Peluklah mimpimu. Erat-erat.


“Tantepin, itu bulu mata bakal copot nggak ya kalo dipake nyelem dalem air?”

“Belom pernah nyoba, Pak. Ntar ya, berendem dalem bak mandi dulu.”

“Ya ntar liat aja gimana pas kamu balik dari Raja Ampat….”

“…….”

“Hahaha”

“Bapaaaaaaaaaaaaaaak!”

(percakapan tepat sebelum aku tau siapa aja yang menang #BlogCompetition Beswan Djarum 2012) :))

***

Mata saya udah setengah watt. Salahnya aku juga sih malah muter satu album lagunya Payung Teduh semua. Sikonnya nggak tepat. Waktu itu malem Minggu. Dikamar. Sendirian. Gegulingan ditempat tidur berlilitkan bedcover. Pensilnya wacom ditangan kanan. Keripik singkong rasa bawang putih di tangan kiri. Mantengin laptop dengan sketchbook pro dan sketsa-sketsa. Di meja belajar, spidol warna bertebaran, pensil warna keluar dari tempatnya, kertas-kertas berhamburan. Tepat di seberang tempat tidurku, lemari dengan kaca gede tepat memantulkan bayangan cewek awut-awutan, baju kedodoran, tampang naujubilah cantik ancur nya. What a night!

Ceritanya ini lagi ada proyek rahasia yang sebenernya nggak rahasia-rahasia banget. Mari kita namakan ini ‘Project P’. Dikarenakan project P ini sudah ditunggu-tunggu oleh akang bos maka aku sebagai pekerja yang baik kudu ngebut jaya. Nggak ada jalan-jalan malem Minggu. Baiklah. Biar konsen, jadilah bb dibuang jauh-jauh, hape di silent, internet off. Sepi sunyi damai dan yang paling penting ini kerjaan harus selesai secepatnya. Jam 7. Jam 8. Jam 9…. Damai bener. Tangan anteng banget nyoret-nyoret, gak keganggu nutul-nutul layar hape, bales mention, bales bbm. Optimis banget ini bakal cepet selesai.

Sesekali keingetan sama #BlogCompetition Beswan Djarum 2012. Terus mules. Terus menenangkan diri minum susu seliter, Nggarap lagi. Mules lagi. Menenangkan diri dengan makan tart coklat. Nggarap lagi. Kenapa? Oh, enggak. Aku nggak bakal gemuk :3. Kenapa mules? Karena sebenernya ngarep banget bisa menang. Super ngarep tudemeks. MY GOD. RAJA AMPAT! GRATIS! 6 HARI! Siapa yang gak pengen? Aku itu sampe nggak berani baca keseluruhan blog ratusan peserta. Soalnya abis baca blog beberapa peserta itu nyali langsung ciut meeeeeen. Membulatkan tekad buat ikut aja susah setengah mati. Ragu, minder, semua tumpah ruah jadi satu.

Inget banget pas awal dibuka #BlogCompetition itu. Om Jo, yang dari awal daftar beswan pasti setia jadi panitia utama penyemangat diriku, seperti biasa ‘ceramah’. Aku bilang “Aku gak pernah liburan yang keren-keren“. Dia bilang “Kemana aja boleh yang penting di Indonesia“. Aku bilang “Aku gakbisa nulis ala-ala Travel Blog!“. Dia bilang “Nulis dengan cara kamu sendiri. Nggak perlu jadi orang lain“. Dia terus-terusan ngeyakinin, kasih ide ini itu. Maka si Fina yang lugu dan mudah terpancing ini langsung semangat. FYI aja, selain kesamaan tanggal lahir, kita selalu percaya kalo kita anak kembar yang tertukar. Nggak sih. lebay kalo ini :p Yang bener itu, aku sama om Jo punya sangat banyak kesamaan. Tanggal lahir, sifat, kesukaan. Pas dulu daftar Beswan dia itu yg udah yakin aja aku bakal masuk. Di semua kompetisi beswan, Java Jazz dll, dia selalu nyemangatin dan yakin aku menang. Jadinya apa-apa pasti aku ceritanya ke si om :p

Katanya, “Aku bisa jadi Beswan, kamu juga pasti bisa. Aku bisa menang Blog Competition, kamu juga kudu bisa.

Oh, semacam mengikuti jejakmu gitu, ya, kakak kembar?“, aku nanggepin setengah bercanda.

