Langkah Pertama Berkarir di PT. Jasa Raharja (Persero)

DED_7608Hampir setahun lamanya saya tidak mencorat-coret blog ini. Meski tulisan saya tidak sempurna tapi namanya hobi ya harap dimaklumi saja. Pada kesempatan kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saat mengikuti pendidikan kilat (Diklat) yang diadakan oleh PT. Jasa Raharja (persero), sekitar bulan Februari hingga Maret tahun 2013 tepatnya di Jakarta dan Cimahi. Hal yang sangat menarik disini adalah pada awal Februari 2013 saya masih bertugas di Kaimana, Papua Barat dan tiba-tiba ada pemberitahuan untuk pelaksanaan Diklat dari perusahaan. Seiring dengan datangnya surat tersebut saya juga mendapat konfirmasi dari Cabang Papua, bahwa setelah pelaksanaan Diklat saya tidak kembali bertugas di Kaimana melainkan di kantor cabang. Tentu saya bingung namun senang mendengar berita ini, setelah usut punya usut ternyata saya ditarik kembali ke Kantor Cabang Papua. “Alhamdulillah“, gemim saya dalam hati.

Semi Militer
Di dalam jadwal pelaksanaan diklat berlangsung selama hampir 3 (tiga) minggu di 2 (dua) lokasi berbeda yaitu Jakarta dan Cimahi. Sesampai di bandara Soekarno Hatta, Indra sudah menunggu saya yang kebetulan dia bertugas di Merauke, Papua. Selanjutnya kami berangkat menuju hotel untuk pengarahan keesokan harinya di Kantor Pusat. Hari telah berganti, saya dan Indra segera menuju ke Kantor Pusat. Jaraknya tidak terlalu jauh sih dengan hotel kami menginap. Di daerah Kuningan, Jakarta Selatan adalah tempat yang akan kami tuju. Senyum ceria dan semangat saat memasuki halaman Kantor Pusat dengan sambutan hangat dari teman-teman satu angkatan. Suasana menjadi pecah dan ramai, maklum saja saat penerimaan menjadi pegawai kami memang telah bertemu pada awal tahun 2012 yang lalu.DED_7625

Setelah semua peserta diklat berkumpul maka segera dibuka oleh Bapak Ketut yang sekarang menjabat sebagai Kaur SDM di Kantor Pusat. Beberapa kata mengawali dalam sambutan kali ini serta menerangkan apa-apa saja yang nanti akan dilakukan selama 3 (tiga) minggu ke depan. Sekiranya cukup untuk pembahasan pelaksanaan diklat, di luar kantor sudah menunggu bus yang akan mengantar kami ke Cimahi, tepatnya ke BRIGIF 15 Kujang. Dalam pemaparan saat pembukaan, disini kami nanti akan dilatih kedisiplinan dan kecintaan serta loyalitas kepada perusahaan dengan konsep semi militer. “hm,…saya pernah mengalami aktivitas seperti ini saat dulu di Beswan Djarum”, gemim saya dalam hati.
Sekitar 2 jam lebih akhrinya kami tiba di lokasi. Ini adalah pertama kali saya menginjakkan kaki di Bandung dan di wilayah komplek militer BRIGIF 15 Kujang. Sungguh berbeda dengan kebanyakan komplek militer yang terkesan monoton dengan tata letaknya. Disini terlihat banyak masyarakat yang lalu lalang menghabiskan waktu untuk sekedar bersantai atau menikmati wahana yang ada. Betapa tidak di sini terdapat kolam pemancingan, kolam renang, lapangan bola yang luas disertai jogging track nya, terdapat juga lintasan balap disekitar lapangan bola yang bisa digunakan untuk balapan motor dan mobil.

