Guratan Pena Zikra

tergurat agar dapat merekat erat

Rangkuman 3 Tulisan yang Dilombakan >> Keberagaman Budaya Itu Ada Dalam Satu Kata : Indonesia

Alhamdulillah. Kalimat yang saya ucapkan setelah selesai menulis tulisan ketiga untuk dilombakan di Kompetisi Blog Beswan Djarum 2011. Selanjutnya dengan mengucapkan Bismillah, saya langsung mendaftarkan diri sebagai peserta. Kemudian? Bismillah sekali lagi karna saya mau berangkat tugas ke lapangan. icon smile Rangkuman 3 Tulisan yang Dilombakan >> Keberagaman Budaya Itu Ada Dalam Satu Kata : Indonesia

Sejak dibukanya kompetisi Blog Beswan Djarum ini, kebetulan saya sedang mengikuti pendidikan selama sebulan di luar daerah. Dan selama itu juga akses terhadap blog saya pun hampir terputus sama sekali. Selesai pendidikan, praktis waktu untuk saya bisa menulis tentang tema lomba hanya kurang dari sebulan. Tapi klo emang dah niat, ngak jadi suatu penghalang kok… :). Melihat tema yang diberikan adalah mengenai ‘Budaya Indonesia’, spontan juga saya berpikir “aiih, klo lomba blog atau tema ini lebih cepat diberitahu, kan banyak acara kebudayaan Aceh yang digelar dalam beberapa bulan kemarin”. Jadinya bisa dliput secara langsung deh. Tapi namanya juga kan lomba ya. Hehehe…


Saya pun mulai berpikir kira-kira tulisan apa yang akan saya tulis. Tentang budaya di Indonesia sendiri kan banyak tu ya. Akhirnya saya mengerucutkan akan menulis tentang budaya yang ada di Aceh saja. Wah, kan masih banyak kali tu kan, budaya-budaya di Aceh, apakah itu sikap, adat-istiadat, bangunan, kesenian, keterampilan, dll deh pokoknya. Yang kebayang tu awalnya mau nules tentang kesenian aja seperti yang terkenal tari Saman, Seudati, Leungik (khas di bulan maulid – peringatan maulid nabi -, alat musik seurunee, bangunan bersejarah seperti rumoh Aceh, replika pesawat RI-001, atau acara-acara semacam event yang kebetulan banyak berlangsung di Aceh tahun ini. Sekaligus menyemarakkan program Visit Banda Aceh Year 2011.

Wuuuaaaaaa.. banyak pilihan semakin pusing jadinya ya. Saya pun memutuskan akan menulis tentang hal-hal yang bisa saya liput secara dekat saja. Atau hal-hal yang sudah pernah saya liput tapi belum saya publikasikan tulisannya. Bahan-bahan tulisannya sebelumnya pun bisa membantu, pikir saya. Hal ini kiranya cukup masuk akal mengingat tugas saya juga sedang cukup banyak. Hmmm.. jadi mau nules apa nie? Setelah pikir-pikir sejenak dan langsung nules spontan terus, akhirnya ini ni tulisan yang mau dilombakan :

1. Secangkir Kopi Pengikat Hati

Masalah ngopi adalah hal yang sangat identik dengan masyarakat Aceh, termasuk saya sendiri tentunya. Saya pun sering menghabiskan waktu di warung kopi semenjak berstatus mahasiswa dulu. Dan saya pikir, akan familiar untuk menulis mengenai ini, karena sudah saya alami sendiri juga. Selain itupun, sebelumnya saya juga pernah menulis tulisan tentang kopi di Aceh.

Klop.. dengan mengunjungi lagi beberapa warung kopi untuk menambah pengalaman dan pengetahuan, tulisan ini pun akhirnya selesai. Tujuan utama saya menulisnya adalah untuk memberi gambaran mengenai budaya minum kopi di Aceh yang sudah turun-menurun. Kebanyakan dari orang luar Aceh atau bahkan orang Aceh sendiri menganggap hal ini sebagai hal yang kurang positif. Untuk itu saya juga tergerak dan menyampaikan keadaan yang ada sekarang ini. Untuk kesimpulan dari analisa opini yang saya berikan, biarlah pembaca sendiri yang menyimpulkannya. icon smile Rangkuman 3 Tulisan yang Dilombakan >> Keberagaman Budaya Itu Ada Dalam Satu Kata : Indonesia

2. Panglima Uteun, Penjaga Hutan yang Kian Tergerus Zaman

Yang ini agak aneh mungkin. Karena begitu banyak juga tulisan kawan-kawan beswan yang lain mengenai budaya kesenian khas atau keterampilan daerahnya masing-masing, kenapa pula saya menulis hal ini? Ya, entah kenapa saya teringat tentang hutan yang kian hari kian menyusut. Saya pun teringat dengan salah seorang Panglima Uteun yang saya jumpai di salah satu acara tahun lalu. Bongkar-bongkar lagi deh notulensi dan catatan saya. Rupanya masih ada, hehe..

