GOING WORLD CLASS


GOING WORLD CLASS – Suatu batu loncatan untuk menjadi pribadi berstandard global

“When the storm comes, some build walls, the other build windmills – Old Chinese Proverb”

Kalimat diatas merupakan kalimat singkat yang diberikan oleh Philip Kotler menanggapi pergolakan ekonomi akibat krisis global. Apakah kita mampu melihat peluang dan tetap membuat bisnis kita bertahan ditengah maraknya pergolakan yang terjadi, tidak hanya di bidang ekonomi. Indonesia dinilai mampu meningkatkan pendapatan perkapita sebesar 20 persen dalam dua tahun karena Indonesia merupakan pasar terbesar kedua di Asia, namun apakah itu cukup membuktikan bahwa Indonesia bertaraf internasional-berkelas global? Apakah merk-merk Indonesia sudah mampu disejajarkan dengan merk internasional?  Disaat teknologi tak lagi membatasi keberadaan ruang dan waktu sehingga globalisasi makin terasa, maka kita harus tahu, standar apa yang kita butuhkan untuk mampu bertaraf internasional, berkelas global. Untuk itulah, Markplus.Inc bekerja sama dengan Astra Internasional dan Djarum Foundation menyelenggarakan seminar eksekutif bersama Philip Kotler “Going World Class! With the new chapter of marketing“.

Acara ini diselenggarakan pada hari Senin, 30 Mei 2011 di Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta. Ini bukan pertama kalinya saya mengikuti seminar yang diadakan oleh Markplus. Sebelumnya saya juga berkesempatan hadir di Markplus Conference 2011 “Grow With The Next Marketing, Connect Now!” ditempat yang sama pada bulan desember lalu. Namun seminar kali ini berbeda karena menampilkan langsung Bapak marketing dunia, Philip Kotler sebagai pembicara utama yang dimoderatori oleh bapak Hermawan Kartadjaya.

Siapa sangka saya berkesempatan untuk dapat hadir dalam seminar Philip Kotler, dimana saya biasanya hanya bisa melihat nama beliau di buku – buku kuliah saya. Sungguh suatu kesempatan besar dapat hadir bersama 4 orang alumni beswan ditengah – tengah top management  dan rektor – rektor yang diundang oleh Djarum Foundation. Setelah 2 tahun saya berada dibawah bendera Djarum Beasiswa Plus, akhirnya saya dan keempat alumni beswan lainnya bisa bertemu, berbincang dan berfoto bersama dengan Bapak Victor Hartono, President Director Djarum Foundation. Ternyata beliau merupakan seorang pribadi yang sederhana dan sangat menginspirasikan.

Seminar satu hari ini memberikan saya banyak pengetahuan mengenai marketing. Karena Philip Kotler benar – benar memaparkan teori marketing secara global. Philip Kotler juga memperkenalkan teori marketing 3.0 yang diadaptasi dari pergolakan customer di masa sekarang sebagai lanjutan risetnya di era sebelumnya yang diberi nama new wave marketing. Dengan agenda yang dibagi menjadi tiga sesi : sesi pertama Going World Class!, kedua The New Chapter of Marketing, dan terakhir yaitu Special Session on The Future of Marketing. Ada juga sesi khusus yaitu foto bersama korporat dan Philip Kotler. Sungguh luar biasa.

Dengan mengikuti seminar ini, tidak hanya perusahaan yang mampu going world class, tetapi kita bisa juga menjadi pribadi yang berstandar global dan menjadi pemimpin yang memiliki kemampuan untuk mengontrol sumber daya dan beroperasi di luar perbatasan dan di wilayah yang luas. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Djarum Foundation yang telah memberi kesempatan kepada kami Alumni Beswan Djarum. Salam 3.0!

Putu Agnia – Beswan Djarum Regional Bandung 2009/2010

, , , , ,

  1. #1 by soikhurojib on June 15, 2011 - 10:48 am

    tokoh marketing no wahid didunia,,hemm,,seminar yg dihadirioleh ahli terbaik dalam hal praktek pemasaran strategis,,keren

(will not be published)

Before you post, please prove you are sentient.

What is 5 * 9?