I am so much in love with Gili


okay, bosen dengan postingan – postingan curhat gue? mari kita sejenak melihat sisi putu si traveler, setelah putu si grouchy udah puas ngedumel di postingan – postingan sebelumnya kemarin hari.

as I promised you dear my reader (ceileh, berasa ada yg baca)gue akan cerita tentang liburan gue ke Gili Trawangan. sounds so mainstream ya? dan gue yakin udah banyak juga yang mengulas tentang gili, gimana disana, how to get there, and syalala yadda yadda. jadi postingan kali ini bukan hanya untuk mengshare tripnya, tapi juga sekalian untuk pamer foto – fotonya. dijamin ngiler. HAHA *evil laugh*

jadi ceritanya liburan dan rencana cuti ini udah dipikirkan dari beberapa bulan sebelumnya. bukan gue sih yang mikir, mendadak taraaaa ada email masuk yang isinya bookingan tiket CGK-DPS PP. Bali lagi nih? tapi setelah dipikir – pikir dan harinya cukup jadilah kita merencanakan ke Gili. dan setelah survey harga dan sebagainya, ada email masuk lagi, bookingan tiket denpasar – mataram. so, GILI, HERE WE COOMEE!

pas banget, keberangkatan liburan kali ini setelah kerungsingan final assessment dan pengumuman hasil assessment selesai. bener2 ngebuat gue napas lega. jadilah, saya bersama tas backpack pink oleh – oleh dari pacar pas dia tugas ke bangkok (sengaja men,dimention secara spesifik biar dia bangga! haha:p) dan tas mares yang isinya alat snorkel bertolak dari rumah subuh2 minta dianterin si abang sampe terminal damri. kalau sendirian ke airport mending naik damri deh guys. 20 ribu saja. dibanding kasian yang nganter jauh2 trus mesti bayar tol sm bayar bensin, belom lagi kalau yang nganter mintanya ditraktir Burger King, yengga? *curcol*

kita naik pesawat jam 08.40 WIB, sampe denpasar jam 11.25 WITA. sempet makan nasi ayam betutu dulu (yang mana gue maksa, udah jauh2 ke bali masa makannya bukan makanan bali?!) boarding jam 13.10 WITA dan sampe di lombok jam 13.55 WITA. sebenernya ada cara yang lebih mudah kalo mau ke gili via bali. tinggal cari travel2 di kuta dan tempat wisata lainnya, trus naik speedboat langsung ke Gili cm sekitar 2-3 jam. biayanya sekita 300-350 ribu per orang tergantung gimana nawarnya. masalahnya kmrn kita gatau jadwal keberangkatan speedboatnya dan agak gamau go show.

yes bhuoos, walo liburan tetep baca koran yes

sampe bandara selaprang lombok, kita harus ke pelabuhan bangsal dulu baru deh ke gili. banyak orang yang nawarin perjalanan ke pelabuhan bangsal. dari yang nawarin 560 ribu untuk 2org, sampe 250 ribu seorang, sampe 650rb semobil. dan gue asal nyeletuk aja sok tau sok sering gitu “gamau, maunya seratus ribu!” orang yg nawarin pada ngedumel tapi gatau gimana eh ada bapak2 travel baik gitu, dia abis nganter tamu trus mau balik ke bangsal, akhirnya mau nebengin kita dengan hanya seratus ribu dan 2 botol coca – cola. haha.

kita nyampe pelabuhan bangsal udah mau sore sekitar jam 4an dan sebenernya kalau masih diatas jam 3, ada ferry public untuk ngangkut orang – orang dengan biaya 10rb rupiah dengan estimasi waktu perjalanan 1-2 jam. tapi berhubung udah sore dan yang ada cuma speed boat (yang kalau gue browsing di internet dia mau nganter ke gili dengan harga tawar2an dan biasanya mau dengan harga 350rb per orang) ebuset! setelah melakukan tawar menawar yang alot, akhirnya setujulah yang punya speedboat buat ngangkut kita dengan biaya 300rb saja untuk 1 boat. fiuh. haha. fail sih emang, niatnya mau ngirit tapi malah ngabisin waktu ujung2nya keluarnya ga jauh beda.

