Jalan hidup itu lucu ya, misteri yang bikin kamu ketagihan buat terus ngejalanin hari dari satu detik ke detik lainnya. Cerita masing-masing orang itu berbeda, dan lebih luar biasanya cerita tersebut bisa saling terjalin, tanpa ada yang tahu tujuannya kita kenal seseorang, ketemu seseorang atau bahkan hanya tahu seseorang itu untuk alasan apa. Hanya saja orang bijak sering bilang: pasti ada alasan, mereka punya peran untuk hadir dalam hidup kamu.

Yup. Bener banget, kamu mungkin gatau alesannya sekarang, tapi nanti. Tapi hal itupun akan kamu sadari ketika kamu diam sejenak dan mulai merenung (*tsah). Kenapa mesti merenung? Karena kalo kamu ga diam sejenak dan meresapi hal-hal yang sudah terjadi dalam hidup kamu, gimana caranya kamu sadar atau tahu peran dari seseorang tersebut dalam hidup kamu? No answer.

Prinsip gw adalah jalanin selama kamu masih punya waktu untuk ngejalanin hal tersebut. Coba sebanyak mungkin hal-hal baru, kenalan dengan sebanyak mungkin orang. Bukan karena alasan: dimasa depan mereka pasti punya peran tapi dengan keyakinan bahwa saya pasti punya peran dalam hidup mereka. Dengan keyakinan tersebut tentunya yang dicari bukanlah hubungan simbiosis mutualisme, tapi justru keyakinan bahwa kamu bisa menjadi sesuatu bagi hidup orang lain nantinya, dengan itu kita akan terpacu untuk menjadi lebih baik kan? Seperti halnya hubungan sosial pada umumnya, selalu memiliki timbal balik, kalo kamu punya peranan dalam hidup mereka, berarti mereka pun memiliki peranan dalam hidup kamu. Yakinlah pada akhirnya untuk kebaikan, sebagaimanapun ceritanya, seperti apapun jalannya. Buat apasih buang-buang waktu untuk mikirin hal negatif? *tsah

So, jangan pernah nyesel udah kenal seseorang, atau merasa rugi kalo kenal orang lain. Cerita kamu bisa terbentuk itu karena ada peranan dari orang-orang lain juga. Dari sekarang banyakin kenalan sama temennya-temennya temen kamu, sodaranya temen kamu, dan lain-lain. Luaskan pergaulan kamu, bikin hidup kamu lebih berwarna. Ciao !

Tags: ,