ADAKAH CARA MENGHILANGKAN BUDAYA KKN (KORUPSI, KOLUSI, DAN NEPOTISME) DI INDONESIA?

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) di negara Indonesia tergolong sangat cukup tinggi seakan ini adalah menjadi budaya tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Praktek KKN yang terjadi di negara kita ini sudah sangat merugikan negara yang cukup besar. Padahal negara kita sudah mempunyai Undang-undang yang digunakan sebagai alat untuk menghukum orang-orang yang melakukan KKN. Akan tetapi apa kenyataan yang terjadi di lapangan? Seakan Undang-undang hanya selembar kertas yng tiasa artinya bagi para pelaku praktek KKN.

Dapat kita lihat bersama dan masih kita tunggu-tunggu kejelasannya kasus penyelewengan dana BLBI yang sampai saat ini belum selesai juga, padahal sudah hamper 10 tahun lama nya berjalan kasus ini. Apa yang terjadi sebenarnya?. Para pelaku masih dapat hidup senang dan leluasa menjalankan aktiftas sehari-hari, bahkan dapat kita lihat ada pelakunya yang bebas, sedangkan yang menjadi korban hanya terdiam dan menderita sampai sekarang.

Sudah banyak pemerintah kita membuat Undang-undang mengenai KKN ini. Akan tetapi semakin banyak pula masyarakat yang melakukannya. Mau sampai kapan ini akan terjadi? Apa ini akan menjadi budaya bangsa Indonesia selamanya?

Kita lihat di lingkungan sekitar kita berapa banyak orang yang seharusnya mendapatkan hak mereka, tetapi justru mereka di zholimi oleh praktek KKN ini. Kemana mereka ingin menyampaikan aspirasi, sedangkan mereka tidak mempunyai kekuatan sama sekali. Mereka hanya bisa diam dan meratapi nasib yang seakan sudah ditakdirkan kepada diri mereka.

Setiap kasus KKN terungkap banyak mahasiswa melakukan aksi damai kepada pemerintah untuk menghukum para pelaku, akan tetapi pemerintah seakan menutup telinga. Mahasiwa adalah sebagai wadah masyarakat yang terampas haknya untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah sudah selayaknya kita berikan apresiasi yang sangat luar biasa.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan budaya KKN ini. Semua itu harus berdasarkan hati nurani, mulailah untuk mengerti apa sebenarnya yang harus dilakukan di dunia ini. Tujuan hidup adalah hal paling pentingm karena dengan mengetahui tujuan hidup maka kita akan tahu langkah apa yang harus diambil kedepannya.

Mari teman-teman beswan djarum kita lakukan yang tebaik bagi bangsa dan negara ini, semua yang kita lakukan adalah harapan setiap masyarakat yang terzholimi. Karena kita sebagai generasi bangsa sudah seharusnya memperjuangkan itu dan menghapuskan budaya KKN yang melekat pada diri masyarakat. Semua itu dapat kita mulai dari diri kita sendiri, keluarga, teman, lingkungan sekitar, bangsa dan negara. Karena selam kita menjadi keluarga Djarum Beasiswa Plus kita mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang tidak pernah kita dapatkan sebelumnya untuk kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga KKN di negara Indonesia bukanlah menjadi sebuah budaya melainkan menjadi KENANGAN PAHIT yang tidak akan terulang kembali.

Tags: , , , , , , , , , ,