Latest Entries »

Ini adalah tulisan pertama saya di blog beswan djarum walaupun ini bukan pertama kalinya buat saya untuk ngeblog tapi rasanya bisa menulis diblog ini bahagianya seperti membuat pertama kali.

Kali ini saya membahas tentang penyakitnya hampir setiap manusia baik dalam apapun yaitu prokrastinasi.  Prokrastinasi adalah sebuah perilaku yang cenderung untuk menunda-nunda menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan yang dilakukan dengan sengaja dan berulang-ulang.

Ada yang pernah menunda-nunda tugas sehingga untuk mengerjakannya mendekati batas deadline atau melewatinya?

Ada yang kebiasaan ngerjain tugas dengan Sistem Kebut Semalam (SKS)?

Ada yang memilih lebih baik begadang semalaman daripada dikerjakan dari jauh-jauh hari?

Mungkin dari kita ada yang pernah atau bahkan menjadi kebiasaan. Tugas atau pekerjaan  yang dikerjakan dalam waktu yang sedikit hasilnya akan tidak semaksimal dari tugas atau pekerjaan yang dikerjakan dalam waktu yang cukup lama.

Prokrastinasi bukan sekedar cuma menunda suatu tugas atau pekerjaan tetapi memiliki arti psikologis. Orang yang cenderung sering melaukan prokrastinasi adalah untuk menghindari kecemasan dan perasaan tidak menyenangkanlainnya yang terkait dengan tugas atau pekerjaan. Misalnya, orangnya yang takut atau cemas karena mendapatkan dosen pembimbing yang killer, orang yang menadapatkan bos yang super galak dan perfeksionis dsb.

Manusia sebagai makhluk sosial pasti akan selalu berhubungan dengan orang lain. Semakin banyak kita bertemu dengan orang lain maka semakin banyak bentuk karakter dan sifat yang kita ketahui. Maka, sebagai manusia yang pasti butuh orang lain mulailah untuk menjadi orang yang fleksibel dan tidak menyalahkan orang lain.

Ketika mendapatkan dosen pembimbing yang killer,  maka kita harus menyesuaikan diri kepadanya dengan menuruti peraturannya dan tidak melakukan penundaan terhadap tugas yang diberikannya sehingga tugas yang diberikan dapat selesai dengan baik.  Coba bayangkan karena kita terlalu cemas dengan dosen sehigga kita melakukan prokrastinasi maka dampaknya akan ke diri kita sendiri. Tugas tidak selesai dan kita kena marah oleh dosen. Sekiller-killernya dosen ia tidak akan marah kalo kita ngerjain tugasnya tepat waktu dan maksimal.

Lalu, bagaimana untuk menghilangkan kebiasaan yang suka prokrastinasi?

Pernah dengan siapa yang mengawali dia mengakhiri. Yah, Semuanya berawal dari diri sendiri dan diakhiri oleh diri sendiri. Hilangkan pikiran untuk menunda. Jauhkan segala aktivas yang menganggu sehingga membuat kita untuk melakukan prokarastinasi dan terakhir FOKUS.

Kebiasaan emang sulit di ubah tapi kalau ada niat semuanya akan berubah. Tidak ada yang tidak mungkin kan…

Coba deh satu kali aja buat tugas enggak prokastinasi. Gimana hasilnya? Hehehe…

 

Hello world!

Welcome to Djarum Beswan Blogs. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!