawan (epilepsy), angin ahmal (stroke), hingga ke penyakit yang ringan seperti masalah kulit dan letih atau lesu. Perawatan ini tidak perlu diragukan lagi karena berdasarkan hadits-hadits yang banyak menerangkan kebaikan bagi orang yang mengamalkan bekam. Nabi Muhammad Saw merupakan insan yang pertama dibekam para malaikat dengan perintah Allah Swt sebelum Isra dan Mi’raj. Penjelasan dalam hadits Riwayat Ibnu Majah menerusi Katjir bin Salim.

Selama Aku Berjalan pada malam isra mi’raj bersama para malaikat, Mereka selalu berkata “Hai Muhammad, suruhlah umatmu berbekam”.

Jenis Bekam.

Bekam kering atau bekam angin (Hijamah Jaaffah), yaitu menghisap permukaan kulit dan memijat tempat sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor. Bekam kering ini berkhasiat untuk melegakan sakit secara darurat atau digunakan untuk meringankan kenyerian urat-urat punggung karena sakit rheumatik, juga penyakit-penyakit penyebab kengerian punggung. Bekam kering baik bagi orang yang tidak tahan suntikan jarum dan takut melihat darah. Kulit yang di-bekam akan tampak merah kehitam-hitaman selama 3 hari. Dan Insya Allah sangat baik diolesi minyak Habbassauda dari HABBAT untuk menghilangkan tanda lebam pada kulit yang selesai di-bekam. . :.

Bekam basah (Hijamah Rothbah), yaitu pertama kita melakukan bekam kering, kemudian kita melukai permukaan kulit dengan jarum tajam (lancet), lalu di sekitarnya dihisap dengan alat cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Lamanya setiap hisapan 3 sampai 5 menit, dan maksimal 9 menit, lalu dibuang darah kotornya. Penghisapan tidak lebih dari 7 kali hisapan. Darah kotor berupa darah merah pekat dan berbuih. Insya Allah bekasnya (kulit yang lebam) akan hilang 3 hari kemudian setelah diolesi minyak Habbatussauda dari HABBAT. Dan selama 3 jam setelah di-bekam, kulit yang lebam itu tidak boleh disiram air. Jarak waktu pengulangan bekam pada tempat yang sama adalah 3 minggu .

Waktu Bekam.

WAKTU PALING BAIK UNTUK BERBEKAM sebaiknya berbekam dilakukan pada pertengahan bulan, karena darah kotor berhimpun dan lebih terangsang (darah sedang pada puncak gejolak). Anas bin Malik r.a. menceritakan bahwa : “Rasulullah SAW biasa melakukan hijamah pada pelipis dan pundaknya. Beliau melakukannya pada hari ketujuhbelas, kesembilanbelas atau keduapuluhsatu.” (Diriwayatkan oleh Ahmad). . :.

Pemilihan waktu bekam adalah sebagai tindakan preventif untuk menjaga kesehatan dan penjagaan diri terhadap penyakit. Adapun untuk pengobatan penyakit, maka harus dilakukan kapan pun pada saat dibutuhkan. Dalam hal ini Imam Ahmad melakukan bekam pada hari apa saja ketika diperlukan. Hal ini berdasarkan ucapan Rasulullah SAW : “Jangan sampai mengalami ketidakstabilan darah, karena itu bisa mematikan.” .. .

Imam asy-Syuyuthi menukil pendapat Ibnu Umar, bahwa berbekam dalam keadaan perut kosong itu adalah paling baik karena dalam hal itu terdapat kesembuhan. Maka disarankan bagi yang hendak berbekam untuk tidak makan-makanan berat 2-3 jam sebelumnya. . .

Alat Bekam.

Ketika Rasulullah SAW melakukan bekam, beliau menggunakan kaca yang berupa cawan atau mangkuk. Dengan demikian jelaslah sudah bahwa teknik bekam dan peralatannya sudah ada dan dipraktekkan sendiri oleh Rasulullah. . :.

Pada zaman China kuno, bekam disebut sebagai “pengobatan tanduk” karena tanduk menggantikan kaca. Pada abad ke-18, orang-orang di Eropa menggunakan lintah sebagai alat untuk berbekam . .

Kini peralatan yang digunakan sebanding dengan perubahan zaman, dan teknologi tinggilah yang diakui dan digunakan dalam pengobatan berbekam oleh para dokter di rumah sakit. . . .

Peralatan bekam yang digunakan oleh team Bekam: Penghisap (hand pump). Mangkuk (cupping set). Pena Jarum (lancet device). Silet Antiseptik (bahan sterilisasi seperti alkohol). Sarung tangan kesehatan (rubber gloves).

Larangan Berbekam.

Orang tua renta yang sakit tanpa daya dan upaya. Penderita tekanan darah sangat rendah (dianjurkan minum habbatussauda). Penderita sakit kudis. Penderita diabetes mellitus . Perut wanita yang sedang hamil. Wanita yang sedang haid. Orang yang sedang minum obat pengencer darah. Penderita leukemia, thrombosit, alergi kulit serius. Orang yang sangat letih / kelaparan / kenyang / kehausan / gugup. :.

Anggota bagian tubuh yang tidak boleh di-bekam : Mata, telinga, hidung, mulut, puting susu, alat kelamin, dubur. Area tubuh yang banyak simpul limpa. Area tubuh yang dekat pembuluh besar. Bagian tubuh yang ada varises, tumor, retak tulang, jaringan luka .

Manfaat Bekam.

Titik bekam pada umumnya adalah untuk meringankan gangguan pada organ dan syaraf bila di-bekam pada tempat gangguan, terutama karena gangguan kelebihan darah atau darah kotor atau kedua-duanya. Titik-titik bekam yang disukai Rasulullah SAW, yaitu :.

Bekam atas dua urat leher : Mencegah sakit kepala. Mencegah sakit di wajah. Mencegah sakit gigi. Mencegah sakit telinga. Mencegah sakit hidung. Mencegah sakit kerongkongan. .

Bekam pada tengkuk / kuduk : Mencegah tekanan darah pada tengkuk. Mengatasi rabun. Mengatasi benjolan di mata. Mengatasi rasa berat pada alis dan kelopak mata. Mengatasi penyakit mata lainnya. Mengobati lepra. Mengobati berbagai macam penyakit. Diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim bahwa : “Rasulullah SAW pernah menggunakan hijamah (bekam) atas tiga bagian tubuh, bagian atas tulang belakang dan atas dua urat leher.” . .

