Guratan Pena Zikra

tergurat agar dapat merekat erat

shalat mencegah perbuatan keji

shalat1 300x225 shalat mencegah perbuatan kejisebagian atau kebanyakan dari kita mungkin sering bertanya atau malah sebagian lagi bersikeras mempertanyakan. Katanya shalat dapat mencegah hal yang keji dan mungkar, tapi udah ‘capek-capek’ shalat, hal-hal yang mungkar kok jalan terus? Atau ada yg lebih parah mengatakan mgkn ayat itu krg tepat (na’uzubillah).

Hm… kiban nyan. Ada baiknya mgkn kita lihat sepintas saja dulu.

shalat dpt mncegah hal keji n munkar :

dapat mencegahnya jika seseorang tu betul-betul shalat. dalam artian, hukum-hukum minimalnya dapat dipenuhi, syarat dan rukunnya. Mulai dari sebelum maupun saat shalat. Sebelum contohnya saat wudhu. Sesuatu yang tidak sempurna wajib karenanya maka ia juga wajib. Oleh karena itu, wudhu menjadi suatu kewajiban ketika kita hendak shalat, salah di wudhu maka wudhu menjadi tidak sah ; menyebabkan shalat juga tidak sah. Kita lihat beberapa saja, seringkali saat membasuh muka, tidak dibasuh dengan rata ; sedngkan muka adalah anggota wajib wudhu. Atau pada kejadian wanita yang memakai bedak,bahkan ketebalan, bedaknya tidak dibersihkan dahulu sebelum wudhu. Untuk membersihkan muka lgsung dengan wudhu. Padahal ketika sampai di muka, air sudah berubah warna, bau dan bahkan mgkn rasa. Banyak kasus-kasus lainnya.

maka 1 hal tlah didapat, jika salah berwudhu, brarti ia tdk shalat, bgaimana dpt mncegah hal yg keji??

kmdian anggaplah andai sah berwudhu kemudian shalat. shalat adalah hal yg sangat kompleks. org yg mengetahui minimal hukum-hukumnya alhamdulillah dan insya Allah akan dpt mlai mrasakan bgaimana slt dpt mncegah hal yg keji n munkar. apalagi yg mengetahui sunat-sunat yg faedahnya byk sekali, baik itu bacaan n gerakan yg seakmal-akmal(sempurna).

Namun banyak dari kita yang salah dalam mengerjakan shalat, seperti :

saat alfatihah, fashal(jeda) antar ayat itu ukuran 1 nafas. Kalau terlalu panjang, maka alfatihah tdk sah . (jadinya shalat ngak sah tu…)

saat alfatihah, pd bacaan “iyyakana'budu”. bila seseorang tidak membaca tasydid pd 'ya', fatihahnya menjadi salah (dlm bacaan fatihah tdk boleh ada sesuatu yg tertinggal baik itu mad, tasydid, apalagi huruf). ttp pd bacaan ini bahkan bisa menjadi sngat berbahaya. orang yg tau makna dan sengaja jika membaca tanpa tasydid, ada yg berpendapat akan menjadi kufur karena maknanya mnjadi 'dhu-u syamsi'(cahaya matahari)___–mknanya akan mnjadi menyembah matahari. (salah alfatihah jadinya shalat tidak sah)

saat i’tidal, ada yang terus mengayun-ayunkan tangannya. Padahal dalam shalat tidak boleh ada gerakan di luar shalat sebanyak 3 kali. (kiban lom nyan….)

saat sujud, anggota tujuh tidak semuanya bersentuhan dg tempat sujud. kebanyakan yg terjadi, org tdk menekan(menekuk) jari-jari kakinya saat sujud bahkan ada yg mengangkatnya. Atau ada yang ketika sujud, dahinya tidak menyentuh tempat sujud, hanya hidungnya mungkin.–tidak sah sujud, slt pun gk sah.

