Tidak Jelas

Perjalanan panjang seorang pujangga bayangan dalam mencari jalan keabadiaan nyata. Dia terseok-seok dalam menapaki kehidupan yang murka ini. Langkah demi langkah ditorehkannya di jalanan beraspal yang sangat panas. Tak sehelaipun pelindung yang melekat di telapak kakinya yang kusam. Balutan kain pemberian orang hanya dapat menutupi sebagian anggota tubuh yang ada. Demi bertahan hidup dia rela mengais makanan-makanan sisa di tempat yang tak layak buat sebagian orang. Tak ada rasa malu untuknya, semua hanya satu keinginan agar dapat bertahan dalam kondisi negara yang memprihatinkan bagi kaumnya.

Apa yang dipikirkan orang tentu berbeda dengan apa yang ada dipemikiran dia. Dia yang mungkin hanya sebatangkara di bumi ini masih bisa berderma dalam kesusahan menjalani kehidupan ini. Tangan kasar tak terawat namun dari situlah lahir jiwa yang iklas tanpa sedikit keinginan untuk berharap. Putaran roda kehidupan memang tak dapat direncana, semua kehendak-Nya tentu dapat saja terjadi tanpa berusan dengan prosedur-birokrasi yang dibuat manusia.

Hidup ini dijalaninya dengan ikhlas dan senyuman tanpa beban. Sering ketika berjalan disapanya orang tak waras, tak berpendidikan dengan gaya berpakaian yang dipakianya. Secara harafiah mungkin benar yang dikatakan orang-orang tadi, namun betapa bodohnya orang-orang yang tidak bisa melihat kejujuran dibalik balutan baju yang kotor dan bau.

Tahta, jabatan, pangkat, tiada berguna jika tatkala semua hanya untuk kekuasaan dan menginginkan strata yang tinggi di lingkungannya. Sungguh miris pujangga melihat ini semua, saat semua membutuhkan kehadiran sosok yang berhati mulia dan berjiwa sosial, keinginan semua menghalanginya. Tembok besar dengan berjuta butiran pasir dan semen memblokir segala bentuk angin yang ingin merobohkannya.

Tiada berguna jika hanya beberapa orang yang menganggap dia gila, adalah dia yang tidak bisa melihat kesungguhan dibalik pesona harum lembaran baju yang tiada pernah tersentu air. Ketika semuanya sadar dan memang benar menyadarinya, beberapa mungkin akan berfikir dan merasakan penyesalan atas apa yang pernah dilakukan kala itu. Tergambar beberapa bayang-bayang yang selalu menghantui setiap saat, hm…sungguh menyakitkan. Ini adalah sebuah kisah dengan alur yang tidak jelas, tidak jelas tokoh dan tidak jelas karakter serta lebih tidak jelas lagi orang yang menulisnya, karena ini adalah sebuah permainan kata dalam kalimat saja.

About arief eka setiawan

Arief Eka Setiawan, anak pertama dari dua bersaudara. Lahir dari keluarga sederhana dengan latar belakang militer, TNI-AD. Menempuh pendidikan dari SD hingga Sarjana di Salatiga, Jawa Tengah. Lulus dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga pada tahun 2011. Memulai karir di PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Papua pada 2 Januari 2012. Tugas pertama dipercayakan sebagai Pelaksana Administrasi Samsat Kaimana dari Januari 2012 sampai Februari 2013. Menginjak bulan Maret 2013 dipindah ke Kantor Cabang di Jayapura sebagai Pelaksana Samsat Mobil hingga bulan Januari 2014 dan sekarang dipercayakan menjabat Pelaksana Administrasi Iuran Wajib.
This entry was posted in aktivitas kampus and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Tidak Jelas

  1. suhandi says:

    salam beswan!!!
    bagus tulisannya, berbakat buat cerpen jg nih,,

  2. uji says:

    asik nemu lagi nih beswan yang suka nulis model gini..
    ditunggu loh postingan berikutnya :)

  3. Denuz Heruwanda says:

    gak jelas, gak ngeh aku…
    maklum, agak telmi sih

  4. arief eka setiawan says:

    emang aku sendiri juga sedang mengalami kondisi yang tidak jelas kala melihat situasi di sekitarku,

  5. arief eka setiawan says:

    sebenarnya ini ku juga bingung kenapa bisa keluar kata-kata hingga menjadi kalimat dan berjudul tidak jelas….huft..

  6. arief eka setiawan says:

    oh gitu ya mas,, tapi kok sayang belum minat untuk nulis cerpen….ahhahahaha

  7. misbahulihsan says:

    wuich postingannya tentang kehidupan semua nich.. Mantaff..

    Kunjungi juga :

    PETA ZONASI INDONESIA 2010

    Update Status Facebook dengan Emoticon

    SMADAV 8.2 PRO

    Video Beswan Djarum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

what is 2 in addition to 2?