Puspa SB Manullang

Just another Djarum Beswan Blogs site

Moment LEADERSHIP DEVELOPMENT

Leader for future !!

Anak kosan bilang, “ kamu enak ya Pus 3x pp dibiayain djarum, jalan2 dan nambah pengetahuan…” hahahaha… Thanks guys, amin.. rejeki dan kesempatan ga kemana kok.. *moga ini ga ketiga kalinya guys, moga aku menang blog competition ato menang writing competition* biar bs nambah ilmu lagi. aminnn :D

Sejam lebih waktu yg ditempuh (Palagka Raya – Jakarta), tiba di red corner nungguin temen2 beswan lain dateng sebelum kita semua berangkat ke lokasi Leadership Development. Dan tiktoktiktok si jam ikut menunggu sampe beswan dari Malang, Jambi, Manado, Papua, Padang, Mataram, Semarang, dan Jogja dan Medan tiba di red corner..cipika-cipiki *berasa ga ketemu temen2 seabad deh.

Ok keberangkatan ke Menara Peninsula Hotel jam tngh 4 sore, biar ga boring selama perjalanan krn macet, kita bikin tebak2an gilaaakk yang lumayan meres otak penghuni bus,  dan pelopornya Ka Fadli nobita *pake kacamata* yg jd LO kita selama 4 hari kedepan. Kocakkkkk abisss !!

Yuuuhuuuu akhirnya kita nyampe jg di hotel jam 17.00, registrasi dan ambil baju selama kegiatan LD. Trus kekamar, dan sampe dikamar nemu beswan bandung yg jd temen sekamar,,kita kenalan terus mandi dan beres2

LD Batch 1 hari pertama dimulai 18.00. ternyata kita dibagi perkelompok lg, dan nama kelompokku adalah Yudhistira… ada aku(puspa), ute, derio, windi, sugeng, anin, stella, n willy…Yuupp stlh dinner bareng, Effective Writen Communication dari Margaretha Astaman dimulai, mba yg cantik ngajarin cara menulis yg baik dan bagaiman menyampaikan ide kreatif lewat tulisan. Intinya kita semua bisa menulis di media apa aja asal bermakna, berwawasan dan feelnya dapet buat pembaca.

Abraham Delta sesi Emotional Intelligence, pas hari kedua. Greattt !! ternyata mas AB *panggilan* ngelatih kita menjadi seorang pemimpin yg cerdas dan peka, bisa memimpin dgn memperhatikan segala aspek yg mendukung dan menghambat kerja ato proses hidup kita, sehingga bisa menjadi org sukses.

Mempunyai visi hidup yg jelas dan langkah2 utk mencapai target itu adalah proses untuk maju, mba Evi ngelatih bikin target buat masa depan kita, disuruh ngegambar visi kita di kertas pake crayon, dan mba Evi nyuruh baca gambar yg aku bikin..aku hrs bs kerja di BUMN atau kantor pemerintah, hrs bs ngebahagiain ortu, bisa ajak jalan keluarga keluar negeri,, pengennya sih Inggris dan Finlandia, target 8 taun lagi hrs tercapai. semoga yaa^^
Wooww trnyata dapet respon baik dari mba Evi dan teman2 beswan lainnya, mereka kasih tepok tangan yg meriah,,, thanksss all

Lanjut sesi mba Rosi, yaitu Communication. Well,, kedua kalinya ketemu mba Rosiana Silalahi pas NB dan skrng LD lg,,,hihihi.. Di sesi ini kita diajarin mba Rosi berbicara seperti seorang pemimpin, kita diajari berbicara dgn memperhatikan intonasi, artilulasi, dan bahasa tubuh saat diliat bnyak org. Banyak ilmu yg kita dapet. Artinya kita hrs bisa menguasai tekhnik bicara yg bener agar informasi yg kita berikan jelas dan beramanfaat bagi org lain.

Ternyata setelah sedikit latian dgn mba Rosi, kita lanjut dgn Briefing Project, disini setiap kelompok ada tugas membuat suatu project dan dipersentasikan dan project ini hrs punya tujuan akhir yg jelas kepada audience.