Ada lagi kak Uji. Pemimpi ulung yang satu ini jago banget menularkan semangat ke orang lain. Kebetulan jawara blog juga yang tulisannya bikin minta ampun guling-guling keliling kampus saking hunyumunyunya. Lain cara om Jo, lain juga cara kak Uji. Cuma bilang, “Ngalir aja, Pin. Jangan dipaksa nulisnya. Pasti kamu bisa. :)“. Udah. Gitu doang. Cuma dengan kata-kata itu doang dan kalimat khas, “Selamat memeluk mimpi“-nya, aku udah positif tertular virus pemimpi. :D

Orang-orang terdekat? Yang itu udah pasti selalu nyemangatin nulis. Bantu ngasih ide. Pacar malah sengaja nemenin scanning gambar segala sampe malem buta demi postingan blog ini. Belum lagi, abah Legowo yang suka ngasih nasehat bijak, pak Totok yang usil, pak Prim, temen-temen Beswan Surabaya yang gak kalah jahatnya kalo jailin. Lengkap.

Aku berusaha nulis dengan caraku, ngalir, nggak terpaksa. Setelah ‘asistensi’ ke om Jo dan kak Uji dan dikritik secara halus (LOL XD) akhirnya jadi juga itu 3 postingan. Setelah postingan lengkap 3, apa aku langsung berani daftar #BlogCompetition ? NGGAK. Aku baru daftar sehari sebelum penutupan lomba. Sumpah waktu itu minder ke ubun-ubun. Keajaiban itu aku berani daftar. *sigh* Pas udah daftar langsung pasrah aja. Berharap cuma sekian persen. Trus berusaha nggak diinget-inget terus soalnya berabe kalo mules terus.

Kembali ke Fina dalam episode malem Minggu sendiri dikamar.

Sambil gegulingan istirahat bentar, akhirnya memberanikan diri nyentuh hape. Eh, ada satu miskol. Om Jo. Nggak ada sms. Pas mau ditaro, hapenya geter. Ternyata ada sms. Nurin.

Cintakuuuuuuuu…Selamat ber-holiday ria yaaa. Buseet Raja Ampaaaat. So big congratulation! *hug* Proud of you :*

Deg. Bengong bentar. Mikir. Pengumuman bukannya baru besok Minggu? Bales.

Apaan nih apaan? -,-

Buka Twitter. NOW. *kasih tisu*

Lompat kesana kemari nyari bb. Lempar bantal guling selimut ke lantai. AH NEMU! Pencet. Eh, kok ga nyala. YAAMPUN BB NYA MATI! Pantes aja sepi amat ga ada kedip-kedip genit. Dengan tangan gemeteran ambil charger, colokin. Satu menit. Dua menit. Dan…

TUING! TUING! TUING! TUING!

Tuing-tuing nya nggak kehitung lagi. Aku belom berani buka satu pun. Cuma bisa duduk lemes di tempat tidur. Tuhan? Ini beneran kan? Nggak mimpi kan?

Pencet. Buka tab mention. Buka bbm. Astaga. Rame naujubilah pada ngucapin selamat. Aku kontan nangis sambil gemeteran. Nangis sambil ketawa lompat-lompat ditempat tidur. Jam sepuluh malem. Nelat amat ya taunya. -___-

Om Jo nelpon lagi. Cepet-cepet aku angkat trus jejeritan seneng. AAAAAAAAK! Dianya disana anteng aja trus bilang “Dari kemaren-kemaren aku udah tau kamu bakal menang“. Dih reaksinya gitu banget. Tapi karena kadung seneng yaudah tetep seneng. Setelah dipersilahkan bales-bales ucapan dan tarik napas dalem-dalem akhirnya aku mulai balesin ucapan di twitter, bbm, sms. Satu-per satu. Semuanya. Sambil nggak berhenti ucap alhamdulillah.

Selamat ya, Pin. Akhirnyaaaa….“. Ini kak Uji

Selamat tantepiiiiiiiiin. Bawain oleh-oleh yaaa“, ini anak-anak Java Jazz

Nilai kamu paling tinggi, loh. So proooud of you” ini pak Prim

Ikut tanteeeeeeee“, ini anak-anak Beswan

Ciyus? Kamu ke Raja Ampat? Miapah? Tukeran sama aku ke Poland dong :s“, ini mbak-mbak selebtwit

*masuk koper*“, ini adek-adek manis cantik

selamat, eunniiiiiii!” ini adek-adek korea holic

Masih bengong liat nama kamu disitu. Adekku kereeeeen” ini kakak-kakak

Kamu bejo banget sih fin” ini temen yang pasti mantengin kegiatanku dan jadi curhatan selama di Beswan

Koteka ya, tantepin“, ini om Angga

proud of you, dear..” ini pacar

selamat bebiiiiiiiii” ini cewek-cewek beswan surabaya

Wah, keren Raja Ampat! Lomba ya?” ini temen-temen twitter.

