Coretan Aul

Leadership Development

Banner LD 2012

Terlalu banyak nilai lebih yang telah aku dapatkan selama menjadi penerima Beasiswa Djarum Plus 2011/2012, tentunya selain biaya finasial. Leadership Depelopment (LD) adalah salah satunya yang menurutku tidak layak untuk ku simpan sendiri.

Leadership Depelopment (LD) atau yang biasa dikenal dengan Latihan Kepemimpinan, merupakan kegiatan dimana para Beswan Djarum (Penerima Beasiswa Djarum) diberikan wawasan kompleks mengenai kepemimpinan, dari apa itu pemimpin, bagaimana seharusnya pemimpin yang ideal, hingga simulasi-simulasi yang dapat menggali jiwa kepemimpinan kita. Diisi oleh pemateri pemateri handal yang namanya sudah tidak asing lagi seperti pak Bimbom dari Warner Musik Indonesia, dan Mr James Gwee, seorang motivator handal asal Singapura.
picture1picture2
Foto: Mr’ James Gwee dan Bapak Bimbom Barkah

Saya dapat Batch IV, bertempat di Hotel Mecure Surabaya pada tanggal 9-12 Mei 2012. Acara yang dikemas dengan sangat menarik dan dipandu oleh MC yang keren dan gokil abis; mbak IDP (panggilan khusus dari saya) dan mas Teguh yang merupakan alumnus Beswan Djarum angkatan 26. Susunan acaranya pun sangat beragam, dimulai dari sosialisasi Blog dan Writing Competition oleh mbak dan Pak Sapto, Kepemimpinan diri sendiri oleh mbak Analisa, materi presentasi oleh pak Bimbom, Leadirship Motivaation oleh mr’ James Gwee, hingga Debat Competition dipenghujung acara.

Blog and Writing Competition

Ini merupakan kompetisi yang diikuti oleh Beswan Djarum sebagai pemicu para Beswan Djarum untuk mewujudkan dirinya sebagai lulusan perguruan tinggi yang mimiliki kecerdasan intelegensia emosional yang baik. Selain itu hadiahnya juga lumayan loh, sebuah Macbook air untuk pemenang blog competition dan uang tunai hingga 30 juta rupiah dan hal-hal menarik lainnya untuk pemenang writting competition. Lumayan sekali kan.
Presentation

Dalam sesi ini, kita diajarkan bagaimana untuk mencipatakan presentasi yang menarik, plus diberikan kesempatan untuk menunjjukan bakat kita dalam membawakan materi presentasi yang dipersiapkan dalam waktu yang singkat. Sesi ini sangat luar biasa, karena kita mendapat pelajaran yang sangat berarti tentang pentingnya presentasi dan juga bagaimana bekerja dalam tim dalam tempo waktu yang tidak banyak. Sesi ini dipandu oleh pembicara yang aktif dalam dunia entertainment Indonesia, mas Bim Bom. Beliau meruapakan seorang Manager di Warner Music Indonesia.

Leadership Motivation

“Wooow..” kata singkat yang hanya dapat say ungkapkan mengenai bagaimana hebatnya motivator pada acara ini, beliau adalah mr James Gwee, seorang motivator kelas dunia yang khusu dihadirkan oleh Djarum Foundation dari Singapura untuk membagi wawasan dengan para Beswan Djarum. Saya merasa sangat beruntung dapat mengenal beliau, apalagi diluar forum saya sempat berdiskusi tentang beberapa hal dengannya, beliau merupakan sosok motiator yang dapat membakar semangat saya untuk menjadi seorang yang selalu “full tilt” dalam melakukan aktifitas keseharian saya, bahkan sakin semangatnya, dapat membuat saya lompat-lompat sendiri dengan semangat saat sesi coffe break berlangsung. Beliau memberikan kita motivasi bagaimana menikmati hidup ini, bagaimana seharusnya kita bertindak selalaku pemimpin maupun orang yang dipimpin. Dan banyak lagi. Dan satu hal yang sangat saya ingat samapai sekarang adalah kalimat “Full Tilt” dari beliau, yang mengisyratkan kita agar selalu melakukan hal apaupun degan penuh totalitas dan pantang surut.

Debate Competition.

Kegiatan ini menjadi semakin seru dengan ditutup dengan sebuah lomba yang berlangsung kurang lebih 60 menit, Debate competition. Disini kita disimulasi untuk mempertahankan argumen danpendapat kita dengan cara-cara yang mutakhir dan tentunya dengan referansi yang jelas. Lomba ini digelar dengan thema “Pembatasan Outlet Modern di Indonesia”.
Yang membuat acara ini sangat seru adalah, dimana kita dibagi dalam dua group dan baru diberitahu apakah pro atau kontra saat acara mau mulai. Mungkin karena faktor persiapan dana sedikit keberuntungan disini yang menjadi juaranya adalah tim saya.
Regu Juara Debate Beswan Djarum Batch IV
Foto: Regu “Boyo” pada LD Batch IV

Category: Storia
  • Marhaindra Gary says:

    gak bareng kita sob….

    July 12, 2012 at 4:21 PM
  • Aulia Pulungan says:

    Yoa. tapi kan kita tetap di satu regu Standard Tinggi. hehe..

    September 4, 2012 at 4:09 PM

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Before you post, please prove you are sentient.

What is 8 times 8?