Guratan Pena Zikra

tergurat agar dapat merekat erat

Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

Bila anda seorang pekerja, refreshing itu menjadi suatu hal yang penting. Namun keseringan yang terjadi adalah ketiadaan waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan yang sifatnya refreshing. Refreshing dapat menyegarkan kembali pola pikir kita yang selama hampir seminggu penuh bergulat dengan tugas masing-masing. Refreshing dapat berupa sekedar melakukan hobi atau melakukan sebuah perjalanan/traveling untuk mencari suasana baru.

Jika terbatas waktu, perjalanan yang dilakukan tak harus jauh. Banyak kawasan yang bisa menjadi alternatif untuk sekedar mengusir penat. Bagi masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar serta sekitarnya, Lhok Mata Ie bisa menjadi pilihan yang bagus.

Lhok Mata Ie berada di kawasan Ujung Pancu, daerah paling barat Pulau Sumatera dan secara teoritis masuk dalam kawasan Kabupaten Aceh Besar. Aksesnya sendiri termasuk mudah, berjarak lebih kurang 13 km dari pusat kota Banda Aceh, kawasan ini bisa ditempuh dengan mobil, sepeda motor, bahkan sepeda. Untuk mencapai pantai Lhok Mata Ie ini kita harus melanjutkan dengan mendaki menyeberangi bukit.

Untuk perjalanan ini, saya bersama teman-teman menggunakan sepeda. Bersepeda dari pusat kota Banda Aceh, kemudian menuju ke arah Ulee Lheu. Di persimpangan Ulee Lheu di depan masjid Baiturrahim, belok ke kiri menuju arah Peukan Bada. Setelah melalui restoran Banda Seafood, berbelok ke kanan melewati jembatan Kuala Cangkoi. Dari sini rutenya lurus hingga memasuki kawasan Desa Lambadeuk dan Lampageu. Hampir sepanjang jalan yag dilalui berada di dekat pantai.

1 rute lhok mata ie 1024x616 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

jalur menuju lhok mata ie dari Banda Aceh

Menggunakan sepeda, kayuhan akan terasa sedikit berat karena melewati hadangan hembusan angin laut yang cukup kencang. Selain itu, juga harus waspada mengingat banyaknya kotoran sapi yang menghiasi jalan mulai dari saat kita memasuki Desa Lambadeuk. Perjalanan menggunakan kendaraan akan berakhir ketika kita sampai di sebuah peternakan ayam di Ujung Pancu, salah satu pantai yang sering dijadikan sebagai tempat mancing mania. Tidak susah mencari peternakan ini karena tepat berada di pinggir jalan dan satu-satunya yang tampak secara jelas berada di kawasana pantai Ujung Pancu. Kendaraan yang kita bawa, baik itu mobil, sepeda motor, termasuk juga sepeda kami, dititipkan di sebuah rumah yang disampingnya terdapat peternakan ayam. Apakah wajib? Untuk menjaga keamanan sebaiknya menitipkan disini karena tidak ada rumah penduduk lainnya yang dekat dengan lokasi. Jangan lupa memasang kunci pengaman agar resiko kehilangan kendaraan semakin kecil. Biaya penitipan kendaraan ini adalah Rp. 2.000,- per kendaraan.

2 berangkat 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

rute dominan di pinggir pantai

2 penitipan sepeda 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

penitipan sepeda. jangan lupa kunci pengaman

Peralatan yang dibawa ketika menuju ke Lhok mata Ie tergantung kepada tujuan kita kesana untuk apa. Pantai Lhok Mata Ie sering dijadikan sebagai tempat mancing, snorkeling, atau bahkan camping. Kebetulan rombongan kami datang dengan hobi memancing dan snorkeling. Maka perlengkapan utama yang dibawa adalah : perlengkapan memancing beserta umpan dan alat untuk snorkeling (kacamata+snorkel, fin/kaki bebek, dan pelampung jika diperlukan), juga baju ganti. Tidak lupa untuk membawa bekal berupa makanan dan minuman yang disesuaikan berapa lama rencananya akan berada disana. Walaupun tampak kecil, saya pribadi selalu beranggapan persiapan merupakan sebuah hal yang utama dalam melakukan sesuatu. Persiapan berpengaruh besar terhadap hasil atau capaian yang akan kita laksanakan, jadi ingat kutipan di sebuah film, “victory loves preparation”. Satu lagi saran dari saya, jangan lupa membawa masker atau kain penutup hidung lainnya. Kenapa? Karena ketika akan memulai pendakian menuju ke Lhok Mata Ie, di awal perjalanan kita akan melewati kandang ayam dengan bau yang sangat menyengat. Sebuah tujuan juga seringkali memerlukan pengorbanan bukan? Jadi jangan sampai bau kandang ayam ini menjadi penghalang untuk menuju kesana. Hehe..

