Coretan Aul

PENGEN KE AMRIK

Disela-sela pekerjaan yang lagi lengang dan gak ada yang harus dikerjakan, aku menyempatkan diri membuka laman www.djarumbeasiswaplus.org dan masuk ke member area, ouuuch, langsung tersontak melihat undangan mengikuti audisi menjadi delegasi LIMUN 2014 oleh sang program director bapaknya para Beswan Djarum se-nusantara, Primadi H. Serad. woow, sepuluh Beswan Djarum angkatan 2012/2013 akan diberangkatkan ke London mewakili Djarum Foundation di ajang perhelatan Model United Nation (MUN) yang paling bergengsi di Eropa, London International Model United Nation (LIMUN) 2014.

Invitation Letter Delegasi LIMUN 2014 : http://member.djarumbeasiswaplus.org/limun2014/

Bisa kubanyangkan, betapa antusiasnya para Beswan tersebut saat ini, gileee,,.London meeen.. Buckingham Palace, London Eye, Madame Tussauds, Wembley Stadium, BPL, Arsenal, salju.. aduuuuh banyak banget daah. Tapi yang paling keren dari itu semua adalah, kesempatan bertemu dengan lebih dari 1.500 mahasiswa yang datang dari seluruh dunia, berdiskusi, berdebat, mengajukan pendapat dan mencari solusi. LIMUN akan memberikan pengalaman mengenai diplomasi internasional, membahas isu-isu internasional terkini dan mencoba mencari solusi berbentuk Draft Resolution.

Aku masih ingat, sekitar satu setengah tahun yang lalu, saat membaca invitation letter dari orang yang sama, hanya saja venuenya yang beda, saat itu invitation nya untuk mengikuti MUN di Boston, USA (HNMUN). Mendapat pengumuman tersebut, dengan tidak sengaja membuat aku lompat-lompat kegirangan sambil ngomong dalam hati dengan penuh antusias, “aku akan ke Amrik, aku akan ke Amrik”, gak tau ya, saat itu aku yakiiin banget akan dapat, persyaratan nilai TOEFL 550 seakan gak menjadi soal. yang ada di kepalaku saat itu hanyalah, Harvard dan USA, dua hal yang sangat ingin kukunjungi di dunia ini.

Menjadi satu dari 9 delegasi Djarum Foundation untuk mengikuti HNMUN 2013 di Boston, USA, merupakan Pengalaman yang sangat tidak terlupakan pesonanya, pertama kali ke luar negeri bok, Amrik pula. menurut gw, semua di Amrik itu keren, bisa ngerasain dinginnya suhu yang mencapai -8 derajat selsius, bisa tau rasanya salju gimana, bisa tau rasanya naik Subway, dan banyak dah, dan yang paling keren tentunya, bisa satu forum dengan orang-orang hebat se-dunia, pintar-pintar semua euuy.

“Keberuntungan akan mendatangi orang-orang yang mau bekerja keras”

Kesempatan menjadi delegasi HNMUN itu gk semata gw dapatin dengan mudah cuy, proses nya panjang. Setelah baca Invitation letter-nya, Hal pertama yang aku lakukan saat itu adalah, cari tempat les untuk TOEFL. Saat itu aku yakin skill bahasa Inggrisku yang pas-pasan buat ngobrol sama bule-bule yang lagi jemuran di pantai Kuta gk bakal nyanggup mencapi TOEFL sampai 550. emang sih, dulu saat sekolah kita udah belajar bahasa Inggris selama 6 tahun, belum lagi ditambah les les nya, tapi kan itu dulu, udah lama banget, apalagi klo ditanya soal grammar, udah lupa semua gw, hehe. setelah pikir2 dengan segala pertimbangan, akhirnya pilihan pun jatuh pada les di kampung inggris Pare selama satu bulan.

Setelah les sebulan, jalannya pun masih panjang, Test TOEFL ku pertama nilainya masih jauh dari yang di harapkan, seminggu kemudian aku coba lagi, namun lagi-lagi nilainya gk jauh2 dari tes yang pertama. setelah belajar2 lagi dengan mengulang-ngulang pelajaran saat les sebulan itu, tiga minggu kemudian aku pun yakin klo ini pasti akan berhasil, dan “creeng creeng..” masih kurang dikit sodara sodara, kampret bgt dah, pinjaman udah numpuk nih gara2 habis bayar test TOEFL terus. tapi gw belum kapok, seminggu kemudian gw tarung lagi, dan akhirnya.. yeaah.. I made it, nilai yang diharapin pun keluar juga. Alhamdulillaah..

Sampai disitu, masih ada tantangan baru, pendaftaran udah lewat 10 hari dari tanggal yang ditentukan. waduuuh.. bisa gak guna usaha selama ini. tapi dengan penuh ambisi, setelah menjelaskan semua kepada Pak Totok, ternyata aku masih bisa ikutan daftar, Alhamdulillah lagi.

Waktu demi waktu terus berlalu..eaaak.. pengumuman pun menunjukkan berita baik. “yuhuuu.. Harvard, Im coming

Sedikit banyaknya, sebegitu lah kira2 yang bisa aku ceritakan, yang jelas, semua perlu perjugan dan pengorbanan men, ohya.. aku juga harus ngerelakan 3 anak les privat matematika ku, gara2 harus niggalin mereka untuk les bhs Inggris, dan yang paling penting dari semua itu adalah, YAKIN DULU KALO KITA BISA, klo kita udah yakin, semua pasti terasa mudah, percaya deh.

9 Delegasi Djarum Foundation di Gerbang Harvard University

9 Delegasi Djarum Foundation di Gerbang Harvard University

267921_4495664585285_1603166454_n