Share Everything of My Wonderful Life

Because Sharing Is Caring

Investment,should we?

*terhenyak lihat isi dompet* -lari ke atm, menyelamatkan hidup-

*mematung,membatu,langsung lemes* -isi atm lebih menggemparkan-

*lihat daftar list kebutuhan* – benerin trackpad bb, bayar asuransi mobil, kebutuhan makan, kebutuhan gahul-

UANG GW ABIS. GA CUKUP.

**

Kejadian yang baru-baru saja gw alamin. Musibah datang nampaknya pada janjian. Sabtu kemarin, mobil kesayangan (Pikachu) yang selalu bersamaku dalam suka dan duka, ditabrak oleh oknum tak bertanggung jawab L, Pikachu rusak parah. Orang bilang untung masih ada asuransi, tapi tetap saja, Pikachu nanti ngga akan jadi Pikachu yang dulu.. L oke selesei sudah bahas Pikachu, bukan itu sih intinya, intinya adalah disaat itu gw tetep harus bayar asuransi atas kejadian. Itu adalah biaya yang sungguh tak terduga, disaat kehidupan ekonomi gw sedang mengalami penurunan yang cukup drastis, gw merasa untuk bayar asuransi aja gw ngga mampu.. meenn,, aga lebay emang tapi that’s the truth. Gaji gw udah melayang ke pos-pos akun kehidupan gw seperti bayar cicilan x, bayar makan, ongkos ke kantor, bensin, dan hidup gw sudah dikejar-kejar hutang!hahahaha *tertawa miris.

Ngga berenti sampe disitu, senin-nya henpon gw rusak, trackpad-nya sungguh memiliki inisiatif yang cukup tinggi sehingga dia selalu menekan2 tanpa gw sentuh sekalipun. Poor me, gw Tanya tukang counter henpon, katanya benerin trackpad 250-300rban. *jedaaarrrr (suara petir). Itu seharga ongkos gw selama sebulan. Gw tersungkur, menatap dengan penuh harap ke arah buku tabungan, berharap setidaknya ada penambahan 1 angka nol di belakang jejeran angka tersebut. Anggaran Dasar Rumah Tangga (ADRT) gw udah abis, gimana gw bisa beli ini itu. Gw langsung berfikir, ini ga boleh terjadi lagi dikemudian hari. Ini sungguh menyiksa kawan. Gw harus melakukan perubahan besar.

Gw mulai untuk melakukan perencanaan keuangan. Mencoba memahami apa yang ditulis mba liguwina di dalam bukunya (untuk Indonesia yang kuat -100 langkah untuk tidak miskin), dan menerapkannya dalam kehidupan gw khususnya keuangan. Mungkin sebagian dari kalian sama sekali belum kepikiran untuk melakukan sesuatu selain hanya mengendapkan sisa tabungan di bank konvensional. Atau sekedar membuat tabungan rencana untuk 1 tahun atau 2 tahun kedepan. Menurut gw itu sebenarnya udah langkah awal yang tepat, but, we have to do more than that.

Kenapa harus melakukan lebih dari itu? Gaya hidup konsumtif yang saat ini terjangkit di segala lapisan masyarakat menjadi alasannya. Gw, sungguh mengakui bahwa gw termasuk orang yang konsumtif, dengan gaya hidup seperti itu namun tidak ditunjang dengan kemampuan secara financial, akan membuat nasib gw akan berujung kepada kemelaratan. #halaahh bahasanya icon razz Investment,should we?

Dampak negatif yang baru saja gw alami contoh realnya. Karena kebetulan baru-baru ini gw berpindah tempat kerja, and well hard to say but the salary is less than I got before. Sayangnya, perubahan gaji tidak selaras dengan perubahan gaya hidup gw sebelumnya (but im trying now J), crap! Gw terjebak ketika gw sadari bahwa tabungan gw semakin tergerus dan akhirnya habis. L me bad. Dan ketika titik itu, gw dihadapkan dengan musibah mobil gw ditabrak orang tak bertanggungjawab. *makin stres

Mungkin saat ini bagi kalian yang sedang dalam tahapan berkecukupan bahkan berlebih akan menghentikan untuk membaca tulisan gw dan menarik kesimpulan bahwa “this is not an interesting topic for me” tapi ketahuilah, bahwa hidup terkadang di atas dan terkadang di bawah, kita tidak akan pernah tau kejadian-kejadian atau musibah dadakan yang akan datang pada kita, dan apakah kita siap menghadapi itu semua dengan hanya bermodalkan uang tabungan (itu pun kalo nabung :P)

Selain mengikuti langkah-langkah yang dikatakan di dalam buku, gw juga sedang melakukan Investasi. Salah satu Kata tepat untuk menolong kita.gw memilih investasi yang low risk atau bahkan bias dibilang no risk. Investasi emas. Investasi ini tergolong investasi yang paling mudah buat kita yang ngga ngerti mengenai instrument investasi lainnya seperti reksadana, saham, ORI. Dan investasi emas merupakan salah satu investasi yang tak mengenal inflasi J sangat cocok untuk orang yang tidak mau mengambil resiko. Investasi emas bagusnya untuk yang mau beinvestasi jangka panjang, namun jika ada kebutuhan mendadak, emas pun sangat mudah untuk dijual kembali.

Selain investasi emas, saat ini gw sedang mencoba membuka kembali bisnis lama yang telah tidur akibat kesibukan waktu kerja dulu. Belum mulai, tapi akan segera gw mulai. Gw percaya pintu rezeki itu ngga Cuma dari satu pintu aja. Kita harus pintar-pintar membuka pintu lain. Dan bisnis ini gw harepin menjadi passive income skaligus active income gw selain dari gaji rutin sebagai karyawan. Gw sudah melakukan sesuatu, kamu?

Mari mulai berinvestasi!

Cheers,

cropped 290579 2123154954523 1115313399 31922532 1969241086 o Investment,should we?

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is 6 multiplied by 3?