Melewati peternakan yang berada di kiri kanan jalan kami disambut dengan jalur mendaki di sepanjang bukit, bagi yang sudah sering hiking, tidak menjadi suatu masalah berarti. Namun untuk pemula, cukup hati-hati saja. Sebaiknya memakai sepatu dan hati-hati jika kebetulan kondisi baru turun hujan. Kondisi jalur pendakian bisa sedikit licin. Treknya tidak terlalu berat dan jika pun kita lelah mendaki, bisa berhenti untuk istirahat. Tidak perlu memaksakan diri ketika mendaki, beberapa pepohonan yang cukup teduh bisa kita gunakan sebagai tempat sejenak melepas lelah. Ada satu titik yang biasa digunakan untuk beristirahat, lokasinya setelah melewati pendakian yang cukup terjal di awal. Titik pemberhentian ini dapat ditandai dengan sebuah plank nama untuk menjaga hutan dan tidak membuang sampah sembarangan. Setelah beristirahat perjalanan bisa dilanjutkan kembali.

3 pendakian 225x300 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

mendaki

Hmm… sambil istirahat jadi ingat kalau esensi hidup ini adalah sebuah perjalanan. Akan ada perjalanan panjang yang akan kita lalui, dan dunia ini hanyalah semacam persinggahan semata. Seperti kita singgah dalam pendakian ini :). Singgah bukanlah hal yang utama, bila terlalu lalai di suatu tempat tak mau beranjak bergerak, kita akan tertinggal. Sepanjang pendakian, sudah tentu kita menempuh rute menanjak, curam, bahkan berliku. Sesekali kita harus mencari pegangan, apakah itu ranting atau bebatuan dan yang terbaik adalah kawan. Karena jalan tidak selamanya mulus, di saat jatuh kita memerlukan bantuan. Butuh bantuan bukan berarti kita cengeng, namun sekaligus menyadarkan bahwa kita ini tidak ada apa-apanya. Kita ini kerdil, maka kenapa juga terkadang kita menyombongkan diri di hadapan Tuhan. Kenapa juga kita sering membangga-banggakan diri bahwa kitalah yang lebih baik dari orang lain. Memberi bantuan bukan berarti kita yang lebih kuat, kita yang dibantu bukan berarti juga lemah tak berdaya. Layaknya pendakian, adakalanya kita di atas namun di lain waktu bisa di bawah.

Dalam pendakian kami melewati 2 spot padang ilalang yang sungguh indah pemandangannya. Rasa lelah mendaki seketika hilang terhapus pemandangan dan hembusan angin yang terus mempermainkan ujung-ujung ilalang. Bak sebuah orkestra, ilalang serentak bersama mengikuti kemana angin berhembus.

4 ilalang 1 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

padang ilalang

4 ilalang 2 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

padang ilalang

4 ilalang 3 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

padang ilalang

Pepohonan di kawasan ini masih tergolong asri, suara burung dan serangga hutan akan setia mengiringi setiap langkah kita. Deretan pohon yang masih cukup rapat membuat panas matahari takkan terasa begitu menyengat. Namun di beberapa titik yang kami lewati, mulai terjadi pembukaan lahan oleh masyarakat untuk lahan perkebunan. Masih tampak sisa-sisa rumput dan pohon yang dibakar ketika membuka lahan. Perbedaan akan kita rasakan ketika melewati kawasan ini karna rasa panas sinar matahari.

Ah, betapa kita terkadang kurang bersyukur terhadap nikmat yang telah diberikan. Pepohonan (hutan) yang ditebang tanpa perhitungan dan kegiatan reboisasi yang tidak dilakukan menyebabkan terganggunya siklus makhluk hidup yang bergantung kepadanya. Sebut saja hewan-hewan semacam burung atau beberapa mamalia hutan yang bergantung makanannya kepada pohon yang hidup di kawasan hutan. Dampak langsung mungkin tidak akan dirasakaan secara cepat, namun global warming dan bertambah banyaknya kasus konflik manusia dan hewan menjadi bukti. Efeknya juga akan dirasakan oleh manusia itu sendiri bukan?