Ok pengumpulan ppt sampe jam 24.00 teng, dan semua kelompok Wajib lembur termasuk kelompokkku, yuuupp..kita kerjain project dgn baik, awalnya sih kita bnyk main2, ngobrol, tp krn waktu yg singkat kita hrs selesain projectnya dan fix project kita “pengembangan pariwisata di papua barat”. Setelah ngumpul ppt, kita sampe jam 3 lembur buat latihan, memahami tujuan project tersebut, krn kami berperan sbg Gubernur papua barat dan audience sbg Kepala dinas dan masyarakat

New day,, hari ketiga presentasi project dr tiap kelompok, dan komentatornya mba Rosi sendiri,,deg2an sih, kami yudhistira presentasi urutan ke-4. Kita jelasin project dgn singkat dan rinci. Selesai paparin, kita lgsung dikomen mba Rosi…trnyata project kami trlalu singkat, dan terlalu irit slide,,ga masalah yg pnting kmi udah kasih penampilan terbaik and all out okey…

Semua kelompok udh presentasikan project masing2, dan pengumuman kelompok  yg projectnya terbaik, trnyata kelompok Kresna dgn project permainan tradisional bandung dan pembicara oke yaitu dina dari papua *prokprokprok*

Full Tilt… yoooshhhh. Sesi yg paling ditunggu, James Gwee, motivator luar biasa yg bisa bikin mata ON terus, semua para beswan bener2 disuntik semangat yg luar biasa, kita saling motivasi satu sama lain dan kita diajarkan agar berani bermimpi dan berusaha terus sampe mimpi kita tercapai.
Next… apa yg saya lakukan sbg seorang pemimpin, LEADERS PROVIDE INSPIRATION, VISION, AND DIRECTION. Mr. Gwee bikin semua beswan lebih semangat dan percaya diri lagi.. I wish see U again mister.. hahaha..
Inget,, HARUS FULL TILT !!!

Hampir penghujung yaww.. kita adain briefing untuk sesi terakhir. Debate Competition, pembagian kelompok yaitu sadewa dan nakula…aku dapetnya kelompok Sadewa. Yuuuppp.. ka Kris langsung bimbing briefing dan jelasin semua peraturan selama debat. Masing2 kelompok harus ada Leader, Deputy, dan whip.. dan selesai briefing kita latian yel2 dan persiapan mantepin debat.

Hari keempat hari penghujung…..Pam pam parampam pam parampam pampamparam pam… cuap cuap …sedikit cuplikan yel2 sadewa sebelum debat dimulai, semua deg2an.
Hrs bener2 optimal.. sadewa yeyeye sadewa yeyeye….

Debate Competition dimulai Dgn topik Hukuman Mati deperlukan bagi Terdakwa… semua peserta duduk di tribun yg disediakan, pemilihan pro dan kontra, ternyata kami dapet PRO.. Masing2 kelompok mengikuti peraturan dgn baik, saling memberi argument yg cerdas dan kompetitif.

Berakhirlah Debate Competition. Diskusi penilaian tim juri dari pak sapto, ka kris dan Guru Besar jurusan komunikasi Universitas Indonesia..
Ternyata pemenangnya adalah kelompok kontra yaitu Nakula,,,
Selamat ya nakulaaaaaaa ^^

Walaupun Sadewa ga menang, tapi udh kasih penampilan terbaik. Keep smile guysss… sadewa tetap berapi-api.. yg penting kita semua tambah pengetahuan, pengalaman dan tau cara debat yg baik dan benar,, okeeee

Moment sedih terasa guysss, kita akan kembali kekota masing2.. banyak pengalamn berharga yg kita dapet selama LD.. endingnya kita semua joged2 ketawa2, nyanyi seikat beswan djarum. jingkrak2, dan foto2 kece sbg penutup cerita LD..