Bekam pada pelipis : Mengobati sakit kepala. Mengobati sakit di wajah. Mengobati sakit telinga. Mengobati sakit hidung. Mengobati sakit kerongkongan. Bekam pada pundak : Mengobati penyakit di pundak. Mengobati sakit di leher. Diriwayatkan dalam Shohih Bukhori dan Muslim dari Ibnu Abbas r.a., bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan bekam sebanyak 3 kali pada 2 pelipis dan pundaknya. Bekam di atas pinggul : Menghilangkan pegal-pegal. Menghilangkan kelelahan. Dalam Sunan Abu Dawud disebutkan dari hadist Jabir bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan bekam di bagian atas pinggulnya karena sakit pegal-pegal yang dideritanya. Bagian lain tubuh boleh di-bekam sesuai tempat sakitnya selama bukan area yang dilarang di-bekam. Haruskah sebulan sekali kita di-bekam ? Jika kita ingin terbebas dari gangguan penyakit yang diakibatkan darah kotor atau sebagai tindakan penjagaan dan kewaspadaan kita terhadap penyakit, maka sangat baik bekam dilakukan sebulan sekali. Dan agar tubuh kita lebih sehat lagi, maka lebih baik setiap hari kita minum Habbatussauda dan Madu . .

DBD

Infeksi virus dengue yang menyebabkan demam berdarah dengue (DBD) memang bisa bersifat asimtomatik atau tidak jelas gejalanya. Data yang ada di bagian anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menunjukkan, pasien demam berdarah juga sering menunjukkan gejala batuk, pilek, muntah, mual, maupun diare.
Masalah mungkin menjadi bertambah karena virus ini bisa saja masuk bersamaan dengan infeksi penyakit lain, di antaranya seperti yang telah Anda sebutkan, yaitu flu atau tipus. Bisa juga virus dengue yang ditularkan hanya menyebabkan demam dengue (DD) saja, tidak fatal karena tidak menyebabkan kebocoran pembuluh darah dan tidak menyebabkan shock.
Oleh karena itu, diperlukan kejelian pemahaman tentang perjalanan penyakit infeksi virus dengue, patofisiologi, dan ketajaman pengamatan klinis. Dengan pemeriksaan klinis yang baik dan lengkap diagnosis DD maupun DBD serta pemeriksaan penunjang, seperti laboratorium, hal ini dapat membantu, terutama bila gejala klinis kurang memadai.
Gejala klinis yang biasanya lebih mengarah ke demam berdarah adalah anak mengalami demam yang tinggi 39-40 C selama 2-7 hari dan muka anak biasanya memerah (facial flush).
Kalau ternyata penderita hanya terkena flu saja, biasanya dalam tiga hari kondisinya akan membaik. Bila flu tersebut menginfeksi bersama demam berdarah, dalam 2-3 hari batuk pileknya akan berkurang, tetapi anak biasanya tetap demam tinggi, lemas, dan tidak mempunyai nafsu makan.
Kewaspadaan akan kemungkinan demam berdarah perlu ditingkatkan terutama bila ditemui adanya perbesaran hati, tanda-tanda perdarahan, atau terjadi penurunan demam yang disertai dengan keluarnya keringat, perubahan denyut nadi dan tekanan darah, serta ujung jari dan kaki terasa dingin dan lembab.
Sebaiknya penderita memang segera dibawa ke dokter bila demam berlanjut, apalagi bila menunjukkan kecenderungan yang disebut di atas. Sebagai pertolongan pertama, penderita sebaiknya diberi minum yang banyak untuk mengendalikan demam.*

GEJALA STROKE

Sewaktu pesta barbeque, seorang teman terjatuh – dia meyakinkan semua orang yang datang kalau dia tidak apa-apa dan katanya hanya tersandung batu bata karena sepatu barunya (padahal mereka menawarkan memanggil paramedik). Mereka membantunya membersihkan diri dan mengambilkan piring makanan baru. Meskipun terlihat sedikit terguncang, Ingrid meneruskan menikmati sore itu.

Malamnya, suami Ingrid menelpon memberitahukan semua orang bahwa istrinya telah dibawa ke rumah sakit – (pukul 6 sore besoknya, Ingrid meninggal).
Dia mendapat serangan stroke pada pesta barbeque. Kalau saja mereka tahu bagaimana mengenali tanda-tanda stroke mungkin Ingrid masih bersama kita hari ini. Hanya membutuhkan satu menit untuk membaca ini. Seorang ahli syaraf mengatakan bahwa kalau dia bisa menolong seorang korban stroke dalam waktu 3 jam sejak serangan tersebut, dia bisa membalikkan pengaruh stroke secara total! Dia mengatakan bahwa triknya adalah mengenali dan mendiagnosa stroke dalam waktu 3 jam sejak serangan, yang sebenarnya merupakan hal yang sulit.

MENGENALI STROKE
Kadang-kadang gejala stroke sulit dikenali. Sayangnya,kurangnya kewaspadaan dapat mendatangkan bencana. Korban stroke dapat menderita kerusakan otak sewaktu orang-orang yang ada disekitarnya pada saat kejadian, gagal mengenali gejala-gejala stroke.
Sekarang banyak dokter mengatakan bahwa orang di sekitar korban dapat mengenali gejala stroke dengan menanyakan tiga pertanyaan sederhana ini:
1. Minta orang tersebut untuk TERSENYUM.
2. Minta orang tersebut untuk MENGANGKAT KEDUA TANGANNYA.
3. Minta orang tersebut untuk MENGUCAPKAN SEBUAH KALIMAT SEDERHANA (yang masuk akal), contoh: “Hari ini cerah.” Blablabla…
Bila orang tersebut tidak bisa melakukan apa yang kita minta diatas atau salah satunya segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama selanjutnya.
Seorang kardiolog berkata kalau setiap orang yang mendapatkan e-mail ini mengirimkannya kembali ke 10 orang, kau bisa bertaruh bahwa setidaknya satu nyawa akan diselamatkan.

Medical Info : CANCER

Please note the following :
CANCER : Not all cancers are the same. 1/3 is curable. 1/3 is preventable.
2 factors of cancer that cannot be controlled are AGE & FAMILY HISTORY.

CAUSES OF CANCER:
1. Smoking is very often the main cause of cancer.
It kills us silently and drains money from us quietly. There’re 4,000 harmful chemicals (though in diluted form) in one stick of cigarette. Taking one puff is 600 times worse than inhaling exhaust fumes from vehicles.

2. Some foods that cause cancer is :
a. Barbecued Food
b. Deep Fried Food
c. Overheating Meat
d. Food that is high in fat causes our bile to secrete acid that contains a chemical which is a promoter of cancer cells.
e. Food that contains preservatives, too much salt or nitrates, e.g. canned food, salted egg & veggies, sausages, etc.
f. Overnight Rice (where Aflatoxin is accumulated)
g. Food that is low in fibre : Our body needs 25gm of both soluble & insoluble fibre daily. We must drink at least 1.5 litres of plain water a day.
h. Contaminated Food (e.g. moulded bread causes our body to secrete toxins that may eventually lead to liver cancer in the long run. Never eat bread that is kept in room temperature for more than 2 days especially in a humid weather.)