5 dekat lahan 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

melewati di samping kawasan yang mulai dibuka untuk perkebunan

Sebelum mencapai Pantai Lhok Mata Ie, kami melewati sebuah mata air jernih yang mengalir. Mata air ini yang menjadi cikal bakal dinamakan pantai Lhok Mata Ie (mata air). Pendakian yang ditempuh selama 45 menit terbayar ketika sampai di pantai Lhok Mata Ie ini. Riuhan gelombang dan angin yang berhembus menyambut kedatangan kami ke tempat ini. Pantai nya masih sangat alami dan indah. Di seberang sana tampak Pulau Batee yang menutupi pantai Lhok Mata Ie ini dari Samudera India.

6 mata air 225x300 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

sumber air sebelum mencapai pantai lhok mata ie. bisa ngadem dulu bentar disini :)

6 pantai 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

ini dia, pantai lhok mata ie

Sambil beristirahat dan makan bekal yang dibawa, tidak tahan rasanya jika tidak nyebur ke laut. Namun hati-hati meninggalkan makanan atau barang bawaan anda lainnya disini. Jika tidak ada yang jaga sebaiknya ditinggalkan dalam kondisi tertutup karena banyak monyet dari dalam hutan yang akan ‘menjarah’ barang bawaan. Bagi yang hobi memancing, spot nya tersebar hampir di sepanjang pantai, tinggal cari saja dimana PW (posisi wuenak) nya.

7 mancing 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

yang hobi mancing langsung cari posisi :)

7 nyebur 2 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

mana tahan ngak nyebur kalau gini :)

Airnya cukup jernih bila tidak sedang pasang. Dan menurut saya sih ya, waktu terbaik untuk kesini (jika ingin berenang atau snorkling) adalah menghindari waktu di saat proses pasang atau angin kencang. Saat angin kencang, gelombang yang terjadi bisa cukup besar yang menyebabkan tidak nyaman ketika berenang. Selain pantainya yang indah, sepertinya tidak banyak yang tahu kalau pemandangan bawah laut disini juga tak kalah mempesonanya. Untuk mendapatkan pemandangan bawah laut, kita harus berenang kira-kira 15 meter ke arah laut. Disana kita akan menjumpai terumbu karang serta ikan yang hidup berdampingan, hati-hati jangan sampai menginjak karang yang lunak ini saat snorkeling. Selain itu, arus disini juga cukup kencang. Jika tak kuat berenang lebih baik membawa pelampung atau mengajak teman.

Ikan dan terumbu karang yang dijumpai disini cukup beragam. Yah, saya memang ngak tahu jenis-jenis ikan dan terumbu karang apa saja. Namun beberapa yang saya jumpai adalah ikan karang, ikan hias, ikan pari, bahkan teman saya sempat melihat ikan hiu ! hoho… tapi kan hanya hiu tertentu saja yang menyerang manusia, itupun kalau udah cium bau darah. Tekstur terumbu karang disini mempunyai lorong-lorong diantaranya. Jika kita menyelam ke dasar dengan kedalaman lebih kurang 3 meter, kita ibarat berada di lorong-lorong ‘gedung’ terumbu karang ini.  Bagi anda yang sudah pernah ke Sabang, pemandangan bawah laut disini ngak kalah eloknya dan bisa menjadi alternatif bagi anda. Saya jadi berharap suatu saat bisa snorkeling atau menyelam di tempat lain yang lebih indah dari pemandangan ini :

