Bromo Trip 2012, ketika 2 cewek galau nekat ke gunung

Kaki gue mati rasa karena kedinginan dan duduk bersimpuh, percikan air suci (tirta) di kepala gue rasanya seperti air es. Gue ga peduli, yang ada di otak gue saat itu cuma bersyukur karena gue masih sadar dan masih punya tenaga buat bertahan di Gunung Bromo.

‘I have something with mountain” kata gue ke Wana dan Mas Jo waktu kita conference chat via line. Mereka cuma nyimak kalimat gue. Gue lanjutin, “taun baruan di puncak aja gue tiwas kerungkupan dalem selimut trus tidur. outbond di cikole gue mencri2..” jeda beberapa lama wana baru bales “Tos! Ga kuat dingin kita. Pas lo bilang something gw pikir gaib. Haha” Hahaha ya begitulah. Gue begitu membenci dingin, gue benci mandi pake air dingin, gue ga suka dengan efek mengigil di badan gue, dan gue akan mensugesti diri gue untuk jadi ga enak badan. Cemen? Banget!

Waktu awal gue ngerencanain mau ke Bromo gue sempet ketir tapi Upacara kebudayaan Yadnya Kasada Bromo (Kasodo) yang diadain suku Tengger bener – bener menarik perhatian gue. Ceritanya waktu itu gue lagi sirik sama Ami karena dia punya tiket jazz gunung yang diadain di Bromo tanggal 8 Juli 2012. Tapi cewek yang setengah gila gara – gara masih ngarep sama mantan itu batal pergi, tiket berpindah tangan trus nyesel sejadi – jadinya. Pas banget malemnya gue baca twitter yang nginfoin kalau ada festival Yadnya Kasada yang bakal diadain di awal Agustus. Gue ajak sana – sini, sampe Andre sm Vivi yang gue yakin ujung – ujungnya mereka ga akan bisa karena load kerjaan mereka padet banget. Tekad gue udah bulet buat pergi kesana, apapun yang terjadi.

Gue mulai kontak temen – temen gue, teasing – teasing Ami biar dia ikut berangkat sm gue. Dia mau banget, bales dendam gagal jazz gunung katanya. Jadi fix, apapun yang terjadi, 2 cewek yang agak “nemu jembatan gue loncat” ini bakal berangkat ke Bromo. H min sebulan gue sempet keliyengan 3 hari berturut – turut sampe periksa ke dokter segala. Sengaja gue minta obat plus vitamin sm dokter biar pas Bromo gue bisa fit. Gue latih diri gue buat jalan kaki lebih jauh dari biasanya. Sambil gue ngegambleng fisik gue, gue cari info gimana cara ke Bromo. Gue tanya semua temen – temen gue yang pernah ke Bromo, gue ngobrol sama orang – orang baru tentang Bromo, gue googling, pokoknya gue cari  semua informasi tentang Bromo.

Sampailah pada H min 1 acara Kasodo, Ami nyamper gue ke Semarang. Sebelum ke stasiun untuk ngejar kereta yang bakal ngebawa kita ke Malang, jadilah kita macem turis nyasar di simpang lima bawa backpack nenteng tas kamera dibawah bulan purnama ketawa – ketawa geblek karena udah capek ngeluh sama keadaan yang ngebuat kita stuck. Sekali lagi “Nemu jembatan kita loncat. Nemu rel kereta coba loncat. Kalo masih blom waras juga, tar coba loncat ke kawah bromo kalo udah sampe puncak”. itu motto desperate kita.

Mungkin gue sama Ami terlalu excited, sampe orang yang ada di kereta bisnis Senja Singosari yang ngebawa kita ke Malang selalu ngeliatin dengan tatapan “ini cewek gapernah naek kereta nih mesti!”. Bodo amat, emang pacaran doang yang bisa bikin dunia cuma milik berdua? mau liburan jg kok! God is good, Tuhan ga ngebolehin 2 cewek ini pergi sendiri maka diturunkanlah 2 manusia ajaib untuk nemenin kita. Kenal via instagram, ke email, ke BBM, ke Bromo. Sampe Malang pun gue kenal sama rombongan manusia – manusia yang ga kalah ajaib. Liburan asik itu dipengaruhi sama partner liburan juga. Dan gue sangat amat enjoy dengan perkumpulan orang yang lagi – lagi baru gue kenal ini. :)