3. Types of fat and which is the best?
Highly Recommended for Health :
a. Olive Oil – It does not absorb in our body.
b. Fish Oil – Omega 3 (contained in NI’s Circulytes) has poly-unsaturated fat. It’s good for our brain cells.
c. Peanut Oil – It contains Vitamin E. A small dosage is recommended only.

4. Not Recommended for Health
a. Vegetable Fat – Palm oil is worse than coconut oil. It is high in cholesterol and highly unsaturated.
b. Coconut Oil – It has saturated fat.

5. Specific Food & Beverages
a. Egg when eaten too much can cause High Colon Cancer, Risk Ovary Cancer, Prostate Cancer.
b. Cabbage is highly recommended for health reason.
c. Tomato is best eaten raw with a bit of olive oil for better absorption. Other alternative is to take tomato sauce. Do not boil – tomatoes became acidic when boiled.
d. A little coffee is good because it contains 2 anti- oxidants. Inhale coffee aroma for half each day is equivalent to eating 2 oranges a day. However, the residue of over-burned coffee is extremely bad for health. It can cause cancer.
e. Tea, as long as it is in its original tealeaves and not processed into BOH or Lipton packets, it is good for health. Tea contains 30 anti-oxidants. Recommended dosage is a cup a day.

EXERCISE AND BE FIT
Have a balanced lifestyle. Exercise regularly.

F : Frequency : 3 to 5 times a week.
I : Intensity : Exercise till we sweat and breath deeply.
T : Types of exercises : Find one that suits our age, lifestyle…

HAVE REGULAR CHECK-UP once we reach the age of 45 & above, it is recommended that we go for regular comprehensive health examination. Early detection may save lives.

Pass it on to people you care of their health.*

Manfaat Teh Hijau
NIKMAT rasanya ketika di pagi hari kita meminum secangkir teh manis yang masih panas. Di balik kenikmatan itu, banyak rahasia alam yang bisa menyehatkan tubuh dan mencegah dari serangan penyakit yang selalu menghantui kita.
Teh yang biasa kita konsumsi, khususnya teh hijau, banyak mengandung khasiat. Sebuah riset Erasmus University Medical School, Rotterdam mengungkapkan pembuluh darah balik besar (aorta) para responden yang gemar meminum teh hijau, memiliki lapisan yang melindungi terjadinya penggumpalan darah. Kondisi ini menyebabkan menurunnya kemungkinan terjadinya serangan jantung koroner.
Selain itu, penelitian The American Journal of Clinical Nutrition belum lama ini menemukan khasiat teh hijau untuk melangsingkan tubuh. Ternyata, paduan kafein dan teh hijau yang sesuai takaran mampu membakar 4% kalori lebih banyak dibandingkan dengan orang yang berdiet dengan menggunakan placebo. Di samping itu, ternyata teh hijau pun diakui ampuh mencegah gigi berlubang, lantaran mengandung fluoride alami.
Sementara itu, menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Cellular Biochemistry edisi Juli 2001 tersebut, kandungan senyawa polifenol yang sangat banyak dalam teh hijau berperan sebagai pelindung terhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker payudara. Radikal bebas sendiri terbentuk secara alami dalam tubuh. Molekul ini dapat merusak sel-sel manusia. Orang menduga bahwa molekul inilah salah satu penyebab kanker, termasuk berbagai jenis penyakit lain seperti penyakit jantung dan penuaan. Menurut studi tersebut, daun teh hijau yang telah dikeringkan terdiri dari 40% polifenol. Selain dapat memerangi kanker payudara, zat ini juga diyakini dapat menurunkan risiko kanker lambung, paru-paru, usus besar, dubur, hati, dan pankreas
Khusus untuk kanker payudara, peneliti lainnya dosen biokimia dari Fakultas Kedokteran Universitas Boston Dr. Gail Sonenshein mengatakan bahwa teh hijau dapat mencegah kanker payudara yang diakibatkan faktor lingkungan. Namun, ia menganjurkan agar pasien yang sedang menjalani radiasi atau kemoterapi kanker payudara perlu konsultasi dengan dokter sebelum ia mencoba minum banyak teh.
**
SECARA lengkap khasiat teh hijau antara lain:  
Membantu membakar lemak
Teh hijau dapat membantu mempercepat tingkat metabolisme karena pengaruh antioksidannya yang membantu liver berfungsi lebih efektif. Baru-baru ini sebuah penelitian di Amerika yang meneliti pria berberat badan berlebihan memperlihatkan setelah minum teh hijau tiga kali sehari para pria itu dapat membakar 200 kalori ekstra per hari.  
Mencegah penyakit jantung
Teh jenis ini diyakini dapat menurunkan kolesterol jahat LDL karena pengaruh antioksidan yang mencegah oksidasi kolesterol LDL dalam arteri.
Pembekuan trombosis yang abnormal dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke dan teh hijau terbukti mencegah pembekuan darah tidak normal secara efektif.  
Menurunkan tekanan darah
Penyebab utama hipertensi adalah sebuah enzim yang dikeluarkan ginjal. Obat hipertenesi terkenal adalah ACE inhibitor. Teh hijau merupakan inhibitor ACE alami dan beberapa penelitian menunjukkan tekanan darah tinggi menurun setelah diberi ekstrak teh hijau.  
Melindungi dari diabetes
Polyphenol dari teh hijau menghalangi amylase sehingga membantu menurunkan tingkat gula darah. Tingginya glukosa dan insulin dalam darah memungkinkan orang terkena diabetes.  
Mencegah keracunan makanan
Karena teh hijau dikenal sebagai pembunuh bakteri, minum teh hijau dapat menurunkan risiko keracunan makanan akibat bakteri karena teh hijau dapat mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya seperti clostridia dan E. coli.  
Mencegah napas tak sedap
Minum teh hijau dapat membunuh bakteri yang hidup di mulut sebagai penyebab bau mulut karena memiliki antibakteri alami.  
Melindungi dari hepatitis
Hepatitis seringkali dipicu oleh tingginya tingkat zat besi dalam hati. Teh hijau terbukti dapat menurunkan tingkat zat besi di seluruh tubuh yang memiliki pengaruh langsung untuk melindungi hepatitis.
Meningkatkan kekebalan
Menurut sebuah penelitian di Jepang berkumur dengan teh hijau dapat meningkatkan kekebalan dan terhindar dari influenza dan flu. Penelitian di Harvard University juga menujukkan bahwa kimiawi teh hijau dapat merangsang sel gammadelta T. yang mendukung kekebalan terhadap bakteri dan virus.
**
SEKALIPUN memiliki banyak manfaat, perlu diingat bahwa teh juga mengandung kafein. Jika dikonsumsi secara berlebih, ia dapat menyebabkan beberapa gangguan, seperti insomnia, kecemasan, dan ketidakteraturan detak jantung.
Namun, kandungan kafein dalam teh masih tetap lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi atau minuman ringan bersoda.
Selain kafein, teh juga mengandung flavonoid, yang dapat menghambat penyerapan zat besi dari unsur-unsur tumbuhan seperti sayur dan buah. Namun, zat besi dari daging-dagingan tidak terpengaruh penyerapannya. Kenyataan ini seakan mengingatkan kita pada pepatah kuno, apa pun yang berlebihan akan tidak baik efeknya. Oleh karena itu, dua cangkir teh sehari yang diminum secara teratur sudah bisa memberi dampak baik bagi tubuh kita. ***
 
Kebiasaan minum teh, terutama teh hijau ternyata memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh kita.