Saat shalat berjamaah, kurangnya pemahaman bagaimana seseorang disebut masbuq atau bukan. jika salah-salah, rakaat bisa kurang dan shalat jadi ngak sah…

Selain dalam diri shalat sendiri, syarat-syarat nya juga harus diperhatikan, seperti menutup aurat. Aurat dalam shalat adalah menutup aurat dan tidak tembus pandang. Yg terjadi ada yg menutup aurat tetapi kain yang digunakan tembus pandang (pada kasus wanita yg memakai telekom tembus pandang sehingga nampak warna kulit ; artinya auratnya tidak tertutup). Juga yang sering terjadi pada wanita adalah ketika menutup muka tidak sepenuhnya tertutup. Batas muka bagian bawah adalah dagu. Jadi tidak boleh nampak bagian bawah dagu. Untuk membuat pas kali di garis dagu itu jadinya kan agak susah, makanya dilebihkan ditutup ke arah muka dikit. Jangan sampe kelihatan bagian bawah dagu, jadinya aurat ngak tertutup. (jadinya shalat ngak sah kan…)

mungkin itu dlu sekilas, karena ada byk hal yg menyebabkan shalat jadi ngak sah. untuk itu perlu ilmu yg betul-betul…intinya adalah ilmu..jangan mengatakan tidak tahu(jahil). karena dlm syara', jahil itu ada 2 : muallaf dan ba'id(jauh) dari ulama. Di era kita sekarang bagaimana bisa kita katakan kita jauh dari ulama.

sekarag, bagaimana shalat dpt mencgah hal yg keji dan munkar, bila tata pelaksanaannya saja dah salah..

Apa itu susah???? Jawabannya ada dalam diri kita. Kalau kita mau meluangkan waktu sedikit saja tuk ilmu agama, katakanlah 1 jam saja (mungkin bagi sebagian orang itu sudah lama sekali) kita berguru kepada yang mengerti.

Sangat disayangkan, ada yang begitu semangat dalam beribadah, ada yang begitu rajin shalat tapi shalatnya jadi ngak sah.

tidak ada kata terlambat untuk belajar, tidak ada kata gengsi dalam menuntut ilmu. It’s depend on us, Mau?

You can leave a response, or trackback from your own site.

10 Responses to “shalat mencegah perbuatan keji”

  1. arnissilvia says:

    Assalamualaikum akhi..
    Ijin nyimak ya.. Artikel yang sangat berguna dunia akhirat..
    Ditunggu artikel2 berikutnya..

  2. ahmadzikra says:

    wslm..
    okey.. sama2. beswan juga ya. tp lumayan masih kurang aktif nih.
    semoga bermanfaat aja ya..:)

  3. dwiriyanto says:

    Informasi yang bagus,,

    emmm,,, sedikit saran nih,, gimana kalo ditambahin dengan dengan dalil yang bisa menguatkan pernyataan mu itu baik dari al Quran maupun Hadits yang Shoheh, biar nambah valid,

    salam kenal

  4. Ismi Laila Wisudana says:

    @b’zikra: lagi2 fotonya itu yg bikin saya pangling.
    @kak arnis: kakak… b’zikra ini beswan aceh jg lho, seangkatan dengan kakak :)

  5. asmirimajuwita says:

    iya, makasih udah diingatkan via postigan ini. semoga amal ibadah kita sempurna dan diterima Allah. amiin.:)

  6. ahmadzikra says:

    @dwi : oke, bagus sarannya. tp sebenarnya yg ada ini udah penjelasan dari beberapa dalil. biar lebih mudah dimengerti. mgkin untuk lbih lengkapnya bisa dilihat di i’anatuth thalibin.. :)

    @mimi: pangling kenapa buk..?

    @asmi: sama2… :)

  7. Ismi Laila Wisudana says:

    ga… lbh ada kekuatan di fotonya, hihi :p

  8. budiariyanto says:

    nice bro… Jika orang islam benar2 mengerti tentang pentingnya solat, maka dia tidak akan maen2, apalagi bilang malas. :)

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is 9 times 6?