tapi kalo ga gitu, ga ada cerita kan? ;)

sampe di gili,kita diturunin di dermaga central. ternyata cottage-nya unexpected. JAUH men dari central! tapi enak sih, tapi ya jauh, tapi nyaman jadinya sepi cm kita2 aja. sepanjang jalan banyak yang nawarin penginapan dengan berbagai macam harga dari yang paling murah sampe yang paling mahal. kalau bukan peak season atau ikut rombongan trip, mending go show aja jadi bisa milih mau yang mana.

di gili, ga ada kendaraan bermotor. semuanya jalan kaki atau naik sepeda atau naik dokar (nama lokalnya cimodo). mending kalian pilih penginapan yang ngasih pinjeman sepeda. karena disana sepeda disewain, trus harga cimodo mahal banget jauh- dekat 50 ribu sekali jalan. matilah inang!

di Gili, 85% isinya bule 10% penduduk lokal dan 5% wisatawan lokal. gue dan andre termasuk dari 5% itu. ngetrip bareng bule yaaaa gitu2 aja lah, antusias tinggi, enjoy holiday, udah muter2 berminggu2 bahkan berbulan2 untuk liburan dan mereka jago free dive, bikin iri. haha. beruntunglah si andre doyan tuh yeh ngobrol sm bule, kalo gue sih enjoy me time sesudah assessment dan sebelum pindah ke semarang. lagian, malem kedua setelah seharian snorkeling aja gue udah tiwas gara2 masuk angin *nyengir*

di waktu kosong kita, banyak dimanfaatin buat kepo nanya ini itu. harga ini berapa, harga itu berapa, naik ini gimana, ini apa itu gimana. andre sih yang kepo, gue pemerhati dan penyerap informasi aja buat dibagiin ke kalian nih ky sekarang, haha.

jadi, di hari kedua kita itu jadwalnya trip ke 3 gili. kepulauan gili itu ada 3, gili trawangan, gili air dan gili meno. ketiganya itu letaknya di barat laut pulau lombok. gili trawangan itu pulau yang paling rame tempat wisatanya dibanding gili air atau gili meno. wisatawan yang mau honeymoon biasanya kabur ke gili air, selain dia lebih sepi-pemandangannya lebih bagus. nah untuk trip ke 3 gili itu, ada glass bottom boat yang senantiasa nganter kita keliling dengan biaya 100 ribu per orang. itu diluar sewa alat snorkel loh ya! pokoknya nanti kita akan diajak ke spot2 yang bisa ngeliat terumbu karang, ikan – ikan, dan kura-kura.

buat kalian para diver, gili itu paradise. hmm, salah satunya sih-masih ada tulamben, bunaken, raja ampat, dll yang jadi surganya para diver. kalau diver pemula, di gili ada banyak sekolah dive, dari course sampe open water sampe divemaster dengan sertifikat PADI atau SSI. well, doain aja gue bisa balik kesana buat obsesi yang 1 ini. hehe.

karena gue nginep di gili trawangan, ya disana penuh dengan cafe, bar, resto dan penginapan. kalau malem ada pasar macem gang senggol gitu di depan dermaga central. kalo kita yang orang lokal sih udah biasa sm yang gituan, kalo bule mah girang. jadi selalu penuh. jauh2 ke gili masa makan bakso ato nasi rames yang biasa ditemuin di jawa? makan seafood kek! baracuda sm tunanya gede2 dan murah loh kalo dibandingin sm di jakarta. hehe

hari ketiga kita keliling pulau gili trawangan. lumayan juga kalo berenti – berenti dan banyak ngabisin waktu buat hunting foto, bisa ngabisin waktu stengah hari. muterin pulau ini is a must! karena kalian bisa ngeliat gunung agung yang letaknya di bali, dari belahan gili sebelah timur (dermaga central itu ada di belahan selatan gili trawangan. dan kenapa gue membawa alat snorkel sendiri, karena dipantainya udah tinggal nyebur aja berenang sm ikan sambil foto2 dan bisa pindah tempat sepuasnya semau kita, gaperlu bawa duit buat nyewa alat pula.

hihi, gili may seems so mainstream, tapi its a must holiday destination! :D

, , , , ,

  1. No comments yet.
(will not be published)

Before you post, please prove you are sentient.

what is 6 in addition to 3?


  1. Datang Bulan, Kulit Belang dan Ikan Hiu « Pojok Singgah Si Putu