Secercah cahaya


15548_1164078417815_1103495184_30441750_878569_n1
Saat ini kita bersama.
Tertawa, menangis, bersuka cita.
Esok, hal ini hanyalah akan menjadi cerita.
Cerita klasik yang tak terlupa.
Kenangan ini, bukanlah pasir yang ditutup lalu hilang,
tapi bagaikan torehan ukir disebuah batu nisan tertancapkan karang.
Bersenang – senanglah,
Pikirkan sekarang apa yang ingin kita lakukan untuk masa depan,
karena di masa depan, kita tidak akan sempat memikirkan apa yang telah kita lakukan sekarang
Tapi kebersamaan ini adalah sebuah kenangan indah yang telah kita sayatkan di dada kita, yang telah kita sematkan di bahu kita dan kita genggam erat dalam dekapan kita.
Jangan lupakan cerita itu,
jangan abaikan kisah itu.
Karena kisah itulah kita sanggup menyongsong masa depan.
Cerita itulah acuan masa depan kita.
Maka, berilah kesan terbaik untuk kita di hari ini,
dan tancapkanlah kenangan ini dibenak kita secara abadi.
Lalu kita, kan terus bersama.
Saya bukanlah siapa – siapa, saya bukan pula sebuah apa. saya hanya manusia biasa yang sedang mengecap pendidikan komunikasi di sebuah kampus bertajuk Universitas Padjadjaran di pojok dago.

Saya bukan seseorang yang istimewa, apalagi luar biasa.
Saya suka merendah, terlebih merasa rendah apabila melihat orang besar.
besar hatinya, besar jiwanya, besar akhlaknya, besar kemampuannya, besar prestasinya.

Melewati sebuah perempatan Dago, saya melihat iklan TVC Beasiswa Djarum “Come Join Us”. dengan segenap hati saya mencari informasi melalui internet. saya ingin mencobanya, saya ingin mengukur sejauh mana kemampuan akademik saya, saya ingin tau sejauh mana saya mampu membuat orang tua saya bangga akan prestasi saya.

sebenarnya ini berawal dari ayah saya. Entah apa yang saya lakukan, saya selalu melihat beliau ingin yang lebih dan lebih lagi pada saya. tidak hanya cukup indeks prestasi yang tinggi, beliau tetap menuntut saya untuk belajar, belajar, dan belajar lagi. seakan tidak percaya saya memiliki sesuatu. sesuatu yang pada akhirnya dapat beliau banggakan.

apalah arti seorang anak apabila tidak mampu membanggakan orang tuanya?
saya pun mencoba untuk daftar Beswan Djarum. siapa sangka saya keterima? saya sama sekali tidak menyangka. Namun dengan kegigihan, usaha, keikhlasan dan kepasrahan kepada Tuhan YME, saya pun menjadi salah satu anggota keluarga besar Beswan Djarum.
(saya pernah menceritakan pengalaman seleksi di postingan berjudul Happy )
dan pada akhirnya saya bisa membuktikan kepada ayah saya bahwa saya adalah “seseorang” yang memiliki “sesuatu” yang bisa beliau banggakan.

Saya kangen kebersamaan perjalanan ke Semarang. Silatnas Beswan Djarum T.A 2009/2010. Kebersamaan dengan kalian itu bagai candu. Selalu mau lagi dan lagi.

Kebersamaan dengan teman – teman Beswan Djarum memang candu. Pertemuan dengan teman – teman baru, datang dari berbagai penjuru kota di Indonesia, mulai dekat dengan teman – teman dari RSO Bandung, mendapatkan pembina yang luar biasa, alumni yang bersahaja dan berkumpul dengan keluarga besar PT Djarum. Astaga, seandainya ada kata yang lebih berarti dari sekedar kata ucapan syukur kepada Tuhan YME, saya akan bertekuk lutut dan berdoa kepadaNya untuk mengucap lebih dari syukur.

semakin hari saya semakin mampu mengasah diri saya untuk menjadi “apa”. saya ingat petuah dari ayah saya, “sebuah berlian tidak akan menjadi indah begitu saja. berlian pada awalnya tidak lebih dari sebongkah batu buruk rupa. namun batu buruk rupa itu menjalani proses yang panjang. batu itu di tempa, dibakar dalam api yang panas, dan sejumlah proses lainnya sampai membuat batu jelek itu menjadi sebuah batu bersinar nan indah bernama berlian”

