Halo, #BlogCompetition!


Lama nggak nulis di blog ini, waktu lewat begitu saja. Tau-tau udah 2013 aja. Tau-tau udah September aja. Tau-tau papi mami udah ‘ngelahirin’ adek-adek baru aja, Beswan Djarum angkatan 29. Tau-tau Blog Competition udah mulai aja. Tau-tau hadiahnya ke Derawan buat 10 orang aja!

Deadline submit tiga postingan terbaik bertema besar ‘Kebanggaan Menjadi Indonesia’ memang masih terhitung sebulan lagi, 13 Oktober 2013, tapi sampai saya mengetik ini baru terlihat dua pendaftar saja. Yang lain kemana? Masih mikir mau nulis apa? Masih bingung mau bahas apa? Ragu-ragu sama kemampuan sendiri? Udah lewat 17 hari sejak pendaftaran pertama dibuka, lho, ya. Tahun lalu, 17 hari setelah pengumuman Blog Competition dibuka, yang submit udah banyak banget. Sampe bikin minder dan ujung-ujungnya saya baru berani submit H-3 pendaftaran ditutup, plis jangan ditiru.

Cerita tentang Blog Competition tahun lalu, pasti tak lepas dari tema dan hadiahnya. Tema Blog Competition sejauh yang saya tahu, selalu bener-bener luas. Tujuannya pasti biar tulisan-tulisan makin beragam sekaligus menantang sejauh mana kreatifitas kamu mengolah tema yang sederhana, jadi tulisan yang menginspirasi dan menarik buat dibaca. Hadiahnya? Jangan tanya perkara hadiah, deh, kalo kamu udah jadi bagian dari Beswan Djarum. Ngerti sendiri lah, hadiah-hadiahnya nggak pernah ‘ecek-ecek’, selalu spektakuler. Tahun lalu, para pemenang Blog Competition diajak jalan-jalan hore ke Raja Ampat dan Pulau Komodo. Cuma modal nulis tiga postingan, submit, dan…taraaaa! Bawa badan doang, deh, liburan seminggunya. Waktu itu, sih, dibagi enam-enam orang. Enam ke Raja Ampat, enam ke Pulau Komodo. Gitu aja udah seru banget. Gimana kalo ke Derawan berSEPULUH sama temen-temen Beswan? Nggak kebayang lagi serunya!

Jadi, sekarang, mending luangkan waktu kamu sebentar buat nulis tiga postingan sesuai tema. JANGAN PESIMIS DULU. Haram hukumnya. Apalagi sebelum nyoba.

TRUS KUDU NGAPAIN DULU INI KITA?

Oke. Jadi, gini. *mulai sok senior* *mulai sok oke* *diinjek sama senior*

1. Baca baik-baik Gambaran Umum, Syarat & Ketentuan serta cara Registrasi. Di situ PASTI udah sangat jelas informasi yang kamu butuhkan. Pahami setiap poinnya satu persatu. Kakak-kakak & rekan-rekan serta mimin di Member Area, memang selalu siap jawab pertanyaan kamu perihal Blog Competition. Tapi, alangkah baiknya ‘usaha’ dulu memahami apa yang udah capek-capek dibikin sama panitianya. Ya itu, gambaran umum dll itu. Kalo bener-bener nggak ngerti, baru deh tanya~ (And, YES. Postingan HARUS TIGA. Boleh nyambung boleh nggak.)

 
2. Udah paham, nih, poin pertama. Trus apa? Pahami makna tema besar, bayangkan (kalo bisa tuliskan) apa saja yang terpikir di kepala kamu ketika membaca berulang-ulang tema tersebut. APAPUN. Ditulis aja biar nggak lupa. Kebanggaan terhadap Indonesia. Ulang terus kalimat itu di kepala. Di poin ketiga Syarat dan Ketentuan disebutkan ‘Tulisan yang dilombakan adalah seputar pengalaman rasa bangga yang membangkitkan rasa cinta terhadap Indonesia’. Apa yang bikin kamu bangga jadi Indonesia? Mungkin kamu pernah ke luar negeri dan tiba-tiba rindu tanah air karena sebab tertentu. Mungkin kamu adalah penggila kuliner Indonesia sehingga ingin belajar masak? Mungkin kamu adalah traveller yang sebegitu cintanya pada alam Indonesia sehingga selalu menyempatkan diri melancong dari ujung Sabang hingga Merauke? Kamu pelaku seni? Penari, dalang, ludruk, pelukis? Mungkin kamu bangga sama Indonesia dengan caramu sendiri yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu? #MendadakPuitis :P Atau malah kamu cinta ke-alay-an Indonesia? Cinta sama selebritis-selebritisnya beserta acara gosipnya? Cinta sama Indomie yang berbagai rasa? (Oke ini nggak boleh. NGGAK BOLEH MENCANTUMKAN MERK :P). Banyaaaaaaaak banget yang bisa kamu tuliskan. Sekali lagi: BANYAK. Jadi, jangan bilang kamu nggak punya ide.