Thanks buat Djarum Beasiswa Plus udh ngasih kita kegiatan yg luar biasa dan berwawasan,, sangat sangat sangat bangga menjadi keluarga besar Djarum Foundation.
Keeep contact guysss,,,moga bisa ketemu lg.
I MISS YOU ALL SO MUCHHHH…

posted by Puspa SB Manullang in Uncategorized and have No Comments

The experience of Character Building…

Pokoknya bagi dulu cerita yg ini ^^

Character Building adalah softskill yg diterima para beswan, sebagai proses pengendalian diri,membangun karakter yg lebih baik dalam pencapaian cita2 dan kesuksesan.. Ternyata aku dapetnya batch 1 dan kegiatannya tgl 5-8 Des .. ok siap2 digembleng sama pelatih2 yg disipli dan para beswan akan mempertajam karakter masing2. Mempertahankan yg baik dan meninggalkan yg buruk.

Penerbangan tiba di Bandara Soetta, pagi 08.30..trus nungguin beswan yg lain yg ikut batch 1 at Red Corner Soetta. Sambil makan, akhirnya temen2 beswan datang.. Keberangkatan kami dari Soetta menuju Bandung kira2 pukul 12.30, kami naik bus khusus untuk keberangkatan para beswan. Dibus saling cerita, menikmati perjalanan, dan sesekali kami tertidur di bus.

Ternyata, kami sampai di Bandung pukul 17.00 sore, tujuan pertama adalah Saung Angklung Udjo, ternyata tempatnya luar biasa keren, tempat dengan desain bambu mulai dari panggung pertunjukan,pendopo, galeri, dan kamar mandi, setelah sampai kami langsung cek kesehatan yg di periksa pelatih.

Di SAU sudah dihidangkan berbagai makanan khas sunda yang nikmat. Setelah itu kami menyaksikan pertunjukan angklung, kolaborasi dengan alat musik band, nyanyian dan Tarian yang menarik. Kami juga melihat betapa hebatnya anak2 kecil menampilkan tarian dan atraksi angklung yang membuat semua para beswan kagum.

Di SAU, kami juga dijelaskan proses pembuatan angklung, sejarah angklung, dan perkembangannya hingga saat ini, Dan dari semua penjelasan yang diberikan, kami mendapat banyak nasihat, ajaran, dan nilai2 yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
Hebatnya lagi, para beswan unjuk kebolehan jg ternyata… kami diajarkan memainkan angklung sambil menyanyikan Hymne Beswan, Hahaha keren.. pokoknya selama di SAU para beswan dan keluarga besar SAU sangat akrab dan hangat, kami juga menari bersama sebagai tanda keluarga SAU menerima para beswan djarum. Acara ditutup dengan foto2 bersama sambil memegang angklung yang sudah diberikan sebagai tanda kenang2an dari Saung Angklung Udjo.

Perjalanan selanjutnya menuju Cikole, Lembang tempat para beswan mendapat pelatihan softskill, pukul 23.oo tiba di Zone 235 dan mendapat pengarahan langsung dari pelatih TNI juga pembagian peralatan dan baju yang akan digunakan para beswan selama pelatihan. Setelah itu para beswan langsung istirahat.

Pagi yang segar dan dingin tentunya membangunkan beswan untuk segera mandi dan mempersiapkan peralatan sebelum memulai aktivitas di cikole. Ternyata kegiatan utama yang dilakukan adalah olahraga pagi,, ini nih udh keliatan disiplinnya^^ Setelah olahraga, kami makan pagi.. makan pagi yang sangat disiplin karena sebelum makan berdoa dulu dan dalam hitungan ke-30 makanan harus habis tanpa sisa, jika bersisa akan mendapatkan hukuman. Pokoknya saat makan, kami bener2 diajari untuk menghargai makanan.

Kegiatan selanjutnya upacara pembukaan Character Building batch 1, upacara berlangsung dengan baik,,,kagetnya sih pas denger dentuman meriam gituu. Trus pembagian regu( dapet regu 4 putri )..Dilanjutkan dgn Ice Breaking, game mempererat kebersamaan, menajamkan konsentrasi, ide dan kerja tim untuk melawan kelompok lawan. Tim dibagi 2 putra dan putri.. ternyata dengan kerjasama yg baik regu putri yg menang mengalahakan regu putra. Horeeeee !!