Proses. itulah tanggung jawab PT Djarum dengan Program CSR Djarum Bakti Pendidikan (yang sekarang berubah nama menjadi Djarum Beasiswa Plus). PT Djarum memberikan bekal softskill kepada Beswan Djarum agar menjadi pribadi yang senantiasa memiliki kemampuan – kemampuan yang pada akhirnya digunakan untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Kami, mahasiswa – mahasiswa yang memperoleh beasiswa Djarum, diharapkan menjadi generasi muda yang mampu membangun bangsa dan berkontribusi untuk mengembangkan lingkungan sekitarnya sehingga mampu menjadi pemimpin yang sukses di masa depan. tidak hanya utuk diri sendiri, namun juga untuk kepentingan orang banyak, dengan tahapan – tahapan, atau proses pengembangan diri melalui pelatihan – pelatihan yang PT Djarum Berikan.

Silatnas, Achievement Motivation Training (Outbond), Dare to Be A Leader, dan Developing Effective Public Speaking Skill merupakan sebuah proses yang menempa kita untuk menjadi pemuda Indonesia yang berkualitas. merupakan sebuah kehormatan untuk dapat mengecap kegiatan ini, karena kegiatan seperti ini tidak akan kita dapatkan di bangku perkuliahan.

Saya sangat ingin berpartisipasi dalam segala kegiatan Djarum. Maka saya pun tidak melewatkan hal – hal sekecil apapun yang berhubungan dengan Beswan dan Djarum. Sebagai bentuk tanggung jawab sosialnya, PT Djarum telah membangun saya dan teman – teman untuk menjadi pribadi yang berkualitas.

ini tanggal 1 September, dimana kita resmi menjadi alumni Beswan Djarum. lengkap sudah Djarum memberikan kita segala manfaatnya, segala proses yang membuat kita menjadi “utuh”. Namun teman, janganlah lupa akan kebersamaan, akan pembelajaran, akan segala hikmah yang telah kita dapat selama menjadi Beswan Djarum. Terus lah maju, dan teruslah mengukir prestasi. tentu saja tanpa memutuskan tali silaturahmi.

Sekarang saya mampu melihat diri saya sebagai siapa dan sebuah apa. saya Putu Agnia Sri Juliandri, dan saya adalah Beswan Djarum. Saya Bangga akan diri saya, dan akan terus berusaha untuk membuat orang tua dan orang – orang sekitar saya bangga pada diri saya. in the right way,for sure.

We make so many friends,
Some become dearest,
Some become special,
Fall in love with someone,
Some go abroad,
Some change their cities,
Some leave us,
We leave some,
Some are in contact,
Some are not in contact,
Some don't contact because of their ego,
We don't contact some because of our ego,
Whatever they are,
However they are,
We still remember,  love, miss, care them because of the part they played made MEMORIES in our lives.
-anonymous
Terima kasih Djarum, terima kasih teman – teman dan alumni Beswan. Terima kasih karena telah membawa secercah cahaya keceriaan, kebahagian, dan dukungan dalam kehidupan saya.

15953_1213365457521_1330326434_30662242_6190089_n

15953_1213365217515_1330326434_30662236_8073595_n

19065_1260167627546_1330326434_30762497_3712830_n20668_1347650535161_1348244737_989740_2728899_n
25632_1383397229672_1374215680_1051579_1195409_n
17946_1335747043570_1527915365_859318_1843406_n
31273_1202738728025_1815302836_387324_435369_n
31273_1202733247888_1815302836_387303_5293139_n
25874_1344175577076_1611855359_876689_8386951_n
25801_1243012718541_1326038246_30557196_5649695_n
46578_1391246577271_1115313399_30927797_7053968_n
13442_1356332262353_1052860048_30826587_2916801_n
*Ya Tuhan, betapa saya tidak ingin ini semua berakhir :'(

, , , , , ,

  1. #1 by Ivan Andhika on September 20, 2010 - 11:48 pm

    tulisannya keren puu,, pengalaman ama pertemanan sebenernya emang tema novel paling apik, coba lo bikin novel puu, paling enggak gw baca deh,, sebagai teman,,, wakakakakaka,, btw itu foto lo pas paling gemuk yak?

