SEJARAH SEPEDA

Dibeberapa negara, seperti Belanda dan China, sepeda sanagt populler. Banyak orang memakainya untuk pergi kekantor, sekolah, pasar, dan kebun. Tahukah kamu siapa penemu sepeda? Apa saja jenis-jenis sepeda yang beredar di tengah masyarakat kita?

Kita mungkin berfikir bahwa sepeda yang ada sekarang tercipta hanya dalam satu waktu. TIDAK!!! Penciptaannya ternyata melalui proses yang cukup panjang dan lama.

Penemu sepeda adalah Karl Von Drais (1785-1851). Pria Jerman kelahiran Karl Isruhe ini membuat sepeda tanpa pedal. Yang ada hanyalah roda depan dan belakang yang terhubung dengan batang kayu. Untuk menggerakkannya, ia menggunakan kaki samil berjalan atau berlari. Dibagian depan sepeda itu, ada alat kemudi (pengatur arah) khusus.

Perjalan pertama Karl dengan sepedanya terjadi pada tanggal 12 Juni 1817. Ia bersepeda dari Mannheim ke Rheinau (saat ini Rheinau sudah termasuk wilayah Mannheim). Di tahun yang sama, Karl melakukan perjalanan kedua dari Gemsbach ke Baden-baden.

Pada tahun 1860-an dua warga Perancis, Pierre Lallement, menghasilkan bentuk sepeda baru. Mereka membuat pedal di roda depan. Ukuran roda depan diperbesar, sedang roda belakang diperkecil. Untuk menjalaninya, orang hanya perlu menggerakkan pedal. Bentuk serupa dibuat oleh warga Skotlandia, Thomas McCall pada tahun 1869.

Sepeda menjadi lebih sempurna ditahun 1883. John Kemp Starley, seorang warga Inggris, memproduksi sepeda yang dilengkapi rantai dan pedal. Rantai dipakai untuk menggerakkan roda belakang sedang ukuran dua rodanya sama.

Pada tahun 1888, seoarng warga Skotlandia, John Boyd Dunlop, melengkapi wujud sepeda dengan teknologi ban angin. Seiring perkembangan teknologi, muncul tambahan-tambahan lain untuk sepeda. contohnya : rem dan gigi.

Tags: , , , , , , , , , ,