Dan game sesungguhnya dimulai, ternyata batch 1 dibagi 8 regu..batch 1 harus menyelesaikan games yg ada, total 14 game..regu 4 berharap 100 pita dpt dikumpulkan, para beswan jg bikin yel2 masing2 regu..dan yel2 kami (regu 4) adalah  character Building di Beswan Djarum ,kita sungguh2 bersemangat UuYee… sigap dan kompak bekerjasama siap hadapi smua tantangan.. Dicikolelelelelelelelelele lele…..

Semua games yg ada dapat kita lakukan dgn baik tentunya dengan pemasangan webbing yang baik. Semua permainan dapat regu 4 sikat dengan semangat yg luar biasa..walaupun ada sebagian dari kami awalnya takut,tp dengan semangat dan kekompakan regu 4, kita dapat menyelesaikan games dengan happy,,
oh ya ternyata dari setiap games yg kita mainkan,, banyak pembelajaran dan motivasi untuk kehidupan sehari2, kami dituntut agar bertanggung jawab dan fokus terhadap tujuan hidup.. sehingga karakter kami yang dibangun semakin kokoh dan siap mengahadapi segala perubahan dimasa sekarang dan tentunya dimasa depan.

Pengalaman yang berkesan salah satunya adalah Caraka Malam, kegiatan ini adalah melatih dan menajamkan mental para beswan untuk tidak takut dengan hal2 yang memperlambat kemajuan dan kesuksesan para beswan, yang dapet diambil dari kegiatan ini adalah JANGAN TAKUT, MAJU TERUS dan FOKUS.. kita bener2 dilatih mulai dari melatih indera penciuman, penglihatan, dan perasaan, konsentrasi dan kepatuhan terhadap aturan yg diberikan…
Pengalaman luar biasa selama 3 hari didapat, dan senengnya lagi kami regu 4 mendapat Red Ribbon Award sebagai Regu Putri Terbaik Batch 1, bagaikan artis yg menang nominasi,,hahaha kita emang Amazing Girlsssssss !! ^^

Red ribbon award milik kita girlssss !!

posted by Puspa SB Manullang in Uncategorized and have No Comments

Nation Building WOW !!

Hai hai hai…..

Thanks for Jesus, ortu, adik2  dan keluarga yang teramat aku cinta. Dan for others yg ngedukung aku.

Khusus buat Djarum Foundation terimakasih bgt udh ngasih aku kesempatan menerima beasiswa dan menjadi bagian dari Keluarga besar Djarum Beasiswa Plus, dan happynya bisa ngerasain pengalaman seru dan bermanfaat tentunya. Dan terimakasih karena udh memfasilitasi para beswan dengan blog yang kereeeennn.

cekidoott !!

Bangga bgt krn dinyatakan sebagai penerima beasiswa dari Djarum Beasiswa Plus, sehingga persiapan yg oke buat berangkat kesemarang udah mantep. Aku berangkat bareng Zeze (seDSO). Keberangkatan awal menuju Surabaya dan tiba di Juanda Airport. Beswan dari diluar pulau kyak aku n zeze nginap di hotel dulu semaleman, dan besok paginya kita langsung ke Kedungdoro buat ketemu Pak Totok (Pembina RSO) krn ada instruksi penting dan ngumpul bareng temen2 beswan seregional Surabaya.

Kita semua ada 100an lebih seDSO. Ada dari kalteng, kalsel, kaltim, kaltara, surabaya, jember, malang, bali, papua, manokwari, manado,dan palu (Oh ya.. total beswan nasional 515 orang). Terus kita saling kenalan, bikin yel-yel, nyanyi, ada yg tukeran pin, follow2an twitter dll. Kerennya lagi…sampe ada yg bawa kerajinan tangan dan makanan khas dari provinsinya.. 4 jam lebih dikedungdoro kami isi dengan hal menarik. Pembagian bus dan kamar hotel..aku dapetnya Hotel Grand Candi yg jadi tempat istirahat selama seminggu di semarang.