Berikut ini adalah 27 macam manfaat teh hijau yang didasarkan pada berbagai hasil penelitian.
1.Dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi
2.Mencegah timbulnya kadar gula darah yang tinggi
3.Menurunkan kadar kolesterol
4.Menurunkan resiko terkena berbagai penyakit hati
5.Menurunkan resiko terkena stroke
6.Membantu tubuh dalam melawan virus (seperti virus influenza)
7.Dapat menghambat penurunan fungsi syaraf
8.Memperbaiki fungsi kognitif
9.Bermanfaat bagi kesehatan gusi
10.Mencegah sesak nafas
11.Mengurangi stress
12.Menghilangkan kelelahan dan keletihan
13.Mampu mencegah timbulnya penyakit kanker
14.Mampu mengendalikan pertumbuhan tumor
15.Membantu penyembuhan penyakit kanker
16.Membantu menurunkan berat badan
17.Mengurangi resiko timbulnya radang sendi dan reumatik
18.Berfungsi sebagai anti radang tenggorokan
19.Mencegah osteoforosis
20.Mencegah timbulnya alergi
21.Melindungi lever
22.Mencegah hepatitis
23.Membantu menghalangi penyebaran virus HIV
24.Mengurangi bahaya merokok
25.Memperlambat penuaan
26.Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes
27.Mampu mencegah keracunan makanan

Waspadai Stroke Mata
Jakarta, Kompas – Serangan stroke mata bisa merusak saraf bagian mata, bahkan dapat mengakibatkan kebutaan.
Oleh karena itu, agar segera dapat ditangani, kendalikan faktor risiko penyebab serangan penyakit itu. Caranya dengan mengenali gejala awal stroke mata berupa penglihatan mendadak mengabur dan gelap.
“Stroke mata adalah sumbatan mendadak pada pembuluh darah mata, yakni pada pembuluh darah arteri dan vena retina, serta terjadi gangguan aliran darah mendadak pada lapisan dalam retina,” papar Gitalisa Andayani, dokter spesialis mata dari Departemen Mata, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia (FKUI), Sabtu (11/11) di Jakarta.
Perlu penanganan cepat
Sumbatan arteri retina, lanjut Gita, terdiri atas arteri (pembuluh nadi) pusat (CRAO) dan arteri cabang (BRAO). Pada sumbatan arteri retina pusat, lapisan dalam retina bengkak dan pucat, penglihatan buram atau gelap mendadak. Sumbatan arteri retina cabang ditandai daerah gelap (skotoma), terkena satu mata dan tidak terasa sakit.
Di Amerika Serikat, frekuensi CRAO adalah satu pasien per 10.000 kunjungan pasien, sedangkan frekuensi BRAO 28 persen dari sumbatan arteri retina. Usia penderita mulai dari 40 tahun ke atas. “Sumbatan arteri retina termasuk kasus gawat darurat yang perlu penanganan cepat, yakni dalam 100 menit sejak terjadi sumbatan mendadak agar saraf mata tidak rusak,” tuturnya.
“Pada sumbatan arteri retina pusat, penglihatan akhir umumnya buruk. Hanya 21-35 persen penderita yang memiliki penglihatan berguna. Sementara penderita sumbatan arteri retina cabang dapat membaik,” kata Gita.
Sumbatan arteri retina ini berisiko terkena penyakit kardiovaskular, harapan hidup lebih rendah dibandingkan dengan pasien tanpa sumbatan arteri dan bisa berakibat kematian. Adapun sumbatan vena (pembuluh balik) retina bisa mengenai pusat (CRVO) dan pembuluh balik cabang (BRVO). Ini merupakan penyakit pembuluh darah terbanyak nomor dua.
Penderita sumbatan vena retina mengalami penglihatan kabur mendadak bila mengenai makula. “Sumbatan vena retina biasanya tidak mematikan, bahkan pada tipe ringan bisa membaik,” tutur Gita.
Faktor risiko
Menurut Ari Djatikusumo , juga dokter spesialis mata, ada beberapa faktor penyebab stroke mata. Di antaranya karena terkena tekanan darah tinggi, kencing manis (diabetes melitus), kadar kolesterol tinggi, penyakit katup jantung, kelainan darah (gangguan pembekuan), dan penyakit kolagen. Faktor risiko lain adalah merokok, obesitas, dan kurang berolahraga.
Oleh karena itu, faktor risiko harus dikendalikan dengan menerapkan gaya hidup sehat, yakni diet sesuai dengan yang ditentukan dan berolahraga. Pemeriksaan kesehatan dan mata sebaiknya dilakukan teratur, terutama bila berusia di atas 40 tahun.
Elvioza dari Divisi Vitreoretina Departemen Mata FKUI, menambahkan, penanganan stroke mata bertujuan membatasi perluasan kerusakan pada retina dan penurunan tajam penglihatan secara permanen hingga mengakibatkan kebutaan. Penanganan medis juga mencegah komplikasi, seperti terjadi glaukoma neovaskular dan sumbatan pada organ lain.

Waspada Obat Encok dan Anti Nyeri !

