Archive for October 17th, 2009

KCB : Rahasia Meningkatkan Daya Saing Indonesia di Perekonomian Dunia

menyatukan berbagai kepentingan...

menyatukan berbagai kepentingan...

Bicara tentang pembangunan di negeri Indonesia kita tercinta ini, ga bisa lepas dari istilah : “Pertumbuhan Ekonomi”. Selama ini pembangunan di Indonesia memakai istilah terminologi itu, yang bisa mendatangkan kesalahan cukup fatal. Ya,pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi yang selama ini terus didengungkan dalam pembangunan, sebenernya adalah pertumbuhan produksi, sedangkan perekonomian itu sendiri pada hakikatnya tidak berkembang. Nah, dengan memakai makna keharusan pertumbuhan produksi inilah yang menyebabkan sumber daya alam yang ada diatas bumi Indonesia dikuras habis-habisan.

Padahal jumlahnya kan terbatas…

…klik disini untuk lanjut..

6 Comments

Seandainya Indonesia dijajah Belanda Lagi…

Kuliah Manajemen Konstruksi hari itu cukup seru. Dosenku ngasih bahasan tentang trik-trik licik yang dilakukan di dunia konstruksi (baca: konsultan proyek dan kontraktornya…)

bangunan air

bangunan air

“Jadi, angka keamanan harus ditambah cukup banyak karena nantinya apa yang dikerjakan kontraktor tidak akan sama dengan spesifikasi teknis yang diberikan oleh konsultan…,akan ada pengurangan volume disana-sini…”

Cukup mencengangkan ternyata. Aku jadi kepikiran… Moral menjadi modal utama dalam memasuki dunia itu. Godaannya banyak banget, kontraktor tidak akan untung kalo ga mengambil “bagian” dari bahan dan konstruksinya…


Hmmm, mungkin ini juga yang menyebabkan dunia per-konstruksian di negara kita jadi mengkhawatirkan. Dedikasi para pembangun fisik negeri ini ternyata diracuni oleh moral bangsa yang masih lemah. Idealisme terhadap MUTU bangunan masih relatif kecil, dan mereka cukup permisif terhadap kecilnya faktor keamanan akibat korupsi bahan-bahan konstruksi yang digunakan…

…klik disini untuk lanjut…

, , ,

4 Comments

Perumahan Makin Marak, Banjir pun menemukan “Markas Baru”-nya

Sebagai kota yang sejuk, nyaman dan gak terlalu bising, Malang memang pas banget dijadiin tempat tinggal. Saran pendidikan memadai, hiburan dan wisata juga cukup oke. Jadi nggak heran kalo banyak banget masyarakat pendatang yang akhirnya menetap di Malang (termasuk aku,,hehehe…), dan hal ini bikin usaha properti makin marak.

banjir lagi...

banjir lagi...

Maraknya perumahan baru di Kota Malang itu saat ini dinilai menjadi penyebab munculnya lokasi-lokasi banjir baru di Kota Malang. Setelah diteliti lagi, ternyata itu terjadi karena nggak ada outlet atau saluran keluar air dari sistem drainase di sana. Beberapa lokasi banjir baru itu antara lain di simpang LA Sucipto, daerah Bunulrejo, dan sebagainya. Rata-rata di lokasi tersebut marak sedang dikembangkan perumahan-perumahan baru di Kota Malang.

Memang sih, kebutuhan perumahan baru ini akan selalu ada. Sementara, biasanya perumahan-perumahan itu bergantung pada saluran drainase utama yang udah pernah ada.

Logikanya nih :

kalau dengan curah hujan yang sama tetapi beban saluran drainase bertambah, maka air akan meluber dan terjadilah genangan atau banjir.

…lanjut deh..

2 Comments

Tanam Pohon, Bersahabat dengan Alam

Percaya deh…, bencana yang terjadi di negara kita ini sebagian besar adalah kesalahan dari masyarakat sendiri. Penebangan hutan dimana-mana, banjir dan kekeringan, sebenarnya bukan bencana, karena ada usaha preventif yang bisa dilakukan oleh manusia (baca : KITA).

Beda lagi kalo bencana itu adalah gempa dan sejenisnya, karena berkaitan dengan pergerakan lempengan bumi dan kita mungkin ga bisa berbuat apa-apa untuk mencegah gempa terjadi. Untuk itu kita hanya bisa mempersiapkan diri dalam menghadapinya.

Salah satu usaha yang kita lakukan untuk bersahabat dengan alam adalah dengan tanam pohon. Simpel banget ya? Iya, emang simpel kok. Tapi satu hal sederhana yang dilakukan oleh banyak orang tuh nantinya akan memberikan efek luar biasa untuk dunia, asal kita konsisten aja. Bener ga?

adem banget....

adem banget....

Nah, ini ku kasih 30 alasan dari berbagai sumber yang bisa jadi pertimbangan (dan motivasi, hehe…) untuk menanam pohon sebanyak-banyaknya, dan rasakan kedahsyatannya, heheu..

…lanjut…

, , , ,

4 Comments

Dugem di Malang : Benarkah Sekedar Hiburan?

Artikel ini ku buat 2,5 tahun lalu semasa masih menjadi wartawan di sebuah LPM di kampusku. Bahasan yang diangkat adalah seputar DUGEM di Malang, tapi kok kebetulan nih yang kutemui tuh orang-orang dari sisi negatifnya… jadi jangan protes ma hasilnya ya, ini hasil wawancara asli sih, tanpa rekayasa. Kalo ada yang ga bener, anggaplah si narasumber yang salah, hehe… Secara aku kan ga pernah dugem-dugeman gitu,jadi kutulis apa adanya deh…. ^^

suasana Hugos

suasana Hugo's

Istilah “dugem” sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dunia malam yang menjanjikan hiburan, pelepas stress, bahkan ajang gaul yang selalu dikaitkan dengan alkohol, drugs dan free sex. Dari definisinya, telah jelas bahwa dugem memiliki segi negatif yang lebih banyak dibandingkan segi positifnya. Kacamata umum memandang segi positif dari dugem adalah nol, alias tidak ada sama sekali.

…klik disini untuk lanjut..

3 Comments