Dan jam 5 beswan regional Surabaya udah standby berangkat kesemarang. Perjalanan menuju semarang happy jg, krn dibus kita ngobrol2, ngelawak, nonton biar engga boring,,tp krn perjalanan masih panjang para beswan trnyta tidur sampe tiba disemarang. Sesampai disemarang tepatnya di Hotel Grand Candi para beswan disambut kece,, wownya lagi,,,kita udh kayak artis yg harus difoto sama Kameraman, blitz kamera ngagetin wajah para beswan yg baru bangun tidur,,HoHoHoHo..Tp tetep eksis dan staycool ^^
Okeeeh pembagian key card kamar hotel,, ngabsen ke panitia dan segera cusss kekamar buat istirahat,, ternyata temen beswan sekamarku udh tidur karena nyampe duluan. Mereka adalah Rini dari semarang dan Gries dari Bengkulu,, say hello, beres2 trus tidur…oh ya trnyata dikamar udh disediain barang2 keren dari Djarum Foundation,,,thanks sekali lg !!

Paginya Aku, rini dan gries siap2, trus sarapan..biar semangat hari pertama tepatnya hari Jum’at all. Bus GC8 siap meluncur ke gedung PRPP,,disini para beswan dibagi Kubu,, (jiahh emang perang)^__^ ada CHOIRE (aku gabung disini) dan THEATRE. Selama di gedung PRPP kita bener2 dilatih habis2n, serius, dan diforsir abisss,,tp engga masalah krn makanan, snack dan jeda hiburan bikin kita semangat terooos.. dan LOnya siap buat para beswan. Mba Brigita dan pelatih berkapabilitas lainnya sabar ngelatih pasukan CHOIRE,, cos ada alto,sopran,tenor,dan bass. Tentunya jg buat pasukan THEATRE pasti di latih maksimal,,oh ya Koreografernya Deni Malik..

Emang latiannya bener2 capek ditambah pasukan CHOIRE ngehapalin 7 lagu truss nyanyi sambil tari Rancak dan tema MALAM DHARMA PURUHITA adalah Kemilau Intan Indonesia ,, mengambil tema ini krn kita akan menampilkan keindahan dan aneka ragam budaya dari BUMI KALIMANTAN yg banyak menyimpan kekayaan alam dan keseniannya. Pokoknya para beswan dilatih maksimal demi penampilan terbaik pas Malam Pengukuhan Beswan. Guysss, latihan berlangsung selama 5 hari,, para beswan, pelatih, dan semua crew yg bertugas bekerja keras juga bintang televisi seperti (Dion,monita Idol, dan ello) ikut latian utk menyemarakkan acara :*

Minggu adalah perjalanan ke 168 Conference Building,, tp sebelumnya para beswan masih latian Rancak dan latian theatre dulu,, sorenya sekitar jam 5 sore menuju Sixteen Ballroom, disinilah Talkshow Diskusi Kebangsaan dengan Topik PAHLAWAN BANGSA, Kita mengingat sejarah para pejuang mempertahankan Bangsa Indonesia. Moderator senior Rosiana Silalahi mencerahkan mindset para beswan WOW !! Dan Penutup talkshow salah satu band yang aku suka dengerin “Andra and The Backbone” berhasil bikin suasana happy dan bersahabat dengan lagu2nya.

Hari Senin, CULTURAL VISIT !! kunjungan ke kudus, jalan2 sebentar liat menara kudus, trus ke pabrik rokok Djarum, disini para beswan melihat cara pembuatan rokok dan mncoba mengelinting rokok, dan hasil kelintingan sendiri bisa dibawa pulang,,dan aku berhasil ngelinting 5 btg rokok. *prokprokprok* Perjalananan selanjutnya ke tempat pembibitan tanaman,, ada berbagai jenis tanaman disini, dari yg kecil, sedang dan yg besar. Banyak penjelasan dan ilmu yg didapat dari kakak2 pemandu mulai dari pemilihan bibit, penanaman, perawatan dan membudidayakan tanaman agar tumbuh dgn baik.

