#KenangVakansi: Cantiknya Kampung Arborek


Arborek adalah sebuah kampung wisata yang sangat indah. Pasirnya putih. Kontras sekali dengan langit dan laut yang biru muda cerah, kulit legam eksotis khas dan pakaian yang berwarna bermacam ragam. Saat boat merapat ke dermaga kampung Arborek, satu yang menjadi perhatian kami; boat seperti melayang! Subhanallah. Kami terpana. Sebegitu jernihnya air laut di Arborek ini hingga boat kami seolah melayang di udara.

 

IMG 4746 300x200 #KenangVakansi: Cantiknya Kampung Arborek

Tak berhenti sampai disitu ketakjuban kami. Saat menyusuri dermaga panjang yang penuh hiasan (kami datang tepat saat malamnya aka nada perayaan natal di Arborek), kami dibikin terharu dan sumringah ge-er oleh tabuhan, nyanyian dan tarian penyambutan yang meriah. Penduduk Arborek dan anak-anak kecilnya berkerumun di gerbang selamat datang, menyambut kedatangan kami.

DSCN1729 300x225 #KenangVakansi: Cantiknya Kampung Arborek

 

Bertukar pandang satu sama lain, kami berenam merasa tersanjung sekaligus takjub. Bersalaman dengan hampir semua orang yang menyambut, kami merasakan kehangatan para penduduk Arborek. Betapa mereka sangat gembira dan menyambut kedatangan kami dengan suka cita.

Arborek menjelang perayaan natal terlihat lebih semarak dengan hiasan-hiasan dan gapura-gapura yang telah dihias. Ibu-ibu yang seharusnya menganyam kerajinan khas Arborek seperti topi, tas, dan lain-lain, kini sibuk mempersiapkan perayaan natal dirumah masing-masing.

IMG 4772 300x200 #KenangVakansi: Cantiknya Kampung Arborek

 

Kampung Arborek yang tak terlalu luas membuat kami bisa leluasa menjelajah tanpa takut tersesat. Sambil menyapa tiap penduduk yang kami temui, kami terkadang mengajak anak-anak kecil yang sedang bermain untuk berfoto bersama. Mereka kelihatan gembira dan sudah terbiasa dengan kedatangan turis di tempatnya ini.

 

IMG 4759 300x200 #KenangVakansi: Cantiknya Kampung Arborek

Arborek sangat bersih, tanahnya adalah pasir putih. Hijau pepohonan, rimbunan bunga, langit biru, keakraban dan keramahan penduduknya. Untuk kesekian kalinya aku jatuh cinta pada kedamaian Arborek. Saat berjalan menyusuri pantainya kami disuguhi tarian selamat datang lagi oleh sekumpulan anak kecil usia SD berpakaian daerah berwarna oranye-kuning. Menonton dengan suka cita ditemani kerumunan anak kecil seusia balita yang juga ikut berkerumun, kami tertawa dan bertepuk riang.

DSCN1740 300x225 #KenangVakansi: Cantiknya Kampung Arborek

 

Ketika ditawarkan untuk ikut menari bersama, kami dengan girang menyetujui. Ikut berderet dibelakang mereka, kami berusaha ikut menari dan menyanyi tarian selamat datang dengan gelak tawa disana-sini. Tawa lepas yang bahagia.

Lelah menari dan tertawa, kami disuguhi kelapa muda yang khusus dipetik dan dikupas untuk kami. Disodorkan kelapa muda untuk diminum airnya hingga habis, kamipun bersemangat. Diajari cara minum langsung dari kelapa tanpa sedotan, kami mencobanya sambil sesekali tergelak, tak jarang tersedak. Aku malah menumpahkan air kelapa hingga bibir dan dagu basah belepotan.

 

IMG 4857 300x200 #KenangVakansi: Cantiknya Kampung Arborek

 

DSCN1759 300x225 #KenangVakansi: Cantiknya Kampung Arborek

Setelah airnya habis, kami menyodorkan kelapa itu untuk dibelah sehingga isinya bisa dimakan. Bapak yang namanya lupa kutanyakan itu dengan baik hati member kami bonus berupa ‘sendok’ yang di serutnya dari kulit kelapa masing-masing kami. Dengan sendok itulah kami mengeruk isi kelapa dan mengunyahnya dengan nikmat. Sungguh, segarnya tak tergantikan. Kami mengunyah sambil sesekali terbahak geli akan pengalaman baru ini.

 

IMG 4860 2 300x200 #KenangVakansi: Cantiknya Kampung Arborek

Hari menjelang siang ketika kami bersantai di salah satu rumah pohon di pinggir pantai Arborek. Cahaya matahari menimpa pasir putih menyilaukan kami. Duduk diatas rumah pohon membuat kami bisa melihat lebih jauh ke laut. Sebenarnya tak jauh beda, hanya saja, di rumah pohon ini lebih teduh. Teduhnya mengingatkanku pada Sakolah Alit di film Perahu Kertas, namun ini dengan tambahan debur ombak dan biru dimana-mana.

Sebelum beranjak ke tujuan selanjutnya, kami sempat membantu penduduk yang sedang membersihkan pantai dari sampah plastik. Sampah-sampah itu kami kumpulkan dalam karung goni sambil bersenda gurau sesekali dengan para penduduk dan mengajak ngobrol para adik-adik di Arborek. Menyenangkan sekali melihat senyum lebar di wajah mereka yang penuh ketulusan. Sebagai kampung wisata, mungkin kebahagiaan bagi mereka adalah dikunjungi turis dan bisa membuat para turis tersenyum tulus seperti mereka. Mungkin.

 

DSCN1763 300x225 #KenangVakansi: Cantiknya Kampung Arborek

Apapun itu, ketika kami akan bertolak menuju Manta Point, yang kuingat adalah senyum lebar mereka, air laut jernih dibawah kaki kami yang dihiasi dengan karang-karang, bintang laut dan ikan-ikan cantik yang berenang dengan damai. Lambaian tangan anak-anak itu kubalas dengan teriakan,

Sukses ya perayaan Natalnya nanti malam!

Dan boat kami mulai melaju. Manta Point, kami datang!

, , , ,

  1. No comments yet.
(will not be published)

Before you post, please prove you are sentient.

What is that thing with fingers at the end of your arm (one word)?