 
Dari surat dan pengakuan pasien saya, terkesan kebiasaan pasien gampang minum obat antinyeri dari warung. Sekali-dua kali mungkin tak mengapa, tapi kalau sudah rutin setiap kali nyeri, sungguh bisa buruk akibatnya. 
Nyeri itu sebuah gejala, dan bukan penyakit. Sensasi nyeri sesungguhnya merupakan isyarat yang sengaja diciptakan dalam tubuh agar kita sadar ada sesuatu yang tidak beres dengan suatu bagian tubuh kita. Bagian itu bisa di mana saja. Seringnya pada otot dan sendi, selain gigi dan kepala. 
Nyeri yang kita rasakan bisa cuma sekadar gangguan fungsi, yang muncul sementara, dan dengan atau tanpa diobati, umumnya akan pulih sendiri. Untuk jenis nyeri begini, tak arif kalau kita langsung minum obat. 
Obat baru perlu diminum jika tanpa obat kegiatan keseharian kita terganggu. Selama bisa tanpa obat, sebaiknya tak perlu gampang minum obat. Obat antinyeri, seberapa enteng pun, punya efek samping pada ginjal selain hati. Keseringan minum obat golongan ini mengancam kerusakan ginjal dan hati. 
Nyeri juga bisa muncul sebab ada kerusakan pada suatu bagian tubuh. Ini jenis nyeri yang berlangsung terus-menerus, nyaris tanpa putus, dan belum pulih kalau penyebabnya belum dikoreksi. Kerusakan sendi, otot putus, tulang retak, gigi busuk, atau awal stroke, termasuk di dalamnya.  
Minum obat terus, dan begitu obat distop nyeri muncul lagi, harus menjadi pertanda bahwa keluhan nyeri tidak boleh dipelihara. Ada yang lebih serius sedang terjadi pada bagian tubuh kita. 
Tidak Juga Jamu 
Banyak orang mengira dengan memilih minum jamu, dan bukan obat dokter, merasa lebih aman. Anggapan ini tidak selalu tepat. Kita tahu ada jamu nakal yang selain berisi bahan alam, dicampur pula dengan obat dokter (antalgin, paracetamol, obat encok). Itu berarti yang minum jamu nakal antinyeri tanpa sadar memikul efek samping yang sama dengan mereka yang minum obat antinyeri warung. 
Bahan-bahan berkhasiat alami setahu saya tidak ada yang setokcer obat dokter dalam meredam rasa nyeri. Lebih-lebih untuk nyeri sebab encok. Karena itu, kalau ada jamu yang mengaku bisa melawan keluhan nyeri encok, perlu disangsikan apa murni hanya berisi bahan alam dan tidak dicampur dengan obat encok dari dokter. 
Apalagi kalau nyerinya berasal dari kepala. Awal stroke, tumor otak, gangguan ketajaman visus mata, kelainan pembuluh darah otak, sama-sama memunculkan keluhan nyeri kepala pada awalnya. Nyeri kepala yang awet, dan nyerinya seperti itu-itu saja, jangan dianggap remeh.  
Mestinya itu dipandang sebagai isyarat agar stroke tidak telanjur terjadi, atau tumor otak tidak telanjur sudah tak bisa dioperasi lagi, atau kelainan pembuluh darah otak (anomali) tidak keburu pecah, sehingga terjadi perdarahan otak. 
Hanya minum obat nyeri kepala yang disebabkan oleh penyakit berat di belakangnya, cuma menutupi bahaya bakal meledaknya bom waktu si penyakit berat itu. Itu maka nyeri kepala yang berlarut-larut, apalagi progresif, semakin hari semakin bertambah berat, harus disikapi sebagai sesuatu yang serius, bukan dengan meredamnya hanya dengan minum obat warung atau mengobatinya sendiri. Kasus tumor otak sering terlambat ditangani akibat kebiasaan salah merasa enak dengan minum obat warung saja. 
Tak Selalu Asam Urat  
Seringnya orang menghubung-hubungkan nyeri sendi dengan asam urat bukan kejadian jarang. Sejatinya, nyeri asam urat bukan di sendi-sendi besar, seperti di dengkul, melainkan di sendi-sendi yang lebih kecil.  
Tanpa memeriksa kadar asam urat darah, tidak mungkin kita mendiagnosis seseorang mengidap asam urat. Keliru bila setiap kali muncul keluhan nyeri sendi, serta-merta berpikir perlu minum jamu asam urat misalnya, atau membeli obat antinyeri sendiri di warung. Selain tidak tepat, kita cuma meniadakan keluhan semata, namun tidak mengatasi penyebabnya. Mestinya dengan cara menurunkan asam urat dalam darahnya. 
Nyeri sendi dengkul sering lantaran usia tua. Mereka yang waktu muda dengkulnya sering terbentur, terantuk, atau menumpu sewaktu terjatuh, mudah mengalami encok lutut setelah berusia lanjut. Bekas pemain sepakbola, atlet, sering encok lutut. Kelak setelah usia lanjut encoknya muncul. Maka encok sendi lutut lazim terjadi pada usia lanjut. 
Encok sendi lutut atau osteoartritis sukar disembuhkan. Sebab, akibat sudah terjadi luka lecet pada permukaan sendi yang lembut, sementara cairan sendinya sendiri sudah semakin berkurang dengan bertambahnya usia, dengan banyak gesekan antar permukaan sendi, sendi meradang. Obat encok di sini cuma meredakan keluhan nyerinya saja, tanpa memperbaiki kerusakan permukaan sendi yang bergesekan.  
Kalaupun sampai terbentuk pengapuran sendi, di sendi lutut misalnya, itu biasanya akibat lecet sendi sebelumnya yang membentuk penumpukan tulang berlebihan, sehingga pada permukaan sendi yang lecet itu terbentuk tonjolan tulang. Bagian ini biasanya perlu dibuang lewat pembedahan sendi lutut, kalau tidak mau terus-menerus terganggu oleh nyeri sendi. Kasus begini sia-sia kalau cuma diberi obat antinyeri encok. 
Yang sama kerap terjadi di ruas tulang leher. Akibat kebiasaan salah menggunakan tulang leher, seperti menekuk-nekukkan kepala seperti yang biasa dilakukan oleh tukang cukur, sehingga terjadi benturan atau pergesekan antar ruas tulang leher yang bisa bikin lecet permukaan sendi, tumbuh penulangan baru yang kita sebut pengapuran. 
Namun, tidak semua keluhan nyeri atau rasa tidak enak di leher, tentu pengapuran penyebabnya. Baru setelah dibuat foto ruas tulang leher, kita bisa mendiagnosis ada pengapuran di sana. Jepitan saraf leher, darah tinggi, stres lantaran tegang (tension) bisa juga bikin leher terasa penat dan kencang.  
Lain penyebab, lain pula obatnya. Kasus pengapuran sendi hanya bisa disembuhkan dengan koreksi operasi, dan tak cukup minum obat seperti kalau cuma pada kasus jepitan saraf atau jiwa yang tegang saja. 
Nyeri encok sebab asam urat tinggi (jika kadarnya dalam darah lebih dari 7,0) tak perlu minum obat encok. Ada obat khusus buat nyeri encok urat yang berbeda dengan obat encok biasa.  