Dan ratuuuuuusan ucapan lainnya yang beberondong dateng dan gabisa disebutin satu-satu disini.

***

Sekali lagi Tuhan memanjakan aku. Sometimes aku ngerasa, iya ya, aku beruntung banget. Mimpipun aku nggak bisa menang lomba blog ini. Iya sih, beberapa minggu sebelum pengumuman aku sempet mimpiin pantai dengan laut biru, sembilan kali berturut-turut. Iya, sembilan. Nggak nanggung kan?

Doaku sendiri padahal nggak muluk-muluk waktu itu. Aku jarang minta menang ke Raja Ampat. Bukan apa-apa, takut nggak kesampean trus kecewa. Akhirnya cuma doa supaya bisa ikut Silatnas ke Semarang lagi. Eh, Tuhan yang maha Baik malah ngabulin dua-duanya. Siapa sangka?

Beberapa ada yang tanya, resepnya apa sih, biar bisa mujur terus (amiin) kayak aku? Simple, sodara-sodara. Bermimpi dan berdoalah yang tinggi setinggi-tingginya. Berusaha maksimal juga tentunya. Dan, yang paling penting : Berprasangka baiklah dengan Tuhan.  :)

Yang lagi seneng dan super-hepi,

@Ladibaa

raja ampat beaches indonesia misool resort Peluklah mimpimu. Erat erat.

, ,

  1. #1 by Yellow on September 20, 2012 - 2:04 AM

    Yang menjadi hal sangat menyenangkan sepertinya: You got what you want just by doing what you like. And cause what you like it’s worth you some accomplishment….

    Sebagai fans, aku cuma kasih saran jangan cepet puas, bersyukurlah dengan ga nyianyian bakat. Masih banyak pencapaian yang mungkin bisa kamu raih….

  2. #2 by Uji on September 20, 2012 - 2:17 AM

    Congrats :)

  3. #3 by Uji on September 20, 2012 - 2:30 AM

    Selamat memeluk mimpi2 lainnya pin :D

  4. #4 by sucilestari on September 20, 2012 - 9:11 AM

    Selamat Finaaa, moga kita bisa pergi bareng ke Raja Ampat, amiin :)

  5. #5 by finnaladiba on September 21, 2012 - 4:17 AM

    Uji :

    Selamat memeluk mimpi2 lainnya pin

    pasti :)

  6. #6 by finnaladiba on September 21, 2012 - 4:18 AM

    sucilestari :

    Selamat Finaaa, moga kita bisa pergi bareng ke Raja Ampat, amiin

    kapan dong niiiiiiiiih gasabaaaar. ahahhahah

  7. #7 by fuad on September 21, 2012 - 8:28 AM

    karena Tuhan Maha Asyik :)

  8. #8 by johantectona on September 21, 2012 - 10:01 PM

    ihh yang seneng banget ngaku” kembaran aku hahaha :D

    hahaha… jadi malu gni sisanjung” ama juara :p

  9. #9 by vivi adeliana on September 22, 2012 - 9:56 PM

    saya saya sayaaaaa.. juga mau ikut meluuuuukkk
    #ambilGuling

  10. #10 by finaladiba on September 25, 2012 - 1:58 AM

    fuad :

    karena Tuhan Maha Asyik

    selalu asyik ad :3

    johantectona :

    ihh yang seneng banget ngaku” kembaran aku hahaha
    hahaha… jadi malu gni sisanjung” ama juara :p

    prettttt ah….thanksomuch kakaaaaaak *bighug*

    vivi adeliana :

    saya saya sayaaaaa.. juga mau ikut meluuuuukkk
    #ambilGuling

    *ambilin sekalian selimut sama bantal* hihihi

  11. #11 by Zulfika Satria on September 27, 2012 - 3:40 AM

    Finaaaaa, ceritanya persis banget kayak aku!! hahaha entah kenapa yang tiap hari rajin mantau timeline, tapi pas malem pengumuman itu sama sekali blas ga twitteran dan jejaringansosial lainnya. Tau2 dibbm Maudy aja ngasih tau kalo aku dimention sebgai pemenang Komodo. Hahaha… Selamat ya Raja Ampat! tukeran oleh2 dong :D

  12. #12 by finnaladiba on September 27, 2012 - 6:52 AM

    Ahahahhahah. selamat yaa pulau komodonyaaaa.
    yuk lah bawain aku komodo satu deh :p

  13. #13 by Mentari Nurinda on November 27, 2012 - 8:28 AM

    *blog walking* *dan baru nyasar kesini*
    jadi….
    tisu yang aku kasih (lewat sms) ada gunanya juga kan?? :D

(will not be published)

Before you post, please prove you are sentient.

what is 3 plus 3?