 
3. BOLEH BANGET nyari referensi tulisan yang baik. Harus malah. Inget, proses menulis dan membaca itu seiring. Makin banyak kamu membaca, semakin banyak yang bisa kamu tulis.

 
4. “Kak, aku nggak bakat nulis sama sekali. Liat teks aja pusing, kak :'(“. Yang begini ini banyaaaaaaak banget makhluknya. Yakali nggak bisa nulis. NGGAK MUNGKIN. Semua orang bisa ‘nulis’. Hanya saja, beda-beda gaya. Ada yang emang dari lahir puitis, ada yang ngebanyol melulu, ada yang serius, ada yang kosa katanya udah kayak KBBI edisi empat: LENGKAP & RUMIT, ada yang bercerita apa adanya. JANGAN PERNAH berfikiran “Ah, aku nulis kayak si itu aja, ah,” lalu setengah mati meniru gaya menulis orang yang dimaksud cuma karena nggak pede sama gaya tulisan sendiri. It’s okay. Meniru itu proses belajar. Dari bayi, yang namanya belajar itu awalnya niru. Tapi nggak serta merta maksain diri kamu buat mirip sama orang. Saya tegaskan, ya, JADI DIRI SENDIRI ITU YANG TERBAIK. Menulislah dengan gaya kamu sendiri. Nggak usah maksa. Semakin mengalir tulisanmu, semakin enak dibaca, juri yang menilai juga bakal seneng.

 
5. MAKSIMALKAN BAKAT. Kamu nggak pede sama tulisanmu? Bener-bener udah berusaha nulis bagus tapi tetep nggak yakin? Kolaborasikan dengan keahlianmu yang lain. Salah satu pemenang Blog Competition tahun lalu, @Luqiluq, mengaku emang nggak suka nulis. Tapi bukan berarti dia nyerah gitu aja dan nggak ikutan Blog Competition. Cek deh di sini. Dia suka menggambar, suka ngebanyol, suka mengkritik. Itu jadi kekuatan di blog dia. Nggak bisa nggambar? Mungkin kamu suka fotografi, videografi, melukis, desain, menyanyi, ngelawak, suka make up, bikin kolase, menjahit, APAPUN. Coba kolaborasikan di postingan kamu. Itu bakal bikin postingan kamu jadi unik. Coba tempatkan diri kamu ke posisi pembaca. Tertarik nggak baca postinganmu? Kalo belum, coba terus, sekreatif mungkin. Menarik dan bikin orang kepengen baca, itu aja udah bikin kamu unggul satu poin di atas yang lain.

 
6. Yuk, belajar nulis yang enak dibaca! Perhatikan setiap huruf dan tanda baca. Hindari typo. Hindari males nulis pengulangan kata pake (-) trus milih nulis dengan (2) atau (“). Hindari menyingkat kata, ini bukan sms atau twitter yang kudu hemat karakter. Oke, ini emang bukan syarat mutlak. Ini bukan Writing Competition. TAPI, semakin rapi postinganmu, semakin enak dibaca, semakin seneng jurinya, semakin besar kesempatan kamu menang.

 

7. Ini juga bukan syarat mutlak, tapi, tampilan blog yang rapi dan menarik bakal jadi nilai plus buat blog kamu. Apalagi kalo kamu emang rajin ngeblog. Pilih tema blog yang kamu suka, tambahkan widget seperlunya (beberapa pembaca kadang terganggu dengan widget musik yang otomatis nyala. Kalaupun ingin menambahkan widget itu, pilih yang instrumen aja :P). Penambahan widget bisa bikin blogmu makin menarik, tapi juga jadi norak (kalo berlebihan kayak blog ini) Jadi…. Be Creative!

 
8. Jangan menulis sambil mengedit. Tulis aja dulu sampe selesai, baru baca lagi, trus edit deh bagian mana yang sekiranya kurang bagus. Nulis sambil ngedit itu, selain bikin LAMA selesainya, juga berpotensi bikin tulisan jadi serasa ‘kepotong-potong’ atau nggak ngalir. Jadi kurang enak dibaca. Coba nulis dengan ngalir (saya juga belom mahir,sih, ini). Apa adanya. Jangan sok intelek, jangan sok lucu, jangan sok puitis, kalo emang nggak bisa. Jatohnya ntar maksa. Pembaca bisa ngerasain itu, lho. Biarkan kata-kata mengalir dulu, ngeditnya belakangan :)

 

