Guratan Pena Zikra

tergurat agar dapat merekat erat

Category : serba-serbi

Selagi [masih] Bisa

Lama tidak menulis di blog, jadi gagap juga untuk memulai. Tapi klo ngak sedikit dipaksa ngak bakalan terangkum dalam rangkaian kalimat-kalimat kan.. icon smile Selagi [masih] Bisa

sebelumnya saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1433 H bagi yang menjalankan. Semoga amalan kita diterima dan menjadi orang-orang yang bertaqwa.

Jika menilik sedikit ke belakang, dalam rentang satu atau dua minggu sebelum puasa, banyak dari kita yang memanfaatkan waktu (liburan atau bukan) untuk kegiatan yang cenderung ke santai-santai. Ada yang ke pantai, air terjun, tempat pemandian, atau tempat wisata lainnya.

Salah satu tempat yang dipadati pengunjung di kawasan sekitar Banda Aceh dan Aceh Besar adalah Pantai Lampuuk. Hari sabtu minggu kawasan tersebut begitu padat, jauh lebih ramai dari sebelumnya. Selain memanfaatkan waktu libur (padahal bukan masa liburan), kebanyakan pengunjung beralasan lebih kepada “nanti tidak bisa lagi”. Maksudnya? Iya, sebentar lagi kan dah masuk bulan puasa, jadi takutnya ngak sempat lagi mandi ke pantai.

Read More…

Hujan

.

Minggu pagi ini hujan.

Dan tak seperti minggu di hari lainnya, hari ini hujan.

Awan yang menyelimuti tak kunjung terang,

hujan masih turun dengan nyaman.

Bulirannya terus bersahutan,

bak irama dalam sebuah pertunjukan.

Di satu belahan, hujan dinantikan

Karna menjadi sumber kehidupan

Di belahan lain,

Hujan kadang menjadi kutukan,

Bulir yang jatuh tak tertahan

Menjadi akibat dari suatu teriakan penderitaan.

*salah sendiri juga kenapa menggauli hutan

Hujan,

Bagi sebagian,

Merupakan buliran (air) yang sudah tak sanggup memegang awan,

Namun jatuhnya dirindukan.

*tadinya mau nulis tulisan, dah jadi gini. Ya sudahlah.. icon biggrin Hujan

Gas Poooll.. (Lebaran Punya Cerita)

Yang namanya lebaran bagi kaum muslim itu idientik dengan silaturrahim. Silaturrahim mengunjungi sanak family, guru, para sahabat ataupun teman dekat. Kebiasaannya kita akan disuguhkan dengan minuman/kue yang tentunya di setiap rumah itu berbeda-beda. Kadang di satu rumah disugukan sirup merah, di rumah lainnya sirup orange, melon, lychee, atau bisa saja kopi, teh, sampe minuman bersoda. Kebayang ngak tuh, klo dalam sehari kita mengunjungi 5 rumah saja yang berbeda, betapa beraneka macamnya minuman yang masuk ke perut kita. Ujung-ujungnya bisa jadi mules, berangin, dan pruuuutttt…. kentut sembarangan (hush, bau tau… :D). Belum lagi dengan makanan yang disajikan yang membuat perut kita bakalan maju beberapa senti ke depan. icon biggrin Gas Poooll..  (Lebaran Punya Cerita)

Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, aku sendiri pernah beberapa kali mengalami hal serupa. Namun ada kisah lainnya yang mungkin bisa dibilang menarik atau bahkan menggelikan. Di rumah yang kita kunjungi tanpa kita duga adakalanya kita disugukan makanan lain selain kue-kue yang ada. Bisa jadi itu semacam lontong, ketupat, tape, hingga nasi. Nah, namanya juga kita kan silaturrahim, jadi kan ngak tahu bakalan dihidangkan apaan di rumah yang kita tuju.

Read More…

Secangkir Kopi Pengikat Hati

Kalau saya katakan kata “kopi” kepada Anda, apa yang akan Anda bayangkan? *hening sejenak mikir-mikir jawaban.

Taaatap mata saya… tatap… tatap… Taaaa Zzz…zzz…zzzzz….


Eh, bangun. Belum apa-apa kok udah tidur ni sih,hahaha… maklum aja deh, lagi hobi ketiduran nih. Nah, kembali ke pertanyaan saya di awal tadi. Udah ngejawab belum tu? *hening lagi sejenak buat mikir. Tidur lagi.. ZZz.. zzz.. zzz…


Udah beluumm? Lho, kok dan semacam maen petak umpet aja ni ya :). Okedeh, klo ngak ada yang ngejawab, jawab sendiri aja deh (sedih banget ya). Mungkin kawan-kawan bakalan kebayang ketika disebut kata “kopi” adalah :

- gelas (bisa kaca, plastik, mug, beling -?-),

- hitam (karna warna kopi itu hitam, sebelum keluar inovasi jadi kopi putih)

- sendok (yang kadang-kadang bikin nyangkut lobang hidung)

- begadang (langsung kebayang lagunya Rhoma Irama)

Read More…

Asam Sunti, Asemnya Sampe ke Tanah Suci

Dimohon perhatiannya (ala tukang baca pengumuman di bioskop), sebelum membaca tulisan ini diharapkan kepada para pembaca agar mengencangkan sabuk di pinggang agar jangan bertambah longgar, jangan ada orang di depan anda supaya air liurnya ngak muncrat ke muka orang, dan usahakan Anda tetap sadar klo sedang berada di depan layar komputer (serta yang sejenis dengannya).

