Welcome Party 2010 UKSW Salatiga

Orientasi Mahasiswa Baru merupakan istilah yang digunakan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) ketika melakukan pengenalan kampus kepada mahasiswa baru. Pada awalnya istilah ini baru digunakan di tahun 2010, pasalnya saat penulis masuk di tahun 2007 istilah yang digunakan saat itu adalah PPMB (Program Penerimaan Mahasiswa Baru). Sebelumnya telah terjadi pergantian pimpinan universitas di tahun 2009 yang mungkin bisa dijadikan acuan mengapa istilah yang dulu PPMB berubah menjadi OMB. Kali ini penulis tidak mempersoalkan mengenai perubahan istilah ini, namun penulis lebih menceritakan tentang Welcome Party yang ada di runtutan acara OMB tahun 2010.

Welcome Party merupakan acara inagurasi yang menghadirkan pentas musik band dengan bintang tamu artis Indonesia disertai artis lokal yang dimaksudkan untuk memberikan sambutan selamat datang bagi mahasiswa baru di kampus hijau, Universitas Kristen Satya Wacana. Penulis memang tidak mengetahui secara pasti definisi yang diusung universitas terkait Welcome Party, namun berdasar pengamatan penulis dalam kurun waktu 3 tahun terakhir adalah yang tertulis di atas. Acara ini memang dikhususkan untuk mahasiswa baru UKSW, meskipun dikhususkan untuk mahasiswa baru terkadang mahasiswa lama bahkan non mahasiswa UKSW juga bisa menyaksikannya.

Welcome Party dilaksanakan pada Jumat, 24 September 2010, secara umum penempatan tanggal ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Keputusan ini diambil karena saat OMB 2010 berlangsung jatuh di minggu-minggu terakhir bulan puasa yang lalu sehingga menjadikan Welcome Party ditunda dan dilaksanakan beberapa minggu setelah libur lebaran. Runtutan acara OMB menghadirkan suguhan menarik khususnya bagi mahasiswa baru yang akan menempuh kehidupan bermahasiswanya di kampus hijau. Ini adalah tahun kedua dimana runtutan acara orientasi mahasiswa selain menyuguhkan Welcome Party juga menghadirkan Carnival on The Street. Carnival on The Street adalah acara dimana pesertanya adalah seluruh mahasiswa baru yang mengenakan kostum khas dari hasil daur olang atau campuran pernak pernik yang dapat dijadikan sebagai kostum yang apik dan boleh di bilang secara konsep seperti pagelaran Solo Batik Carnival.

Kembali lagi ke Welcome Party
Selang beberapa hari sebelum acara dimulai banyak dijumpai selebaran, spanduk, baliho yang sponsori L.A Light Djarum yang memberikan gambaran tentang Welcome Party di UKSW. Grup Band KOTAK menjadi Guest Star di acara ini, sehari sebelumnya KOTAK juga mengisi di kampus UNIKA Semarang. Pagelaran seperti ini kerap kali dijadikan alternatif mahasiswa untuk melepas penat didalam bermahasiswa. Acara ini tidak hanya melulu pentas musik namun juga pengundian hadiah bagi mahasiswa baru yang beruntung. Ini adalah daya tarik tersendiri bagi mahasiswa baru apalagi hadiah utamanya adalah laptop.

Singkat cerita sebelum KOTAK tampil untuk menghibur, mahasiswa disambut dengan band lokal yang cukup melejit namanya, NASA Band. Beberapa hit single dari band-band papan atas dinyanyikan dengan asyiknya. Meski pada Jumat malam Salatiga diguyur hujan tidak membuat animo mahasiswa untuk enggan datang menyemarakkan Welcome Party 2010. Kondisi lapangan kampus yang becek dan seperti sawah tak menyurutkan mahasiswa untuk bergoyang, meloncat serta menyanyi bersama dengan alunan musik yang indah.

Ketika penulis berada di belakang panggung dan mendengar bahwa KOTAK akan segera tampil maka lansung saja menunjukkan ID card dan bisa masuk ke barisan depan panggung. Dengan tempat yang leluasa penulis bisa mengabadikan beberapa gambar hasil jepretan kamera saku. Ketika itu penulis tidak sendiri namun didampingi sang pacar yang juga sedang belajar fotografi dengan kamera DSLRnya.

Penulis ikut serta dalam beberapa fotografi di barisan terdepan, merasa kalah dalam kemampuan kamera penulis tak enggan untuk mundur dari barisan terdepan. Penulis memanfaatkan situasi ini untuk merekam setiap lantunan lagu yang dibawakan oleh KOTAK. Penulis juga beberapa kali melakukan jepretan amatir untuk mengambil beberapa close up wajah Tantri (vocalis), Cela (gitar) dan tentu saja Cua (Basis) yang menurutku sangat manis. Sayangnya drumer KOTAK tidak berhasil penulis abadikan dalam gambar tak bergerak.