Kasus asam urat baru akan tuntas diatasi kalau kadar asam uratnya diturunkan, sementara obat antinyerinya hanya membantu mengurangi keluhan nyeri urat yang memang dahsyat. Seringnya pada sendi jempol kaki, tumit, dan tangan. 
Nyeri encok juga bisa muncul pada kasus encok sebab penyakit darah rheumatoid arthritis. Selama kelainan darahnya tidak diredam dengan obat khusus, percuma minum obat encok pereda nyeri belaka.  
Sendi akan terus membengkak, merah meradang, dan bila dibiarkan akan menimbulkan kerusakan sendi yang menetap, yang akhirnya membentuk kecacatan sendi. Tulang-tulang yang bengkok dan kaku, ujung penyakit ini. 
Jangan Lupa Osteoporosis 
Orang Indonesia lebih gampang kena osteoporosis dibanding orang Barat, mengingat konsumsi susu yang tidak berlanjut setelah usia balita.
Perlu waspada jika muncul keluhan nyeri yang tak gampang menghilang, khususnya pada kaum ibu. 
Osteoporosis umumnya berawal muncul di ruas tulang belakang. Ruas tulang belakang semakin menipis dan akhirnya terjadi kompresi akibat beban memikul tubuh, lalu mendesak serabut saraf di sekitarnya.  
Kasus osteoporosis yang berakibat kelumpuhan kerap berasal dari kondisi hancurnya keroposan ruas tulang belakang semacam ini (compressive fracture). 
Rasa pegal di pinggang yang berlarut-larut dan tidak berpindah, tapi semakin progresif, harus dilihat sebagai awal proses bakal rusaknya ruas tulang belakang yang mengeropos. Untuk itu perlu foto ruas tulang belakang agar dapat memastikannya. Sementara untuk tahu kalau tulang-belulang tubuh sudah keropos dapat dilakukan pemeriksaan densitometry, cara pengukuran massa tulang sudahkah mulai menipis. 
Kasus nyeri akibat osteoporosis yang sudah lanjut, hanya membuang-buang waktu saja jika diatasi dengan cuma minum obat antinyeri belaka tanpa melacak penyebabnya. Selain berakibat terlambat ditangani, bahaya kelumpuhan atau kecacatan yang mungkin ditimbulkannya, bagian yang paling ditakuti, dan perlu diwaspadai.  
Semakin Tokcer, Semakin Perlu Diwaspadai 
Belakangan ini semakin banyak jamu, obat tradisional, dan bahan berkhasiat di Jepang, Korea, dan Cina sendiri yang ditarik dari pasaran sebab baru kemudian terbukti berbahaya (ephedera, salah satunya). 
Padahal, kita kerap mendengar bahwa begitu banyak obat tradisional mancanegara yang mengaku bisa menyembuhkan aneka ragam penyakit, tanpa jelas apa isinya. 
Sebetulnya kita punya cara sederhana untuk menalar sebelum mempercayai suatu bahan berkhasiat. Pertama, bahwa tidak ada bahan berkhasiat yang berkategori “obat dewa” atau obat yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Semakin sesuatu obat atau bahan berkhasiat mengklaim dirinya bisa menyembuhkan lebih dari satu penyakit, semakin harus membuat kita ragu dan sangsi. 
Kedua, semakin tokcer suatu obat, jamu, atau bahan berkhasiat, semakin harus disangsikan apa tidak kelewat keras racun yang dikandungnya. Kita tahu bahwa semua bahan berkhasiat dari alam, selain sudah teruji zat berkhasiatnya, harus teruji pula efek samping dan toksisitasnya (kandungan zat beracun) yang terikut di dalamnya. Hanya jamu, obat tradisional, dan bahan berkhasiat yang sudah teruji toksisitasnya yang laik dikonsumsi. 
Namun, belum semua jamu dan obat tradisional di pasaran sudah diuji toksisitasnya. Dengan demikian, kendati betul memberi khasiat dan bisa menyembuhkan, belum tentu selalu aman. Sisi ini yang sampai sekarang masih merupakan kelemahan kebanyakan obat tradisional maupun jamu di Indonesia.  
Sementara teknologi dan ongkos untuk menyaripatikan suatu bahan berkhasiat hanya mengambil zat berkhasiatnya saja dan menyingkirkan semua zat beracun di dalamnya masih sama tinggi dengan biaya menemukan obat baru. Sisi ini masih menjadi kendala, sehingga mengapa semua zat dalam bahan berkhasiat obat tradisonal masih kita telan semua, bukan cuma zat berkhasiatnya saja. Hanya beberapa perusahaan jamu yang sudah melakukan uji toksisitas, kendati belum menyaripatikan zat berkhasiat, dikategorikan aman untuk dikonsumsi. 
Jamu atau obat tradisional encok paling banyak yang dicampur dengan obat atau bahan berbahaya. Obat golongan corticosteroid (obat dewa dokter) yang bikin badan bugar, secara diam-diam banyak dicampur untuk obat encok yang bersembunyi di balik kedok obat tradisional.  
Beberapa golongan obat encok dokter sendiri beberapa sudah tidak boleh dikonsumsi lagi karena alasan efek samping yang jelek.  
Keseringan dan kebanyakan minum obat golongan corticosteroid bikin tulang jadi keropos, selain mengganggu keseimbangan hormon steroid tubuh, kulit kasar, berbulu, dan muka jadi tembam (moon face) atau “gemuk air”. Bukan jarang sebagaimana lazim semua obat encok dan obat pereda nyeri, corticosteroid juga melukai lambung. Lambung mereka yang sudah lanjut usia lebih rentan terluka oleh jenis-jenis obat begini. 
Mual, nyeri uluhati, atau muntah seperti air kopi, tanda terlukanya lambung mereka yang rutin mengonsumsi obat encok, jamu, obat tradisional yang mengandung obat, dan atau dicampur dengan corticosteroid. Termasuk perlu berhati-hati menenggak puyer sakit kepala. Betul langsung cespleng nyeri kepala atau sakit giginya, tapi lambung mungkin menjerit, terluka, dan berdarah. Bukan jarang harus masuk rumah sakit.  
Oleh karena gejala nyeri paling sering dikeluhkan orang, maka obat, jamu, obat tradisional, paling banyak dicari orang. Dengan demikian, paling banyak pula diproduksi.  
Kita tahu obat antinyeri ada beberapa golongan, berbeda-beda cara kerja maupun efek sampingnya, dan tersedia berpuluh-puluh merek untuk obat yang sama. Selain berbeda tingkat kekuatannya, ada pula sifat gabungan kerja dengan efek antidemam. Itu sebab obat tersebut digolongkan sebagai analgetic-antipyretic (antinyeri-antidemam).
Di luar obat encok, ada golongan yang lebih kuat pereda nyerinya, ada golongan yang lebih menonjol antidemamnya, selain ada pula golongan yang mampu lebih fokus meredam keluhan nyeri semata. Namun, sungguh tak mampu kalau nyerinya nyeri hati lantaran sudah kapok jadi rakyat terus.

