Kaca Mata Saya

segala hal yang terlihat oleh saya

Kaca Mata Saya - segala hal yang terlihat oleh saya

Fisioterapi

Hey guys… its not about anyone’s story… its about me. Bukan Rea, Jess atau tokoh2 lain yang sebelumnya pernah muncul diberbagai tulisanku. Ini ceritaku. Bisa dibilang sebagian dari sejarah kesehatan aku kayanya yaah hehehee..

Bukan masalah serius kayak penyakit bersifat kasinogenik,  virus menular, waterborne disease, airborne disease or something else. Uuumm.. aku bingung gimana mulainya… oohh wait.

dsc00572

Hasil rongen rahang yang diambil tanggal 30 Maret 2012 11:35:41

Mungkin aku bisa mulai dari sini. Berawal dari masalah pada susunan gigiku (bisa diliat di gambar atas). Empat gigi grahamku posisinya bener-bener gak manusiawi a.k.a ekstrim. Gak menutup kemungkinan aku sering ngalamin kesulitan kalau harus menggerakkan engsel disekitar tulang rahangku. Kalau bukaan rahang mulut standar biasanya 3-4 jari, tapi waktu itu rahangku cuma kebuka 1,4cm. Kalo udah gini makan sama ngomong pun susah (tapi tetep aja orangnya berisik). Selain gak bisa mangap lebar-lebar, aku juga gak bisa gigit apel utuh atau ngunyah daging. Keluhan juga bisa ampe migraine. Wajar aja sih toh rahang deket banget sama bagian otak. Ada yang bilang kalau gigi dan mulut itu sumbernya saraf. Beruhubung aku bukan orang yang berkutat dengan hal-hal medik jadi maklum aja yah bahasanya gak keren banget ahahaha bahasa umum. Yang aku tau ini semua sakit.

Karena masalah bukaan rahang yang gak maksimal ini lah aku musti melewati tahap fisioterapi atau istilah lainnya itu rehabilitasi medik. Terapi yang aku jalani itu terapi ultra sonik (kalo gak salah). Jadi terapi ini menggunakan gelombang ultra sonik yang nantinya merangsang otot-otot rahang aku biar lebih fleksibel. Yah diharapkan dari terapi ini, sebelum operasi pengangkatan gigi graham, rahangku sudah bisa terbuka normal. Untuk lebih mempermudah jalannya pembedahan mulut. Selama operasi nanti mulutku bakal dipaksa mangap ampe berjam-jam.

Tepat di tanggal 17 April 2012 aku menjalani operasi gigi, yeah itu 3 hari sepulang dari Leadership Developmet Training di Yogyakarta. Agak tragis emang soalnya gak sengaja waktunya berdekatan. Karena 4 gigi graham dicabut sekaligus jadi waktu itu aku dibius total. Operasi waktu itu memakan waktu 4-5 jam (pastinya aku lupa berapa jam). Well, ngerasain yang namanya mulut bau anyir karena pendarahan terus menerus. Rasanya itu pengen buang ludah terus dan agak shock ternyata yang keluar dari mulutku itu ludah yang bercampur sama darah (kalo gak kuat jangan dibayangin yah, aku aja ogah inget-inget lagi). Tenggorokan kering mampus deh kayak kemarau setahun. Gimana gak kering, sebelum operasi aku musti puasa 6 jam sebelumnya. Ditambah lagi durasi operasi yang memakan waktu 5 jam. total aku gak minum 11 jam. Yang pasti sahur dulu sih ehehhee… Ramadhan kaleee…

Yeah tapi sebenernya bukan masalah operasi gigi yang mau aku bahas. Anggap aja itu prolog sebelum aku mulai cerita. Biar gak bingung maksudnya ehehhehe biar ada alurnya hahahaa..