Lantunan beberapa lagu membuat kami merasa tidak menyadari bahwa jam sudah menunjukkan pukul 23.00 WIB, selang beberapa kemudian setelah KOTAK melantunkan Lagu andalan “Beraksi” maka selesai sudah Welcome Party UKSW 2010. Meski sandal yang dipakai penulis rusak dan putus pengaitnya karena terendam lumpur akibat hujan deras tidak membuat kecewa karena penampilan KOTAK yang sangat memukau. Tanpa dikomando oleh siapapun seluruh mahasiswa dan penonton yang menyaksikan Welcome Party dengan sendirinya meninggalkan lapangan yang berlumpur. Dengan ini maka runtutan acara OMB akan diakhiri setelah Carnival on The Street di Sabtu paginya.

aksi-aksi personil KOTAK saat pentas di UKSW
dscn1022

dscn09923

dscn1014

dscn0978

dscn1025

dscn1018

About arief eka setiawan

Arief Eka Setiawan, anak pertama dari dua bersaudara. Lahir dari keluarga sederhana dengan latar belakang militer, TNI-AD. Menempuh pendidikan dari SD hingga Sarjana di Salatiga, Jawa Tengah. Lulus dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga pada tahun 2011. Memulai karir di PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Papua pada 2 Januari 2012. Tugas pertama dipercayakan sebagai Pelaksana Administrasi Samsat Kaimana dari Januari 2012 sampai Februari 2013. Menginjak bulan Maret 2013 dipindah ke Kantor Cabang di Jayapura sebagai Pelaksana Samsat Mobil hingga bulan Januari 2014 dan sekarang dipercayakan menjabat Pelaksana Administrasi Iuran Wajib.
This entry was posted in aktivitas kampus and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Welcome Party 2010 UKSW Salatiga

  1. suhandi says:

    keren bintang tamu welcoming party nya.. meraih bgt.

    salam beswan!!

  2. misbahulihsan says:

    Wah seru tuch, kemaren KOTAK juga habis dari Kudus.. :-)

  3. arief eka setiawan says:

    oh iya ? kapan boy ?hm…mantab yak…tapi sayang aku gak bisa foto bareng mereka…

  4. dik munt jibril says:

    wlopun becek tpi ttep seru……..

  5. arief eka setiawan says:

    iya…betul….tetap semangat meski becek yak
    nonton juga ? fak apa ?

  6. Angelina Damayanti says:

    keyen KOTAK kemaren….
    sangat berkesan walaupun hujan2 + becek2 tapi seru….

  7. arief eka setiawan says:

    iya…….kira-kira Welcome Party berikutnya siapa yang akan jadi Guest Star…?

  8. PEMBICARA internetmarketing says:

    WORKSHOP Internet Marketing
    ZERO BUDGET to UNLIMITED MARKET
    Anda akan belajar (Open No LIMIT | Except AURAT) :
     Memanfaatkan Fasilitas GRATIS di Internet
     Jangan Hanya No. 1 di GOOGLE tapi di SEMUA Halaman GOOGLE
     Melakukan Riset Yang SEGMENTED dan TARGETED
    Sehingga Lebih EFEKTIF dan EFISIEN
     Bagaimana Kita Memilih DISPLAY, BROSUR, IKLAN.
    Dan jangan memBRANDING yang hanya banyak mengeluarkan UANG
     Membuat WARUNG ONLINE Serba GRATISAN dari si RAJA GRATISAN
     Berbagi Ilmunya Mudah Sekali
     Cocok untuk siapa saja yang Ingin Mendapat Hasil Jutaan Melalui Internet
     Sudah Banyak Buktinya
    Oleh :
    Ir. Agus Setiyawan, MM, Chem.Eng
    (Bukan MOTIVATOR – bukan INSPIRATOR – tapi benar benar REALITOR)
    Mulai untuk Beginner – Intermediate – Expert Internet Marketer
    Seorang Pembicara yang juga Pelaku dan Pengamat Internet Marketing (4 tahun)

    Fasilitas :
     CD Materi
     Makan Siang dan Snack
     Sertifikat
     Wi fi
     GRATIS Konsultasi Pasca Pelatihan
    Hari, Tgl : Sabtu-Minggu, 23-24 April 2011
    Tempat : PadangPlusResto, Jl. Depok Semarang
    Pukul : 09.00-17.00
    Investasi :
    Rp. 750.000 (early bird s/d tgl 10 April 2011)
    Rp. 850.000 ( Normal )
    Pendaftaran hubungi :
    Plaza Office (024) 8456618, 085 741 222 873
    Pembayaran via transfer
    Bank MANDIRI :
    FORI SUWARGONO 136 000 973 9407

  9. Pembicara Interenet Marketing says:

    Buat teman teman mahasiswa silahkan ikutin jadwal seminar dan workshop dosen jualan di daerah terdekat dg Anda untuk yg ingin belajar internet marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

what is 2 plus 9?