  2. #2 by P. Agnia Sri Juliandri on September 20, 2010 - 11:48 pm

    makasih ya blonk..apa kabar pura? lama nih ke rawamangun,hehe. baca postingan gw yg bali dooong,, gw maen sm ami looohhh :D

  3. #3 by P. Agnia Sri Juliandri on September 20, 2010 - 11:54 pm

    Semy :
    Putu Agnia memang mengesankan, dy senantiasa membuka mata utk hal2 d luar dirinya. Senantiasa ramah pada orang2 yg d sekitarnya, pun pada orang yg pertama mengenalnya, itu yg aku alami. Kukira dy pekerja keras, dy bisa bekerja secara tim maupun individu. Tak terduga dy berbakat jadi seorang penyair, jika dy mau terus belajar keras, dy akan menjadi Putu Agnia yang lain, yg berjiwa besar, berkarakter besar, sehingga orang2 mengaguminya. Aku bersyukur bisa berteman dengannya. semoga bisa terus berteman dan semoga bisa terus bekerjasama. Semoga kw senantiasa berada di hati Tuhan…

    amin kang semy..aku jg bersyukur bisa kenal sm seniman hebat kayak kang semy.. event selanjutnya ikut lagi ga kang? yg bambu festival?

  4. #4 by P. Agnia Sri Juliandri on September 20, 2010 - 11:54 pm

    genta :
    sedaapp. putu paling asik

    haha gentong asik abis sedunia hahaha

  5. #5 by P. Agnia Sri Juliandri on September 20, 2010 - 11:56 pm

    Ivan Andhika :
    tulisannya keren puu,, pengalaman ama pertemanan sebenernya emang tema novel paling apik, coba lo bikin novel puu, paling enggak gw baca deh,, sebagai teman,,, wakakakakaka,, btw itu foto lo pas paling gemuk yak?

    kan elu elu jg yg ngajarin gw ttg pertemanan pan,,
    haha. ipaaannn gua mau fitnesss lo pikir sekarang gw udah kurus haahh?? huhuhu

  6. #6 by gema kusumaputri on September 20, 2010 - 11:58 pm

    putuu..
    ga pernah nyesel pernah jd beswan udah paling bener deh..
    sayang..g ada kesempatan kedua buat jd beswan..
    bersyukur bgt bs jadi bagian keluarga indah ini.. :)

    ayoo..buat orang2 di sekitar bangga dengan kehadiran kita..
    mari menjema menjadi sebuah berlian yg indah..
    semangat y putusay.. :)

  7. #7 by Ivan Andhik on September 21, 2010 - 12:00 am

    P. Agnia Sri Juliandri :

    Ivan Andhika :
    tulisannya keren puu,, pengalaman ama pertemanan sebenernya emang tema novel paling apik, coba lo bikin novel puu, paling enggak gw baca deh,, sebagai teman,,, wakakakakaka,, btw itu foto lo pas paling gemuk yak?

    kan elu elu jg yg ngajarin gw ttg pertemanan pan,,
    haha. ipaaannn gua mau fitnesss lo pikir sekarang gw udah kurus haahh?? huhuhu

    aduh,, khususin di bagian perut kebawah dahhhhh!!!! bagian p****t,,,, huhauhauahuaha vulgar abis,,,
    ohh iya2 ya gw dulu dosen friendship and social networking lo yak,,, hooo yang lo dulu dpet c itu kan??? *ngibul mode: on*

  8. #8 by Ardy Latief on September 21, 2010 - 12:02 am

    Gilaaaa emaaang putuu…
    Saluuuut buaaat lw puu, cuma bsa blg gila+saluuut !!
    gw setuju sama petuah berlian….untuk menjadi “sesuatu” emang perlu Proses…..

    two thumbs Up juga buat Djarum….

    Gw cma bsa berdoa bwt temen gw ini,,semoga apa yg telah lw dapetin bsa bermanfaat di hari kedepan…..
    dan semoga tulisan lw ni,,bsa jdi sumber inspirasi banyak orang, untuk menjadi lebih baik dr sblumnya…
    Amiiin….

    Sukseees Selaluuuu Putu Agnia….