3……

2…..

1…..

- – – Selamat Membaca – – -

Read More…

Siapa Bilang Pelangi Tak Datang di Malam Hari ? (versi karangan bebas)

Seperti yang pernah saya janjikan di tulisan sebelumnya, yaitu Siapa Bilang Pelangi Tak datang di malam hari ? (versi nyata), kali ini saya berusaha dengan sungguh-sungguh dan tak perlu malu (nah lho…) untuk mem-posting yang versi lainnya. Kali ini adalah versi karangan bebas lepas meracau nan parau. Hohoho….

Okey, kita mulai saja ya.. upz, tunggu,, tunggu dulu. Saya belum siap dan belum tahu harus memulainya dari mana. Versi ini kan harus bebas kebas gitu. Hmm…. (*pikir berat harus mulai dari mana). Zzzzzzz…..

Deg, tulisan ini kok masih jalan 2 paragraf ya. Hehehe… okey, first of ol, kawan-kawan yang belum baca tulisan versi nyatanya ada baik dan bagus serta patutnya membaca dulu. Itong-itung biar nyambung ntar cerita linknya ada di paragraf pertama tu. Nah, begini kelanjutan cerita versi bebasnya.. :

** ** **

Di suatu malam (ya iyalah malam, kan judulnya gitu), cerah bulan dikelilingi bebintang. Teriak jangkrik dan binatang malam kian girang terdengar. Teringat akan ucap seorang sahabat (silahkan diganti aja masing-masing, sahabat, kawan, sodara, istri/suami, calon istri/suami, TTM, preman, satpam, dll.. menurut selera masing2 aja icon biggrin Siapa Bilang Pelangi Tak Datang di Malam Hari ?  (versi karangan bebas) ) bahwa tak mungkin melihat pelangi di malam hari. Pelangi tu hanya mau nongol ketika siang hari. Layaknya tak mungkin melihat gemerlap bintang di siang hari. Nah lho, nothing impossible kan ya, selama Allah menghendaki. Maka dari itu sodara-sodara, aku kata : hal itu mungkin.

Si kawan malah ngotot tak mungkin. “mungkin”, kataku. “tak mungkin..!!” katanya. “mungkin” kataku lagi. Maka terlibatlah perdebatan diantara kami selama semalam suntuk. Selesailah cerita ini disini… Zzzzzz.. Zzz… Zzz….

Eh, eh,, ngak lah. Masak cepet kali tu cerita berakhhir gitu aja tanpa ending yang jelas. Hehehehe…

“kalau itu mungkin, coba kau buktikan padaku. Aku ingin melihatnya malam ini juga”, pintanya galak. Bak dayang sumbi yang minta dibangunkan ribuan candi dalam semalam.

Read More…

Hey.. I’m Back

Hmm… kenapa judulnya harus gitu ya? Yupz, karna rasanya aku akan kembali ke dunia blogging setelah sebulanan ini ‘puasa’ tulisan. Agak lebay mungkin ya, tapi ngak juga. Coz wlopun sebulan, rasa-rasanya dah lama banget ni. Jadi serasa rindu gitu tuk ngisi nih blog (ah, bahasanya mulai meracau galau nih). Hahaha…

Sebulan ditinggalkan, ternyata dah banyak banget perubahan. Khusus untuk beswan, dari alamat blog yang diubah sampe dah dimulainya kompetisi ngeblog. Wah, ketinggalan banyak info ni saya nya. Tapi ngak apa2 deh, mudah-mudahan saya masih bisa nules dan melahirkan ide-ide yang diharapkan bisa berguna bagi saya sendiri dan para pembaca budiman. Mudah-mudahan yang bakalan ikut lomba blog beswan juga banyak, jadi persaingannya itu bisa jadi pengalaman dan pembelajaran yang berharga :). (disini mudah-mudahan juga aku bisa ikut meramaikan).

I’m back, maksudnya insya Allah saya akan kembali menulis (rutin) di blog ini. Semenjak saya ‘mendeklarasikan’ mari menulis satu tulisan satu hari pada bulan Mei yang lalu, minimal di tiap bulannya bisa 5 tulisan. Namun di bulan kemaren (September) jumlah tulisannya adalah kosong. Penurunan yang drastis banget. Namun hal itu sudah diduga sebelumnya coz keadaan yang tak bisa dihindari (nah lho, menghitamkan kambing punyanya keadaan.. -_-‘).

I’m back, mudah-mudahan saya kembali dengan ilmu yang saya punya dan bisa lebih bermanfaat dari sebelumnya. Bisa terus belajar kepada para senior dan rekan-rekan. Bukan berarti ilmu yang diperoleh sudah cukup banyak, namun aplikasi dari ilmu itu sendiri seringkali tidak sesuai dengan teori. Kalo teorinya aja ngak ada ntar, gimana prakteknya ya. Hehehe…

I’m back, dengan segudang semangat lain yang mudah-mudahan bisa juga mempengaruhi semangat dalam bidang ini. Menulis, posting, sharing, take and giving something.

I’m back, n here i am….

icon smile Hey.. I’m Back