IMG_1576Singkat cerita kami dipertemukan dengan beberapa pelatih yang notabene masih berstatus sebagai tentara di kesatuan BRIGIF 15 Kujang. Beberapa kata mengawali perjumpaan kami, kemudian kami diarahkan untuk menuju ke mess pria dan wanita yang dipisahkan tempatnya. Belum sempat melihat sekitar lokasi kami (pria) langsung dikumpulkan untuk melakukan persiapan pertama kali dengan dipangkas habis rambut kami alias gundul. Melihat teman-teman sedang asyik merapikan tas ranselnya saya berinisiatif untuk di pangkas pertama kali. Ini adalah kali kedua saya dipotong gundul sejak saat SMP dulu yang memang sepakat potong gundul satu kelas untuk yang teman-teman pria.

Cukup lama proses pangkas rambut ini, mengingat jumlah pria ada 25 orang dengan hanya 1 (satu) orang pemangkas rambut. Hampir mendekati waktu maghrib kami semua selesai dan diberikan waktu untuk pembersihan badan. Air disini sungguh terasa segar dan dingin, sebenarnya saya juga tinggal di Salatiga yang terbiasa dengan air dingin. Namun beberapa waktu terakhir saya tinggal di Kaimana, Papua Barat yang airnya sungguh berbeda karena dari camppuran air rawa dan laut. Seiring berjalannya waktu saya dan teman-teman mulai terbiasa dengan cuaca dan kondisi air disini yang sangat dingin. Selepas ibadah sholat maghrib kami dipertemukan di ruang pertemuan utama untuk diberikan pengarahan dan dimulainya pendidikan semi militer.

Fisik dan Mental
DED_8060Hampir 10 hari kami ditempa baik secara fisik dan mental di BRIGIF, kami dibangunkan jam 4 pagi dan melanjutkan aktivitas layaknya seorang tentara di barak militer. Mulai dari cara berjalan yang bersamaan membentuk barisan, senam dilanjutkan berlari di pagi dan siang hari dengan suara nyanyian penyemangat hingga tata cara makan dan pelaksanaan apel baik apel pagi maupun malam. Kami juga dilatih untuk membiasakan jadwal piket, baik di putra maupun putri kami melakukan piket jaga malam secara bergantian setiap jamnya. Rutinitas tersebut kami lakukan hari demi hari. Tak lupa kami juga dilatih menggunakan kompas dan melakukan kekuatan mental dengan menuruni tebing (halang rintang militer) dengan ketinggian lebih dari 20 meter. Acara caraka malam juga kami lakukan untuk melatih mental dan fisik kami di malam hari.

Beberapa kali ada beberapa teman-teman kami yang tumbang karena latihan ini. Beberapa ada yang sempat kesurupan karena situasi yang menekan mental dan fisik masing-masing dari kami. Dengan semangat jiwa korsa yang terbentuk diantara kami, semua persoalan dapat kami selesaikan bersama-sama tanpa memandang perbedaan jenis kelamin, suku dan warna kulit. Sempat salah seorang diantara kami melakukan kesalahan sehingga satu persatu dari kami dihukum untuk berendam di air bak mandi yang lumayan besar dan dingin terlebih itu dilakukan di dini hari yang bercampur dengan tiupan angin malam yang menusuk hingga tulang. Sungguh pengalaman yang luar biasa kami dapatkan disini.

IMG_1668Hari demi hari kami lewati bersama dan akhirnya kami sampai pada pentupan diklat yang berorientasi semi militer di BRIGIF. Acara perpisahan pada malam harinya sempat kami munculkan ide untuk sekedar makan bersama dengan pelatih. Malam perpisahan yang terasa sangat panjang dengan beragam acara untuk sekedar melepas penat dan saling meminta maaf serta dorongan semangat untuk terus maju ke depan. Keesokan harinya bus telah menunggu kami, setelah upacara dan apel penutupan selesai dilaksanakan, kami berfoto bersama sebelum kembali ke Jakarta untuk melaksanakan diklat selanjutnya.

