Kaca Mata Saya

segala hal yang terlihat oleh saya

Kaca Mata Saya - segala hal yang terlihat oleh saya

Filsafat

Meskipun filsafat adalah kegiatan olah nalar, yang sebenarnya digumuli di sana adalah kebutuhan terdalam ruh dalam dinamika jatuh-bangunnya pengalaman: kebutuhan mendasar atas makna dan arah kehidupan, kebutuhan tentang bagaimana misteri-misteri kehidupan bisa dijelaskan dan dipahami, kebutuhan untuk mengerti apa yang sesungguhnya diinginkan oleh jiwa itu sendiri. Sering kali pada titik terdalam ruh tersentuh dan terisi bukan oleh hal-hal material, bukan oleh kekuasaan dan kedudukan, bukan oleh sukses karier spektakuler atau popularitas, bahkan bukan juga oleh doktrin agama, melainkan oleh rasa penasaran, petualangan pencarian, keharuan, keheranan, atau kekaguman, yang sering demikian misterius. Dalam kerangka itulah, pemikiran-pemikiran filosofis yang abstrak dan pelik dapat menjadi perangsang-perangsang bagus yang membimbing kita ke dasar kebutuhan batin itu.

Kalau tubuh butuh olahraga agar tetap bugar, kehidupan batin (nalar dan ruh) juga perlu latihan agar tetap waras, dan tumbuh ke tingkat nilai lebih tinggi. Filsafat adalah cara cerdas bagi jiwa untuk tetap waras dan tumbuh berevolusi. Terutama ketika dunia makin sakit dan sistem nilai kian terdegradasi.

Aright!!! Kedua paragraf hebat ini aku temukan di dalam lembar kata pengantar sebuah novel filsafat. Judulnya Dunia Sophie. Sebuah pengantar dari seorang Guru Besar Filsafat yang mengajar di UNPAR dan ITB, Sekjen International Society for Universal Dialogue (New York). Beliau adalah Bapak Bambang Sugiharto

Sebenarnya novel ini udah nangkring cukup lama di rak buku bersama puluhan buku novel lainnya. Menurutku buku ini spesial. Sebelum aku lihat langsung covernya, aku dapat rekomendasi dari senior di kampus dan dosen mata kuliah agama Islam.

Aku belum baca semuanya. Belum apa-apa aku sudah macet di kata pengantar. Bagus banget. Aku suka dan sangat setuju walau aku gak banyak paham tentang filsafat. Setuju kalau hidup itu bagaimana kita meresapi, bukan sekedar menjalani.

Kamu harus baca novel ini hahahaa…

Category: Uncategorized
Tag:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Before you post, please prove you are sentient.

What is 6 times 9?