9. Rajin-rajinlah berkunjung ke blog temen-temen lain. Tinggalkan komentar. Saling mengunjungi blog itu asyik, kan? Jadi, mereka juga nggak sungkan mampir ke blogmu dan komen juga. Seneng kaaaaan jadinyaaa~ :) (Iya, ini nggak termasuk kriteria penilaian sih kayaknya, tapi kan asyik aja gitu :P) Share tulisan kamu di Member Area atau akun-akun social media lainnya biar banyak yang baca. Tapi jangan nge-spam, ya. Ini bukan lomba banyak-banyakan nge-like~

 

Nah, udah. Kurang lebih sembilan poin di atas semoga bisa menjadi pencerahan buat diri sendiri sama yang baca. Kalo ada ntar ditambahin lagi, deh. Inget, jangan malu bertanya sesat di hati jalan, ya. Tanya aja ke kakak-kakak blogger/rekan-rekan yang ada di Member Area. Boleh juga gabung ke group Facebook Beswan Djarum Blogger Community. Adminnya bakal dengan senang hati jawab pertanyaan kamu kalo nggak lagi sibuk dan rewel. Butuh pencerahan? Coba deh mampir-mampir ke blog-blog juara tahun lalu berikut ini: @Luqiluq, @Lestsuci, @Eta_Maretta, @ErikaMedinah, @Auliaphd, @putuagnia, @yassieregar, @emiliapradipta, @zulfijul, @dado_bedul, @prabowowahyu. Atau ke @pujiprabowo, @johantectona, @irwansitinjak, yang adalah sesepuh blogger Beswan.  Kali aja nemu inspirasi. Selamat ngeblog! *kisskiss*

 

 

sedang menjalani rutinitas dipeluk panasnya Surabaya,

@Ladibaa

  1. #1 by Annis Paramita Dilla on September 17, 2013 - 9:19 AM

    kyaaa, bookmark deh bookmark saran dari tetua juara <3

  2. #2 by fina ladiba on September 18, 2013 - 5:55 AM

    Iyakan iyakaaaaaaan sebel kaaaaaan yuuuuu. *gregetan pengen ke Derawan*

  3. #3 by Fina Ladiba on September 18, 2013 - 5:57 AM

    Halah Diloooooo. Ikutan semua yaaaaa *ciyum*

  4. #4 by anggy hariyandi on September 18, 2013 - 8:50 AM

    ayu emiliandini :

    ni posting gw share di group BBC buat ngomporin anak beswan ya hahahaa… gemes ni gw. hari gini baru 2 orang yang daftar hahahaa

    ehem saya baca.

  5. #5 by annisparamita on September 18, 2013 - 9:06 AM

    Pasti ikut :3 tapi masih ngegali ide yang kesimpen di kotak harta karun di pulau antah berantah nih mbakkpin #lebay. bagi ilmu dong embaakk

  6. #6 by Fina Ladiba on September 18, 2013 - 10:34 AM

    @Anggy: Apa yang dibaca ,Nggy? :P

    @Dilo: Laaaaahhhh itu 9 poin diatas dianggep apa nduuuuk? :'( *nangis gulung gulung* Meskipun sesat juga tetep ilmu~ BAHAHAH

  7. #7 by Mentari Nurinda on September 18, 2013 - 12:45 PM

    kakak pina dan kakak ayu, aku les private tulis-menulis dong ._.

  8. #8 by nayirotul faiqoh on September 18, 2013 - 7:42 PM

    ehem untung mbak pina ngga bisa ikutan lagi. ehem.. *seneng saingan berat berkurang

  9. #9 by Fina Ladiba on September 19, 2013 - 10:23 AM

    Mentari Nurinda :

    kakak pina dan kakak ayu, aku les private tulis-menulis dong ._.

    KAMU ITU EDITOR KITA BUNDO! PLIS!

  10. #10 by Fina Ladiba on September 19, 2013 - 10:24 AM

    nayirotul faiqoh :

    ehem untung mbak pina ngga bisa ikutan lagi. ehem.. *seneng saingan berat berkurang

    Ih jangan gitu dong iiiihhhhh kan pengen ke Derawan jugaaaaa~ :'( Muhahhahahah

  11. #11 by manar on September 20, 2013 - 4:48 AM

    wahh nih orang kenapa nulisnya dibaca bisa enak ya??

    hmmmm……………… :)

  12. #12 by Fina Ladiba on September 20, 2013 - 10:34 AM

    manar :

    wahh nih orang kenapa nulisnya dibaca bisa enak ya??
    hmmmm……………… :)

    Waduh enak ya dicicip nar? :P Ehehehe. Alhamdulillah kalo enak dibaca maaaaah :3 Nulisnya berhasil ‘ngalir’ berarti ~~~\o/

  13. #13 by Hermawan Santoso on September 21, 2013 - 12:20 AM

    keren ka, inspiratif banget :)

