Archive for September 7th, 2010

Day 5 : ini tugas negara! (part 2)

Tadi pagi2 banget gue udah bangun buat nganterin ninik (nenek) gue ke toko. ninik ini ibu kandung bokap gue, kalau dadong (yg gue ceritain di postingan sebelumnya) ibu bokap gue juga, jadi wayah (kakek) gue nikah 2 kali, dadong gapunya anak, dan bokap gue beserta tante gue lahir dari rahim ninik. gimanapun kondisinya, dadong sayang semua dan semua sayang dadong. dan gue sayang dadong melebihi apapun di dunia ini, sama seperti gue sayang ninik.

ninik sekarang udah tua, tiap sore dijemput pulang ke rumah di desa, pagi2 di anter ke toko lagi. kali ini, mumpung gue di rumah, gue lah yang menggantikan semuanya menjalankan tugas negara ini.


adsc_0136letaknya di jalan utama pasar, gampang ditemuin :)

adsc_0137ini beberapa yang dijual ninik..

adsc_0156ini dia si bos, lagi maturan (menghaturkan sesaji)


toko ninik letaknya di pasar singaraja. umurnya udah lebih tua dari bokap gue. dari jaman entah gimana jg toko ini udah ada. ninik ngejual hasil bumi seperti beras, ketan, kacang2an, cengkeh dll. waktu gue kecil gue sukaaaa bgt nginep di toko. soalnya sering jajan. haha gue kan anaknya ngemil bgt, jadi gampang kalau mau beli jajanan. di pasar kan banyak :D :D


adsc_0142diujung situ ada dapur dan kamar mandi. naik tangga ada tempat tinggal. yg ky gini dikota lain kita kenal ini sebagai ruko (rumah toko)

adsc_0148ini “singgasana” ninik kalau lg jualan.

waktu kecil gue suka bgt bantuin ninik jalan, nimbang2 beras eceran, bayar2an ngasih kembalian dll. dan lagi2, setiap gue pulang, kesini merupakan hal WAJIB yang harus gue lakukan, seperti TUGAS NEGARA

adsc_0150waktu gue kecil kelakuan gue ky adek gue gini, manjat2 dudukin karung beras :D

, ,

4 Comments

Day 5 : ini tugas negara!(part I)

Hmmm selamat datang di Desa Panji. Desa Panji Singaraja Bali yang menyajikan Perpaduan View Sawah yang Asri dikombinasikan dengan View Pegunugan dan Pantai Penimbangan Singaraja Bali. Panji merupakan sebuah Desa yang tenang namun sudah lengkap dengan tatanan inprastrukturnya berupa Jalan aspal selebar 6 meter, PLN, PDAM dan Telefon. Perlu waktu sekitar 5 menit menuju Kota Singaraja dan tidak lebih dari 10 menit menuju Pantai Penimbangan Singaraja Bali.

ini lah desa tanah kelahiran bokap gue. dari jaman gue kecil setiap pulang ke bali pasti gue tinggal disini. desa ini sejuk, asri, soalnya masih banyak sawah2 dan punya view pegunungan. yang kurang cuma lampu jalannya. gue sih ogah kalo dsuruh keluar sendiri. setiap gue pulang ke bali, WAJIB pulang ke singaraja karena ini penting seperti TUGAS NEGARA.

rumah gue di Bali selalu kaya dengan hasil alam. apalagi kalau sawah alm. dadong (nenek) gue lg panen. mantaapppsss.. kami sangat amat bersyukur karena kami gapernah kekurangan janur (untuk membuat canang), sayur2an, buah2an, bunga2an dan segala hal2 alam lainnya. jadi kalau gue di Bali, makan buah itu gampang. setiap pagi, siapapun pasti nyediain kue bali (segala sesuatu yang ditaburin gula merah, pernah nyoba?)- dulu biasanya dadong yang suka rajin ngebeliin, jadi kangen dadooong.. :(

adsc_0297ini pagar rumah gue, Liat deh view-nya, masih asri kaannn :D

adsc_0299welcome! :)

Rumah gue khas Bali. dirumah ada tempat tinggal gue dan keluarga, dan juga tante (kakaknya bokap). ditempat gue ada 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 ruang keluarga. di tempat tante gue ada 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga,  dan 4 kamar tidur. tante gue dan keluarganya biasanya make kamar mandi yg ada di belakang deket tempatnya. disebelah rumah ada SD yang dulunya SD bokap gue. setiap pagi pasti seru rame dengerin anak2 belajar :)

adsc_0284naah ini, jendela kiri itu tempat tinggal tante gue dan keluarganya, jendela kanan tempat tinggal bokap gue

kami punya banyak tempat luas. tempat 1 adalah bale gede. tempat yang fungsinya sebagai tempat banten (sesaji) kalau ada upacara keagamaan. di belakang bale gede ada tempat lagi. tadinya dipake sebagai ruang makan, tapi skrg meja makannya ilang digantiin sama seperangkat alat gong khas bali yang sering dipakai latian. di seberang bale gede ada gelebeg. gelebeg ini macem ruang serba guna. dari jaman gue kecil sih, gelebeg ini tempat untuk ngelawar, untuk prasmanan makanan buat keluarga besar, untuk mempersiapkan banten, untuk duduk2 juga. jaman dulu, gelebeg itu gunanya sebagai lumbung untuk nyimpen padi. di sebelah gelebeg, ada bale bengong.  sesuai dengan namanya, bale bengong emang untuk bengong.

adsc_0287ini bale gede-nya

adsc_0289ini gelebeg. kotak diatas itu lumbung padi dulunya. yg paling belakang itu bale bengong. (baru nyadar, meja kayu kecil di bale bengongnya ga ada..)

kami masih mempertahankan tungku untuk memasak, walau didepannya udah disediain kompor gas biar lebih praktis. dadong gue punya gudang di sebelah kiri garasi. isinya beras2, bahan masakan, buah2an dan segala jenis bahan sembahyang. di kanan garasi, ada tempat yang bisa digunain buat masak pake tungku, pokoknya tempat itu tadinya jorok dan “desa” bgt. tapi skrg lg dipugar sm bokap dijadiin bale2 juga.

adsc_0291ini tungkunya. 2 tahun lalu ini masih berfungsi. tp tante gue yg doyan masak dsini skrg sakit dan gabisa masak lagi, sedih :(

eh dulu dirumah ini ada kandang babinya loh , tapi bokap gue ga suka sama jorok dan baunya, ga dibolehin punya lagi. dulu dadong suka bandel gt, kalau bokap lagi di jkt, beliau melihara, trus kalo bokap pulang itu babinya jd entah dimana. sampe pada akhirnya kandang babinya diilangin sm bokap gue dbagusin diganti jd tempat nyuci dan tempat jemur baju

kalau mau ke bali, bilang2 aja, kalo bareng gue kan bisa ginep dirumah.. irit ongkos liburan toh? ;)

, , ,

2 Comments