Guratan Pena Zikra

tergurat agar dapat merekat erat

Kesiapsiagaan Bencana Melalui Metode Town Watching

untitled 11 150x150 Kesiapsiagaan Bencana Melalui Metode Town WatchingIndonesia merupakan negara yang kaya akan Sumber Daya Alam, baik itu minyak bumi, gas alam, batubara, tembaga, tanam-tanaman, dan lain-lain. Namun, penahkah kita menyadari bahwa Indonesia juga kaya akan bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung api, banjir, longsor dan lainnya? tentunya potensi bencana yang besar tersebut perlu diantisipasi sejak dini. Mungkin kita tak dapat mencegah atau memprediksi kejadiannya, tetapi paling tidak kita dapat mengurangi dampak/resiko yang ditimbulkan. Salah satunya adalah meningkatkan kesiapsiagaan kita terhadap ancaman bahaya itu. Karena hal itulah yang paling mungkin dilakukan. Rumus simpelnya, resiko bahaya = kerentanan + bahaya – kapasitas. Resiko bahaya akan semakin besar bila kerentanan dan bahaya juga besar. Namun bila kapasitas ditingkatkan, resiko bahaya bisa diminimalisasi. Kapasitas disini salah satunya adalah meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana. Salah satu bentuk dari upaya kesiapsiagaan adalah dengan melakukan kegiatan Town Watching.

Metoda ini merupakan metoda yang sangat menarik dimana peserta langsung ke lapangan melihat kondisi yang sebenarnya, peserta dilengkapi oleh sebuah peta areal yang akan diamati, dan kamera yang berfungsi untuk medokumentasikan kondisi areal yang berbahaya atau tidak ketika bencana alam terjadi bagi masyarakat. Sehingga photo-photo tersebut dapat diinput pada peta yang telah disiapkan. Selain itu metoda ini juga sangat praktis dan tidak membutuhkan dana yang besar, sehingga setiap orang atau organisasi pemerintahan dapat melaksanakan metoda ini.

untitled 21 150x150 Kesiapsiagaan Bencana Melalui Metode Town Watching

Dari hasil penginputan photo-photo pada peta, kita dapat melihat letak areal atau memetakan areal yang berbahaya buat masyarakat disaat terjadinya bencana alam terjadi seperti gempabumi dan tsunami. Selain itu kita juga bisa memberikan solusinya kepada pemerintahan atau instansi yang bertanggung jawab pada areal tersebut agar segera direnovasi atau diperbaiki, sehingga areal tersebut menjadi tidak berbahaya lagi bagi masyarakat dan kita dapat meminimalkan resiko bencana.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

what is 5 + 3?