Nama Bromo berasal dari kata Brahma (Dewa pencipta untuk kepercayaan Hindu), gunung merapi yang masih aktif ini puncaknya memiliki ketinggian 2.392 Meter diatas permukaan laut. Akses ke Bromo itu ada 4 rute. Lewat Pasuruan, Sukapura (Kabupaten Probolinggo), Senduro (Kabupaten Lumajang), dan Malang. Gue kemarin lewat Malang dengan Rute Malang – Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang – Gunung Bromo.

Setelah sampe stasiun Malang, kita cabut ke Tumpang ketempat orang yang punya Hardtop. Namanya Om Arief. Gue sempet ngobrol sama doi, katanya biasanya kalo nyewa jeep itu 300-350ribu dari penginapan ke halaman pura (kaki gunung Bromo), tambah 100 ribu kalo mau ke savana, belum lagi kalau mau ke Pananjakan. Kalau dari Tumpang, biasanya 950ribu, bahkan 1,2 jt buat bule. Lumayan bgt kan, mending ikutan trip atau sekalian segerombolan kalo ke bromo, jadi biaya bisa dibagi. Doi jago banget nyetirnya sampe bisa nyetir dijalan belok – belok sambil ngeladenin kita ngobrol dengan ngadep belakang. Kadang kita yang ketir jadi mending gausah nanya apapun ke doi. Serunya, sepanjang perjalanan dari Tumpang ke Bromo, si Om Arief ini selalu nyapa orang – orang yang lewat. Entah Bromo yang sempit atau emang doi udah terlalu eksis, gue ga ngerti. Yang penting gue bisa ngerasain bipang Bromo hasil palakan doi ke temen – temennya. Haha, makanan ini kesukaan gue waktu masih kecil bhuoosss..

Om Arief ngebawa kita ke Savana. Diikutin hardtop lainnya yang ternyata disetirin sama adiknya om arief. Entahlah, kita udah teriak – teriak minta stop waktu ngeliat view keren dari dalem hardtop. Tapi doi selaw aja bilang “ntar – ntar”, nyampe ke tempat sepi ga ada orang, doi muter balik terus markir. kita semua ngehambruk turun, trus gue disuruh naik ke jalan setapak gitu,ada pendopo diatasnya tapi katanya gue jangan ke pendopo, turun kebawah lagi katanya. agak ketir sih pasir sama semak – semak gitu. Pas bebas dari semak – semak, kita nemuin hamparan view yang kereeeeeennnn banget. gue cuma bisa teriak – teriak “omaygat omaygat, Tuhan maha Besar, Puji Tuhan, Astaga Tuhan, Allahuakbar, Ya Tuhan Ya Tuhan..” karena itu view Savana Bromo & Pasir berbisik dari atas. Trus gunung Bromo & gunung Batok dari bawah. kalian tau? semakin kita pergi melihat keindahan alam, kita akan semakin merasa kecil dan Tuhan maha besar. ga ada yang bisa dilakuin selain bersyukur dan nikmatin apa yang udah Tuhan ciptain.

Udah berbagai gaya kita moto dan difoto, dari gibas rambut sampe sikap lilin (sumpah ini gue ga hiperbola), akhirnya Hardtop bertolak lagi kearah Savana. Gue ga nyangka ternyata kita ngelewatin tempat yang kita liat dari atas tadi. Gue pingin nyoba duduk di atas hardtop, seperti Mika sama mas Elyudien yang naik di pertengahan jalan dari Tumpang menuju Bromo. Pas gue naik, Om Arief ngejalanin mobilnya balik arah. Cuma gue sama Ami yang ada di atep tanpa penumpang lain. Ternyata orang – orang pada minta foto mobil yang lagi jalan di Savana gitu, makanya si Om nyari jalan nanjak biar turun debu – debu trus difoto gitu. Si Om ngebut, rasanya kayak naik wahana tapi seru, asik banget dan sumpah nagih! Nyampe tempat parkiran, gantian gue yang minta sama si Om, permintaan gue ga muluk – muluk. Nyetir hardtopnya keliling, dan boleh! Haha obses banget gue punya hardtop. pokoknya harus jadi orang kaya biar bisa beli Jeep Wrangler biar cantikan dikit. Amiinn. :p

