Guratan Pena Zikra

tergurat agar dapat merekat erat

Category : aceh

Tsunami Aceh untuk Dunia

2010117tsunami aceh 150x150 Tsunami Aceh untuk DuniaTsunami, bagi masyarakat Aceh khususnya memiliki memori tersendiri akan hal ini. Kejadian pada tanggal 26 Desember 2004 itu merupakan salah satu fenomena terbesar dalam beberapa dekade terakhir. Masing-masing mempunyai cerita sendiri akannya. Walaupun cerita yang ada bisa berbeda-beda, tapi tetaplah persamaan yang paling mendasar disana adalah : kehilangan. Kehilangan harta benda, bahkan nyawa orang-orang sekitar. Kehilangan yang bahkan untuk beberapa orang tak bisa dipastikan, hilang meninggalkan dunia ini atau hilang dari lingkungan keluarga sekitar karna terpisah saat kejadian.

Hmm… ah, klo diperpanjang, banyak kisah di sebaliknya. Namun kali ini saya lebih ingin membicarakan mengenai pelajaran yang seharusnya diambil dari kejadian itu.

Nyatanya, kejadian tsunami pada tanggal 26 Desember 2004 bukanlah kejadian pertama kalinya di Indonesia. Klo kita cermati lagi, kejadian serupa pernah terjadi akibat letusan gunung krakatau (1883), kemudian di Simeulu (1907), Sigli (1967), Sumba (1977), Flores (1992), Banyuwangi (1994),  pangandaran (2006), Bengkulu (2007), Mentawai (2010), dan masih banyak lagi (akan terus diupdate). Selain indonesia sendiri, tsunami juga terjadi di negara-negara lainnya, yang terbaru adalah kejadian tsunami di Sendai, Jepang pada 11 maret 2011 yang lalu.

Read More…

Wisuda Teknik nan Unik

Sebelumnya mohon maaf kepada para penggemar karna dah jarang posting (sok punya penggemar) :D. Tulisan kali ini sebenarnya mau diposting sebulan yang lalu, tapi dengan berbagai alasan dan keterbatasan yang ada, baru bisa tayang sekarang deh. icon smile Wisuda Teknik nan Unik

*        *        *

Kamis (24.11.2011) aku kembali ke kampus. Tentunya kembali kali ini bukan untuk ikut kuliah seperti dulu, tapi untuk menghadiri acara wisuda salah seorang teman di Teknik Sipil. Wisuda Universitas Syiah Kuala Banda Aceh sendiri biasanya dilangsungkan di gedung AAC Dayan Dawood. Dalam setahun wisuda dilakukan 4 kali di bulan Februari, Mei, Agustus, dan November. Dari 4 bulan tersebut, biasanya sih yang paling ramai wisuda adalah di bulan November. Untuk kali ini saja, karna ramainya mahasiswa calon sarjana, wisuda yang biasanya menggabungkan semua fakultas itu terpaksa dibagi dalam 2 hari. Hari kamis (24.11.2011) untuk fakultas teknik dkk dan Sabtu (26.11.2011) untuk fakultas kedokteran dkk.

Read More…

Borong Buku di Pameran “Pesta Buku Aceh 2011”

Melihat spanduk-spanduk di pingir jalan bertuliskan Pesta Buku Aceh 2011 dengan tema “Membudayakan minat baca masyarakat Aceh” membuatku terhenti sejenak. Pameran buku? Wah ini ni yang ditunggu-tunggu. Pesta Buku yang bertempat di Gedung Chik Di Tiro (Gedung Sosial), Banda Aceh ini berlangsung tanggal 29 Oktober – 3 November 2011. Dibuka pukul 09.00 WIB – 22.00 WIB, acara ini menghadirkan peserta dari Penerbit Nasional & Lokal, Toko Buku serta Distributor Buku, Produsen alat tulis dan komputer, Perpustakaan Daerah, Lembaga pendidikan + Komunitas Buku.

Wah, seru ni. Dah lama juga (untuk ukuranku) ngak belanja buku. Langsung tancap gas deh hari pertama pameran. Coz hari-hari ke depannya dalam perhitunganku bakalan ngak sempat ngunjunginya lagi. Maklum, kena tugas lapangan di luar kota (sok sibuk, haha..:D). Sore Sabtu hari pertama itupun aku menggeber motor menuju kesana. Setelah membayar ‘uang parkir’ 2.000 rupiah dan memarkirkan motor di lingkungan gedung, akupun langsung masuk ke ruangan tempat pesta buku digelar. Glek, rupanya banyak juga orang yang datang ya. Hari pertama gini? Waaa… salut deh, berarti bisa dilihat klo budaya membaca disini dah meningkat tu.

Read More…

Meugang, Tradisi Makan Sie dan Berbagi

Suatu hari,

Para sapi dan saudara jauhnya yang tak mempunyai hubungan darah dengannya yaitu kerbau, adakalanya termasuk juga para kambing dan sepupu jauhnya biri-biri, merasa begitu pasrah diri. Satu-persatu mereka digiring oleh tuan lama ataupun tuan baru mereka ke suatu tempat yang tak mereka kenali. Pisau terhunus, tussshhh…. pandangan lurus mereka kini hilang terhembus, buusss… -^v^v—v^–v—————- dead

(*ini bukan pilem horror lho..)

Di pasar pagi mulai ramai terlihat para sapi yang sudah tak berbaju lagi, bergelantungan di tenda dadakan yang mulai tak sepi. Para penjual dengan pisaunya terlihat sibuk melayani para pembeli.

Read More…

Rumoh Aceh, Kearifan Lokal yang Perlu Dipertahankan

Lain lubuk lain pula ikannya. Beda daerah beda pula keunikan yang tersimpan di dalamnya. Keberagaman serta keunikan yang ada mencakup banyak aspek. Salah satunya adalah bangunan rumah khas daerah. Aceh sendiri juga mempunyai rumah adat khas yang disebut dengan ‘Rumoh Aceh’.

 Rumoh Aceh, Kearifan Lokal yang Perlu Dipertahankan

Rumoh Aceh

Rumoh Aceh sendiri mempunyai beberapa bagian :

Read More…

Asam Sunti, Asemnya Sampe ke Tanah Suci

Dimohon perhatiannya (ala tukang baca pengumuman di bioskop), sebelum membaca tulisan ini diharapkan kepada para pembaca agar mengencangkan sabuk di pinggang agar jangan bertambah longgar, jangan ada orang di depan anda supaya air liurnya ngak muncrat ke muka orang, dan usahakan Anda tetap sadar klo sedang berada di depan layar komputer (serta yang sejenis dengannya).

3……

2…..

1…..

- – – Selamat Membaca – – -

Read More…

Seulawah Agam (#2)

Setelah secara iseng-iseng di postingan sebelumnya mengemukakan sedikit mengenai Gunung Seulawah Agam yang ada di Aceh, kini rasanya ingin menyambung sedikit lagi hal-hal yang terkait dan cukup menarik menurut saya mengenai gunung tersebut.

Nah, for the first, saya mau menambah koleksi beberapa photo gunung selawah dulu neh (dilihat dari beberapa sisi seperti di postingan sebelumnya).

 Seulawah Agam (#2)

Seulawah dilihat dari arah Ulee Lheu banda Aceh, diambil saat siang

 Seulawah Agam (#2)

Seulawah dilihat dari arah Floodway Ulee Fata Banda Aceh, diambil saat siang

Okey, lanjut…

Read More…