Ryan Adi Pangestu

Djarum Beswan Blogs site

Ryan Adi Pangestu - Djarum Beswan Blogs site

Bergantung, Salah atau Benar? (part 1)

Manusia pada dasarnya adalah “makhluk sosial” yang dimana akan selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-harinya.
Kita tidak bisa mengelak akan hal itu, ga ada seseorang yang tidak membutuhkan orang lain. Bahkan tanpa kita sadari sejak awal kita lahir di dunia ini, atau sebelum kita lahir, kita sudah membutuhkan orang lain, kita membutuhkan sosok ibu yang akan menjaga kandungannya agar kita dapat lahir dengan sehat dan normal.

Lantas apa salahnya jika memang kita selalu membutuhkan orang lain dalam hidup kita?
Hal yang salahnya adalah

Karena kita terlalu bergantung kepada mereka

Lah?bedanya apa? beda dong, misal menggantung memiliki kata dasar gantung yang artinya:

gantung/gan┬Ětung/1 berpaut; berpegang; bersangkut pada sesuatu yang tinggi; 2 bersandar pada orang lain; 3dikuasai oleh keadaan, hal, atau orang lain;~ pada tali rapuh, pb menyandarkan hidupnya pada orang

sedangkan membutuhkan ya cuma sekedar butuh tidak dikuasai oleh keadaan, hal atau orang lain. Dengan ada/tanpa hal tersebut kita masih bisa bertahan, akan tetapi jika kita bergantung ketika sesuatu yang sudah terbiasa untuk kita andalkan, dan hal tsb tidak ada, kita akan sulit untuk bertahan, bahkan mungkin dalam kondisi tertentu bisa membuat seseorang menjadi jatuh sangat dalam.

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Before you post, please prove you are sentient.

What is 2 multiplied by 8?