  14. #14 by Fina Ladiba on September 21, 2013 - 6:23 AM

    Hermawan Santoso :

    keren ka, inspiratif banget :)

    Thankyou yaaaa. Semoga bisa jadi semangat buat nulis blog \o/

  15. #15 by ade poetra on September 21, 2013 - 11:10 PM

    pengen banget ikutan blog tapi apa daya………….. #garukgarukpina

  16. #16 by Rissa Devina on September 24, 2013 - 10:25 AM

    wah kakak makacii infonyaaa, untung blog competiton ga berlaku buat yang udah pernah naik podium macem kak pina ini yaa.. cihuuy *melipir* *dijewer kak pina* :p

  17. #17 by Fina Ladiba on September 25, 2013 - 5:44 AM

    @Bang Ade: Yauda sih ikutan cepeeeeeeeeeeetttt! *gampar pake pisang epe*

    @Rissa: Ahahahah. Jangan gitu dooooong. Mau lagi padahal :P

  18. #18 by Hermawan Santoso on October 1, 2013 - 11:58 PM

    wuih mba, keren tampilan barunya, :) jempol 4

  19. #19 by fina ladiba on October 2, 2013 - 6:23 AM

    Buahahaha. Iseng aja ini kemaren. Aslinya cuma bikin buat badge banyubtari.tumblr.com eh malah keterusan :P Thanks mawan :3

  20. #20 by ricardobenmorissimanjuntak on October 3, 2013 - 7:33 PM

    ahhh.. mantep bingit pin… sangat menginspirasi… bakalan ingat tulisan-tulisan sesepuh macam ini kalo juara juga… Amin #digampar #nulisdulusono buakakakka

  21. #21 by Fina Ladiba on October 4, 2013 - 9:56 PM

    ricardobenmorissimanjuntak :

    ahhh.. mantep bingit pin… sangat menginspirasi… bakalan ingat tulisan-tulisan sesepuh macam ini kalo juara juga… Amin #digampar #nulisdulusono buakakakka

    HEH MAKSUDNYA SESEPUH APA HEH! *ketekin Ricardo*
    Iya gih nulis luuuuuuu :)))

  22. #22 by Rezky Ravenska on October 5, 2013 - 2:34 AM

    Duh.. berasa ngobrol sampingan deh sama mbafin ini. Kecup dulu sini mbafin hhi

  23. #23 by johantectona on October 9, 2013 - 8:38 AM

    eh ada nama aku disebut sebut, pantes ada perasaan gimana gtu beberapa minggu ini ahahaha :D *lebay

  24. #24 by fina ladiba on October 9, 2013 - 8:51 AM

    Woooooo MasJo pede bet :P

  25. #25 by Fina Ladiba on October 9, 2013 - 8:54 AM

    Rezky Ravenska :

    Duh.. berasa ngobrol sampingan deh sama mbafin ini. Kecup dulu sini mbafin hhi

    Aku kan selalu ada di samping kalian, adek-adek :’)))) *kemudian dilepeh*

  26. #26 by johantectona on October 9, 2013 - 11:01 AM

    fina ladiba :

    Woooooo MasJo pede bet :P

    iya dong, kudu PD.. klo komen di blog aja ga PD, gimana bisa PD melamar anak orang.. *apasih ini ahahahaha :D

  27. #27 by Fina Ladiba on October 11, 2013 - 10:16 AM

    Udaaaah. Cepetan dilamar~ #Apeuuuuu

  28. #28 by nikendian on October 13, 2013 - 10:55 PM

    iss baru baca tutorial dr kk sepuhnya blog competition :(

  29. #29 by Fina Ladiba on October 14, 2013 - 12:27 AM

    nikendian :

    iss baru baca tutorial dr kk sepuhnya blog competition :(

    Hehehehe. Nggak apa. Ini tutorial sesat kok, Niken :P

  30. #30 by nurul I S K A N D A R on October 14, 2013 - 4:58 AM

    ini mah bukan tutorial sesat mba fin, huaaaaa
    sayang banget baru H-1 nulissnya… jadi belum sempet jalan2 ke blog para saudara mba fin, dan belum sempet ngumpulkan referensi…. hikssss

  31. #31 by fina ladiba on October 19, 2013 - 10:35 PM

    nurul I S K A N D A R :

    ini mah bukan tutorial sesat mba fin, huaaaaa
    sayang banget baru H-1 nulissnya… jadi belum sempet jalan2 ke blog para saudara mba fin, dan belum sempet ngumpulkan referensi…. hikssss

    Nggak apa-apa sayaaang. Yang penting udah partisipasi. Bismillah menang yaaa :*

(will not be published)

Before you post, please prove you are sentient.

What is the outer covering of a tree?