  9. #9 by eblonk on September 21, 2010 - 12:11 am

    P. Agnia Sri Juliandri :
    makasih ya blonk..apa kabar pura? lama nih ke rawamangun,hehe. baca postingan gw yg bali dooong,, gw maen sm ami looohhh

    sayang….gw cuma dapet ceritanya doang :(

    main2 lah…..temen2 pasraman lagi pada seneng ngumpul di pure

  10. #10 by misnan on September 21, 2010 - 12:20 am

    karma….. mungkin itu adalah kata yang sangat di percaya oleh penganut umat hindu, itu adalah salah 1 bentuk karma baik yang di miliki putu, hanya orang yang terpilihlah yang akan bs seperti putu, karma baik itu bukanlah sekedar karma baik semata, tentunya di dukung dengan kegigihan, usaha, keikhlasan dan kepasrahan kepada Tuhan YME yang dilakukan oleh putu yang pada akhirnya mendapatkan suatu hasil yang membanggakan, semua orang akan merasa iri jika membaca tulisan yang putu buat, termasuk saya. masa depan masi panjang, berkarya dan terus berkarya lanjutkan yang pisitif, demi sebuah kebanggaan dari seorang putu agni.

  11. #11 by P. Agnia Sri Juliandri on September 21, 2010 - 7:54 am

    gema kusumaputri :
    putuu..
    ga pernah nyesel pernah jd beswan udah paling bener deh..
    sayang..g ada kesempatan kedua buat jd beswan..
    bersyukur bgt bs jadi bagian keluarga indah ini..
    ayoo..buat orang2 di sekitar bangga dengan kehadiran kita..
    mari menjema menjadi sebuah berlian yg indah..
    semangat y putusay..

    huhuhu gimana nih jatah alumni? hihi
    semangat juga ya gemsay..

  12. #12 by P. Agnia Sri Juliandri on September 21, 2010 - 7:55 am

    Ivan Andhik :

    P. Agnia Sri Juliandri :

    Ivan Andhika :
    tulisannya keren puu,, pengalaman ama pertemanan sebenernya emang tema novel paling apik, coba lo bikin novel puu, paling enggak gw baca deh,, sebagai teman,,, wakakakakaka,, btw itu foto lo pas paling gemuk yak?

    kan elu elu jg yg ngajarin gw ttg pertemanan pan,,
    haha. ipaaannn gua mau fitnesss lo pikir sekarang gw udah kurus haahh?? huhuhu

    aduh,, khususin di bagian perut kebawah dahhhhh!!!! bagian p****t,,,, huhauhauahuaha vulgar abis,,,
    ohh iya2 ya gw dulu dosen friendship and social networking lo yak,,, hooo yang lo dulu dpet c itu kan??? *ngibul mode: on*

    iya deehh pak asdos,,deuuhh..
    eh kampret ye, berasa kecil lo,haha. yuk lah fitness brg! ga ada alesan sok sibuk!!!! :D :D

  13. #13 by P. Agnia Sri Juliandri on September 21, 2010 - 7:57 am

    misnan :
    karma….. mungkin itu adalah kata yang sangat di percaya oleh penganut umat hindu, itu adalah salah 1 bentuk karma baik yang di miliki putu, hanya orang yang terpilihlah yang akan bs seperti putu, karma baik itu bukanlah sekedar karma baik semata, tentunya di dukung dengan kegigihan, usaha, keikhlasan dan kepasrahan kepada Tuhan YME yang dilakukan oleh putu yang pada akhirnya mendapatkan suatu hasil yang membanggakan, semua orang akan merasa iri jika membaca tulisan yang putu buat, termasuk saya. masa depan masi panjang, berkarya dan terus berkarya lanjutkan yang positif, demi sebuah kebanggaan dari seorang putu agni.

    astungkara. makasih banyak bli misnan.. mari terus berkarya, tapi bukan demi kebanggaan dari diri sendiri tapi juga kebanggaan bagi orang lain di sekitar kita :)

  14. #14 by P. Agnia Sri Juliandri on September 21, 2010 - 7:59 am

    Ardy Latief :
    Gilaaaa emaaang putuu…
    Saluuuut buaaat lw puu, cuma bsa blg gila+saluuut !!
    gw setuju sama petuah berlian….untuk menjadi “sesuatu” emang perlu Proses…..
    two thumbs Up juga buat Djarum….
    Gw cma bsa berdoa bwt temen gw ini,,semoga apa yg telah lw dapetin bsa bermanfaat di hari kedepan…..
    dan semoga tulisan lw ni,,bsa jdi sumber inspirasi banyak orang, untuk menjadi lebih baik dr sblumnya…
    Amiiin….
    Sukseees Selaluuuu Putu Agnia….

    amiiinn..
    makasih banyak ya dy..
    sukses jg buat lo.. :)

  15. #15 by P. Agnia Sri Juliandri on September 21, 2010 - 8:00 am

    eblonk :

