Keselamatan Berlalu Lintas adalah Tanggung Jawab Kita Bersama

Dalam mengemban tugas sebagai ujung tombak perusahaan yang berada di Kantor Samsat maka pelaksanaan tugas harus menjadi prioritas utama. Peningkatan pemahaman masyarakat perlu ditingkatkan tentang peran serta perusahaan sebagai pengemban amanat pemerintah untuk mengelola dana kecelakaan lalu lintas. Sebagai karyawan PT. Jasaraharja (Persero) yang berada di Kabupaten Kaimana, Papua Barat, saya memiliki tugas untuk memungut Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ), Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum (IWKBU), dan Iuran Wajib Kapal Laut (IWKL) serta memberikan pelayanan terhadap masyarakat dan korban kecelakaan lalu lintas.
Pemaparan tentang klaim kecelakaan Jasaraharja
Kami sadar akan hal kecelakaan lalu lintas yang kejadiaannya tidak bisa diduga-duga sebelumnya. Untuk itu perusahaan memiliki wewenang penuh untuk memungut dan mengelola premi asuransi dari kendaraan bermotor yang tercantum dalam UU No. 33 dan UU No. 34 Tahun 1964. Dari premi yang terkumpul inilah nantinya akan digunakan sebagai pembayaran klaim kecelakaan yang terjadi. Jika berbicara soal kecelakaan, “…siapa sih yang ingin mengalami kecelakaan dalam berkendara…?”, tentu tidak akan ada yang menghendakinya. Oleh karena itu petugas Jasaraharja Sub. Perwakilan Kaimana, Papua Barat bersama dengan Satlantas Polres Kaimana dan Dinas Perhubungan Kaimana melakukan pendekatan serta sosialisasi kepada para sopir angkutan umum yang beroperasi di wilayah Kab. Kaimana.

Pelaksanaan sosialisasi yang digagas oleh Satlantas Polres Kaimana ini berlangsung pada hari Rabu, 30 Mei 2012 di Terminal Kaimana. Pada kesempatan kali ini Satlantas Kaimana memaparkan tentang pentingnya kesadaran sopir dalam berkendara demi keselamatan penumpang dan keselamatan bersama pengguna jalan lainnya. Tentunya kepolisian tak lupa untuk mengingatkan agar para pemilik angkutan umum tepat waktu dalam membayar pajak kendaraannya. Bersamaan dengan kesempatan ini, Jasaraharja juga melakukan sosialisasi tentang premi IWKBU dan prosedur pengurusan santunan kecelakaan lalu lintas. Dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan masyarakat terutama para pelaku transportasi lebih bijak dalam berkendera di jalanan dan mengerti tentang peran serta perusahaan Asuransi Jasaraharja demi tercipta masyarakat yang sadar akan keselamatan berkendara.

About arief eka setiawan

Arief Eka Setiawan, anak pertama dari dua bersaudara. Lahir dari keluarga sederhana dengan latar belakang militer, TNI-AD. Menempuh pendidikan dari SD hingga Sarjana di Salatiga, Jawa Tengah. Lulus dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga pada tahun 2011. Memulai karir di PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Papua pada 2 Januari 2012. Tugas pertama dipercayakan sebagai Pelaksana Administrasi Samsat Kaimana dari Januari 2012 sampai Februari 2013. Menginjak bulan Maret 2013 dipindah ke Kantor Cabang di Jayapura sebagai Pelaksana Samsat Mobil hingga bulan Januari 2014 dan sekarang dipercayakan menjabat Pelaksana Administrasi Iuran Wajib.
This entry was posted in Asuransi Jasaraharja and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

What is the outer covering of a tree?