Bila prestasi sekolah anak tiba-tiba menurun atau Anda mendapat laporan dari guru bahwa anak kerap mendekat ke arah papan tulis, cermatilah. Bisa jadi, anak perlu memakai kacamata.

Mata adalah salah satu indera paling penting bagi manusia. Kelainan pada mata tentu saja sangat mengganggu aktivitas hidup sehari-hari. Sayangnya seringkali gangguan dini pada mata anak luput dari pengamatan orangtua.

Kapan perlu kacamata?
Dr. Tri Rahayu Sp M, dokter spesialis mata yang bekerja di Jakarta Eye Center, mengatakan orangtua perlu mencurigai adanya gangguan pada penglihatan anak jika tajam penglihatan anak mulai tidak maksimal.

Indikasi pertama biasanya berupa keluhan anak soal kesulitan melihat jauh ataiu adanya laporan dari guru tentang perilaku anak yang sering mendekat untuk melihat tulisan di papan tulis. Atau pada saat menonton televisi anak terlihat sering maju mendekat ke arah televisi. “Sayangnya, banyak orangtua yang tidak segera bertindak mengeksplore lebih jauh dengan melakukan pemeriksaan mata. Tapi, malah memarahi anak untuk tidak nonton dekat-dekat,” tutur dokter lulusan FKUI ini.

Bila gangguan ringan ini tidak segera ditangani, sebagai efek lanjutannya, banyak anak yang kemudian mengalami kemunduran dalam prestasi belajar.

Bisa merupakan kelainan turunan
Kelainan mata yang bisa menyebabkan anak membutuhkan kacamata ini umumnya disebabkan karena kelainan refraksi. Kelainan refraksi ini merupakan kelainan sistem optik dimana mata tidak bisa memfokuskan penglihatan (bayangan subjek penglihatan) tepat pada retina mata.

Normalnya, panjang sumbu bola mata harus sama persis dengan kekuatan refraksi. Namun bila kekuatan refraksinya normal tetapi sumbu bola matanya terlalu panjang, maka bayangan akan jatuh di depan retina. Kelainan seperti itu disebut myop dan untuk mengatasinya diperlukan kacamata minus agar mata kembali mampu memfokuskan bayangan subjek penglihatan agar jatuh tepat pada retina.

Salah satu faktor penyebab kelainan myop adalah faktor genetik (keturunan). Diketahui bahwa orangtua yang memiliki sumbu bola mata panjang, kemungkinan besar akan melahirkan anak-anak yang mempunyai sumbu bola mata yang lebih panjang pula dari anak-anak umumnya. Karena itu, orangtua yang berkacamata minus akan cenderung memiliki anak-anak bercamata minus pula.

Faktor pendukung kedua adalah soal etnis. Etnis Cina atau Tionghoa diketahui lebih rentan mengalami myop. Tak heran hampir 40-50% anak-anak di Singapura berkacamata. Bahkan, sampai untuk tingkat mahasiswa, 70% mahasiswa singapura berkacamata.

Faktor ketiga adalah pengalaman visual. Dalam hal ini adanya kejadian berulang yang menyebabkan bayangan tidak jatuh pada retina, misalnya kebiasaan melihat benda dalam jarak terlalu dekat. Melihat disini termasuk saat membaca, menonton televisi atau bekerja di depan komputer.

Pada anak-anak sebenarnya mata masih memiliki kemampuan akomodasi, dimana sekalipun ia tengah melihat dekat mata akan menyesuaikan diri untuk tetap dapat melihat secara fokus. Namun, bila hal ini dilakukan secara berulang dan terus-menerus tubuh sendiri akan memunculkan sinyal kimiawi yang akan memacu perubahan arah pertumbuhan struktur bola mata. Efeknya dinding bola mata anak menjadi lebih lemah dan akhirnya mudah memanjang. Bila ini terjadi, anak pun rentan mengalamai kelainan myop atau dengan bahasa awam menderita minus.

Mitos juice wortel
Bila mata anak sudah terlanjur mengalami minus banyak orangtua percaya bahwa persoalannya bisa diatasi dengan mengkonsumsi wortel dalam jumlah besar. Namun, dokter Tri membantahnya. Menurut istri dari Aryo Gajah Seno ini, hingga saat ini belum ada pengobatan yang dapat menghilangkan minus. Yang ada hanyalah upaya mempertahankan minus agar tidak berkembang cepat. Bahkan untuk kasus anak-anak, karena bola mata mereka masih tumbuh dan bertambah panjang sesuai dengan pertumbuhan badannya, maka seiring pertambahan panjang sumbu bola matanya, minusnya pun akan bertambah.

Karena itu untuk mencegah agar minus tidak bertambah perlu dilakukan koreksi kelainan dengan cara menggunakan kacamata yang tepat. Kedua, mata jangan dipakai terlalu banyak melihat dekat.

Bagi anak-anak, mereka perlu diupayakan mendapat ruangan yang luas saat bermain atau bahkan bermain di luar ruangan. Kecenderungan anak-anak bermain di dalam ruangan akan memicu kerja mata untuk sering melihat sangat dekat, misalnya saat main playstation atau game komputer. “Apalagi sekarasng ada game di handphone. Itu kan jaraknya dekat sekali. Pasti akan memperburuk keadaan,” tambah ibu dari dua orang anak ini.

Pada anak yang sudah lebih besar (>18 tahun) dapat dilakukan operasi untuk mengurangi atau menghilangkan minus. Namun tentu harus dengan berbagai pertimbangan khusus, misalnya minusnya terlalu besar. Bagi anak-anak, operasi hanya bisa dilakukan bila keadaannya sudah cukup berat. Misalnya, di usia 6 tahun tapi minusnya sudah lebih dari 20.

Sementara soal wortel, dia hanya berguna untuk memperbaiki sel-sel retina mata karena di dalam wortel memang terkandung karotenoid yang berfungsi pada metabolisme sel-sel syaraf mata, atau sel retina.

Karena itu, wortel memang tetap harus dikonsumsi dalam dosis yang cukup. Tetapi, tujuannya bukan untuk menghilangkan minus namun sekedar untuk memperbaiki sel-sel retina. Selain itu tetap juga diperlukan keseimbangan nutrisi demi mempertahankan struktur dinding bola mata agar tetap bagus.

“Jadi untuk mencegah bertambahnya minus kacamata, kita tidak cukup hanya minum jus wortel saja yang banyak, tapi semua komponen harus terpenuhi. Bahkan, sampai ke lemak pun harus ada, namun dengan takaran yang cukup,” kata dokter lulusan FKUI ini.

Jangan terlambat
Pertumbuhan sistem penglihatan anak memiliki beberapa fase kritis atau fase yang cepat dan fase yang lambat. Fase pertumbuhan yang pesat berlangsung pada usia anak 3 tahun ke bawah. Dari umur 3 tahun sampai umur 6 tahun masih ada perkembangan, namun sudah mulai melambat. Di atas 6 tahun, perkembangan system penglihatan sudah mulai mendatar saja.
Maka, jika terjadi gangguan penglihatan pada masa awal perkembangan dan tidak dikoreksi, akan timbul apa yang dikatakan sebagai lazy eye atau mata malas (ambliopia).