Untuk isi dan foto-fotonya, saya ambil dari foto-foto daerah hutan yang masih bisa dijangkau jaraknya. Pengalaman saya pernah masuk ke hutan untuk mencari kayu atau melakukan kegiatan lainpun bisa menambah konten tulisan saya juga kan. Dengan segala keterbatasan dan kekerangan, siap juga deh tu tulisan. Untuk ini, harapannya sebenarnya bukan hanya untuk dilombakan, tapi juga sekedar saling mengingatkan untuk menjaga hutan.

3. Meugang, Tradisi Makan Sie dan Berbagi

Tulisan yang terakhir ini menceritakan tentang suatu budaya makan daging di Aceh pada satu atau dua hari sebelum hari-hari besar islam, seperti puasa dan hari raya. Dan meugang ini pun tidak lama lagi bakal bisa ‘diperingati’. Tradisi meugang ini rasanya tidak ada di daerah lainnya di indonesia dan rugi rasanya bila tidak ditulis. Rasa berbagi yang sangat kuat saat meugang ini saya kira perlu terus ditumbuhkembangkan dan menjadi pelajaran bagi kita semua.

Ketiga tulisan itu saya pilih setelah menulis beberapa tulisan lain juga sih, seperti “Asam Sunti, Asemnya Sampe ke Tanah SucidanRumoh Aceh, Kearifan Lokal yang Terabaikan”. Ada beberapa juga yang belum siap saya tulis. Ke depan insya Allah akan saya selesaikan. Ya.. wlopun bukan untuk lomba, namun kebudayaan dari Indonesia, khususnya di Aceh dapat lebih dikenal lagi dalam masyarakat kita. Selain itu, kebudayaan itu dapat kita pertahankan dan kita ambil nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari.

***

Ada hal unik yang saya lihat di lomba kali ini. Dari sekian banyak peserta beswan Djarum yang mengikuti lomba ini, dengan tema yang sama, nyatanya hampir tidak ada tulisan yang sama. Walopun ada peserta yang berasal dari satu daerah, objek yang dijadikan tulisannya itu berbeda-beda. Wah, sungguh rupanya, budaya di negeri kita ini amatlah beragam. Kita semestinya menjadi bangga dan terus melestarikan hal ini. Keberagaman budaya ini menjadi suatu kekayaan tersendiri yang nyatanya tak dapat dicari dan dibeli. Keberagaman budaya itu sekarang ada dalam satu kata : Indonesia.

#yang mau dukung nge-like pesrta lomba, ayo masuk ke http://www.djarumbeasiswaplus.org/blogcompetition/, klik ‘blog terdaftar’, trus like deh siapa yang disuka icon smile Rangkuman 3 Tulisan yang Dilombakan >> Keberagaman Budaya Itu Ada Dalam Satu Kata : Indonesia

You can leave a response, or trackback from your own site.

7 Responses to “Rangkuman 3 Tulisan yang Dilombakan >> Keberagaman Budaya Itu Ada Dalam Satu Kata : Indonesia”

  1. tristyantoprabowo says:

    wah keren gud luck buat zikra semoga ketemu di Silatnas hehe.. baca artikel penutup saya jug aya This is my closing artikel everybody ^_^ dibaca yak……….

  2. budiariyanto says:

    semangat yg mantab dzikra, niat dan sdikit tindakan… jadi!
    itu lah sebabnya manusia dikatakan unik, walaupun kembar fisik tidak kemudian kembar jiwa dan potensinya… smg berkah blog competition untuk kita smua… amin…

    • ahmadzikra says:

      amiinn… semoga terus diberkahi ya. dan ngeblog bukan hanya sampai disini saya. sejauh mampu berkarya, maka lanjutkan…
      :)

  3. Dek Vie says:

    Lanjutkan anak muda…. :D

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is that thing with fingers at the end of your arm (one word)?