Guratan Pena Zikra

tergurat agar dapat merekat erat

Tingkatkan Kualitas Jaringan Irigasi Dukung Hari Air Dunia 2012

Hari Air Dunia yang diperingati setiap tanggal 22 Maret di tahun 2012 ini mengambil tema “Water and Food Security” atau Ketahanan Air dan Pangan. Ketahanan Air dan Pangan erat kaitannya dengan keberlanjutan dan kualitas sistem irigasi. Hal tersebut dominan untuk mencapai peningkatan produksi dengan target surplus 10 juta ton beras pada tahun 2014 dan memerlukan peningkatan produksi padi minimal 7% per tahun melalui kegiatan operasi, pemeliharaan dan rehabilitasi.

Demikian dikatakan oleh Plt. Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Mochamad Amron dalam temu wartawan mengenai Pelaksanaan Hari Air Dunia 2012 di Jakarta (21/3).

Berdasarkan data BPS tahun 2010, Indonesia memiliki total areal sawah seluas 9,45 juta ha. Sebagian besar diantaranya 76% merupakan sawah beririgasi yang memberikan sumbangan terhadap 85% produksi padi nasional di tahun 2009 dan 2010. Sisanya adalah sawah rawa pasang surut 5%, sawah rawa lebak 2%, Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) 1% dan areal sawah lainnya seperti sawah tadah hujan, sawah irigasi desa dan lading 16%.


Dalam rangka Hari Air Dunia 2012 XX, Kementerian PU melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air menginstruksikan seluruh Balai Besar Wilayah Sungai dan Balai Wilayah Sungai di seluruh Indonesia untuk melaksanakan berbagai kegiatan memperingati Hari Air Dunia di wilayahnya masing-masing.

Salah satunya dengan merencanakan program dan kegiatan bidang irigasi melalui operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi pada areal irigasi seluas 2,315 juta ha, rehabilitasi jaringan irigasi pada areal seluas 1,34 juta ha, pembangunan/peningkatan jaringan irigasi seluas 500 ribu ha, alokasi bantuan perbaikan jaringan irigasi kepada areal irigasi kewenangan pemerintah provinsi seluas 0,87 juta ha dan pemerintah kab/kota seluas 1,832 juta ha dan sebagian pembiayaan dan bantuan irigasi kewenangan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Hal itu untuk mendukung kualitas ketahanan air dan pangan dunia khususnya Indonesia.

“Berkenaan dengan Forum Air Dunia yang ke-6 (World Water Forum) yang diadakan di Perancis dan diikuti oleh 2500 peserta dari 170 negara, ada pertemuan tingkat menteri untuk membahas permasalahan air dan rencana aksi dalam menangani masalah air. Yang ada kaitannya dengan MDG’s. karena masih terdapat 800 juta penduduk di dunia kesulitan mengakses aifr bersih, sehingga ada kemungkinan program MDGs tidak tercapai,” tutur Amron.

Hingga tahun 2050 nanti penduduk dunia akan meningkat 33% dari 6 miliar orang menjadi 8 miliar orang. Bersamaan dengan itu permintaan terhadap pangan, air dan energi akan meningkat 30-50 persen. Pencapaian salah satu target MDGs terkait ketahanan pangan yakni pemberantasan kemiskinan dan kelaparan ekstrem.

Momen HAD 2012 merupakan tonggak sejarah upaya penyelamatan air secara nasional yang dilaksanakan dengan prinsip kemitraan antara stakeholders bidang sumber daya air, baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat. Sejalan dengan ”Dasawarsa Air untuk Kehidupan 2005-2015” maka dalam 10 tahun kedepan diharapkan gerakan ini berlangsung serentak di seluruh Indonesia.(dnd/ind)

Pusat Komunikasi Publik

*Tulisan dikutip dari website Kementerian Pekerjaan Umum (link)

You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses to “Tingkatkan Kualitas Jaringan Irigasi Dukung Hari Air Dunia 2012”

  1. ADMIN says:

    there are a number of ways to save water … and they’re all started with ‘we’ … because it’s our water, our community … our choice. C’mon guys, let’s get water-wise!!!

  2. tristyantoprabowo says:

    setuju gak kalau air gunung dieksploitsi dan diperjual belikan sebagai minuman mineral kemasan?

    • ahmadzikra says:

      sebenarnya ngak masalah sih mas. toh air minum itu juga untuk kepentingan masyarakat yg ‘krisis’ air minum. namun tentunya prosesnya juga harus diawasi. jangan sampai over eksplorasi dengan mengabaikan kondisi lingkungan sekitar. baik bagian hulu maupun hilir dari tempat pengambilan sumber air. :)

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is 5 * 2?