Guratan Pena Zikra

tergurat agar dapat merekat erat

Dasar PNS

Sebagian besar penduduk Indonesia menganggap bahwa pekerjaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah pekerjaan yang diidam-idamkan, baik oleh pribadi maupun orang lain. *termasuk calon mertua, ahayy.. :D. Maka tak jarang langkah yang dilakukan untuk menjadi seorang PNS menjadi beragam, dengan alasan yang beragam pula tentunya.

Tanggapan orang lain terhadap PNS (orang lain yang dimaksud disini sudah tentu adalah mereka yang bukan PNS) bermacam-macam. Ada yang menganggap bahwa PNS itu hidupnya aman sentosa dikarenakan gaji mereka yang sudah pasti masuk tiap awal bulan, mudah mengambil kredit karena kepastian gaji tadi, dan mudah juga untuk menarik simpati calon mertua karena kepastian gaji tadi juga. Intinya, kepastian gaji, nah itu yang menjadi salah satunya.

Kepastian gaji ini merupakan sebuah hal yang positif bagi PNS, namun fenomena yang terjadi di Indonesia sekarang banyaknya pejabat PNS yang tersangkut kasus hukum. Apakah karena gaji yang sudah pasti tadi itu kurang, atau kebutuhan hidup yang memang semakin bertambah tajam? Hmm… fenomena ini pula yang membuat citra PNS di mata masyarakat secara umum sedikit menjadi tidak baik. Bahkan PNS dianggap berperan penting dalam langkah menghambur-hamburkan uang negara.

Namun, hm… hm… perlu kukatakan bahwa, aku seorang PNS.

PNS sendiri banyak macam ragamnya, dari guru, dosen, pegawai pemerintahan, dan lainnya. Nah, sekarang akan kujelaskan sedikit dari kacamataku (padahal tidak pakai kacamata) kenapa harus atau mau menjadi PNS.

***

Ini sedikit terkait dengan tulisanku sebelumnya “Luar Negeri Men…”, bahwa kebanyakan dari masyarakat kita mulai kurang percaya kepada pemerintah, bisa jadi diakibatkan karena terlalu bergantung kepada pemerintah. Lihat saja hampir di setiap acara televisi yang mewawancarai masyarakat, hal pokok yang ditanyakan adalah “apa harapan Anda terhadap pemerintah?”, nah lho. Ketika harapan terhadap pemerintah tidak terpenuhi, tingkat kepercayaan juga akan menurun. Sebagai efek berkesinambungan yang terjadi adalah membanding-bandingkan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah kita dengan yang dilakukan oleh pemerintah luar. Secondary effect yang terjadi adalah kesimpulan bahwa orang luar negeri lebih bagus!

Pegawai Negeri Sipil Dasar PNS

PNS, abdi negara

Di luar harapan masyarakat dan apa yang seharusnya dilakukan, pemerintah harus mempunyai kapasitas yang besar dari dalam untuk melakukan hal besar. PNS menjadi bagian dasar yang harus mengambil peranan penting dalam menggerakkan dan memajukan roda pemerintahan. Kenapa aku menjadi PNS? Ini merupakan salah satu alasan penting selain hal-hal seperti sebelumnya tadi.

PNS merupakan bagian dari masyarakat juga. Maka apa yang dilakukannya adalah untuk dirinya juga. Pembelajaran penting yang kualami selama beberapa tahun menjadi PNS adalah selaku PNS, kapasitas kemampuan harus juga diasah. Jangan terlena dengan zona aman yang digadang-gadang, apa yang dilakukan sekarang akan berpengaruh terhadap apa yang kita hadapi di masa mendatang. Buruk yang kita lakukan sekarang akan berdampak negatif bagi kelanjutan bangsa. Hal baik yang kita lakukan, walaupun tidak secara langsung akan mengubah bangsa ini setidaknya akan menjadi kebanggaan tersendiri yang telah kamu lakukan untuk bangsa.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

what is 4 + 3?