Kolom Otak Andrey

Sepintas Terlihat Jelas – Beswan Djarum 27

leader vs manajemen Leadership Development: Pemimpin Vs ManagerSesungguhnya setiap manusia dilahirkan menjadi pemimpin, karenakita telah menjadi pemenang diantara 200 juta sel sperma dan setiap manusia akan diminta pertanggungjawabannya atas apa yang dipimpinnya. Rosulullah saw pernah bertutur bahwa “setiap orang adalah pemimpin dan kelak akan dimintakan pertanggung jawabannya berkaitan dengan kepemimpinannya”. Dalam memimpin kitapun juga harus tahu teori memimpin. Sebelum kita memipin orang lain alangkah baiknya jika kita mampu memipin diri kita sendiri. Dalam hal ini Kolom Otak tidak akan berbicara banyak tentang teori kepemimpinan karena semua itu bisa ditanyakan kepada Mbah Google yang lebih paham soal teori tersebut. Kolom Otak akan bebagi hal dan pengalaman yang didapatkan pada acara Leadership Development Djarum Beasiswa Plus yang berlangsung di Hotel Grand Aston Yogyakarta bersama dengan Motivator James Gwee.

James Gwee seorang motivator asal Singapura yang sudah lama berada di Indonesia dan spesialisasinya terletak di bidang Penjualan, Motivasi, Service Excellence, Leadership, Manajerial Keterampilan, Team Building dan Pengembangan Pribadi. James Gwee seorang motivator yang energik seperti tidak pernah kehabisan tenaga saat menyampaikan materi. Selebihnya tentang James Gwee bisa dicari sendiri ya…hehehe…

 Leadership Development: Pemimpin Vs Manager

Kadang kita masih bingung, dimana letaknya Pemimpin dan dimana Manager. James Gwee memberikan contoh dengan tindakan seorang manager dalam sebuah perusahaan. Contohnya begini, Manager menginginkan karyawannya untuk lembur pada hari minggu karena ada project yang harus diselesaikan. Itu disampaikan Manager pada saat rapat bersama. Salah satu karyawan, misal namanya Tedy bertanya kepada Manager apakah nanti karyawan akan dapat uang lembur. Manager menjawab tidak. Karyawan lain bertanya, Apakah dapat makan dan berbagai pertanyaan lain tapi manager menjawab tidak. Selesai rapat para karyawan pada ngedumel karena waktunya libur suruh masuk dan itupun tidak mendapatkan apa-apa. Ada yang bertanya, “Minggu ntar kamu masuk nggak”. salah satu karyawan menjawab “kalau aku sich terserah Tedy aja, kalau dia masuk aku juga masuk.” Karyawan tadi menjawab ” Kalau gtu aku tanyakan Tedy ya”.

Karyawan tersebut kemudian menemui Tedy dan bertanya “Ted,minggu ntar kamu masuk nggak”. Tedy menjawab “Kayaknya aku nggak masuk soalnya mertuaku kesini”. Setelah mendapat jawaban dari Tedy, karyawan tadi menyampaikan kepada temannya bahwa Tedy tidak masuk dan temannya tadipun juga ikut nggak masuk. Karyawan tadi kemudian tanya pada karyawan yang lain, “Minggu ntar kamu masuk nggak”. Karyawan itu menjawab “Kalau aku sich terserah Tedy”. Karyawan yang bertanya ganti menjawab “Tadi aku sudah tanya Tedy, katanya dia nggak masuk”. Karyawan tadi bertanya kepada karyawan lain dan jawabannya selalu sama, “Aku sich apa kata Tedy”. Dari sini bisa kita lihat dimana letak seorang Pemimpin dan Manager.

manager vs leader Leadership Development: Pemimpin Vs Manager

A Leader is someone who inspires and energizes the team to perform better. Leader provide inspiration, vision, and direction.

Kita seringkali menghadapi masalah dan tidak jarang pula kita bingung dibuatnya. Bahkan sering pula kita frustasi memikirkannya. Anak muda sekarang menyebutnya Galau. Sebenarnya semua permasalahan yang kita hadapi pasti ada jalan keluarnya dan sebenarnya kita sendiri itu tahu jalan keluarnya hanya keberanian untuk mengambil sikap yang belum ada. Keyakinan dalam diri yang masih kurang. Saat ada masalah yang harus kita lakukan adalah memikirkan caranya (How) memecahkan masalah tersebut atau mencari tahu caranya (Who). Artinya, kita bisa memikirkan sendiri caranya tetapi kita juga bisa bertanya pada orang lain. Bisa saja orang lain tahu cara mengatasi masalah yang kita hadapi.

Lagi-agi, hal yang disinggung dalam materi ini adalah tentang Vision. Betapa pentingnya sebuah Vision bagi seorang pemimpin. Vision adalah target yang akan dicapai oeh seorang pemimpin dan pemimpin tidak pernah capek target artinya, pemipin selalu melampaui rata-rata dari apa yang ditargetkan. Sebagai pemimpin, tentu punya ide dan gagasan yang mana ingin dicapai. Ide bukan untuk dikonsumsi pribadi tetapi untuk dikomunikasikan dengan orang lain karena itu merupakan salah satu jalan menuju sukses. Dengan mengkominikasikan dengan orang lain maka orang ain tahu apa yang kita inginkan dan bukanlah hal yang tidak mungkin kita akan mendapat dukungan dari orang lain itu. Selain mempunyai Visi maka seorang pemimpin juga harus pandai Berkomusikasi.

Vision = When you close your eyes you see in your mind what you want

Sesi ini ditutup dengan bernyanyi bersama dan mengabadikan moment yang mungkin yang tidak akan terulang lagi. Semoga motivasi ini bisa tetap ada dalam diri kami. Amin.

 Leadership Development: Pemimpin Vs Manager
Bernyanyi bersama James Gwee

 Leadership Development: Pemimpin Vs ManagerFoto Bersama James Gwee

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Leadership Development: Pemimpin Vs Manager”

  1. ADMIN says:

    “If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader.” ~ John Quincy Adams

  2. Andrey says:

    Memang bener-bener super ya Adminnya..hehehe….

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is 8 multiplied by 7?