Hari ini aku menjalani lagi fisioterapi dengan gelombang ultra sonik yang sama 5 bulan setelah operasi. Ini terapi pertama setelah operasi. Keluhan masih sama, tiba-tiba rahangku kembali bermasalah. Berawal dari sebulan yang lalu, sehari sebelum lebaran berarti tanggal 18 agustus 2012. Waktu buka puasa aku makan pempek. Yeah, pempek itu tipikal makanan yang butuh usaha khusus buat ngunyah tapi aku maksain diri. Lagi kepengen banget hehee.. Entah karena ngunyahnya kelewat bringas atau kelaperan, tiba-tiba dari engsel rahang tibul bunyi “klek!”. Seketika rahang gak bisa lagi dibuka secara maksimal. Sakit? Ya pasti. Hhhmm ada apa gerangan?

Karena pas lebaran pulang kampung jadi aku baru bisa ngecek ke dokter spesialis bedah mulut di salah satu rumah sakit swasta Bandung tanggal 12 September 2012 kemarin. Dokter sempet bingung kenapa aku datang lagi. Yeah terakhir ketemu sama dokter ini waktu aku buka jahitan bekas operasi. Waktu aku cerita masalah keluhan rahang akhirnya keputusan untuk menjalani terapi datang lagi.

Hari ini aku ditangani sama Pak Yosef, salah satu staf fosioterapi. Waktu aku cerita tentang sejarah rahangku kenapa bisa begini jadinya, si bapak sempet kaget. Brarti sudah hampir sebulan mulutku cuma bisa kebuka gak lebih dari 2,4 cm. Yah mau gimana lagi, baru sempetnya sekarang-sekarang.

Fisioterapi memakan waktu 20 menit. Selama terapi kami yang ngobrol ini itu. Yang aku suka dari terapi kali ini, Pak Yosef bener-bener paham masalah tulang belulang dan engsel rahang.

Dari beliau aku baru tau kalo engsel rahang itu salah satu engsel yang pergerakannya terbatas dan lebih labil ketimbang engsel-engsel lain. Kenapa demikian? Karena engsel rahang itu terdiri dari dua sisi tulang. Ada yang berbentuk mirip cekungan dan satunya lagi memiliki tonjolan. Yang membuatnya berbeda adalah bagian yang berbentuk cekung itu cekungannya gak begitu dalam, bagian yang menonjol juga bentuknya lebih landai. That’s way, pergerakan rahang jadi lebih terbatas dan gak stabil.

Setelah terapi dengan gelombang listrik, Pak Yosef juga beberapa kali memijit bagian engsel rahang yang ternyata sakit kalo ditekan cukup kuat. Tiba-tiba aku disuruh buka mulut. Begitu mulut dibuka, kedua jempol Pak Yosef mendorong daguku ke bawah dan jari yang lain menekan di bagian tulang di depan telinga. Rasanya? Oh meeenn… Ane teriak ditempat sambil mukul-mukulin kasur gan. Sakit banget hhmmm… Pak Yosef malah ketawa terkekeh tapi tangannya masih terus ngasih telanan di bagian rahang atas, rahang bawah dan dagu. Ya Tuhan, ini sakitnya luar biasa. Tapi emang ngefek sih. Sebelum terapi, mulutku cuma bisa kebuka sekitar dua stengah jari (hhmmm bayangin aja sendiri gimana tuh dua setengah jari ahahah) dan setelah terapi mulutku bisa kebuka hampir mencapai tiga jari. Tapi hitungan detik nyeri luar binasa merembet di bagian engsel dan cepet-cepet aku tutup lagi mulutku.

Ritual mangap dibarengin sama tekanan tangan Pak Yosef ini berlangsung 4-5 kali. Yeah, sampai 5 kali juga aku teriak sambil mukul-mukulin kasur. Begitu ritual paling menyiksa ini selesai, tiba-tiba rahangku lebih mirip orang yang menggigil karena kedinginan. Padahal AC ruang Fisioterapi gak sedingin di ruang operasi. Bahasa novelnya mah bergemeletuk. Pak Yosef malah ngakak. Zonk banget dah zzzzz.