    P. Agnia Sri Juliandri :
    makasih ya blonk..apa kabar pura? lama nih ke rawamangun,hehe. baca postingan gw yg bali dooong,, gw maen sm ami looohhh

    sayang….gw cuma dapet ceritanya doang
    main2 lah…..temen2 pasraman lagi pada seneng ngumpul di pure

    haha tar yey, kalo gw ke jkt gw main deh…

  16. #16 by AlxwLd on September 21, 2010 - 6:04 pm

    terharuuuuuu T.T.. hebaatt..
    ini dia tanda2 semngat org yg bkal jd sukses.. amiinn….. ^_^
    seorang anak yg berpedoman kpd “ingin membahagiakan/membanggakan kedua ortu-nya”
    adalah anak yg patut dibanggakan (bukan dr hasil tp dr niatnya) oleh ortu-nya… semangaaatt phoeeeeee!!!!!
    ^_^

  17. #17 by P. Agnia Sri Juliandri on September 21, 2010 - 7:47 pm

    amiiiiinnnn…
    waldi jg sukses doong..buktinya bisa ke jepang (huhuhu aku mau kesanaaaa..)
    semangat jg ya waldi..dr dulu waldi selalu jd inspirasi aku, krn waldi pinter bgt dan bisa bimbing aku sampe skrg..makasih ya waldi.. :)

  18. #18 by AlxwLd on September 21, 2010 - 7:53 pm

    ??? inspirasi? drmna? ada2 aj kmu… ^_^
    ap yg terbaik buat kmu aj dech.. ^_^

  19. #19 by P. Agnia Sri Juliandri on September 21, 2010 - 7:57 pm

    haha beneraann..dr dulu kan waldi yang bimbing aku. kalo aku gabisa apa2 pasti ada waldi yg ngajarin. kalo aku bingung apa2, waldi yg nasehatin..hehe

  20. #20 by AlxwLd on September 21, 2010 - 8:15 pm

    thx y phoe… ^_^
    smoga ampe kakek2 nenek2 kita masih bsa “serba saling” yg baek2…

  21. #21 by P. Agnia Sri Juliandri on September 21, 2010 - 8:15 pm

    amiiiinnnn :)

  22. #22 by heni on September 21, 2010 - 8:18 pm

    waw keren tu…… harus selalu tetap semangat…. petuah dari ayah sangat menyentuh ke hati itu tu.
    good luck untuk ke depannya.

  23. #23 by P. Agnia Sri Juliandri on September 21, 2010 - 8:30 pm

    iya mbok kadek, ga nyangka ya papa bisa bikin aku jd kayak gini?hehe
    good luck jg mbok kadek..

  24. #24 by argus thecurator on September 24, 2010 - 9:38 am

    Program peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan hendaknya menginspirasi para Indonesia Muda untuk terus berkarya dan berdampak positif pada masyarakat di lingkungan sekitarnya. Juga meningkatkan kedewasaan peserta Beasiswa Djarum untuk lebih baik.

  25. #25 by P. Agnia Sri Juliandri on September 24, 2010 - 11:11 pm

    argus thecurator :
    Program peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan hendaknya menginspirasi para Indonesia Muda untuk terus berkarya dan berdampak positif pada masyarakat di lingkungan sekitarnya. Juga meningkatkan kedewasaan peserta Beasiswa Djarum untuk lebih baik.

    like this kang argus! :)

  26. #26 by prissa on September 29, 2010 - 7:50 pm

    utu ayaangg kamu tuh oke bgt deeehhh peyuk peyuk..hahaha

  27. #27 by maulana karnawidjaja wahyu on September 30, 2010 - 5:07 am

    apa gara2 kumpul beswan yang bagai candu itu saya belum lulus juga yah??

    hahahaha
    *pembenaran dan pembelaan diri

  28. #28 by P. Agnia Sri Juliandri on September 30, 2010 - 6:47 pm

    @prissa : cini cini cini picapiiiiiiii peyuuuukkkk haha

    @kang maul : hahahaha sok atuh kang maul,si dinda aja udah mulai kuliah s2 besok. ato mau nungguin putu aja kang? hahaha

  29. #29 by prissa on September 30, 2010 - 6:53 pm

    hihihi utuuu ayo kita fitness lg biar ga genduutt

(will not be published)

Before you post, please prove you are sentient.

What is 5 * 8?


  1. in Memoriam, Beswan Djarum.. « Pojok Singgah Si Putu
  2. helo, I Am Beswan Djarum! :) « Pojok Singgah Si Putu