Kolom Otak Andrey

Sepintas Terlihat Jelas – Beswan Djarum 27

Teringat “Rumah” Itu

Ya…. memang begitu nampak nyata bayangan rumah yang dulu aku minati. Mungkin masih sampai hari ini, rumah itu tetap lekat dalam pikiranku, masih tersangkut dalam kolom-kolom otakku. Entah sampai kapan ia akan pergi meninggalkan kolom otakku, matikah yang ia tunggu? Tak tau juga tepatnya seperti apa. Memang rumah itu berada jauh disana, jauh diseberang, sebelah perbatasan provinsi sana. Rumahnya udah pindah, kayaknya sich kontraknya habis. hehehe……

Berharap rumah itu akan kembali lagi atau aku yang harus menghampiri. Rumah itu, bagaimana kondisi sekarang ini? Masihkah engkau tetap indah seperti dulu? Saat aku pertama kali melihat indahnya senyummu. Semoga saja majikanmu merawatmu, satpammu selalu menjagamu, dan herdermu selalu melindungimu dari maling-maling penipu. (Udah maling, penipu lagi….Parah……)……… Read More…

PeNus : Perjalanan Nusantara

blog competition 2012 PeNus : Perjalanan NusantaraBlog Competition Beswan Djarum 2012 sudah selesai, tinggal menunggu pengumuman aja nich. Setelah beberapa hari kemarin banyak yang posting Perjalanan Nusantaranya, hari ini yang posting sudah mulai sepi kembali.. Semoga semakin banyak yang aktif nge-Blog. Tidak hanya ada pas kompetisi aja, tapi bisa tiap hari posting. Entah mau cerita lagi apa, makan apa, dimana, sama siapa, bahkan cerita udah kentut berapa kali juga nggak masalah. (efek baca postingan Kentut itu = Sehat). Tulisan mau acak-acakan kek, mau morat-marit, mau tumpang tindih, atau guling-guling juga boleh. (guling-guling kaya gimana ya….). Kata Bang Dod, “aku ingin orang lain melihat apa yang aku lihat”, singkatnya gitu. Mau lebih jelasnya buka Blog sang Master ini. Read More…

PeNus#3: “Kampung Idiot” dibalik Gagahnya Reog Ponorogo

Setelah dua Perjalanan Nusantara selesai, kali ini aku akan menceritakan perjalananku yang kulakukan beberapa bulan yang lalu. Niat awal sebenarnya hanya ingin mengunjungi saudara-saudaraku yang bisa dibilang kurang beruntung karena sudah lama tak pernah berkunjung kesana. Mereka tinggal di Dukuh Sidowayah yang masuk kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo.Tempat yang cukup jauh dari tempatku, setidaknya membutuhkan waktu 2-3 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Sebagian besar penduduknya mengalami keterbelakangan mental, kalau bahasa kerennya itu Down Syndrome atau biasa disebut “Idiot”. Meski begitu kami tetap satu saudara keturunan nabi Adam bukan? So, sudah selayaknya kita turut memperhatikan mereka bukan justru mengucilkannya. Read More…

PeNus#2: Asyiknya “Earth Dance” di Tanah Pudak

Tahun baru 2012……

Ya… Akhirnya aku masih diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menghirup udara segar di 1 Januari 2012 ini dan semoga masih selalu diberi kesempatan untuk bisa terus mengucap syukur ditahun-tahun berikutnya. Amin.

Jadi gini (bicara ala Pandu), tahun baru ini aku punya agenda sama teman-teman seperjuangan semasa putih abu-abu dulu untuk plesiran ke Kecamatan Pudak. Letak kecamatan Pudak ini berada 37 km arah timur dari Kota Ponorogo (cukup jauh ya dari pusat Kota Ponorogo). Sebagai salah satu kecamatan yang letaknyadi ujung paling timur Kota Ponorogo, Kecamatan Pudak berbatasan langsung dengan Kabupaten Nganjuk dan Trenggalek. Dulunya sich Kecamatan Pudak ini masuk wilayah Kecamatan Sooko (tempat tinggalku), tapi berhubung wilayahnya yang luas sehingga dilakukan pemekaran wilayah dan jadilah Kecamatan Pudak. Read More…

PeNus#1: Telaga Ngebel, Wisata Alami yang Penuh Misteri

Ngebel%2520Lake%2520Ponorogo%2520Wisata%2520Danau%25201 PeNus#1: Telaga Ngebel, Wisata Alami yang Penuh MisteriLama sudah nggak posting, ya maklumlah habis mudik dan jaringan internet belum masuk kampungku. Mau pake modem juga nggak bisa (sinyalnya terhalang sama gunung kali ya). Rumahku kan letaknya dilereng gunung gitu. Jadi baru sempat posting sekarang ini sebelum kembali disibukkan dengan tugas kuliah yang makin berat. Hehehe…

Oke, Langsung aja ya.