Bener banget kata mas Elyudien, kalo kesana tuh kita bakal autis seneng sendiri foto – foto tanpa kenal waktu sampe diingetin kalo udah waktunya kita jalan ke penginapan karena udah mulai sore. Menurut info, Upacara Kasada dimulai malem. tapi sebelum nyampe penginapan, kita mampir dulu ke pasir berbisik. Suhu udara udah mulai dingin. Gue cuma inget waktu ospek, gausah manja dulu, jangan buru – buru pake baju dobel – dobel sebelum malem, karena subuhnya bakal berkali – kali lipat dinginnya. Diotak gue cuma mikir “kuat, kuat!” Sambil foto – foto. Kecenderungan gue kalo jalan bareng orang yang jago moto adalah ga hunting foto melainkan nunggu difoto – foto aja. *nyengir*

gue, ami, dan 2 orang ajaib yang gue ceritain diatas bernama nanda-mika

Di penginapan, gue join kamar bareng Ami sama Teh Selvy. Teh Selvy ini  wartawan yang mau ngeliput upacara Kasodo. Baru nyampe penginapan kita langsung cabut lagi buat ngeliat acara pagelaran menyambut Kasodo. Diluar ekspektasi sih, ternyata acaranya dangdutan, beberapa sendratari sama sambutan – sambutan Bupati dan jajaran tinggi lainnya. Gue sempet ngobrol sembentar sama orang dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisita tentang Bromo dan upacara Yadnya Kasada ini. In brief aja sih sayangnya, soalnya ekor mata gue udah mulai kehilangan sosok yang gue kenal. Daripada gue ilang ditengah lautan manusia. Pagelaran ini semacam pesta rakyat, banyak yang jualan seperti pasar malem dan semuanya tumplek – plek pendopo ini, dari masyarakatnya sendiri sampe wisatawan baik lokal maupun asing.

Jam 10 gue udah cabut ke penginapan lagi buat ngecharge tenaga, karena upacara yang di Pura Bromo bakal mulai dari jam 2 pagi. Ngobrol2 curhat kata2an sama Ami sampe ketiduran, terlalu excited mungkin, karena jam 1 gue udah kebangun dan gatau mau ngapain. Jam 2 teng kita udah langsung menuju Pura tempat upacara dilaksanain. Karena gue anaknya cemen sama dingin, gue memutuskan mensenjatain diri gue dengan berlapis-lapis kain : kupluk, tanktop, kaos, kaos lengan panjang, sweater, jaket batik, slayer, celana kargo, sarung tangan. Ga lupa gue usep2 dada pake minyak angin plus minum tolak angin. Anget luar dalem. Dinginnya udara udah mencapai 7 derajat celsius, masih bersyukur karena ga turun lagi. Denger-denger Dieng udah sampe minus 5, sedangkan Bromo lebih tinggi dari Dieng, secara logika harusnya lebih dingin tapi ternyata engga.

Sampe Pura ternyata acara belum di mulai. Sambil nunggu acara dimulai, gue sembahyang dulu mumpung gue ada di Pura. Kapan lagi kan gue sanggup ke Bromo? Kebetulan Ami dan Mika jg 1 kepercayaan sama gue. Pas kita bertiga ngebakar dupa dan minta canang (bunga yang ditatakin janur), Mas Ibnu (salah satu rombongan gue juga) ikut ngelakuin hal yang sama. Awalnya gue pikir dia Hindu juga, tapi ternyata dia Muslim. “Yang penting niatnya dan kepada siapa kita berdoa kan?” Gue salut setengah mati sama orang yang ternyata berprofesi sebagai dokter ini. Kalau ajaaaaa… (eaa galau lagi, nyemplung aja sana ke kawah Bromo!)

