empty cup

seng salah iku, seng ora gelem sinau.

Tidak mudah, tapi jangan “dibikin” susah

Jum’at yang cerah, dalam terang redup hatiku. Bukan apa-apa, hanya labil dalam proses penulisan tugas akhirku. Kadang-kadang semakin tahu teori menulis, disaat itu semakin sulit kita menuangkan ide. Ada rasa kurang percaya diri menyertai proses tersebut. Tapi bukan ada maksud aku ingin mengatakan bahwa, teori itu tidak penting, bukan.

jika secara proporsional dan profesional kita menggunakan teori tersebut tentu akan lain ceritanya. Sebab memahami sistematika penulisan adalah kunci untuk menguasai dunia ini. Seperti sebuah “rumus” dalam ilmu hitung, kita mungkin bisa menyelesaikan soal tanpa menggunakan rumus tersebut, tapi tentu prosesnya tidak akan efektif. Ngalor-ngidul, tidak jelas, meski ujungnya tersampaikan hasilnya dengan benar.

Sebagai pemula dalam “dunia” apapun, proses di atas tentu adalah niscaya untuk dilewati. Tidak ada sesuatu tiba-tiba jadi dan bagus. Aku belajar lagi, dan lagi untuk tidak ragu menuliskan apa yang ada. Tapi aku juga tak mau menghabiskan banyak waktu dan tidak efektif dalam setiap proses penulisanku, hanya sebab aku tak paham teorinya.

So, Tuliskan saja sambil jalan pelajari teorinya, sambil jalan evaluasinya. Learning by doing ajah!!.

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What do bees make?