Musik sudah menjadi bagian dari suatu peradaban sejak lama. Musik menjadi bentuk ekspresi diri dari kata-kata yang tidak mampu terucap. Dengan musik seseorang bisa mengekpresikan diri mereka melalui lirik ataupun alunan nada yang mereka buat. Tidak hanya itu seringkali bagi mereka yang hanya menjadi penikmat, musik bisa menjadi soundtrack kehidupan mereka. Intinya adalah tetap pada ekspresi diri.

indonesia angklung Angklung dan Musikalitas Bangsa

Saat ini banyak seniman-seniman muda yang muncul di Indonesia. Mereka bisa menghasilkan suatu musik yang luar biasa, bakat dan kemampuan mereka memang tidak diragukan lagi. Namun diantara mereka yang menjadi dan mengaku sebagai seniman, siapa saja yang mengenal alat musik tradisional? Atau berapa banyak diantara mereka yang memadukan unsur tradisional dalam musikalitas mereka?

Angklung adalah salah satu jenis alat musik tradisional Indonesia yang sudah go internasional atau istilahnya sudah dikenal dunia. Angklung sendiri saat ini tidak hanya dimainkan oleh orang-orang yang kolot atau fanatik terhadap budaya. Namun, angklung sudah memasuki dunia modern, dimainkan oleh generasi-generasi muda, dan berkolaborasi dengan alat musik modern. Dengan perkembangan angklung saat ini bukan tidak mungkin akan banyak muncul hasil karya seni khususnya musik yang akan memadukan angklung sebagai salah satu instrumennya.

Prihatinnya tidak semua generasi muda Indonesia menganggap angklung itu sebagai sesuatu yang ‘keren’, tidak jarang mereka justu memandang angklung sebagai bentuk instrumen yang asing bagi mereka. Padahal bisa dibayangkan jika musisi-musisi Indonesia memasukan unsur musik angklung sebagai salah satu bentuk karya mereka, angklung akan semakin mendunia juga kesempatan bagi para musisi-musisi tadi untuk bisa menghasilkan suaru karya yang unik.

Ini hanya sebentuk pemikiran, bahwa bahkan seni asli Indonesia memiliki suatu potensi untuk terus berkembang dan terjaga jika generasi mudanya bisa memanfaatkan unsur unik dari alat seni ini untuk bisa menghasilkan suatu karya yang tidak biasa.

mar2 Angklung dan Musikalitas Bangsa