Walaupun acara belum dimulai, tapi para Dukun Pandita udah duduk manis di penataran Pura sambil nunggu pengumuman siapa saja yang lulus tes. Gue sempet ngobrol sama pemangku pura, Beliau cerita sedikit tentang tes ini. Tradisi masyarakat Tengger pada malam sebelum puncak upacara Yadnya Kasada adalah pemilihan dukun pandita. Seseorang yang dianggap mampu memimpin setiap upacara keagamaan. Setiap kabupaten Tengger akan mengajukan orang – orang yang dipercaya untuk melakukan tes mantra. Kalo Hyang Widhi (Nama Tuhan dalam agama Hindu) belum menghendaki, maka rapal mantra dari calon dukun pandita itu ga akan lancar. Ada 3 dukun pandita baru yang lulus tes, penobatannya seperti nikahan. Dukun yang lama akan bertanya kepada masyarakat setelah merapal mantra. Sah? Sah? Saaahhh…

Beberapa pemangku, gue, Ami, Mika & Teh Selvy

Jajaran dukun pandita yang mulai merapal doa sebelum acara resmi dimulai

Acara dibuka dengan sapaan Om Swastiastu dan sapaan lainnya dalam bahasa Jawa. Kemudian diceritakanlah awal mula adanya Upacara Yadnya Kasada (Kasodo) yang sekarang rutin diadakan di Gunung Bromo tiap tahunnya pada hari ke 14 dan ke 15 pada bulan kasodo menurut tanggalan Jawa. Konon Suku tengger merupakan keturunan Roro Anteng (putri Raja Majapahit) dan Joko Seger (putera Brahmana). Asal mula upacara Kasada terjadi beberapa abad yang lalu. Pada masa pemerintahan Dinasti Brawijaya dari Kerajaan Majapahit. Sang permaisuri dikaruniai seorang anak perempuan yang dikasih nama Roro Anteng, setelah menjelang dewasa sang putri mendapat pasangan seorang pemuda dari Kasta Brahma bernama Joko Seger.

Setelah menikah pasangan Roro Anteng dan Joko Seger tinggal dan jadi penguasa kawasan pegunungan tengger, dari waktu kewaktu kehidupan masyarakat tengger hidup dengan damai dan makmur, tapi keadaan tersebut ga dialami oleh pasangan Roro Anteng dan Joko Seger, karena udah sekian lama kedua pasangan tersebut ga di karuniai anak. Maka dari itu Joko Seger memutuskan untuk bersemedi di kawah gunung bromo untuk memohon dikaruniai anak.

Setelah beberapa lama bersemedi terdengarlah suara gaib yang intinya permohonan mereka akan terkabulkan tapi dengan syarat setelah mendapatkan keturunan, kelak anak bungsunya harus di korbankan ke kawah gunung bromo, pasangan Roro Anteng dan Joko Seger pun menyanggupinya. Setelah mendapatkan 25 orang putra dan putri pasangan Roro Anteng dan Joko Seger ga tega dan mengingkari janji untuk mengorbankan putra bungsunya, yang pada akhirnya mengakibatkan sang Dewa murka dan malapetaka pun terjadi, gunung bromo pun menyemburkan api dan menjilat putra bungsunya, Kusuma masuk ke kawah gunung bromo, bersamaan dengan lenyapnya Kusuma terdengarlah suara gaib Kusuma yang bilang kalo dirinya ikhlas dijadikan korban dan minta pada sodara-sodaranya untuk hidup damai dan tenteram, serta mengingatkan untuk mempersembahkan sesajen kepada Sang Hyang Widi setiap bulan Kasada pada hari ke-14 di kawah Gunung Bromo. Nama suku Tengger pun berasal dari singkatan nama Roro Anteng dan Joko Seger. Begitulah mitos kepercayaannya.

Setelah acara selesai, warga dan wisatawan berbondong – bondong pergi menuju puncak gunung bromo untuk melempar sesajen ke kawah. Sesajen berupa ternak dan hasil bumi sebagai wujud rasa terima kasih atas limpahan karunia dan anugerah yang telah diberikan oleh Sang Hyang Widhi. Semoga Shang Hyang Widhi terus memberikan kedamaian, karunia dan anugerah kepada masyarakat Suku Tengger.

