FEAR!

One word that means alot, and has a different meaning for every people.

fear banyak tahu bikin insecure

Ketakutan tersendiri menurut gw timbul karena adanya perasaan khawatir dan insecure. Dan itu karena kita tahu kenapa sesuatu tampak menakutkan, resiko apa yang ada dibelakang setiap tindakan dan juga keputusan yang diambil dan memahami adanya bahaya dalam segala sesuatu. Well, ternyata ketakutan itu karena adanya pengetahuan tentang sesuatu yang justru membuat diri kita menanyakan banyak hal yang membuat kita merasa tidak aman.

Seorang teman pernah mengatakan bahwa kadang ada suatu ketakutan tidak logis bahkan tidak relevan hanya karena kita tahu. Pernah sesekali kembali pada dunia sebelum kita tahu terlalu banyak? Misalnya dunia saat kita kecil? Kita melihat dunia dengan segala isi di dalamnya sebagai sesuatu yang sangat menarik. Untuk dijelajahi dan bukan untuk diwaspadai. Dengan segala kepolosan kita, berani bermain kotor-kotoran, memanjat pohon tinggi dan bermain dengan binatang kecil seperti ulat atau kecoa. Tapi as we get older, kita semakin waspada, takut main kotor karena disana ada kuman, takut manjat tinggi, kerana ada kemungkinan untuk jatuh (inget outbond BeswanDjarum?) kemudian kita juga takut kepada manusia karena adanya kemungkinan kejahatan dan sebagainya.

Namun, sebagian besar dari kita bisa menangani ketakutan tersebut, menekannya sampai batas yang bisa ditolerir sehingga masih bisa menjalankan kegiatan sehari-harinya dengan cukup normal, meski dengan berbagai kewaspadaan. Well, so, banyak tahu bikin kita banyak takut dong sebenernya? Gw mencoba melihat dari sisi lain, bahwa banyak tahu itu bukan bikin banyak takut, tapi membuat kita melihat dunia dari sisi lainnya, yang tidak hanya menawarkan keindahan tanpa batas tapi juga membangun kewaspadaan yang membantu kita dewasa. Ga ada yang salah dengan semakin banyak tahu, jika itu disertai dengan pandangan yang tebuka. Bukan membuat kita mengukung diri, tapi mencoba untuk bisa lebih wise dalam memahami masalah. J so, tetep googling hal-hal yang bikin kamu penasaran ya. Hehe. Dont ever feel insecure, itu Cuma bikin ketakutan jadi semakin nyata.

Tags: ,