8 2 karang 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

sinar matahari yang mencapai karang

8 1 ikan 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

ikan-ikan berenang

8 3 ikankarang 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

karang dan ikan

8 4 ikan2 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

trio ikan. gimana kalau ketemu sama trio macan mereka ini ya :D

8 5 karang2 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

karang lhok mata ie

8 6 karang3 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

karang lhok mata ie

8 7 karang6 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

karang lhok mata ie

8 8 karang7 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

karang lhok mata ie

8 9 karang8 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

karang lhok mata ie

8 10 karang9 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

karang lhok mata ie

8 11 ikankarang3 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

ikan dan karang Lhok Mata Ie

8 12 ikankarang4 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

ikan dan karang Lhok Mata Ie

8 13 ikankarang5 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

ikan dan karang Lhok Mata Ie

8 15 ikankarang6 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

ikan dan karang Lhok Mata Ie

8 16 ikankarang7 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

ikan dan karang Lhok Mata Ie

8 17 karang11 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

karang Lhok Mata Ie

8 18 karang12 300x225 Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

karang Lhok Mata Ie

Rasanya ngak puas-puas berenang dan snorkeling disini, namun dikarenakan waktu kami juga harus kembali. Pantai ini juga dijadikan sebagai tempat camping lho. Saat tiba, kami menjumpai sekelompok mahasiswa yang sedang berkemas selesai camping. So, bagi anda yang berada di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar serta sekitarnya, bakalan rugi kalau tidak berkunjung kemari. Bagi anda yang di luar Aceh? Tidak ada salahnya memasukkan Pantai Lhok Mata Ie sebagai destinasi pilihan anda. Apalagi bagi yang menyukai sekaligus hiking, snorkeling, dan mancing, atau bahkan camping sekalian.

9 team Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

mari berkunjung kemari

Salam traveling, *jabat tangan satu-satu*

icon smile Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing

You can leave a response, or trackback from your own site.

20 Responses to “Lhok Mata Ie, Alternatif Wisata Hiking, Snorkeling, dan Memancing”

  1. siddiq tseloutsen says:

    Ujong pancu-lhok mata ie ini fav aku ni bg. dekat, bgus lg. srg juga ksna. keren bg tulisannya. temanya slalu bersepeda ya, ajib.

    mampir ke blog aku juga bg ya.

  2. Bayu Aji Wibowo says:

    ahahahaha.. :D manteb deh..
    besok yang bikehiking Peukan Biluy di-blog-in juga yah.. :D

    • ahmadzikra says:

      hahaha… terima kasih pak ketua.
      okesip.insya Allah ntar bakalan ditulis semua,
      skalian bisa diaktifin lagi tu blog Atjeh Bicycle Community nya.. :)

  3. johantectona says:

    pokoknya harus kesiniiii harusss.. karena kamu yang nulis ini artikel, kamu yang tanggung jawab nemenin aku kesiniiii :D heeee *ahhh pengenn nyelemmmm

    • ahmadzikra says:

      mariiiiiiiiii…… kesiniiiiiiiii mas jo. belum pernah ke aceh kan? disini banyak wisatanya lho.
      kalau jadi ke aceh hubungi aja ntar. atau skalian pindah kerja ke aceh ni? :)

  4. anafitria says:

    bang, besok kami kesitu,, will be first xperience insyaAllaah..
    wah.. bs snorkeling jg yaa???tapi kami ga punya alatnyaa.. pinjam la bang,,hehehe

    • ahmadzikra says:

      wah, mau kesana ya. bisa tu terapkan prinsip-prinsip tulisan di atas. batre camera jangan lupa dipenuhin dulu ya…hahaha…
      boleh, ntar hub ja lagi waktu mau ambilnya ya.
      :)

      • anafitria says:

        akhirnya cuma sampe ke ujong pancu aja,, tapi lumyan senanglah ketemu fugu,, hehehe
        kalo foto di bawah air tu bagusnya pake kamera apa bang?

  5. Ditta.w.Utami says:

    Huaaaaa…….
    pengen ke padang ilalangnyaaa >..<

    Huaaaa…..
    pingsan karena ngiler…
    #lho?

  6. ade pz says:

    wuiiisss…mantap zik artikelny.. saluuuttttt……klo saya dikontrak jd objek photonya juga boleh, apalagi bikehiking kemaren pak haris ma bayu punya spot khusus di perbukitan peukan biluy…..

    • ahmadzikra says:

      ckcckck… wah, ada barang buktinya tu bang? biar bisa dibuat dalam bentuk reportase setengah fiksi aja. :D

      *siapin proposal kontrak model* :)

  7. ahmadzikra says:

    orang sibuk mana bisa kita ajak, asik di luar kota terus permainannya. ckckckck….
    ntar klo mau buat liburan atau penyambutan beswan baru boleh kok kesini :)

Leave a Reply to Ditta Widya Utami

Before you post, please prove you are sentient.

What color is the sky on a sunny day?