Hari senin tanggal 17 September 2012 nanti aku bakal terapi lagi. Kali ini bukan sama Pak Yosef. Well, semoga bakal terjadi hal-hal ajaib di fisioterapi selanjutnya ahahaaa…

Category: Fisioterapi
Tag:
  • Arif Zainudin says:

    ih serem, ngamuknya medeni ^_^

    September 14, 2012 at 11:06 am
  • Ditta Widya Utami says:

    wow…. baru tau ternyata ada yah yang kaya gini…
    hum…

    cumungudh ea sayaang ^^

    semoga nanti bisa ikut ngerasain nikmatnya ngebuka rahang lebar-lebar… hee ^^

    September 14, 2012 at 6:42 pm
  • dianratnasari says:

    ayu…ngeri banget….

    September 14, 2012 at 10:13 pm
  • @bonitaarinida says:

    ayuuuu
    ternyata bener itu masalah sendinya yaa.. oiya, buat nambah2 ilmu bisa kamu search di youtube, search temporomandibular joint (TMJ)/ temporomandibular joint disorder (TMD) ataaaau langsung aja buka ini (yang biasa aku liat) hehe

    ngomong2, boleh diupload tuh foto rontgennya yang ukuran penuh? soalnya dari situ bisa keliatan keadaan tulangnya gimana yu..

    September 16, 2012 at 12:58 am
  • ayu emiliandini says:

    @bonitaarinida :

    ayuuuu
    ternyata bener itu masalah sendinya yaa.. oiya, buat nambah2 ilmu bisa kamu search di youtube, search temporomandibular joint (TMJ)/ temporomandibular joint disorder (TMD) ataaaau langsung aja buka ini (yang biasa aku liat) hehe
    ngomong2, boleh diupload tuh foto rontgennya yang ukuran penuh? soalnya dari situ bisa keliatan keadaan tulangnya gimana yu..

    yihaaa ibu dokter akhirnya nongol juga… iyah sih bon itu foro rontgennya kepotong soalnya lumayan susah motretnya hahaha… ntar full vertion di posting berikutnya… thx masukan link youtube..

    September 17, 2012 at 7:43 am
  • ayu emiliandini says:

    fuad :

    entah kenapa gue tiba2 ikut mangap, baca “dua setengah jari membuka mulut”, terapi mangap…

    aaaaaaaaa….. #mangaptigajari

    September 17, 2012 at 7:48 am
  • Ayu Wulandari says:

    Aku itu orang yg selalu berurusan dengan dokter gigi. tapi ternyta gigi mu jauh lebih hebat daripada gigi ku.. semangat…

    September 18, 2012 at 2:05 am
  • ayu emiliandini says:

    Ayu Wulandari :

    Aku itu orang yg selalu berurusan dengan dokter gigi. tapi ternyta gigi mu jauh lebih hebat daripada gigi ku.. semangat…

    Jeng,, gimana ceritanya gigi aku hebat. Lah gigit apel utuh aja gak bisa hahahaha kalo bisa ngunyah beling itu baru hebat…

    September 18, 2012 at 2:55 am
  • rob says:

    “dokter spesialis bedah mulut di salah satu rumah sakit swasta Bandung” nama rumah sakitnya apa gan ? .. saya mau coba konsultasi keluhan sama .. kirim ke email y

    December 25, 2012 at 1:50 am
  • ayu emiliandini says:

    rob :

    “dokter spesialis bedah mulut di salah satu rumah sakit swasta Bandung” nama rumah sakitnya apa gan ? .. saya mau coba konsultasi keluhan sama .. kirim ke email y

    Email mana? itu nama kamu gak bisa saya klik.. bisa DM via twitter aku atau facebook yang ada di home…

    December 25, 2012 at 2:40 am

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Before you post, please prove you are sentient.

what is 3 plus 3?