Masyarakat berebut sesajen yang dilempar ke kawah

Gunung Bromo seems so crowded. Terutama pas ada acara seperti ini. Padatnya pengunjung ngebuat kekhusukan yang gue rasain agak sedikit berkurang yaa walaupun gue juga cm berdiri dari jauh sambil ngobrol bareng pak mangku. Well, mungkin karena gue terbiasa dengan upacara – upacara di Bali juga kali yaa. Aneh juga ternyata rasanya, pas sembahyang banyak blitz kamera yang “crak crak” ngebidik kita.

Ngeliat sunrise di badan Bromo, dan hamparan padang pasir dari puncak Bromo, rasa syukur begitu merasuk dada gue, Tuhan menciptakan bumi Indonesia sedemikian indahnya dan gue masih mampu menikmati hasil ciptaannya. Tuhan Maha Besar, Allahuakbar, Puji Tuhan! Gue kepingin lagi naik gunung, walo gue harus pake baju super dobel lagi.

Semoga ga hanya masyarakat Tengger yang senantiasa menjaga keseimbangan dunia, tapi kita juga harus senantiasa bersyukur dan berterima kasih atas limpahan anugerah dan karunia yang udah Tuhan berikan kepada kita. Om Santhi, Santhi, Santhi om.. (peace for the all human kind, peace for all living and non living beings, peace for the universe, peace for each and every things in this whole cosmic manifestation). Semoga bumi dan segala isinya damai selalu.

Haha panjang juga gue cerita ya. See you guys, gue masih punya cerita lain yang mau gue share ke kalian. ;)

liat nih kelakuan temen – temen seperjalanan  gue. Sinting emang.. *gue masih ngakak ngeliat poster ini

, , , , , , , , ,

1. #1 by johantectona on August 9, 2012 - 9:03 am

*ngowohhhh duluuuuu

pergi kesana untuk menikmatinya lagiii #gini” juga udah pernah loh ke bromo heeeeeee

2. #2 by Putu agnia on August 9, 2012 - 11:52 am

3. #3 by Dewi Intan Pratiwi (Intan) on August 10, 2012 - 9:18 am

pengen dech isa ikud petualang kayax g2,,,,

4. #4 by P. Agnia Sri Juliandri on August 10, 2012 - 9:44 am

Dewi Intan Pratiwi (Intan) :

Hai dewi, haha aku baca “g2″ itu penuh pemikiran lho, aku pikir gg (baca: gege) trus nyoba mahamin artinya. Pas aku pikir2 lagi, oh maksudnya getwo (baca: getu). Jadi inget waktu smp aku suka nulis “pu2″ yg bebas mau dibaca pu-two atau pupu.

Haha, enjoy! :)

5. #5 by Suci on August 10, 2012 - 10:33 am

Keren Puuuu…penyen nyoba juga nyetir jip, itu foto terakhir bikin ngakak asli Puuu, hahaha sedeng emang temen2 looo, wkwkwkw

6. #6 by P. Agnia Sri Juliandri on August 10, 2012 - 10:39 am

Suci :

Hehehe gue aja masih suka cekikikan sendiri klo liat foto itu ci..

7. #7 by Dian apriadi on August 12, 2012 - 5:40 pm

Aahahahaha edam emang si tonfang, dan lo apa banget deh put ngebahas g2 ahahahaha ..

Eh mau dong beswan ke bromo.. Tahun baruan aja beswan jalan bareng.

8. #8 by P. Agnia Sri Juliandri on August 13, 2012 - 12:48 pm

Dian apriadi :

Eh mau dong beswan ke bromo.. Tahun baruan aja beswan jalan bareng.

Taun baruan musim ujaaaannnn… Buru rencanain, gue ngikut aja deh hekekekekek

9. #9 by johantectona on August 29, 2012 - 9:47 am

Putu agnia :

Ikuuuutttttt…. Aku mau banget loh balik kesana..

ayokk.. liat agenda, liat sisa jumlah cuti.. BBMan, ajak yang lain.. budhal hahaha

10. #10 by yohaneselnikodimas on August 29, 2012 - 10:14 am

keren banget teh pengalamannya di bromo..aku belom pernah liat acara adat yang begitu..hehe fotonya juga keren-keren teh :)

11. #11 by Putu agnia on August 30, 2012 - 9:34 am

Putu agnia :

Ikuuuutttttt…. Aku mau banget loh balik kesana..

