msgbartop
Blognya untuk berbagi… ^_^
msgbarbottom

02 Sep 12 Kentut Itu = Sehat

Hayoo ngakuu… siapa yang suka kentut pas lagi jalan n gak bilang-bilang??? Ato suka kentut di air? Ato kalo lagi tidur??? hehehehe :p Tau gaak, kenapa sih kita bisa kentut? Kenapa juga orang yang habis operasi gak boleh makan sebelum kentut? Memangnya ada apa di kentuut??? Nyook jelajahi ^_^

Bermulanya Kentut…
Sebenarnya kentut itu proses pengeluaran gas yang berlebihan dari dalam usus melalui anus. Kentut berhubungan erat dengan sistem pencernaan kita. Makanan yang sulit dicerna dan masuk ke usus besar akan difermentasi oleh bakteri yang terdapat didalamnya sehingga menghasilkan gas.

gak nemu gambar kentut yang nyalanya biru :p

gak nemu gambar kentut yang nyalanya biru :p

Nah, kalo temen-temen sering makan makanan yang sulit dicerna, alhasil pasti bakal banyak yang numpuk di usus besar dan bakteri pun akan bernyanyi riang karena mereka bisa lebih produktif untuk berkontribusi menambah gas dalam perut kita. Jenis gas yang diproduksi dalam usus antara lain karbondioksida (CO2), hidrogen (H2) yang combustible dan metan (CH4). Kalau terbakar, nyalanya berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen. Haha :D

Aktivitas makan yang tidak benar (misal membuka mulut terlalu lebar) atau penggunaan obat-obatan bisa juga menambah jumlah gas dalam perut lho… Jika kita membuka mulut terlalu lebar, gas-gas seperti nitrogen dan oksigen, dll bisa ikut masuk ke dalam perut.

Bau Kentut
Dari web arsitek-online, tidak semua kentut mengeluarkan bau kurang sedap bro… sis… :)
Terjadinya bau yang kurang sedap saat kentut lebih sering diakibatkan oleh adanya proses pembusukan oleh metabolisme bakteri dalam usus besar seperti bau asam akibat mengonsumsi makanan yang tidak sesuai kemampuan organ pencernaannya. Selain itu, makanan berbau tajam seperti petai, durian nangka dan cempedak juga dapat menyebabkan kentut berbau.

Berdasarkan penelitian, kentut yang tidak berbau lazimnya terdiri atas 5 komponen gas, yakni gas nitrogen, oksigen, hidrogen, metan dan karbondioksida. Kelima gas inilah yang merupakan porsi terbesar dalam kentut. Nah, bila kentut yang berbau, biasanya ada tambahan gas-gas lain yang mengiringi seperti skatol, indol, hidrogen sulfida, dan asam lemak rantai pendek. Gas-gas ini walaupun terdapat dalam jumlah kecil mampu menimbulkan bau yang menusuk hidung. Haish…

Kenapa Kentut Penting Setelah Operasi???
Seperti dikutip dari Portal Cepplux, kandungan obat bius atau anestesi yang digunakan untuk operasi tidak hanya membuat pasien jadi terlelap tidur dan tidak merasakan apa-apa. Obat bius juga akan membuat usus kecil dan usus besar pasien jadi ‘tertidur’.

Selama operasi, usus atau isi perut tertidur dan tidak melakukan gerakan apa pun yang melewati sistem pencernaan. Nah, kalau seseorang yang telah dioperasi dan sadar kemudian kentut, itu artinya telah ada gas yang berhasil ‘lewat’. Dengan kata lain sistem pencernaan pasien sudah bangun dari tidurnya dan siap digunakan kembali :)

Tau Gak Siiih???
Konon, kepribadian seseorang bisa dilihat dari cara kentutnya… haha :D just chek it out ;)
Kepribadian berdasarkan kentut ::

Orang Jujur
orang yg mau ngaku kalo sudah kentut

Orang yang Gak Jujur
kalo sudah kentut suka mengambing-hitamkan orang laen

Orang Misterius
orang yg pas kentut gak ada yang tau…

Orang Gugupan
orang yg suka nahan kentut pas lagi kentut

Orang yang Berwawasan
orang yg ngerti kapan dan dimana harusnya kentut

Orang yang Kuper
orang yang kentut sambil bersembunyi

Orang yang Pura-pura Sakti
orang yang kentut sambil pake tenaga dalam

Orang yang Pemalu
orang yang kentutnya engga bunyi tapi suka merasa malu sendiri akan perbuatannya

Orang yang Penuh Strategi
orang yang suka kentut tapi sambil tertawa terbahak bahak buat nutupin suara kentutnya

Orang Pinter
orang yang bisa membedakan kentut kentut orang laen

Orang Ramah
orang yang suka membaui kentut orang laen

Orang Sombong
orang yang suka membaui kentutnya sendiri (nah lo?)

Orang Pelit
orang yang kalo kentut suka dikeluarin sedikit demi sedikit sampe sampe bunyinya cuman tit…tit….tit…

Orang Sadis
orang yang sambil kentut ditutup sama tangannya lalu dia ngebekepin tangannya ke hidung orang laen

Orang PD
orang yang yakin kalo kentutnya wangi alias harum baunya

Orang Gila
orang yang meneliti tentang kentut…
#HAH?! Guee maksudnyaaaa?!! Aaarrghhh… Щ(ºДºщ)

“Kentut itu antara benci dan rindu… Benci, bila ada orang yang mengeluarkannya. Rindu, bila sudah seharian tidak merasakannya… dan cemas, bila sudah berhari-hari ia tak kunjung keluar. Yang jelas, semua orang pasti memerlukannya :) “ – kutipan.

Tags: , , , ,

Reader's Comments

  1. |

    ahahaha…. ilmiah banget bahas kentutnya…. klo dod, sebelum kentut pasti bilang ssssstttt… buat ngasih kode biar semua orang hening… trus ketika hening langsung kentut sekencang mungkin… trus ngakak liat orang2 pada nutup idungnya… klo gitu kepribadiannya apa dong ?

  2. |

    ahaha… kalo itu mah over PD kayaknyaaa… wkwkwkwkwk :p

    makasi dah berkunjuung :D

  3. |

    gas metan yang terbentuk jadi kentut itu sendiri hasil dari proses menguraian zat organik oleh mikroorganisme anaerobik… hahahahaa… aku baru ngeh ternyata proses itu ada di dalam usus manusia.. great!! gas metan emang berpotensi jadi bahan bakar lho.. kalo lpj langka, kentut rame2 aja yuuukkss hahaahhaa

  4. |

    ahaha… iya yu… ^^
    dalam sehari, kentut itu kan bisa sampe lebih dari 10 kali. Kalo ditampung kan lumayan tuh… wkwk :p

Leave a Comment

Before you post, please prove you are sentient.

What is 3 multiplied by 8?