Guratan Pena Zikra

tergurat agar dapat merekat erat

Borong Buku di Pameran “Pesta Buku Aceh 2011”

Melihat spanduk-spanduk di pingir jalan bertuliskan Pesta Buku Aceh 2011 dengan tema “Membudayakan minat baca masyarakat Aceh” membuatku terhenti sejenak. Pameran buku? Wah ini ni yang ditunggu-tunggu. Pesta Buku yang bertempat di Gedung Chik Di Tiro (Gedung Sosial), Banda Aceh ini berlangsung tanggal 29 Oktober – 3 November 2011. Dibuka pukul 09.00 WIB – 22.00 WIB, acara ini menghadirkan peserta dari Penerbit Nasional & Lokal, Toko Buku serta Distributor Buku, Produsen alat tulis dan komputer, Perpustakaan Daerah, Lembaga pendidikan + Komunitas Buku.

Wah, seru ni. Dah lama juga (untuk ukuranku) ngak belanja buku. Langsung tancap gas deh hari pertama pameran. Coz hari-hari ke depannya dalam perhitunganku bakalan ngak sempat ngunjunginya lagi. Maklum, kena tugas lapangan di luar kota (sok sibuk, haha..:D). Sore Sabtu hari pertama itupun aku menggeber motor menuju kesana. Setelah membayar ‘uang parkir’ 2.000 rupiah dan memarkirkan motor di lingkungan gedung, akupun langsung masuk ke ruangan tempat pesta buku digelar. Glek, rupanya banyak juga orang yang datang ya. Hari pertama gini? Waaa… salut deh, berarti bisa dilihat klo budaya membaca disini dah meningkat tu.


milih buku1 225x300 Borong Buku di Pameran “Pesta Buku Aceh 2011”

mari dipilih, dipilih bukunya....

Karena hari udah sore, akupun segera berburu buku-buku yang ingin dibeli. Haduh, klo liat buku-buku gini, pengennya sih beli semua ya, hahaha…. yaudah deh, setelah keliling-keliling ke semua stand (kayak ibuk-ibuk belanja baju aja dah ya..:D) akhirnya kebeli juga deh beberapa buku. Harga buku-buku yang ditawarkan kebanyakannya lebih murah dibandingkan harga buku di toko-toko buku di Banda Aceh sendiri. Dan hal ini juga kurasa yang membuat bakalan banyak buku yang diborong.


Makin tipis aja ni kantong. Untung ngak bawa uang terlalu banyak juga, klo ngak dah habis tu uang gara-gara kalap beli buku. Wkwkwkwk….

**

Alhamdulillah tugasku di lapangan bisa lebih cepat selesai. So, bisa pulang lebih cepat deh. Masih teringat pesta buku yang ada yang tinggal sehari lagi itu. Kebetulan banget ada kawan yang mau nyari buku. Jadinya pigi bareng lagi ke acara itu deh. Ujung-ujungnya, beli buku juga lagi deh.. :).

Perbandingan yang kulihat di hari pertama dan 2 hari terakhir, buku-buku cukup banyak terjual. Secara kasat mata, buku-buku yang didiskon dari 10-30 % itu semakin sedikit saja. Bahkan ada beberapa buku best-seller yang kehabisan stok. Pribadi, melihat hal itu sungguh menggembirakan. Minat warga kota Banda Aceh untuk membaca cukup tinggi (wlopun belum menjamin juga buku yang udah dibeli tu bakalan dibaca :p).

milih buku2 300x237 Borong Buku di Pameran “Pesta Buku Aceh 2011”

jadi pusing ni mau beli yang mana :)

Selain pesta buku, juga ada seminar bedah buku dan menulis lho. Namun apa daya, mengingat keterbatasan waktu, aku tak dapat mengikutinya. Hohoho… trus, panggung kecil di tengah-tengah stand buku juga menyugukan tampilan seni berupa band, nyanyi, undian berhadiah, dan sulap juga. icon smile Borong Buku di Pameran “Pesta Buku Aceh 2011”

For all, aku kata bahwa acara-acara semacam ini sungguhlah bermanfaat. Selain menumbuhkan minat baca, komunitas-komunitas ‘baca’ bisa berkumpul dan saling berdiskusi. Tentunya dari sisi bisnis juga sangat menguntungkan bukan. Hehe…

So, mari semangat membaca, n klo udah banyak baca jangan lupa untuk mulai menulis juga.

*bagi yang belum berkunjung ke Pesta Buku Aceh 2011, masih ada hari ini (3 November 2011) hari terakhir lho.. J

You can leave a response, or trackback from your own site.

6 Responses to “Borong Buku di Pameran “Pesta Buku Aceh 2011””

  1. arnis.silvia says:

    Curaaaang… Waktu aku masih di Banda gk ada pameran buku :(

    Bang zik, usul lah bang ke pak gubernur utk buka toko buku macam Gramedia di Aceh.. Biar asik kita kalau mau cari buku..

    Beli judul apa aja bang?

    • ahmadzikra says:

      eh, ada juga lho dulu tu pameran buku di AAC dayan dawood. sekalian dengan pameran komputer. mgkn miss informasinya tu.

      usulnya mgkn ke pihak gramedia aja ya. toko2 buku di aceh pun belum banyak yg lengkap gitu.

      haha.. banyak euy bukunya kebeli. 2 kali pergi dah 9 buku. ni ntar sore kemungkinan pg lagi diajak kawan. kemungkinan beli juga lagi deh.. ;p

  2. tristyantoprabowo says:

    memang ya klo ada pameran buku suka bikin ngiler apalagi klo sale uang di kantong bisa amblas…… di kota saya beberaa tahun terakhir sering ada pameran buku bukunya juga lumayan update….. jumlah toko buku jg bertambah banyak yg saya tahu ada lebih dari lima yg lumayan besar jd gak perlu jauh2 ke semarang kayak zaman dulu hehe….. I love book, nice post zikra :)

  3. budiariyanto says:

    saya teringat bbrp waktu lalu kawan saat di Gor UNY juga ada pameran buku,
    tips nya sblm masuk pameran harus sudah menentukan kriteria yg akan dibeli, biar ndak melebar bajednya…;)
    tp memang tidak mudah.. haha…. saya juga “korban” pameran buku…

    • ahmadzikra says:

      hehe.. klo zik mgkin tidak ada kriteria khusus. yg menurut zik temanya itu cocok, baca rensensinya klop. beli deh klo budget nya ada. :)

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What color is fresh snow?