Eh bener nih masjo? Yuk doongg..
    Btw nih yaaa, aku, suci, masyog, dian, lagi mau nyulik wana ke karimun jawa. Ikuutt?? ;)

12. #12 by Putu agnia on August 30, 2012 - 9:36 am

yohaneselnikodimas :

Aaaaaaa baru kali ini fotoku dibilang bagus selain di instagram! Terharu deh. Haha.

Eh kamu liat twitter ajaa, follow2 yg ngasih info budaya gitu, biasanya byk ngasih tau kalo lagi mau ada festival budaya.. Hehe

13. #13 by johantectona on August 30, 2012 - 1:30 pm

ikut!! titik.. klo kalian berangkat tanpa aku AWAS hahaha :D

14. #14 by Ferry Rama on August 31, 2012 - 11:03 pm

harus komen apa men selaen IRI?? :(
    greaat adventure….nyeritaennya juga enak neh kamu. sampe bwt aku “gatel” bwt ikut beginian….seruu bgttt kyknya. too awesome….love it. :)

15. #15 by P. Agnia Sri Juliandri on September 1, 2012 - 8:32 am

Hahaha terima kasih banyak ya ferry.. :)
    *speechless, no such a thing i can’t say than thank you :)

16. #16 by dodod on September 2, 2012 - 9:39 am

Bromo emang amazing ya… Dan foto2nya putu keren bgt… Paling suka ma foto sunrisenya putu di puncak bromo diatas…. Emang kabutnya bromo di pagi hari bikin pemandangan yang amazing bgt buat di tangkap oleh mata kita…. Pemandangan di bromo bikin kita ngerasa kecil atas kebesaran Tuhan…

Eh… Wanita ‘ketemu jembatan gue loncat’… Klo mau ada rencana traveling bareng beswan jangan lupa ajak dod ya… Dod tunggu nih kabar karimun jawanya….

17. #17 by P. Agnia Sri Juliandri on September 2, 2012 - 9:47 am

Apa yang ditangkep mata lebih indah dari yang ditangkep lensa kamera masdod..
    Bener, semakin banyak kita pergi ngeliat tempat2 bagus, semakin kita ngerasa kecil dan Tuhan maha besar..

Haha ayo dong dalam waktu deat ini karimun jawa dooongg..
    Pd susah banget nemuin tanggal yang bisa gabung deh.. :(

18. #18 by dodod on September 2, 2012 - 5:03 pm

Nah… Itu dia tuh kasusnya…. Jadwal… :(

Tapi ntar klo udah ketemu jadwalnya kabarin dod ya….

19. #19 by ahmadzikra on September 4, 2012 - 11:55 am

T_T .. abiz baca ini jadi terharu dan kepengen rasanya segera kesana. pemandangan dari puncak (gunung) itu selalu memberikan kepuasaan dan rasa tersendiri. :)

*tapi ini kenapa di akhirnya ada Tong Fang ya? ckckck…

20. #20 by P. Agnia Sri Juliandri on September 4, 2012 - 12:04 pm

Bener banget mas ahmadzikra :) bakal banyak ngalamin perenungan kalo liat puncak gitu.

Hahahahaha itu keisengan temen2 aja kok, ga serius..
    Waktu itu iklan tong fang lagi happening banget kan di broadcast message terus. :D

Makasih ya mas udah berkunjung :)
    Mau ngunjungin balik tapi ga diberi URL :(

21. #21 by ahmadzikra on September 5, 2012 - 8:19 am

hahaha… iya tu masak sampe segitunya ada tong fang.

blogku tu :
    (klik di nama bisa jg tu, udah ter link)

22. #22 by Putu agnia on September 5, 2012 - 9:12 am

Baiklaah, akan segera blogwalking :)

(will not be published)

Before you post, please prove you are sentient.

What is 9 multiplied by 5?