DUREN si DURIAN

20 Dec

Siapa yang gak suka durian (bahasa jawa=duren) ?????

Mungkin ada yang nyebutin manuisa yang gak suka duren makhluk merugi. Hahaha mendramatisir banget yah. Gak segitunya kali. Tapi nih, udah dalam beberapa hari ini (bulan-bulan ini ) lagi musim tuh sama duren. Di Kudus, kota tercintaku ditiap sudut kota banyak banget yang jualan duren sama rambutan (bahasa jawa = ace). Apalagi di desa Barongan dan Dawe. Sepanjang jalan diponegoro Kudus, bagi pecinta duren lewat situ seperti mencium aroma surga. Berjejer pedagang durian dipinggir jalan lengkap dengan tendanya.  Mantab deh. Sampai sekarang aja masih banyak penjual disitu. Dan di Kecamatan Dawe letak dari si Gunung Muria, tepatnya di desa Pelang sama juga seperti di Barongan, banyak banget penjual duren.

Sebagai pecinta duren, aku gak mau ketinggalan dong sama musim ini. Alhamdulillah bisa menikmati duren. Dari yang rasanya sangat terlalu manis,kata adekku hingga aneh. Hahahha.. Yah,namanya beli, kadang kemanisan, kadang manis biasa aja, kadang manis pahit. Meski aku gak paham betul tuh gimana cara milih yang bener,tapi dapet masukan cara beli duren biar dapat yang baik.

1. Beli duren itu sebisa mungkin jangan di orang keliling tapi yang punya basecamp (warung/tenda/biasanya penjual mangkal disitu), jadi bisa dituker kalau gak manis atau buruk.

2. Nyari itu yang durinya jarang (bahasa jawa=benggang),katanya lho.

3. Kadang dipukul dulu sama si pedagang, isinya gimana-gimana bisa ditebak katanya si pedagang. Gak tau kalo yang ini,tapi minta digituin boleh lah ya. Apalagi mukulnya pake tangan (ditinju, coba deh).

4. Jangan yang ada cacatnya, soalnya biasanya dalemnya ada yang busuk.

5. Jangan percaya sama bau wanginya, kadang itu baunya menipu.

6. Nah pas beli bikin perjanjian sama penjual kalau minta dibelahin dikit (bahasa jawa=dipliyek), jadi bisa nyicip daleme dikit, kalau gak manis jangan dibeli. Jadi gak sampe dibuka semuanya.

7. Tawarlah harganya, hahahahhahahaha..(PENTING BANGET)….

Mungkin itu gak ngaruh juga kali ya. Cuma sekadar saran aja. Tapi mungkin ada yang lebih jago milih duren yang enak. Hehehe. Eh duren di Kudus itu enak-enak loh. Nih aku kasih foto-fotonya. Hihihi…

ngiler ngelihat ini

ngiler ngelihat ini

main kerumah temen di pelang, eh dapet gratis

main kerumah temen di pelang, eh dapet gratis

ini makan duren dirumah temen, enakkkkk

ini makan duren dirumah temen, enakkkkk

10 Responses to “DUREN si DURIAN”

  1. suprayogi 20/12/2011 at 08:03 #

    wahh.. kenapa aku gak doyan2 ya. jadi apa tipsmu biar aku suka durenn?

  2. Gilang Septian 20/12/2011 at 08:40 #

    sayangnya aku ga suka duren hahaha

  3. dianratnasari 20/12/2011 at 09:09 #

    suprayogi :

    wahh.. kenapa aku gak doyan2 ya. jadi apa tipsmu biar aku suka durenn?

    yogi sukanya apa sih????
    sosis gak suka duren gak suka, bingung..hihihi..
    biar suka itu ya dimakan tiap hari, hahaha #maksa

  4. dianratnasari 20/12/2011 at 09:10 #

    Gilang Septian :

    sayangnya aku ga suka duren hahaha

    wah makhluk merugi dong kamu..hahahahhaa

  5. ndee 20/12/2011 at 10:09 #

    assalamualaikum…
    hihihii.. aku sama dengan mas gilang, ga terlalu suka–baunya ntu lhoo–padahal kata orang enak, tapi aku yang nyium kok malah puyeng, semaput. sayangnya, nenekku punya kebun durian di kabupaten (SAYANG BANGET>.<)
    kapan2, datanglah ke makassar untuk mencicipinya.. ;)

  6. tristyantoprabowo 20/12/2011 at 10:30 #

    paling enak ya duren rasa(h) mbayar (gak usah bayar aka gratisan) wakakakakak…… kemaren sempat main ke rumah temen disuguhi durian makan sepuasnya coz punya pohon durian di kebun….#jadi inget masa dulu waktu raoat tengaah bulanan Beswan Djrum di rumah Midah (Pati) disuguhin duren juga sampe puas! pengen lageeee….

  7. Gilang Septian 20/12/2011 at 10:57 #

    dianratnasari :

    Gilang Septian :
    sayangnya aku ga suka duren hahaha

    wah makhluk merugi dong kamu..hahahahhaa

    *toeng* emang duren enak ya ?

  8. dianratnasari 21/12/2011 at 20:33 #

    ndee :

    assalamualaikum…
    hihihii.. aku sama dengan mas gilang, ga terlalu suka–baunya ntu lhoo–padahal kata orang enak, tapi aku yang nyium kok malah puyeng, semaput. sayangnya, nenekku punya kebun durian di kabupaten (SAYANG BANGET>.<)
    kapan2, datanglah ke makassar untuk mencicipinya..

    waalaikumsalam
    mau donk kesana kerumah neneknya ndee..
    mau nyoba duren dari situ..
    enak gak ma duren kudus..hihihi…
    weh kok sampe semaput segala itu gimana tho..

  9. dianratnasari 21/12/2011 at 20:36 #

    tristyantoprabowo :

    paling enak ya duren rasa(h) mbayar (gak usah bayar aka gratisan) wakakakakak…… kemaren sempat main ke rumah temen disuguhi durian makan sepuasnya coz punya pohon durian di kebun….#jadi inget masa dulu waktu raoat tengaah bulanan Beswan Djrum di rumah Midah (Pati) disuguhin duren juga sampe puas! pengen lageeee….

    ayo kak kesana…hahahhahaha
    emang rasah mbayar itu rajanya rasa…hihihihii
    siapa yang mau ngebeliin aku?hahahhaa
    #berharap

  10. dianratnasari 21/12/2011 at 20:38 #

    Gilang Septian :

    dianratnasari :

    Gilang Septian :
    sayangnya aku ga suka duren hahaha

    wah makhluk merugi dong kamu..hahahahhaa

    *toeng* emang duren enak ya ?

    PWOLLLLL ENAAAKKKKKK

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is frozen water?