Bila lazy eye ini, diketahui di atas usia perkembangan misalnya pada usia 12 tahun atau 10 tahun, walaupun dikoreksi secara maksimal dengan kacamata, tetap saja penglihatan anak tidak akan semaksimal anak-anak seusianya. Namun bila sudah terdeteksi di usia 6 tahun dan dikoreksi, segala ketertinggalannya masih bisa terkejar.

Karena itu, mencermati keluhan-keluhan pada mata anak sejak dini adalah satu tindak pencegahan yang sangat baik agar anak tidak mengalami kelainan mata permanen yang akan mengganggu aktivitas hidupnya kelak.

Dear all,  Baca, ketahui kemudian pertimbangkan kalau bisa jalankan… 
1.Setiap orang mempunyai sel kanker di dalam tubuh. Sel-sel kanker ini tidak terlihat dalam tes standard hingga mereka berkembang biak menjadi bermilyar milyar. Ketika dokter mengatakan kepada pasien kanker bahwa tidak ada lagi sel kanker di tubuh mereka setelah perawatan, itu berarti bahwa tes yang dilakukan tidak mampu mendeteksi sel kanker karena sel kanker tersebut tidak sampai pada jumlah yang dapat diprediksi.  
2.Kanker sel terjadi antara 6 sampai 10 kali di dalam hidup manusia.  
3.Ketika kekebalan tubuh manusia kuat, sel-sel kanker akan rusak dan dicegah dari pembiakan dan pembentukan tumor.  
4.Ketika seseorang mengidap kanker, diindikasikan orang tersebut mempunyai beragam gangguan nutrisi. Hal ini bisa disebabkan oleh factor genetik, lingkungan, makanan dan gaya hidup.  
5.Untuk menanggulangi beragam gangguan nutrisi, mengubah diet dan termasuk suplemen akan menguatkan kekebalan imun.  
6.Kemoterapi melibatkan sel kanker beracun yang tumbuh dengan cepat dan juga merusak sel sehat yang tumbuh dengan cepat di sumsum tulang, organ bagian dalam dan dapat menyebabkan kerusakan organ seperti hati, ginjal, jantung, paru-paru, dsb.  
7.Radiasi ketika menghancurkan sel kanker, juga membakar dan merusak sel sehat, jaringan dan organ.  
8.Perawatan awal dengan kemoterapi dan radiasi akan sering mengurangi ukuran tumor. Akan tetapi penggunaan kemoterapi dan radiasi yang berkepanjangan tidak menghasilkan kehancuran tumor.  
9.Ketika tubuh telah banyak mempunyai racun yang terbakar akibat kemoterapi dan radiasi, sistem imun yang dibinasakan karenanya akan lemah dari berbagai macam infeksi dan komplikasi.  
10. Kemoterapi dan radiasi bisa mengakibatkan sel kanker bermutasi dan menjadi bersifat menentang serta sulit dihancurkan. Pembedahan juga dapat mengakibatkan sel kanker menyebar ke bagian lain.  
11. Sebuah cara yang efektif adalah membuat sel kanker lapar dengan cara tidak memberinya makanan yang dapat menyebabkannya berkembang biak.  
12. Protein hewani sulit untuk dicerna dan membutuhkan banyak enzim pencernaan. Daging yang tidak dicerna secara sempurna, sisanya di dalam isi perut menjadi antaran untuk membangun racun.  
13. Dinding kanker dialasi oleh protein yang tangguh. Mempertahankan diri dengan memakan sedikit daging dapat membebaskan enzim untuk melawan dinding protein sel kanker dan membiarkan sel pembunuh dalam tubuh menghancurkan sel kanker.
14. Beberapa suplemen membangun kekebalan imun (IP6, Flor-ssence, Essiac, anti oksidan, vitamin, mineral, EFA, dll) dan memungkin kan sel pembunuh dalam tubuh menghancurkan sel kanker. Suplemen-suplemen lain seperti vitamin E diketahui menyebabkan apoptosis, atau pemrograman kematian sel, metode tubuh normal dari penempatan sel yang rusak, tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan.  
15. Kanker adalah penyakin pikiran, tubuh dan jiwa. Semangat yang proaktif dan positif akan membuat selamat. Kemarahan, tidak memaafkan dan kepahitan menempatkan tubuh ke dalam keadaan penuh stress. Belajarlah mempunyai semangat mencintai dan memaafkan. Belajarlah santai dan menikmati hidup.  
16. Kanker sel tidak dapat tumbuh dengan subur dalam lingkungan beroksigen. Berolahraga setiap hari, dan bernapas dengan dalam membantu mendapatkan oksigen lebih banyak. Terapi oksigen adalah cara lain untuk menghancurkan sel kanker.  
SEL KANKER HIDUP DENGAN:  
a.Gula adalah umpan kanker. Dengan mengurangi gula, berarti juga mengurangi suplai makanan penting bagi sel kanker. Pengganti gula seperti NutraSweet, Equal, Spoonful, dll dibuat dengan aspartam dan itu berbahaya. Pengganti alami yang lebih baik dapat berupa madu atau tetes tebu tetapi dalam jumlah yang amat sedikit. Garam meja mempunyai tambahan kimia untuk membuat warnanya putih. Alternatif yang lebih baik adalah dengan garam laut.  
b.Susu membuat tubuh memproduksi mucus, terutama di organ bagian dalam. Kanker diumpan oleh mucus. Dengan mengurangi susu dan menggantikan dengan susu kedelai tawar sel kanker akan kelaparan.  
c.Sel kanker tumbuh dengan subur di lingkungan asam. Diet anti daging adalah bersifat asam, yang terbaik adalah memakan ikan dan ayam daripada daging sapi atau babi. Daging juga mengandung antibiotik ternak yang menumbuhkan hormon dan parasit yang berbahaya, terutama bagi penderita kanker.  
d.Diet dengan 80% sayur dan buah segar, biji-bijian dan kacang-kacangan membantu tubuh dalam lingkungan alkalin. 20%nya bisa diperoleh dari makanan matang termasuk kacang. Sayur segar menyediakan enzim hidup yang mudah diserap dalam 15 menit untuk memelihara dan meningkatkan pertumbuhan sel sehat. Untuk memperoleh enzim hidup untuk membangun sel sehat, cobalah minum jus sayur segar (semua sayuran termasuk kacang2an) dan makan sayuran mentah 2 atau 3 kali sehari. Enzim rusak pada temperature 104 derajat Farenheit atau 40 derajat Celcius.  
e.Hindari kopi, teh, dan coklat yang mempunyai kafein tinggi. Teh hijau adalah alternative terbaik yang mempunyai sel penumpas kanker. Yang terbaik meminum air bersih atau air yang telah disaring untuk menghindari racun dan logam berat dalam air ledeng.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!