Ujian dan Perpisahan
Di Jakarta kami menginap di LPPI di daerah Kemang, disini kami akan melakukan pendidikan secara teoritis dan tertulis terkait bidang usaha Jasa Raharja. Sebelum pelaksanaan ujian kami dibekali kekuatan mental melalui motivasi spiritual yang dibawakan oleh Bapak Komarudin Chalil. Selama satu hari penuh kami diajak untuk lebih mengenal diri sendiri dan membangkitkan semangat untuk terus berkarya di perusahaan. Melalui permainan kata dan gerak, renungan lewat video dan lantunan musik kami dibawa untuk membangkitkan kepeduliaan, rasa sayang, loyalitas, kejujuran, cinta kasih, kepercayaan diri dan semangat untuk terus maju.

DED_7946Setelah satu hari penuh dibekali semangat motivasi spiritual kami bersiap untuk menerima materi dan ujian keesokan harinya. Banyak materi yang harus kami pelajari, tidak lain semuanya berkaitan dengan perusahaan. Model ujian yang di konsep oleh perusahan adalah dengan melakukan pemahaman secara tutorial dan akan diujikan keesokan harinya sebelum menerima materi yang lain, begitu demikian hingga proses diklat selesai.
Materi-materi yang harus kami pelajari diantaranya, visi, misi dan budaya perusahaan, dasar-dasar asuransi, dasar-dasar manajemen keuangan, dasar-dasar pengawasan, dasar-dasar investasi, dasar-dasar manajemen akuntansi, struktur organisasi perusahaan, sistem informasi perusahaan, dasar-dasar manajemen sumber daya manusia, dasar-dasar majemen material, dan tak lupa kekuatan utama perusahaan yaitu UU No. 33 Tahun 1964 tentang dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang dan UU No. 34 Tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan.

Selain beberapa ujian ini, kami juga diberikan tugas oleh panitia untuk membuat paper kecil yang didalamnya terdapat gagasan baru atau inovasi bagi perusahaan demi pembangunan dan kemajuan perusahaan kedepan. Teknisnya kami dibentuk menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan tugas ini. Di akhir ujian tugas inilah yang akan dipresentasikan di hadapan beberapa petinggi perusahaan sesuai dengan bidang masing-masing. Informasi dari panitia hasil ujian akan diumumkan dikemudian hari melalui cabang masing-masing. Mendengar informasi tersebut secara spontan beberapa teman-teman mengajukan inisiatif untuk acara perpisahan sebelum kembali ke cabang masing-masing.

Akhirnya kami memutuskan untuk makan malam bersama di luar di sebuah mall di kawasan Kemang, Jakarta. Saling bercerita tentang pengalaman masing-masing selama menjalankan tugas perusahaan sampai berlanjut foto-foto bersama sebagai kenang-kenangan dari kami. Tak terasa jam sudah menunjukan pukul 00.00 WIB, kami segera bersalaman perpisahan mengingat ada beberapa teman yang langsung pulang ke cabang malam itu juga. Tanpa membuang waktu saya dan beberapa teman langsung kembali ke wisma LPPI untuk packing, karena besok kami juga akan kembali ke daerah masing-masing. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan ditambah dengan materi-materi baru untuk lebih mengenal perusahaan dan tantangan ke depan.

About arief eka setiawan

Arief Eka Setiawan, anak pertama dari dua bersaudara. Lahir dari keluarga sederhana dengan latar belakang militer, TNI-AD. Menempuh pendidikan dari SD hingga Sarjana di Salatiga, Jawa Tengah. Lulus dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga pada tahun 2011. Memulai karir di PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Papua pada 2 Januari 2012. Tugas pertama dipercayakan sebagai Pelaksana Administrasi Samsat Kaimana dari Januari 2012 sampai Februari 2013. Menginjak bulan Maret 2013 dipindah ke Kantor Cabang di Jayapura sebagai Pelaksana Samsat Mobil hingga bulan Januari 2014 dan sekarang dipercayakan menjabat Pelaksana Administrasi Iuran Wajib.
This entry was posted in Asuransi Jasaraharja and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Langkah Pertama Berkarir di PT. Jasa Raharja (Persero)

  1. Dimas Hadi Saputro says:

    Jass….Tetap semangaat..!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

what is 4 + 9?