Lagi dan lagi, sebuah kesendirian tak akan menghalangiku untuk terus menyusuri setiap ujung wilayah nusantara ini. Meskipun sekarang ini baru bisa menyusuri wilayah Kota Ponorogo saja dan itupun belum semuanya tapi mudah-mudahan suatu saat nanti aku bisa keliling Indonesia untuk mengunjungi saudara-saudaraku nan jauh disana. Seorang dosen pernah bilang “Kunjungilah saudaramu yang jauh supaya mereka tidak minta merdeka”, ini selalu aku ingat dan sebagai dasar setiap perjalananku. Entah sekedar untuk berkunjung maupun berbagi. Read More…

Mitos: Legenda Golan Mirah

Ponorogo, merupakan kota yang masih syarat dengan hal-hal yang berbau mistis. Banyak hal-hal yang sulit dilogika dan itu masih dipercaya oleh masyarakat. Salah satu mitos yang ada adalah tentang desa Golan dan Desa Mirah di Kecamatan Sukorejo. Mitos itu terus berkembang dalam masyarakat sejak dahulu hingga sekarang. Diantara mitos tersebut adalah air dari desa Golan tidak mau bercampur dengan air dari Desa Mirah, orang akan mengalami kebingungan ketika membawa benda atau barang dari Golan ke Mirah dan sebaliknya. Adalagi orang Mirah tidak diperkenankan menanam kedelai, orang Golan dan Mirah jika bertemu ditempat orang hajatan dimana saja akan mengalami gangguan, tidak akan terjadi perkawinan antara orang Golan dan Mirah.

Itulah beberapa mitos yang berkembang dimasyarakat. Berkembangnya mitos tersebut tidak lepas dari cerita turun menurun yang diwariskan leluhur. Cerita tersebut terus berkembang dimasyarakat hingga sekarang. Berikut sedikit cerita Golan Mirah Read More…

Nilai-Nilai Luhur Dalam Reog

Reog Ponorogo Nilai Nilai Luhur Dalam ReogTentunya sudah banyak yang mengetahui tentang kesenian khas Ponorogo yaitu Reog Ponorogo. Tapi apakah ada yang tahu bahwa dibalik gemerlapnya Reog Ponorogo ini ternyata terkandung nilai-nilai luhur yang patut untuk di teladani? Setiap unsur dalam kesenian ini ternyata mengandung nilai dan makna masing-masing. Dari beberapa sumber yang aku baca, Reog dulunya juga sebagai media dakwah ajaran Islam di daerah Ponorogo. Terlepas dari salah dan benarnya sumber tersebut tapi nilai-nilai yang terkandung memang menunjukkan sifat-sifat manusia dan perjalanan hidup manusia di dunia. Tidak ada salahnya jika kita mempelajarinya sebagai bekal hidup kita di dunia. Berikut nilai-nilai yang tersembunyi dalam kesenian Reog Ponorogo: Read More…

Sejarah Reog Ponorogo

reogponorogo kids papertoy Sejarah Reog PonorogoPada dasarnya ada lima versi cerita populer yang berkembang di masyarakat tentang asal-usul Reog salah satu yang terkenal adalah cerita seorang puteri yang cantik jelita bernama Dewi Sanggalangit puteri raja yang terkenal di Kediri. Karena wajahnya yang cantik jelita dan sikapnya yang lemah lembut banyak para pangeran dan raja-raja yang ingin meminangnya untuk dijadikan sebagai istri. Namun sayang Dewi Sanggalangit belum berhasrat untuk berumah tangga. Sehingga membuat pusing kedua orang tuanya. Padahal kedua orang tuanya sudah sangat mendambakan hadirnya seorang cucu. Kemudian Dewi Sanggalangit menyetujui permintaan kedua orang tuanya dengan syarat kalau calon suaminya tersebut harus bisa memenuhi keinginannya. Tetapi dewi sanggalangit belum tahu keinginannya apa sehingga ia memutuskan untuk bersemedi meminta petunjuk. Read More…

Asal Usul Ponorogo

01 selamat datang ponorogo Asal Usul PonorogoPONOROGO………
Begitulah orang menyebut Kota dengan kesenian khasnya yaitu Reog. Tapi banyak juga yang saat mendengar kata Ponorogo belum mengetahuinya. Dimana itu? daerah mana? Beberapa pertanyaan yang biasanya muncul dari beberapa teman yang aku jumpai. Ponorogo memang memiliki sejarah yang cukup panjang dan mungkin jarang yang mengetahuinya, bahkan orang Ponorogo sendiri belum tentu tahu sejarah Kota Reog ini.

Sudah saatnya kita mengenal dan mengenalkan kepada orang lain tentang sejarah kota Ponorogo ini. Dengan mengenal lebih dalam tentang Ponorogo, diharapkan bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap Ponorogo. Selain itu dengan belajar tentang sejarah Ponorogo bisa menghargai dan mentauladani perjuangan-perjuangan pendiri Ponorogo. Read More…

Cara Nakal Naik Kereta

penataran Cara Nakal Naik KeretaPernah nggak ngarasain naik Kereta Api. Pernah nggak pas ngantri tiket kereta yang panjangnya ngalah-ngalahin ular tapi tiba giliran kamu tiketnya abis. Kesel banget kan tuch rasanya. Saya akan berbagi cerita saat saya kehabisan tiket dan pengalaman naik kereta.

Tapi untuk kali ini, aku akan berbagi pengalamanku naik kereta. Ini kejadian baru tadi sich pas aku mau balik ke Malang naik kereta Penataran dari stasiun Wonokromo Surabaya. Meskipun sudah beberapa kali naik kereta Surabaya – Malang dan sebaliknya dan cukup sering kehabisan tiket pas hari sabtu jadi muncul berbagai pikiran nakal dalam kolom otakku. Aku akan menceritakan dari pengalaman yang dulu dan terbaru tadi sore. Oke, langsung aja ya. Read More…