Lanjut ke tempat pengolahan limbah rokok djarum. Emang canggih, proses pengolahan limbah benar2 menggunakan tekhnologi modern dan limbahnya bisa jd kolam tempat ikan-ikan,, para beswan ga khawatir, trnyata ikan2nya sehat dan kita sempat mencicipi ikan yg udh matang. Terakhir menuju GOR Bulutangkis Djarum, Jati Kudus untuk membatik bersama, corak yg digunakan tentunya Batik Kalimantan. Aku dapet pola bunga, Dan hasil batiknya diberi saat softskill Character Building..
Perjalanan kali ini emang seru,bnyk ilmu dan pengalaman berharga didapet, Walaupun cuaca panas saat itu, Aku dan temen2 tetep foto2 di kawasan tersebut, sempet nyobain Loudspot jg.. ^^ panas tetep eksis !!

Go ke PRPP lagi buat blocking dan Rancak bisa dibilang gladi kotor sampe Malam,,HAHAHA bantai latian demi Malam Dharma Puruhita yg keren dan spekta jg. Selesai latian kembali kehotel untuk istirahat.
Paginya seperti biasa,,siap2 mandi, sarapan dan Cuss ke PRPP buat Latian terakhir, gladi bersih untuk Blocking dan Rancak..Ternyata panggung MERBABU udh keren banget,, lampu sorot bewarna, tribun tempat duduk para beswan jg nyaman, serasa panggung konser.. parahh parahh.. LUAR BIASA EXCITED. singkatnya habis blocking, kubu Choire kembali kehotel buat prepare maksimal buat acara yg sesungguhnya, tp kubu Theatre tinggal di Merbabu, persiapan mereka di backstage..WOW WOW WOW….

Akhirnya Malam PENGUKUHAN BESWAN DJARUM Segera dimulai,, okeeh para beswan tiba di PRPP makan malam dan lgsg ke Backstage, krn penampilan dari Choire dipembuka Malam Pengukuhan…dan tet teetettt tettt tett teet(musiknya) ,, sambil berjalan dan tari rancak dipersembahkan buat Keluarga besar Djarum Foundation,para beswan, seluruh undangan tentunya. Ternyata Rektor seluruh Indonesia sudah hadir menyaksikan penampilan spektakuler.

Kota Baru gunungnya Bamegah, bamegah uuumbak manampur di sala karang,,,, ,Ampar ampar pisang, pisangku belum masak..masak bigi diurung bari2..

Malam Dharma Puruhita,, diisi dengan Theatre yg engga kalah keren, dgn penampilan dan dialog yg menceritakan tentang kebudayaan, adat Bumi Kalimantan, pesona alamnya, kesenian dan kehidupan masyarakatnya. AWESOME.. !!

Saat malam pengukuhan, Bapak Primadi Serad selaku Director Bakti Pendidikan menjelaskan proses penyeleksian Beswan Djarum,, ternyata dari ribuan pendaftar.. yg lolos dan menjadi beswan djarum brjumlah 515 org. GREAT !! Dan penghujung acara ELLO menutup dgn penampilan kerennya,, emang DJARUM FOUNDATION paling bisa bikin beswan djarum LOMPAT2, Happy ga ketulungan.. pokoknya belom bisa move on dari NATION BUILDING…

Sekali lg selamat buat kita semua para beswan djarum,, kita resmi jd keluarga baru @BeswanDjarum29 dan Djarum Beasiswa Plus..KITA semua org2 hebat.. SUKSESSSSSSS !!!

 

posted by Puspa SB Manullang in Uncategorized and have No Comments

Hello world!

Welcome to Djarum Beswan Blogs. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

posted by Puspa SB Manullang in Uncategorized and have Comment (1)